Hapus Ubuntu dari Dual Boot pada Windows 10/11 | Panduan Utama

Cara Anda Menghapus Ubuntu Dari Dual Boot di Windows 10/11

Ketika pengguna ingin beralih ke OS Linux, mereka dapat melakukan dual boot Linux dan Windows di komputer mereka, sehingga mereka dapat menggunakan keduanya secara bersamaan. Namun, pengguna mungkin ingin menghapus Ubuntu dari dual boot karena beberapa alasan.

Apa pun alasannya, menghapus Ubuntu dari dual boot pada windows 10/11 diperlukan karena ruang yang ditempatinya pada hard disk Anda. Namun, langkah-langkah penghapusan instalasi terkadang tidak jelas bagi pengguna, sehingga menyulitkan untuk menghapus dual boot. Untunglah artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah menghapus Ubuntu dari dual boot pada Windows.

hapus ubuntu dual boot di windows

Bagian 1. Sebelum Menghapus Ubuntu dari Dual Boot

Ada dua cara bagaimana Linux diinstal:

  • Menginstal Linux dengan Wubi
  • Menginstal Linux ke partisi tersendiri

Jika Anda menginstal Wubi bersama Ubuntu atau distribusi Linux serupa seperti Linux Mint, mencopot instalasinya adalah tugas yang mudah. Jika Anda menginstal Linux pada partisi tersendiri, Anda harus menghapus partisi Linux dari komputer Anda sebelum memperluas partisi Windows untuk memanfaatkan ruang hard disk yang tersedia.

Ini akan sangat membantu jika Anda juga memulihkan boot loader Windows karena Linux menimpa boot loader Windows dengan boot loader-nya, yang dikenal dengan nama GRUB. Akibatnya, boot loader GRUB tidak akan mem-boot komputer Anda dengan benar setelah menghapus partisi.

Persiapan:

  • Sebuah Drive USB yang dapat di-boot untuk versi Windows Anda (ini akan digunakan untuk memperbaiki Master Boot Record (MBR) setelah Ubuntu dihapus dari PC Anda).
  • Buatlah backup dari semua file penting pada sistem Ubuntu Anda.

Bagian 2. Bagaimana Cara Menghapus Ubuntu dari Dual Boot jika Anda Menginstalnya dengan Wubi

Jika Anda menginstal Linux sebagai satu-satunya sistem operasi, Anda harus menginstal ulang Windows melalui Linux untuk memulihkan sistem Windows Anda. Namun, jika Anda menginstal Ubuntu dengan Wubi, cara menghapus Ubuntu dari dual boot pada Windows sangatlah mudah:

Langkah 1. Buka Windows dan arahkan ke Control Panel > Program dan Fitur.

membuka program dan fitur pada windows 10

Langkah 2. Cari Ubuntu di daftar program yang terinstal dan hapus seperti yang Anda lakukan pada program lainnya. Penghapus instalan secara otomatis menghapus file Ubuntu dan entri boot loader dari PC Anda.

hapus ubuntu dual boot wubi yang terinstal

Bagian 3. Cara Menghapus Ubuntu dari Dual Boot jika Anda Menginstalnya ke Partisi Sendiri

Pada kebanyakan kasus, tidak ada uninstaller sederhana yang dapat menghapus Ubuntu dari dual boot jika Anda menginstalnya pada partisi sendiri. Sebagai gantinya, Anda harus memperbaiki boot loader Windows secara manual dan menghapus partisinya. Langkah-langkah untuk menghapus Ubuntu dari dual boot tercantum di bawah ini.

Langkah 1: Hapus Partisi Linux pada Windows.

1. Jalankan Windows dan masukkan diskmgmt.msc ke dalam kotak dialog dengan menekan Windows+R. Ini akan meluncurkan utilitas Manajemen Disk Windows.

buka utilitas manajemen disk

2. Karena Anda telah menginstall Linux, maka Anda dapat mengidentifikasi partisi Linux berdasarkan ukurannya. Petunjuk lain untuk menemukan partisi Linux adalah dengan mencari partisi yang tidak memiliki sistem file dan nomor drive. Partisi Windows diidentifikasi dengan huruf drive, seperti C, D, E, dst., dan biasanya menggunakan NTFS atau sistem file FAT.

menemukan partisi linux

3. Pilih Partisi Linux, klik kanan, lalu pilih Hapus Volume.

menghapus partisi linux

4. Sistem akan memberikan peringatan; tekan Ya untuk mengonfirmasi penghapusan partisi Linux Ubuntu pada PC Windows.

konfirmasi penghapusan partisi linux

5. Partisi yang telah dihapus akan tersedia sebagai ruang kosong pada disk. Anda dapat memperluas volume yang ada atau menggunakannya untuk membuat partisi Windows yang baru. Disarankan untuk membuat drive baru karena akan lebih mudah jika Anda memutuskan untuk melakukan dual-booting Linux dan Windows lagi.

memperpanjang atau membuat partisi Windows baru

Langkah 2: Perbaiki Windows Boot Loader.

Di sinilah drive USB yang dapat di-booting Windows berperan untuk membantu mengatasi kesalahan Grub Rescue. Anda harus mem-boot komputer Anda dari drive USB ini. Installer Windows akan dimulai setelah Anda mem-boot komputer dari USB.

1. Setelah memilih bahasa yang akan digunakan selama proses penginstalan, akan muncul dua pilihan: Instal Sekarang atau Perbaiki Komputer Anda. Pilih Perbaiki Komputer Anda.

Pilih opsi Perbaiki Komputer Anda

2. Untuk mengakses layar Opsi Lanjutan, klik Troubleshoot.

pilih opsi pemecahan masalah

3. Tersedia 5 pilihan pemecahan masalah: Perbaikan Start-up, Command Prompt, Uninstal Pembaruan, Pemulihan Sistem, dan Pemulihan Gambar Sistem. Pilih Command Prompt. Ini akan meluncurkan prompt perintah Windows, dari mana Anda dapat mengeluarkan berbagai perintah untuk memperbaiki MBR Anda. Untuk pengguna tingkat lanjut, Anda juga dapat mengakses utilitas DiskPart dari sini dan mempartisi atau memformat hard drive Anda.

pilih command prompt pada opsi lanjutan

Langkah 3. Untuk memperbaiki Master Boot Record, masukkan perintah berikut:

bootrec/FixMbr
bootrec/RebuildBCD
bootrec/FixBoot
exit

Setelah berhasil menjalankan perintah, ketik Exit dan nyalakan ulang komputer Anda. Jangan lupa untuk melepaskan drive USB yang dapat di-boot. Sistem operasi Windows Anda akan melakukan booting secara normal dan tanpa kesalahan penyelamatan GRUB.

masukkan perintah dan keluar

Bagian 4. Cara Membackup Data Penting Ubuntu

Bagaimana cara membuat backup data Ubuntu yang penting tanpa melakukan booting ke Linux? Wondershare UBackit dapat membantu. Ini adalah software backup yang andal yang dapat membantu Anda menyimpan file-file penting. Software ini secara otomatis membackup file, folder, partisi, dan hard drive penting Anda. Software ini juga dapat memonitor proses backup, ruang penyimpanan, dan keamanan data dengan baik.

Ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk membackupkan data penting Ubuntu menggunakan Wondershare Ubackit.

Langkah 1. Pilih Partisi untuk Backup.

Luncurkan Wondershare UBackit, arahkan ke tab Backup & Pemulihan, dan pilih Buat Backup Baru. Selanjutnya, pilih partisi mana pun yang ingin Anda backup dari bilah sisi.

Pilih partisi untuk dibackup

Langkah 2. Pilih Lokasi Backup.

Setelah memilih partisi, Anda dapat menentukan di mana backup harus disimpan. Bisa di drive internal atau sumber eksternal lainnya.

pilih lokasi backup dengan ubackit

Langkah 3. Selesaikan Prosedur Backup.

Klik Backup dan tunggu UBackit untuk membuat backup seluruh partisi pada drive yang ditentukan. Karena mungkin memerlukan waktu beberapa menit, Anda harus menunggu dan tidak menutup aplikasi untuk sementara waktu.

membuat backup partisi dengan ubackit

UBackit akan memberi tahu Anda ketika proses backup selesai sehingga Anda dapat mengelola data secara efisien.

menyelesaikan proses partisi backup dengan ubackit

Video Tutorial: Menghapus Ubuntu atau Linux Lain dari Dual Boot

Untuk instruksi terperinci, Anda dapat melihat video tutorial di bawah ini.

Kesimpulan

Demikianlah panduan komprehensif kami untuk menghapus instalasi Ubuntu dari dual-boot pada Windows 10/11, baik yang diinstal Linux dengan Wubi maupun yang diinstal Linux ke partisi. Cara ini juga dapat digunakan pada distribusi Linux lainnya. Jika Anda perlu membackup file-file penting Anda, atau partisi, Anda bisa mendownload Wondershare UBackit.

Anda Mungkin Berminat

Artikel populer lainnya Dari Wondershare