9 Cara Menyelesaikan Masalah Layar Hitam Laptop Lenovo atau ThinkPad

9 Cara Menyelesaikan Masalah Layar Hitam Laptop Lenovo atau ThinkPad

"Saya punya ThinkPad t61 yang sangat saya sukai, tetapi ThinkPad t61 saya macet dengan layar hitam permanen sekarang. Apakah bisa diperbaiki?"

Apa Anda pernah menghadapi situasi di mana Anda tidak melihat apa pun selain layar hitam saat membuka laptop atau ThinkPad Anda? Seperti bencana, bukan? Namun, jangan merasa khawatir. Layar hitam pada desktop Lenovo Anda bukan masalah besar untuk diselesaikan! Bisa saja ada berbagai macam alasan untuk masalah layar hitam ini. Bisa saja koneksi GPU yang longgar, porta yang rusak, atau display yang cacat, atau yang lainnya.

Jadi, artikel ini akan memberikan semua informasi penting mengenai alasan yang mungkin mengakibatkan layar hitam Lenovo ThinkPad dan cara efektif memperbaiki masalah ini untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Terlebih lagi, artikel ini juga akan memberikan cara memulihkan data dari sistem yang rusak. Ayo mulai!

Bagian 1: Kemungkinan Alasan Layar Hitam Laptop Lenovo atau ThinkPad

Kenyataan bahwa layar hitam laptop Lenovo Anda disebabkan dari berbagai kemungkinan kadang-kadang sulit untuk menemukan alasan yang sebenarnya sekarang. Berikut ini adalah beberapa faktor kunci yang mengakibatkan layar hitam pada laptop Lenovo Anda:

1. Perangkat Keras yang Eror seperti Disk yang Eror atau Kartu Grafis yang Eror

Salah satu penyebab umum layar hitam pada laptop Lenovo Anda berkaitan dengan gangguan perangkat lunak di komponen yang berbeda jika dilihat dari banyak kasus. Seiring berjalannya waktu, kabel internal di laptop Anda akan rusak yang bisa saja menimbulkan masalah. Terlebih lagi, laptop Anda yang terlalu panas bisa mengakibatkan kartu grafis rusak yang merusak display video Anda.

2. Windows OS Menjadi Abnormal

Terkadang, karena beberapa bagian yang buruk di perangkat keras, file program sistem operasi Anda terkadang akan rusak. Walaupun ada beberapa alasan kenapa hal ini terjadi, masalah selama proses 'menyimpan' seringkali berujung pada kerusakan di sistem operasi. Lonjakan daya yang datang dengan tiba-tiba bisa berpengaruh pada fungsi Windows OS.

3. Baterai Laptop yang Rusak

Baterai yang rusak juga bisa menjadi kemungkinan terjadinya layar hitam Lenovo Ideapad Anda. Lepaskan pengisi daya dari sumber baterai dan jika layar laptop Anda mendadak menjadi kosong, itu artinya masalahnya pada baterai. Cobalah mengganti baterai Anda dengan baterai yang berfungsi baik untuk mengonfirmasi masalah ini.

4. Display Laptop Rusak

Apakah baterai yang rusak bisa menyebabkan layar hitam? Ya, bisa! Jika jaringan sumber daya bermasalah, hal ini bisa saja mengakibatkan masalah layar hitam pada Lenovo ThinkPad.

5. Perangkat Terlalu Panas

Alasan yang sangat umum kenapa laptop Anda mengalami layar hitam adalah perangkat Anda yang terlalu panas. Hal ini mungkin terjadi karena debu, kotoran, rambut, atau debu yang melekat di kipas laptop Anda yang membuat kipas laptop Anda kesulitan mendinginkan laptop dengan benar.

6. Masalah dengan Sumber Daya

Mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana bisa Sumber daya mengakibatkan layar hitam. Masalah dengan sumber daya bisa membuat layar Lenovo Anda berubah menjadi hitam yang mungkin saja bisa merepotkan Anda.

Informasi lebih banyak mengenai masalah "layar hitam": Bagaimana Cara Memperbaiki Layar Hitam pada Windows 10 dengan Masalah Kursor?

9 Cara Menyelesaikan Masalah Layar Hitam Laptop Lenovo atau ThinkPad

Meskipun layar hitam Lenovo terlihat seperti masalah besar, hal ini sebenarnya bukan masalah besar seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Anda bisa menyelesaikan masalahnya jika Anda mengetahui berbagai aspek dari masalahnya. Berikut ini sembilan cara efektif yang bisa menyelesaikan masalah layar hitam.

Cara 1. Mengatur ulang Display atau Mode Layar

Layar hitam seringkali hanya gangguan minor yang disaksikan laptop Anda. Ini terjadi saat sistem operasi Windows kehilangan sambungan ke display layar. Instruksi berikut ini akan membantu Anda mengatur ulang mode display saat isu seperti ini muncul kapan pun.

Langkah: Tekan Windows + Control + Shift + tombol B secara bersamaan.

recoverit

Hal ini akan mengatur ulang koneksi dan Windows OS bisa saja mendapatkan display kembali. Setelah dilakukan, cek jika ini bekerja, dan Anda bisa melihat display normal pada laptop Lenovo Anda. Jika metode di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, lakukan cara berikutnya.

Cara 2. Menyambungkan Monitor Eksternal untuk Mengetes Display

Ini bisa jadi masalah display jika cara sebelumnya dengan mengatur ulang display tidak bekerja. Anda memerlukan monitor HDMI DVI atau kabel VGA yang kompatibel dengan laptop Anda untuk mengetes jika layar laptop Anda rusak. Ikuti instruksi di bawah ini untuk mengecek display,

Langkah 1: Hubungkan monitor dan laptop Lenovo Anda menggunakan kabel HDMI.

recoverit

Langkah 2: Nyalakan monitor eksternal dan laptop Anda. Tunggu beberapa saat sampai proses boot.

Langkah 3: Klik tombol 'Fn' dan 'CRT/LCD' (entah F5 atau F8) sekarang. Terus klik tombol sampai isi laptop Anda muncul di monitor eksternal.

recoverit

Anda bisa menyimpan semua data di hard drive eksternal dan memperbaiki display laptop Anda jika isi laptop Anda terbuka di display eksternal.

Cara 3. Memutuskan Perangkat Periferal yang Non-Esensial

Perangkat periferal seperti hard drive eksternal dan printer kadang-kadang memengaruhi kelancaran fungsi laptop seperti yang terlihat di banyak kasus. Hasilnya bisa apa saja dari perangkat yang tidak kompatibel sampai dengan perangkat keras yang rusak. Anda juga bisa membahayakan laptop Anda jika perangkat eksternal Anda punya virus dan Anda menghubungkan perangkat tersebut ke laptop tanpa sadar.

memutuskan perangkat periferal Anda

Jika begitu, Anda mungkin perlu melepas perangkat periferal non-esensial dan melihat apa masalah layar hitam laptop Lenovo Anda sudah terselesaikan.

Cara 4. Melakukan Hard Reset Laptop Lenovo Anda

Perangkat periferal juga bisa berakibat pada masalah layar hitam Lenovo ThinkPad Anda sama halnya seperti perangkat non-periferal. Apa Anda pernah memperhatikan beberapa titik berputar pada proses boot? Anda harus melakukan hard reset pada laptop Anda untuk mengeceknya jika iya. Langkah-langkah berikut ini akan memandu Anda melakukan hard reset.

Langkah 1: Pastikan Anda sudah mematikan laptop Lenovo Anda terlebih dahulu.

Langkah 2: Copot kabel daya dari laptop Anda. Lepaskan baterai dan putuskan semua perangkat periferal dari sistem dengan lembut.

lepaskan baterai laptop Anda

Langkah 3: Diamkan laptop Anda selama 30-40 detik.

Langkah 4: Tekan tombol daya dengan lama sekitar 60 detik.

tekan tombol daya

Langkah 5: Tempatkan baterai di belakang laptop dan nyalakan.

pasang baterai dengan laptop

Jika laptop Lenovo Anda melakukan proses boot dengan baik, itu berarti salah satu perangkat periferal Anda yang menyebabkan layar hitam laptop Lenovo Anda. Hubungkan perangkat periferal Anda satu per satu sampai Anda mengulang lagi layar hitam. Anda akan mengetahui perangkat mana yang mengakibatkan masalah layar hitam dengan cara ini. Jika masalahnya masih terus terjadi, masalahnya bisa saja hal lain.

Cara 5. Memperbarui Graphics Driver Anda

Layar hitam laptop Lenovo juga bisa terjadi jika Anda menggunakan graphic drivers yang salah atau graphic drivers yang sudah kadaluarsa. Namun, Anda tidak akan bisa memperbarui driver di layar hitam, bukan? Yah, Anda bisa mencoba menyalakan laptop Anda dengan mode aman dalam kasus seperti ini. Anda mungkin bisa memperbarui graphics driver Anda jika Anda menyalakan laptop Anda dalam mode aman. Ikuti langkah-langka yang disebutkan di bawah ini untuk menjalankan komputer dengan mode aman sekarang.

Langkah 1: Tekan tombol daya untuk menyalakan laptop.

Langkah 2: Terus tekan tombol F8 selagi laptop mulai terbuka.

Langkah 3: Setelah informasi perangkat keras muncul, layar akan muncul sebagai 'Advanced Boot Options.'

Langkah 4: Klik 'Safe mode with Networking' dan tekan 'Enter. '

recoverit

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, laptop akan menyalakan windows dalam mode aman.

Ikuti langkah di bawah ini untuk memperbarui graphic drivers begitu windows sudah berhasil terbuka dalam mode aman.

Langkah 1: Tekan ' Windows' + R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog 'Run'.

Langkah 2: Ketik 'devmgmt. msc' dan tekan 'Enter' yang akan membuka 'Device Manager. '

recoverit

Langkah 3: Klik 'Display Adapters.' Saat ini, klik kanan graphic card dan pilih 'Properties.'

tekan properties

Langkah 4: Klik tab 'Driver', tekan pilihan 'Update Driver'.

klik pilihan update driver

Langkah 5: Saat ini, tekan 'Search Automatically for Updated driver software.'

recoverit

Langkah di atas secara otomatis akan mendownload dan memperbarui graphics driver.

Cara 6. Restart Proses Explorer. exe

Explorer. exe mengatur berbagai macam operasi penting, termasuk desktop, taskbar, di antara yang lainnya. Desktop dan taskbar Anda tidak akan terlihat jika Explorer. exe Anda ditutup di sistem Anda. Jadi, itu bisa menjadi kemungkinan alasan layar hitam pada Lenovo Anda.

Langkah 1: Tekan tombol Control + Shift + Escape untuk membuka task manager.

Langkah 2: Tekan 'Details' sekarang (jika Anda menggunakan Windows 7, Anda mungkin akan menekan 'Processes').

Langkah 3: Temukan explorer. exe dan klik 'End Task. '

recoverit

Bagus jika ini menyelesaikan masalah layar hitam pada desktop Lenovo; gunakan cara selanjutnya jika belum berhasil.

Cara 7. Mematikan Fast Start-Up

Windows 10 dilengkapi dengan fitur hebat bernama Fast start-up yang membuat sistem Anda melakukan boot lebih cepat. Namun, ini cara sulit yang bisa mengacaukan proses start-up. Jadi, ini bisa menjadi alasan kenapa masalah layar hitam pada laptop Lenovo Anda terjadi jika diizinkan di laptop Anda. Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda mematikannya untuk menghindari insiden semacam itu.

Langkah 1: Tekan Windows + R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog 'Run'.

Langkah 2: Ketik 'powercfg.cpl' dan klik 'Enter. ' Hal ini akan membuka 'Power Option'.

ketik perintahnya dan tekan enter

Langkah 3: Klik 'Choose what the power buttons do' di bagian kiri layar sekarang.

recoverit

Langkah 4: Pilih 'Change settings that are currently unavailable.'

Step 5: Saat ini, hapus centang pada kotak 'Turn on fast start-up.'

recoverit

Langkah 6: Klik 'Save Changes' dan tutup Windows.

Cara 8. Memasang Ulang Modul Memori

Memasang ulang modul memori adalah prosedur melepas cip RAM dari slot DIMM dan menempatkan cip di slot dengan benar. Ini prosedur khusus yang digunakan untuk berbagai macam masalah laptop. Di antara yang lain, hal ini termasuk waktu start-up yang lama dan pembacaan sistem ruang memori yang salah. Ikuti langkah di bawah ini untuk mengatur ulang modul memori dengan benar karena ini pilihan yang berguna dalam masalah layar hitam pada laptop Lenovo.

Langkah 1: Lepaskan baterai dari belakang laptop Lenovo Anda.

Langkah 2: Lepaskan sekrup dari bagian belakang laptop Anda dan keluarakan pintu servisnya.

lepaskan bagian belakang laptop Anda

Langkah 3: Anda akan bisa melihat slot memori yang akan ditahan dua lengan sekarang. Keluarkan kedua lengan bersama-sama untuk melepas modul memori dari posisi tegangan pegas.

melepas modul memori

Langkah 4: Keluarkan modul memori menggunakan alat pemotong dari pintu bawah.

Langkah 5: Sikat slot memori dengan lap bersih, tetapi hindari menyentuh slot memori dengan tangan Anda.

Langkah 6: Sejajarkan tekukan di memori modul dan masukkan ke slot dengan posisi yang tidak benar.

Langkah 7: Dorong modul ke bawah sampai terpasang dengan benar sekarang.

dorong kembali modul ke tempatnya

Langkah 8: Pasang pintu servis dan baterai ke tempatnya.

Cek apa masalah layar hitam sudah terselesaikan atau belum. Baguslah jika masalahnya sudah terselesaikan! Jika belum terselesaikan, baca artikel lebih lanjut karena penyebabnya mungkin saja sesuatu yang lain jika masalahnya belum terselesaikan.

Cara 9. Melakukan Pemulihan Sistem

Masalahnya mungkin terjadi karena beberapa instalasi atau pembaruan baru jika masalah layar hitam Lenovo Anda terjadi belakangan ini. Jenis gangguan sistem ini memang terjadi saat program baru tidak kompatibel dengan sistem operasi Anda. Pemulihan Sistem akan menjadi cara efisien untuk menyelesaikan masalahnya dalam skenario seperti ini. Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk mengetahui cara melakukannya.

Langkah 1: Tekan tombol Windows dan ketik 'System Restore. '

Langkah 2: Klik 'Create a restore point, ' begitu terbuka.

pilih 'create a restore point'

Langkah 3: Tampilan akan terbuka. Klik Perlindungan Sistem -> Pemulihan Sistem.

klik pemulihan sistem

Langkah 4: Baca instruksinya dan tekan 'Next. '

recoverit

Langkah 5: Saat ini, cek kotak 'Show more restore points, ' pilih apa yang ingin sistem Anda pulihkan, dan klik 'Next. '

recoverit

Langkah 6: Klik 'Next' untuk instruksi selanjutnya agar bisa menyelesaikan proses pemulihan sistem.

Restart komputer Anda untuk melihat apa masalahnya sudah terselesaikan sekarang.

Bagian 3: Tips Efektif Mencegah Layar Laptop Lenovo atau ThinkPad Anda Berubah Menjadi Hitam

Akan lebih baik jika Anda mengetahui cara mencegahnya meskipun Anda bisa mengetes semua solusi yang diperlukan untuk menyelamatkan layar hitam pada laptop Lenovo Anda. Masalah layar hitam bisa menjadi cukup fatal dalam berbagai kondisi; oleh karena itu, penting bagi Anda memahami pentingnya keamanan alat Anda. Anda bisa melihat tips berikut ini untuk menyelamatkan Anda dari keadaan seperti itu.

  • Pastikan graphic drivers Anda itu terbaru dan berjalan dengan baik.
  • Coba agar tidak membuat laptop Anda panas. Sebaiknya gunakan bantalan pendingin untuk mencegah laptop Anda panas.
  • Sering jalankan pemindai virus agar menjaga laptop Anda terbebas dari malware.
  • Jangan mengisi daya laptop Anda dengan voltase listrik rendah atau besar di rumah atau tempat kerja Anda.

[Bonus] Bagaimana Cara Memulihkan Data Saat Laptop Lenovo atau ThinkPad Terus Menampilkan Layar Hitam?

Jika layar hitam tidak disebabkan oleh perangkat keras yang rusak, Anda bisa memulihkan data di komputer yang tidak bisa diakses dengan Recoverit. Meskipun Anda bisa menyelesaikan masalah layar hitam laptop Lenovo Anda, Anda bisa saja kehilangan data dari hard drive dan beralih kepada Recoverit untuk mendapatkan lagi data Anda yang hilang. Aplikasi perangkat lunak Recoverit Pemulihan Data merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mendapatkan kembali file dan data yang hilang.

Download Gratis

Untuk Windows XP/Vista/7/8/10/11

Download Gratis

Untuk macOS X 10.10 - macOS 13

Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu untuk mendapatkan lagi data dari komputer Anda. Anda memerlukan komputer yang berfungsi dan drive USB kosong untuk pemulihan data yang kacau.

Langkah 1: Mulai Pemulihan Kerusakan Komputer

Pertama-tama, Anda harus menginstal Recoverit di komputer yang normal dan membukanya. Selanjutnya, pilih 'System Crashed Computer' begitu aplikasi Recoverit terbuka.

recoverit

Langkah 2: Buatlah Bootable Drive

Recoverit membantu membuat bootable media dan memulihkan data. Gunakan drive USB dan hubungkan ke sistem Anda yang lain. Pastikan drive USB-nya mudah dikenali. Klik 'Start' untuk memulai prosesnya sekarang.

Langkah 3: Pilih drive USB Anda

Pilih drive USB dan tekan tombol Start untuk memulai.

recoverit

Langkah 4: Buatlah Bootable Media

Pastikan Anda tidak melepas flash drive USB karena memakan waktu lama untuk menyelesaikan prosesnya.

recoverit

Saat prosesnya sudah selesai, bootable drive sudah berhasil dibuat.

recoverit

Untuk produk pemulihan data lainnya: Daftar Perangkat Lunak Pemulihan File Terbaik Tahun 2021

Langkah 5: Boot Komputer Rusak dari USB Drive

Begitu flash drive USB sudah dibuat, masukkan bootable drive ke laptop Anda. Tekan terus F8 untuk menyesuaikan BIOS agar melakukan boot dari drive USB/CD/DVD.

Langkah 6: Memulihkan Data dari Komputer Rusak

Anda bisa memilih pemulihan data saat komputer yang rusak bisa melakukan boot lagi. Pilih perangkat keras untuk memindai dan pasang hard drive ke laptop Lenovo Anda. Pilih perangkat keras untuk disambungkan ke laptop Anda setelah proses pemindaian selesai dan klik tombol 'Recover' untuk memulihkan data.

klik tombol recover untuk memulihkan data

Anda bisa meninjau semua data, entah itu audio, video, dokumen, dan sebagainya. Pastikan Anda menyimpan data yang sudah dipulihkan di tempat yang aman.

Download Gratis

Untuk Windows XP/Vista/7/8/10/11

Download Gratis

Untuk macOS X 10.10 - macOS 13

Kesimpulan

Layar hitam laptop Lenovo bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Apalagi di tempat Anda tidak bisa melihat isi laptop Anda mungkin membuat Anda merasa gelisah. Artikel ini membantu Anda memahami kemungkinan alasan untuk beberapa solusi efektifnya. Gunakan perangkat lunak untuk memulihkan semua data yang hilang karena laptop Lenovo Anda yang rusak.

Anda Mungkin Berminat

Artikel populer lainnya Dari Wondershare