Bagaimana Cara Memulihkan File Rusak di Windows

Bagaimana Cara Memulihkan File Rusak di Windows

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0
"Hai, kemarin ketika saya ingin membuka beberapa dokumen di komputer, ternyata dokumen tidak bisa dibuka. Semua dokumen rusak dan saya mendapatkan pesan galat: "The file is corrupt and cannot be opened". Saya tidak tahu masalahnya tapi file dokumen saya penting. Bagaimana Cara Memulihkan File yang Rusak? Terima kasih."

File bisa rusak karena sistem crash, serangan virus, atau penggunaan yang salah. Sebuah file yang rusak tidak bisa digunakan. Ketika menghadapi masalah seperti ini, Anda bisa memperbaiki file atau menjalankan program anti virus. Namun, jika masih belum teratasi, Anda bisa mencoba alat pemulihan file pihak ketiga - Recoverit Data Recovery program untuk memulihkan file yang rusak di Windows. Dimohon untuk tidak menggunakan komputer dan jangan membuka file dokumen lagi.

Bagian 1. Software Pemulihan File Rusak Terbaik - Recoverit

Recoverit Data Recovery adalah sebuah software pemulihan yang efektif dan aman. DenganRecoverit File Recovery, Anda bisa dengan mudah memulihkan file rusak dari hard drive USB atau perangkat penyimpanan lainnya di Windows.

Unduh gratis dan instal Recoverit Data Recovery di komputer Anda. Dengan Recoverit versi Windows Anda bisa memulihkan file yang rusak dalam beberapa langkah. Jika file yang rusak tersimpan di dalam hard drive USB, mohon hubungkan ke komputer. Ikuti tutorial berikutnya untuk memulihkan file yang rusak dari USB.

Langkah 1. Pilih Hard Drive USB

Pastikan hard drive USB telah terhubung ke komputer dan terdeteksi. Pilih hard drive USB dari daftar dan klik tombol"Start" untuk memulai proses.

pilih hard drive USB

Langkah 2. Pindai hard drive USB

Recoverit Corrupted File Recovery akan memulai pemindaian untuk menelusuri hard drive USB Anda. Anda bisa mempratinjau file yang telah dipulihkan setelah pemindaian selesai. Jika file tidak bisa ditemukan, silakan pindai lagi dengan mode "Pemindaian Menyeluruh". Software akan memindai secara mendalam dan mencari lebih banyak file dari hard drive USB, namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

pindai cepat file yang rusak

Langkah 3. Pratinjau dan Pulihkan File yang Rusak

Setelah pemindaian, Anda bisa periksa semua file yang dapat dipulihkan dari hasil pemindaian, Anda bisa mempratinjau beberapa file tertentu seperti file gambar (JPEG, JPG, GIF, PNG). Pilih file yang telah dipulihkan dan klik tombol "Pulihkan" untuk mendapatkan file Anda kembali.

pulihkan file rusak

Mohon diingat bahwa Anda harus memilih lokasi penyimpanan yang berbeda untuk menghindari penimpaan data yang bisa menyebabkan data hilang selamanya.


Tutorial Video Tentang Bagaimana Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10/8/7 dengan Mudah?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >

Bagian 2. Bagaimana Cara Memperbaiki File yang Rusak dengan Alat Perbaikan File

Recoverit Data Recovery bisa memperbaiki file Anda yang rusak dari hard drive USB. Tapi bagaimana jika file dokumen office seperti Word, Excel, dan PowerPoint rusak? Bagaimanapun juga, anda tidak perlu khawatir tentang file-file tersebut. Anda bisa mendapatkan alat perbaikan file terbaik untuk memperbaiki file rusak. Stellar File Repair Toolkit adalah sebuah alat perbaikan file canggih yang bisa memperbaiki file dokumen office yang rusak.

Langkah-Langkah untuk Memperbaiki File Rusak dengan Alat Perbaikan File

Unduh dan instal alat perbaikan file Stellar di komputer Anda. Ikuti tutorial berikutnya untuk melakukan pemulihan dokumen Word.

Langkah 1. Luncurkan pemulihkan file rusak Stellar, pilih opsi "Repair Word File" untuk memulai. Pilih semua file Word yang rusak dari hard disk drive Anda.

perbaiki file word

Langkah 2. Alat perbaikan file akan mengimpor semua file Word yang dipilih, Anda bisa memilih semua atau file Word tertentu untuk memulai perbaikan.

pilih file word

Langkah 3. Setelah perbaikan selesai. Anda bisa mempratinjau file Word yang diperbaiki. klik tombol "Save" untuk memulihkan file Word.

pemulihan file Word yang rusak

Simpan semua file yang diperbaiki ke perangkat penyimpanan yang aman. Jika file Excel atau PPT Anda rusak, Anda bisa melakukan hal yang sama.


Bagian 3. Bagaimana Cara Mencegah File Menjadi Rusak

Ada beberapa langkah pencegahan untuk menjaga data agar tetap aman dan sehat. Mari kita lihat beberapa penyebab kerusakan data dan membahas setiap penyebab satu per satu.

1. Bad Sector

Anggap saja sector sebagai satu bagian kecil dari perangkat penyimpanan tempat komputer Anda menyimpan data. Bad Sector adalah bagian kecil tersebut yang rusak karena galat disk yang disebabkan oleh kerusakan fisik atau galat logis (disebabkan oleh listrik melonjak, dll.). Hindari Guncangan Lonjakan Listrik, atau Kerusakan Fisik yang disebabkan oleh benturan atau temperatur tinggi. Saran yang baik adalah memindai drive Anda untuk memeriksa galat secara teratur dan selalu mencabut drive eksternal Anda secara aman. Anda bisa mendapatkan solusi lengkap untuk memperbaiki bad sector drive.

2. Sistem Crash

Jika Anda pernah melihat Blue Screen di Windows Anda dan kemudian sistem mati, Anda telah mengalami sistem crash. Sistem crash disebabkan oleh beberapa program atau hardware baru yang tidak terinstal dengan benar. Sebuah file yang disimpan saat crash terjadi, akan menjadi rusak. Ketika sistem komputer crash, Anda bisa membuat drive boot untuk mendapatkan data penting Anda kembali, dengan begini Anda bisa dengan mudah memulihkan data setelah sistem crash. Anda bisa menginstal ulang program yang bermasalah atau mencabut hardware yang terhubung sebelum crash untuk boot secara normal ke dalam sistem lagi.

3. File yang Terinfeksi Virus

Salah satu penyebab kerusakan file paling umum adalah serangan virus. Anda mungkin pernah mengunduh file dari lokasi yang tidak aman atau menghubungkan drive flash ke komputer warnet dan sebagainya. Kami berharap, setelah memindai dokumen Anda menggunakan software anti virus yang telah diperbarui, dokumen Anda bisa dibuka lagi. Jangan lupa untuk memindai drive Anda untuk menemukan virus secara teratur.

4. file cross-linked atau klaster yang hilang

Sebuah klaster adalah bagian terkecil dari perangkat penyimpanan di mana komputer menyimpan data. Terkadang, komputer salah menyimpan dua file berbeda di dalam klaster yang sama, sehingga file menjadi cross-linked, dan tidak bisa dibuka. Juga, menghapus file yang terkena serangan virus atau data rusak dengan tidak tepat, bisa membuat klaster menjadi tidak bisa diakses atau hilang. Data yang rusak bisa dipulihkan dengan software seperti Recoverit data recovery dan galat klaster juga bisa diperbaiki dengan menjalankan System Scan Disk untuk memperbaikinya.

Kami berharap, Anda sekarang sudah tahu bagaimana cara memulihkan file yang rusak dari drive flash USB dan perangkat lainnya. Menerapkan langkah-langkah pencegahan juga bisa menjauhkan Anda dari masalah seperti ini. Namun, jika masalah masih terjadi, Anda harus tahu bagaimana cara memulihkan data dengan menggunakan metode dan software pemulihan file yang telah dijelaskan di atas.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Bagaimana Cara Memulihkan File Rusak di Windows