Bagaimana Memulihkan File yang Hilang dari USB Drive

Bagaimana Memulihkan File yang Hilang dari USB Drive

Got lost or deleted data from USB flash drive? Follow this page to restore lost data from flash drive with Recoverit Data Recovery software.

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Pemulihan USB • Proven solutions

0

Drive flash adalah perangkat penyimpanan data yang sangat portabel dan terkadang kesalahan sering dilakukan yang menyebabkan data menjadi rusak atau tidak sengaja menghapus data dari dalam drive. Artikel ini akan memberikan Anda solusi untuk mengakses file yang telah dihapus.

Wondershare Recoverit Data Recovery telah digunakan untuk memulihkan hingga 1000+ jenis dan format data untuk PC dalam berbagai macam perangkat seperti Desktop, perangkat eksternal, dan bahkan komputer yang crash. Wondershare Recoverit juga bisa digunakan untuk memulihkan video yang hilang menggunakan fitur pemulihan video lanjutan, Video yang rusak bisa juga dipulihkan dan diperbaiki menggunakan alat perbaikan video yang ada di dalam Wondershare Recoverit.

Bisakah Anda memulihkan file yang terhapus dari drive flash?

Data file di dalam drive USB bisa saja rusak atau hilang dan tidak sengaja terhapus. Bisakah file dipulihkan kembali? Ikuti halaman ini dan kami akan menunjukkan Anda cara untuk memulihkan file yang terhapus dari Drive USB.

Perangkat USB terkenal atas kemampuannya untuk menyimpan data dan tersedia dalam berbagai ukuran, mudah dibawa dan tidak membutuhkan tenaga lebih untuk digunakan. Tapi meskipun Anda sangat berhati-hati dalam menggunakannya, data masih bisa saja terhapus secara tidak sengaja. Terkadang kesalahan kecil bisa membuat seluruh data tidak bisa diakses dan bisa sangat mengganggu. Pertanyaannya adalah, apakah Anda bisa memulihkan file yang terhapus dari drive flash USB? Ya, Anda bisa. Jika Anda bisa mengakses drive, Anda bisa memulihkan data yang terhapus secara tidak sengaja dari perangkat USB.

Dalam kasus drive internal, ketika Anda menghapus satu set data, data masih tersimpan di pojok memori drive tersebut dan dianggap sebagai bagian yang tidak penting dari memori. Data ini akan tertimpa oleh data baru ketika ruang memori mulai terisi penuh, dan karena ini tidak sering terjadi, maka Anda masih bisa memulihkan file yang terhapus.

Tapi cara kerja memori flash berbeda. Anda hanya bisa menambahkan data baru ke drive flah ketika ada ruang yang tersisa dan dalam kebanyakan kasus, pemulihan file tidak bisa dilakukan, walaupun sebenarnya bisa. File yang terhampun masih tersimpan di dalam drive flash USB dan bisa dipulihkan. Menggunakan solusi berikut ini, kita bisa mendapatkan data kebali dari flash drive.

Alasan File di USB hilang:

Data dan file yang disimpan di dalam drive flash USB, bisa hilang karena banyak alasan atau disk bisa menjadi rusak.

Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus dari drive flash tanpa software?

File yang terhapus dari drive flash tidak bisa dipulihkan menggunakan metode pemulihan recycle bin. Karena file yang hilang dari drive flash eksternal yang dapat dilepas tidak bisa dipulihkan menggunakan metode pemulihan recycle bin.

Solusi untuk memulihkan file yang terhapus dari USB dibagi menjadi 2. Dengan dan tanpa software. Ya, tidak sulit untuk memulihkan file tanpa software. Ada beberapa metode yang bisa digunakan.

Memulihkan data dengan Windows Backups

Sebelum menggunakan metode lainnya, pastikan Anda menggunakan cadangan data yang ada. Ada kemungkinan Anda memiliki file yang dicari di dalam cadangan data. Sinkronisasi data ke cloud atau Google Drive biasanya telah dilakukan tanpa disadari. Metode ini terbukti efektif jika Anda telah menyalakan fitur Windows backup, dan Anda bisa memulihkan data USB.

Langkah 1: Buka system maintenance

Dari control panel pergi ke system maintenance. Pilih "Backup and restore option". Opsi pemulihan akan ditampilkan di bagian bawah jendela.

Langkah 2: Pulihkan File

Klik tombol Restore my files yang menunjukkan bahwa Anda bisa memulihkan file yang telah dicadangkan ke lokasi yang ada.

Langkah 3: Cari file

Sekarang cari file yang telah dicadangkan. Klik opsi Browse for file

Langkah 4: Pilih Lokasi:

Anda harus memilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan cadangan data. Pilih opsi yang Anda inginkan untuk menyalin data sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tunggu hingga proses selesai. Sekarang, lihat lokasi yang sudah Anda pilih untuk menyalin data. Semua file yang telah terhapus secara permanen akan dipulihkan di lokasi yang dipilih.

Menggunakan CMD untuk memulihkan file yang hilang

Command prompt (CMD) adalah prosesor windows yang bisa digunakan untuk memasukkan perintah menggunakan garis perintah. Anda bisa memulihkan file yang terhapus dari drive flash dengan menggunakan baris perintah menggunakan cara-cara berikut ini.

Langkah 1: Hubungkan perangkat USB ke komputer. Pastikan perangkat terdeteksi oleh sistem.

Langkah 2: Tekan tombol Windows dan R bersamaan untuk membuka jendela Run. Ketik cmd dan tekan enter untuk mengakses Jendela Command Prompt.

pulihkan file yang terhapus dari komputer

Langkah 3: Ketik "chkdsk H: /f" tanpa tanda petik dan tekan Enter. Ganti "H" dengan huruf drive dari USB Anda.

Langkah 4: Tekan Y dan tekan Enter.

Langkah 5: Ketik huruf drive dan tekan Enter.

Langkah 6: Ketik D:\>attrib –h –r –s /s /d *.* dan tekan Enter. Ganti "D" dengan huruf drive dari USB Anda.

Langkah 7: Tunggu hingga proses selesai.

Fitur Memulihkan ke Versi Sebelumnya

Metode lainnya yang bisa digunakan untuk memulihkan file yang hilang tanpa software pemulihan adalah dengan memulihkan file dari versi windows sebelumnya. Versi terbaru dari Windows (Windows 7, 8, dan 10) memiliki fitur pemulihan data dari versi sebelumnya. Dengan metode ini, Windows akan mengurungkan semua pergantian yang telah dibuat setelah proses peningkatan windows dan windows akan kembali ke versi sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.

Langkah 1: Klik kanan folder tempat file yang terhapus.

restore-previous-version

Langkah 2: Klik Restore Previous Versions.

Langkah 3: Dari daftar versi yang diberikan, pilih tanggal sebelum file terhapus dan klik Restore.

Bagaimana cara memulihkan file terhapus dari USB dengan Recoverit Data Recovery

Metode yang menggunakan baris perintah dan pemulihan ke versi sebelumnya belum tentu bisa memulihkan data Anda. Kadang-kadang metode-metode tersebut merepotkan dan tidak efisien. Jadi, pilihan terbaik adalah mengunduh software pemulihan data seperti Wondershare Recoverit.

Wondershare Recoverit adalah software yang tersedia untuk perangkat Windows dan Mac. Software ini bisa memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja dari perangkat penyimpanan eksternal seperti drive flash USB, SD, SSD, dan HDD, dll.

Pemulihan data USB

Recoverit - Software Pemulihan Drive USB Terbaik.

Program pemulihan data USB bisa dengan mudah memulihkan file yang terhapus dari drive flash USB di Windows dan Mac. Memulihkan file dari perangkat USB yang terformat, memulihkan file setelah USB terinfeksi virus, atau masalah lainnya yang menyebabkan hilangnya data dari USB.

Langkah 1. Luncurkan Recoverit Data Recovery, hubungkan perangkat USB ke PC dan pilih perangkat untuk memulai.

pulihkan file dari drive flash USB

Langkah 2. Recoverit USB Recovery akan mulai memindai drive tersebut untuk mencari file yang hilang, proses membutuhkan waktu 1 menit.

memindai drive flash usb

Langkah 3. Program ini mendukung pratinjau berbagai macam file seperti foto, video, musik, dokumen Word, Excel, PPT, dan PDF. Pilih file Anda dan klik tombol "Pulihkan" untuk memulihkan file.

pratinjau file yang dipulihkan

Dimohon untuk tidak menyimpan file yang telah dipulihkan ke drive USB yang sama. Anda sebaiknya memilih perangkat penyimpanan yang aman agar data tidak hilang lagi atau tertimpa. Unduh Recoverit Data Recovery dan dapatkan data Anda kembali dalam 3 langkah.

Tutorial Video tentang Bagaimana Cara Memulihkan File dari Drive USB

 

Kesimpulan:

Ketika Anda telah kehilangan file, hal pertama yang Anda harus periksa adalah apakah Anda memiliki cadangan data di komputer atau media penyimpanan lainnya. Cukup pergi ke cadangan data dan pulihkan semua file Anda. Mencadangkan data secara teratur adalah hal yang sangat penting dan berguna, menghemat waktu Anda ketika ingin memulihkan file dari drive USB, atau Anda sebaiknya menggunakan software Recoverit USB Data Recovery yang andal untuk mendapatkan data Anda kembali.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Pemulihan USB > Bagaimana Memulihkan File yang Hilang dari USB Drive