2 Solusi yang Dapat Bekerja dengan Baik untuk Memformat Drive Pen di Linux [2022]

Bagaimana Cara Memformat Drive USB di Linux Anda: 2 Solusi yang Dapat Bekerja dengan Baik untuk Memformat Pen Drive di Linux

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0

Apakah Anda frustrasi karena tidak dapat memformat drive USB karena lingkungan OS yang dibatasi? Meskipun Linux menawarkan banyak keuntungan, tetapi OS ini terkadang bisa rumit untuk digunakan. Jadi, apakah ada solusi yang dapat dilakukan untuk memformat drive USB di Linux? Jika Anda memikirkan hal yang sama, maka ini adalah hari keberuntungan Anda - karena Anda telah datang ke halaman yang tepat.

Hari ini saya hadir di sini untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini dan memformat flash drive di Linux dengan dua cara yang berbeda. Selain itu, panduan ini juga menyertakan solusi yang cepat untuk memulihkan data yang terhapus secara tidak sengaja dari drive USB.

drive usb laptop


Bagian 1: Bagaimana Cara Memformat Flash Drive USB di Linux?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Linux merupakan salah satu sistem operasi open source yang paling banyak digunakan. Sementara Linux adalah sebuah kernel, yang ditampilkan melalui sistem distribusi yang berbeda seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan lainnya. Oleh karena itu, solusi GUI untuk memformat pen drive di Linux akan bergantung pada sistem distribusinya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bantuan dari perintah tertentu untuk mengakses dan memformat drive USB di Linux. Mari kita bahas kedua solusi ini secara detail.

Solusi 1: Memformat Drive USB melalui Terminal (Command Prompt)

Terminal atau Command Prompt merupakan salah satu komponen yang paling penting di sistem operasi apa pun yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi dengannya melalui tampilan antarmuka command-line. Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda menjalankan Fedora atau Ubuntu, Anda masih dapat menggunakan bantuan dari perintah tertentu untuk memformat stik USB di Linux.

Langkah ke-1: Buka Terminal di sistem Linux Anda

Ada berbagai cara untuk membuka Terminal di Linux. Pertama, Anda cukup menekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan untuk membuka jendela Terminal. Pengguna Gnome juga dapat ditemukan di Aplikasi > Aksesoris. Selain itu, Anda dapat membuka widget Dash di GUI dengan mencari "terminal".

format usb linux melalui linux

Langkah ke-2: Identifikasi drive USB

Sekarang, pasang drive USB Anda ke sistem dan biarkan hingga terdeteksi. Untuk mengetahui identitasnya, Anda dapat memasukkan perintah "$ df". Ini akan menampilkan daftar media dan disk yang terhubung beserta detail-detailnya. Sebagai contoh, di kasus ini, drive ini dikenal sebagai "/dev/sdc1".

mengidentifikasi drive usb yang terpasang untuk memformat drive usb

Langkah ke-3: Unmount disk

Ketika drive USB pertama kali dipasang ke sistem Linux, USB akan dimounting secara otomatis. Untuk memformat flash drive di Linux, kita perlu melakukan unmount terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, Anda perlu memasukkan perintah "unmount", diikuti dengan identitasnya. Di kasus kami, kami akan memasukkan perintah: $ sudo umount /dev/sdc1

unmount disk untuk memformat usb linux

Langkah ke-4: Format drive USB

Sekarang, Anda cukup memformat drive USB di Linux dengan memasukkan perintah "mkfs". Ini akan menampilkan parameter yang akan menentukan sistem file di drive. Sebagian besar, NTFS atau FAT32 sangat direkomendasikan karena kompatibilitasnya dengan Windows. Berikut ini adalah cara umum yang mungkin untuk menulisnya:

  • Untuk sistem file vFAT (FAT32): sudo mkfs.vfat /dev/sdc1
  • Untuk sistem file NTFS: sudo mkfs.ntfs /dev/sdc1
  • Untuk sistem file EXT4: sudo mkfs.ext4 /dev/sdc1

format usb di linux

Harap diingat bahwa identitas "/dev/sdc1" dapat digantikan dengan salah satu yang ada di sistem Linux Anda untuk terhubung ke drive USB.

Solusi 2: Memformat Drive USB melalui Utilitas Disk

Jika Anda memiliki layer lanjutan Ubuntu atau Fedora pada kernel Linux, maka Anda juga dapat menggunakan tampilan antarmuka pengguna grafisnya untuk memformat drive USB. Sebagai contoh, sistem Ubuntu hadir dengan program utilitas bawaan yang dikenal sebagai "Disks". Untuk mempelajari bagaimana cara memformat drive USB di Linux melalui GUI, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, akses Utilitas Disk di sistem Anda. Untuk melakukan ini, klik opsi Dash di Ubuntu pada bagian pojok kanan atas. Pastikan drive USB yang ingin Anda format telah terhubung ke sistem sebelumnya.

2. Ketik "Disks" pada pencarian Dash dan saat hasil yang diinginkan muncul, klik ikon tersebut untuk membukanya. Anda juga dapat menemukan Utilitas Disk di Aplikasi.

format-usb-linux-5

3. Ini akan membuka tampilan antarmuka Utilitas Disk di sistem. Pada panel sebelah kiri, Anda dapat melihat sumber penyimpanan internal dan eksternal yang tersedia. Dari sini, pilih thumb drive yang terhubung.

4. Di sebelah kanan, akan menampilkan berbagai detail dari drive USB. Klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturannya.

format-usb-linux-6

5. Ini akan membuka jendela khusus untuk memformat disk. Pilih format file dan jenis pemformatan. Anda juga dapat memberikan nama baru pada disk. Setelah Anda selesai, klik tombol "Format" dan tunggu hingga Linux memformat drive USB.

format-usb-linux-7

Artikel Terkait: Bagaimana Cara Menghapus Disk Anda di Linux?


Bagian 2: Bagaimana Cara Memulihkan File dari Drive USB yang Telah Diformat di Linux?

Ada saatnya ketika pengguna memformat drive USB di Linux secara tidak sengaja. Untuk mengatasi ini dan mendapatkan kembali data Anda yang telah diformat, Anda dapat menggunakan bantuan dari aplikasi pemulihan data ini. Sebagai contoh, Wondershare Recoverit adalah salah satu aplikasi pemulihan data yang paling terpercaya dan paling efektif untuk Windows dan Mac. Jika Anda memformat drive USB Anda secara tidak sengaja di Linux, maka lakukan unmount, dan hubungkan ke Windows atau Mac. Nantinya, Anda dapat menggunakan bantuan dari Recoverit untuk mengekstrak segala jenis yang telah hilang atau terhapus dari sana.

Video Tutorial: Bagaimana Cara Memperbaiki Flash Drive USB dan Memulihkan Data?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat yang Lainnya >

Aplikasi ini mendukung semua jenis drive USB dengan setiap format file utamanya. Tampilan antarmukanya juga sangat mudah digunakan, dengan opsi untuk mempratinjau data sebelum merestorenya. Berikut ini adalah cara bagaimana Anda dapat melakukan pemulihan data pada drive USB yang telah diformat dengan menggunakan Recoverit.

Langkah ke-1: Hubungkan drive USB dan pilih USB tersebut

Pertama, lepaskan drive yang telah diformat dari sistem Linux dan hubungkan ke sistem Windows atau Mac, tempat di mana Recoverit telah diinstal. Buka Recoverit dan periksa apakah drive USB yang telah terhubung sudah terdeteksi. Pilih ikon tersebut dan klik tombol "Mulai" untuk mulai memindai.

tampilan antarmuka recoverit

Langkah ke-2: Tunggu hingga pemindaian selesai

Karena Recoverit akan memindai drive USB yang telah terhubung, Anda dapat menunggunya hingga selesai. Meskipun demikian, Anda dapat menunda prosesnya di tengah-tengah dan bahkan mempratinjau hasilnya juga.

operasi selama pemindaian

Langkah ke-3: Restore data Anda

Terakhir, Anda dapat mempratinjau konten yang telah diekstrak seperti foto, video, dokumen, dan yang lainnya di Recoverit. Pilih data yang ingin Anda dapatkan kembali dan klik tombol "Pulihkan" untuk menyimpannya ke lokasi pilihan Anda. Daripada me-restore data Anda ke drive USB, lebih baik menyimpannya di sistem Anda.

pratinjau foto yang dipulihkan

Selesai sudah! Setelah membaca panduan yang singkat dan informatif ini, Anda akan dapat memformat drive USB di Linux layaknya seorang profesional. Seperti yang Anda lihat, ada banyak sekali cara bagi pengguna Linux untuk memformat drive USB di sistem mereka. Selain itu, jika Anda secara tidak sengaja memformat pen drive, maka pulihkan data Anda yang telah hilang dengan menggunakan aplikasi seperti Recoverit. Coba dan gunakan versi gratisnya, lalu bagikan panduan ini ke orang-orang lain untuk memberi informasi bagi mereka tentang bagaimana caranya memformat pen drive di Linux.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Alex Nappi

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > Bagaimana Cara Memformat Drive USB di Linux Anda: 2 Solusi yang Dapat Bekerja dengan Baik untuk Memformat Pen Drive di Linux