4 Cara Memperbaiki Kesalahan File yang Terlalu Besar untuk Sistem File Tujuan

4 Metode untuk Memperbaiki Kesalahan File yang Terlalu Besar untuk Sistem File Tujuan

Wondershare Recoverit Authors

Mar 27, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Seandainya hard drive Anda diformat dengan partisi FAT32 pada sistem operasi Windows Anda, bersiaplah untuk menghadapi masalah. Masalah rumit yang dihadapi pengguna Windows yaitu "file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan". Ada banyak solusinya tetapi menerapkannya dengan cara yang benar juga tak kalah penting. Masalah biasanya akan muncul ketika Anda hendak memindahkan atau menyalin file yang lebih besar dari 4 GB. Kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah ini dan memberikan solusinya di sini. Kami akan mengulasnya secara mendetail untuk Anda.

Apa yang dimaksudkan dari kesalahan 'file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan', dan apa penyebabnya?

Kesalahan "file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan" bisa disebakan karena keterbatasan FAT32. Jika Anda tahu betul tentang sistem file, Anda pasti paham tentang keterbatasannya. Metode atau struktur yang digunakan sistem operasi dalam mengidentifikasi dan mengatur file pada diska disebut sistem file. Windows menggunakan sistem file FAT32, FAT, exFAT dan NTFS.

Semua sistem file ini punya keterbatasannya masing-masing. Saat hard drive Anda diformat dengan FAT32, Anda tak akan bisa menambahkan file individual lebih dari 4 GB. Satu-satunya solusi agar dapat memperbaiki kesalahan dan berhasil memindahkan file adalah dengan mengganti sistem file hard drive Anda dari FAT32 ke NTFS. FAT32 mendukung file maksimum sebesar 4 GB, sedangkan NTFS memberikan kapasitas hingga 16 TB. Perbedaan dalam keterbatasan inilah yang membuat "file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan."

Ada beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah ini dengan mudah. Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu agar solusinya dapat diterapkan dengan optimal. Dan bagaimanapun juga, kesalahan ini tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan file yang lebih dari 4GB.


Cara memperbaiki file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan

Memperbaiki file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan dapat dilakukan dengan cara berikut:

Metode 1: Kompres atau Pisahkan File-File Besar

Jika file Anda terlalu besar, Anda bisa mengompres atau memisahkannya dan simpan di drive USB Anda. Pengompresan file akan membantu mempercepat penyimpanan ke drive USB Anda bahkan saat FAT32 diformat.

bagi ke volume

Metode 2: Mengubah sistem file FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data

Anda tidak akan bisa menggunakan sistem file FAT32 jika Anda menggunakan file besar. Konversikan sistem file FAT32 ke NTFS saat file terlalu besar untuk kesalahan sistem file tujuan. Anda tidak perlu memformat jika Anda menggunakan Alat Standar AOMEI Partition Assistant. Alat ini berfungsi mengonversi sistem file pada hard drive Anda. Terlebih lagi, alat ini mencakup antarmuka grafis dan intuitif yang mampu mengubah sistem file dari FAT32 ke NTFS dengan cepat. Alat ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows 10, 8 dan versi lainnya. Sekarang kita telusuri apa yang bisa Anda lakukan dengan alat ini.

Langkah 1: Unduh dan instal alat ini

Unduh dan instal AOMEI Partition Assistant di PC Anda lalu klik kanan pada partisi "FAT32" sebagai tempat penyalinan file besar. Buka "Advanced" > "Convert to NTFS".

tab lanjutan

Langkah 2: Periksa lalu tekan Oke

Tekan "Oke" untuk melanjutkan seperti yang terlihat pada gambar berikut.

tekan oke

Langkah 3: Konversi

Cukup tekan Terapkan dan Lanjutkan untuk memulai konversi dan tunggu sampai selesai.

mengonversikan ke ntfs aomei

Metode 3: Lakukan format pada penyimpanan Anda ke sistem file NTFS

Pilihan lain guna memperbaiki "file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan", bisa dilakukan dengan memformat penyimpanan ke sistem file NTFS:

1) Buka File Explorer di sistem Windows Anda untuk memformat drive USB ke NTFS

memformat dengan file explorer

2) Format drive USB ke NTFS menggunakan Manajemen Diska

manajemen diska

Metode 4: Gunakan penyimpanan alternatif

Berbagai informasi penting telah Anda simpan di Drive USB Anda, yang kemudian diformat dengan sistem file FAT32. Namun, jika file yang terlalu besar menjadi masalah sistem file tujuan, maka Anda perlu menggunakan alternatif lain. Jangan simpan data pada drive USB yang telah diformat ke FAT32. Data yang ada harus dipindahkan dari sana ke drive USB atau kartu SD yang berisi sistem file NTFS. Alternatif lain juga dapat Anda gunakan seperti menyimpan data di cloud. Pilihan ini juga sangat disarankan.


Kesimpulan Penting

Berbagai gambaran luas tentang file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan beserta solusinya telah kami paparkan. Membaca semua itu tentunya telah memberi Anda pengetahuan yang Anda perlukan dalam mengatasi masalah Anda. Jika Anda memerlukan bantuan dan panduan lebih lanjut, silakan hubungi kami dan jangan lupa bahwa AOMEI Partition Assistan selalu siap membantu Anda. Alat terbaik dalam memperbaiki file yang terlalu besar untuk sistem file tujuan. Alat ini sangat luar biasa karena tidak akan mengakibatkan hilangnya data.

You Might Also Like

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > 4 Metode untuk Memperbaiki Kesalahan File yang Terlalu Besar untuk Sistem File Tujuan