Bagaimana Cara Meningkatkan Windows 10 Home ke Windows 10 Pro?

3 Cara Mudah untuk Meningkatkan Windows 10 Home ke Windows 10 Pro

Wondershare Recoverit Authors

Jun 02, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Bagaimana cara untuk meningkatkan Windows 10 dari Home ke Pro dengan mudah? Bagaimana cara untuk meningkatkan Windows 10 Home ke Pro secara cuma-cuma? Berikut ini, kami akan memberi tahu Anda cara terbaik yang bisa membantu Anda meningkatkan edisi Windows 10 Home ke Pro.

Windows 10 Home vs Pro Edition

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk meningkatkan performa perangkat seperti komputer, tablet, ponsel pintar, dan perangkat Internet untuk Segala (Internet of Things-IoT) lainnya. Sistem operasi ini dibedakan ke dalam dua versi: Windows 10 Home dan Windows 10 Pro.

windows 11 vs windows 10

Windows 10 Home adalah varian dasar dengan fitur utama pada tampilan dan pengoperasiannya: Menu Mulai yang disempurnakan; versi Cortana yang lebih lengkap (sebelumnya Corana khusus digunakan untuk ponsel Windows); Virtual Desktop dan Tampilan Tugas untuk tampilan desktop yang lebih teratur; Penghemat Baterai untuk daya yang lebih efisien; dan mikrocip TPM yang mendukung keamanan yang lebih baik.

Semua fitur pada versi Home tersebut bisa didapatkan di Windows 10 Pro, beserta banyak fitur canggih pada fungsi privasi, konektivitas, dan bisnis. Salah satu fitur yang luar biasa adalah Hyper-V, di mana sang pengguna bisa menguji perangkat lunaknya dengan meniru sistem operasi lain. Selain itu, pada versi Pro pun terdapat Domain Join, yang memberikan akses jarak jauh bagi grup domain kerja. Fungsi tambahan lain yang memperkuat administrasi kerja dan keamanan adalah Group Policy Management dan Bitlocker.

recoverit

Jika Anda sudah menggunakan versi Home dan mempertimbangkan untuk melakukan peningkatan ke Windows 10 Pro, pastikan Anda sudah membuat pencadangan file dan data. Ikutilah aturan 3-2-1, yaitu membuat 3 salinan cadangan Anda, menyimpan ketiganya di 2 jenis media penyimpanan, dan simpan 1 salinan di luar itu.


Cara Meningkatkan Windows 10 Home ke Pro dengan Kunci Produk

Jika Anda membeli salinan Microsoft Office Windows 10 Pro di tempat lain dengan potongan dari harga aslinya ($99,99), Anda mungkin akan mendapatkan Kunci Lisensi (serta Kunci Produk) untuk mengaktifkan perangkat lunak tersebut.
Langkah 1. Pastikan komputer Anda sudah diperbarui.
Langkah 2. Pilih Mulai (logo Window) pada layar Anda, lalu pilih Pengaturan (ikon roda gigi). Sebagai alternatif, Anda pun bisa melakukannya dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard Anda.
Langkah 3. Pilih Pembaruan & Keamanan, dan kemudian pilih Aktivasi pada menu sebelah kiri.

recoverit

Langkah 4. Pilih Ubah Kunci Produk yang ditemukan dalam Aktivasi.

recoverit

Langkah 5. Masukkan kunci lisensi produk sebanyak 25 digit pada kotak dialog, dan kemudian tekan Selanjutnya.

recoverit

Langkah 6. Begitu Anda memasukkan kunci lisensi yang tepat, proses peningkatannya akan dimulai, lalu Anda akan mendapatkan pemberitahuan setelah prosesnya selesai.


Cara Meningkatkan Windows 10 Home ke Pro tanpa Aktivasi

Langkah 1. Buka "Settings" > "Update & Security", lalu tekan "Activation" pada panel sebelah kiri.

recoverit

Langkah 2. Pilih Aktivasi pada tab sebelah kiri, dan kemudian pilih Lanjut ke Toko.

recoverit

Langkah 3. Sebuah jendela Microsoft Store baru akan muncul beserta tombol Beli. Tekan tombol Beli tersebut, masuk ke akun Microsoft Anda, lalu masukkan rincian pembayaran Anda.

recoverit

Tunggulah hingga prosesnya selesai sebelum melakukan restart pada komputer Anda, kemudian Anda akan menemukan sistem operasi Anda telah ditingkatkan menjadi edisi Windows 10 Pro.


Cara Meningkatkan Windows 10 Home ke Pro secara Cuma-cuma

Jika Anda sudah punya Windows versi Pro sebelumnya (Windows 7/8/8.1), atau jika Anda memiliki kunci produk untuk versi Pro versi lama, maka Anda bisa meningkatkan Windows 10 Home Anda ke Windows 10 Pro dengan menggunakan Windows 10 Upgrade Assistant. Hal ini berarti jika Anda ingin mempertahankan edisi Pro yang Anda gunakan untuk Komputer Anda.

PENINGKATAN KE VERSI PRO SECARA MANUAL:

Langkah 1. Buka Windows Store dan masuk ke akun Microsoft Anda.
Langkah 2. Pada tombol Pilihan, pilihlah Unggah dan Perbarui.
Langkah 3. Pilih Dapatkan Pembaruan dan tunggu hingga Windows Store menyelesaikan proses pembaruannya.

recoverit

Langkah 4. Pada daftar pembaruan yang tersedia, cari Windows 10 dan tekan Enter.
Langkah 5. Sebuah kotak dialog berisikan pertanyaan "Have you saved all your files" akan muncul. Tekan tombol "Yes, let's go".

recoverit

Langkah 6. Setelah Anda mendapatkan pesan selesai yang menyatakan 100% rampung di layar Anda, silahkan lakukan restart pada komputer Anda.

recoverit

Langkah 7. Untuk memastikan keberhasilan proses instalasinya, tekan tombol Windows + I pada keyboard Anda untuk membuka menu Pengaturan. Pilih Pembaruan & Keamanan, dan kemudian tekan Aktivasi.
Windows 10 Pro dilengkapi dengan sejumlah fitur bermanfaat, terutama jika Anda memerlukan fungsi lengkap untuk bisnis Anda dan ingin menambah keamanan data Anda. Versi ini menawarkan lebih banyak hal dibandingkan versi Home, tentunya sepadan dengan harganya. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas untuk meningkatkan Windows 10 home ke pro, maka Anda bisa melakukan peningkatan dengan mudah!


Masalah Umum yang Sering Ditemui Saat Melakukan Peningkatan

Saat kita sedang meningkatkan Windows kita, terkadang muncul suatu masalah yang bisa memengaruhi atau menghentikan proses peningkatan dan bahkan mungkin membuat kita kehilangan data. Contoh masalah-masalah tersebut antara lain-

  1. Tidak tersedia cukup ruang penyimpanan untuk menginstal Windows 10 Pro

    Jika Anda berencana untuk menginstal Windows 10 Pro, kami sangat menyarankan agar Anda mengosongkan paling tidak 20GB ruang penyimpanan pada hard drive Anda untuk memastikan keberhasilan proses unduh dan instal Windows Anda. Untuk memeriksa berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa, Anda bisa melakukannya dengan membuka My Computer dan tekan tombol sebelah kanan pada tetikus Anda pada setiap drive yang ada. Pilih "Properties" dan periksa ruang penyimpanannya.

  2. Perangkat lunak lama Anda tidak kompatibel dengan Windows 10 Pro

    Melakukan peningkatan dari Windows 10 Home ke Windows 10 Pro bisa mengakibatkan masalah kompabilitas dengan perangkat lunak lama Anda. Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi menjadi rusak atau berhenti bekerja. Anda mungkin harus menghapus dan menginstal ulang perangkat lunak tersebut agar bisa terus menggunakan Windows 10 Pro terbaru.

  3. Reboot pembaruan perangkat lunak yang mengganggu

    Terkadang terjadi reboot secara acak pada saat yang paling tidak tepat dan ini bisa mengganggu pembaruan otomatis rutin pada Windows 10. Jadi, Anda sebaiknya mencegah reboot seperti itu. Guna melakukan ini, bukalah pengaturan sistem Anda. Lalu, tekan Pembaruan & Keamanan, kemudian buka Pembaruan Windows. Setelah itu, tekan "Advanced Options" dan pilih "Notify to Schedule Restart". Sekarang, Anda bisa mulai melakukan reboot tanpa mengganggu aktivitas Anda.

  4. Komputer Anda tidak cukup baik untuk mendukung Windows 10 Pro

    Agar Windows 10 Pro Anda berhasil ditingkatkan dan bisa berfungsi dengan baik, ada beberapa persyaratan sistem yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut relatif tidak sulit. Persyaratan sistem tersebut termasuk-

    • 2 GB RAM untuk 64 bit
    • 1 GB RAM untuk 32 bit
    • Prosesor 1GHz atau lebih
    • Paling tidak ada 16 GB ruang kosong pada hard drive
    • Akun Microsoft dan akses internet
    • Perangkat grafik Microsoft DirectX 9

Pertanyaan yang sering diajukan:

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk meningkatkan Windows?

Waktu yang diperlukan untuk melakukan peningkatan ke Windows 10 Pro sangat bervariasi dari satu sistem ke sistem lainnya. Selain itu, juga tergantung pada seberapa stabil dan seberapa cepat koneksi internet Anda, pengaturan jaringan, dan besar file yang diperbarui.

Berapa biaya yang diperlukan untuk meningkatkan ke Windows 10 Pro?

Di Microsoft Store, harganya senilai $99 untuk satu kali peningkatan ke Windows 10 Pro. Anda bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit yang terhubung dengan Akun Microsoft Anda.

Apa fitur spesial dari Windows 10 Pro?

Windows 10 Pro dilengkapi dengan semua fitur pada Windows 10 Home dan juga tambahan fitur yang berfokus pada lingkungan bisnis dan para profesional. Fitur-fitur ini termasuk Remote Desktop, BitLocker, Active Directory, Windows Defender Device Guard, dan Hyper-V.

Apakah sepadan untuk meningkatkan dari Windows 10 Home ke Windows 10 Pro?

Sebagian besar pengguna mungkin menganggap Windows 10 Pro hanyalah biaya tambahan semata. Meski demikian, orang-orang yang rutin harus mengatur jaringan kantor menganggap peningkatan ini sangat sepadan dan bahkan sangat disarankan bagi orang-orang kantoran.

Tambahan

Jika kebutuhan Anda akan Windows 10 biasa saja atau jika Anda menggunakannya untuk pemakaian pribadi, maka Windows 10 Home sudah lebih dari cukup untuk menjalankan fungsi standarnya dalam keperluan sehari-hari. Selain itu, versi Pro pun jauh lebih mahal dari Windows 10 Home ($199 untuk versi Pro dibandingkan dengan $119 untuk versi Home), dan meningkatkan dari versi lama Anda ke versi Pro akan menghabiskan biaya sebesar $99,99. Jika Anda hanya menggunakan Windows 10 untuk pemakaian pribadi, maka biaya tambahan sebesar $100 tentu terlalu mahal.

Jika Anda tidak mencadangkan file data di komputer Anda sebelum meningkatkan sistem komputer Windows 10. Anda akan kehilangan semua file penting Anda.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > 3 Cara Mudah untuk Meningkatkan Windows 10 Home ke Windows 10 Pro