Cara Memperbaiki Kesalahan Taskbar yang Menghilang di Win 10/11 [2022]

Cara Memperbaiki Kesalahan Taskbar yang Menghilang di Windows 11/10

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Kami terus membahas berbagai masalah yang terkait dengan Windows 11/10 di portal kami, yang mana hal ini pasti membuat orang bertanya-tanya bagaimana Microsoft berhasil mendapatkan begitu banyak bug dalam satu pembaruan sistem. Sementara beberapa pengguna mengeluhkan mengenai layanan audio yang hilang setelah pembaruan yang mereka lakukan. Selain itu, juga terdapat pula keluhan di mana pengguna tidak bisa mendeteksi taskbar. Kesalahan pada "taskbar yang menghilang" ini sudah ditanyakan di forum saya. Ketika Microsoft sudah menjanjikan pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut, para pengguna justru mencari opsi yang bisa mengatasi kesalahan atas 'taskbar yang menghilang'. Di dalam artikel yang dibagikan ini, kita akan mencari metode yang akan mengatasi kesalahan pada "taskbar yang menghilang".

Cara untuk memperbaiki kesalahan taskbar yang menghilang di Windows 11/10

Mari kita membahas alasan lainnya yang mungkin menyebabkan kesalahan pada 'taskbar yang menghilang' di Windows 11/10.

1. Perlihatkan Taskbar:

Mungkin saja taksbar Anda memang diatur untuk disembunyikan. Namun, ketika Anda menggerakkan mouse Anda ke bagian bawah layar, Anda bisa berharap bahwa taskbar Anda akan muncul. Jika terdapat beberapa kesalahan yang tidak terduga, maka Anda akan diminta untuk menonaktifkan fitur sembunyikan otomatis dan memperbaiki kesalahan pada 'taskbar yang menghilang'.

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Cukup mengklik kanan pada Taskbar merupakan pilihan yang jelas, namun dalam masalah ini, Anda harus mengakses Panel Kontrol dan klik "Taskbar dan Navigasi". Cara ini akan membantu Anda untuk melihat kotak dialog properti taskbar dan di sini Anda akan diminta untuk menghapus centang pada kotak "~Sembunyikan taksbar secara otomatis".

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Seringkali, terdapat kejadian di mana opsi sembunyikan otomatis di kiri atau kanan layar tersebut terlewatkan oleh pengguna. Sebelum menggunakan teknik pemecahan masalah, pengguna harus memeriksa hal tersebut terlebih dahulu.

2. Mengubah pengaturan tampilan Windows:

Bagi mereka yang sering menghubungkan komputer mereka ke opsi tampilan eksternal seperti TV LED atau dock secara teratur, maka masalah 'taskbar yang menghilang' bisa saja muncul karena hal tersebut. Untuk menyelesaikan kesalahan ini, yang perlu Anda lakukan adalah menekan kombinasi tombol Windows+P atau beralih ke bagian panel kontrol, lalu pilihlah "~Tampilan" dan selesaikan dengan cara mengklik "~Sesuaikan".

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Untuk para pengguna yang telah menggunakan Windows 11/10 setelah melakukan pembaruan, maka pengaturan resolusi dan tampilan akan cukup sama dengan opsi serupa yang muncul pada sisi kanan layar. Jika Anda tengah menggunakan Windows 11/10, maka kemungkinan Anda hanya tertarik pada opsi '~layar PC'. Jika pilihan 'taskbar yang menghilang' terkait dengan masalah tersebut, maka prosedur di atas seharusnya bisa memperbaikinya.

3. Mulai ulang Explorer:

Jika tidak ada cara yang berhasil untuk Anda lakukan, maka prosedur yang satu ini akan berhasil. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa Explorer.exe adalah sebuah proses yang bertanggung jawab atas kontrol desktop dan taskbar. Bukan hanya mengenai taskbar yang menghilang, namun juga ikon yang sering kali menghilang.

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Karena keduanya bergantung pada explorer.exe, maka keduanya tidak bisa ditemukan secara bersamaan sebab adanya suatu kesalahan. Sekarang Anda harus membuka bagian "task manager" di Windows, lalu ketiklah "~explorer.exe", kemudian tekan tombol Enter. Proses penelusuran akan dimulai ulang, dan hal ini akan membuat taskbar milik Anda kembali. Untuk pengguna yang melihat popup Windows explorer, itu hanyalah menandakan bahwa proses explorer.exe sudah berjalan pada background.

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah konsistensi yang sering pengguna hadapi dengan Windows 11/10. Sebagai sebuah Sistem Operasi baru, pasti Anda tetap memiliki masalah tersendiri yang bisa diselesaikan dengan bantuan dari Microsoft yang terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman para penggunanya.

Selain itu juga terdapat laporan selama pembuatan Pratinjau Teknis Windows 11/10 statis mereka dan beberapa masalah kecil lainnya yang menyebabkan sebuah masalah dengan driver suara, bahkan pada port HDMI juga. Sementara para pengguna mencoba untuk menyelesaikan masalah tidak adanya suara yang keluar di komputer dengan cara menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga, pembaruan secara rutin akan dirilis agar masalah ini bisa diselesaikan.

Merasa bingung antara mode Tablet dan mode Desktop:

Salah satu dari banyaknya alasan mengapa Anda bisa mengalami kesalahan 'taskbar yang menghilang' adalah karena Anda belum mengerti akan perbedaan antara mode tablet dari Windows 8 dan mode desktop di Windows 11/10. Pembahasan berikut ini akan membantu Anda untuk memahami perbedaannya.

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Seseorang bisa merasa optimis bahwa Microsoft akan segera merilis sebuah versi yang akan mengatasi masalah di Windows 11/10, sehingga kesalahan pada 'taskbar yang menghilang' tidak akan terjadi lagi. Sistem yang beralih ke mode tablet dengan sendirinya, membuat para pengguna bingung karena mereka tidak bisa mengakses tampilan desktop atau taskbar dengan semua ikon yang menghilang. Satu-satunya jalan yang tersedia dalam situasi seperti itu ialah memulai ulang perangkat dengan harapan bisa mengatasi permasalah pada "taskbar yang menghilang".

Cara memperbaiki kesalahan pada menghilangnya taskbar di windows 10

Oleh sebab itu, jika Anda pernah menghadapi situasi di mana desktop atau seluruh taskbar Anda menghilang, sehingga memunculkan masalah pada 'taskbar yang menghilang', hal itu tidak perlu dijadikan alasan bagi Anda untuk panik. Cukup dengan menonaktifkan mode tablet dengan mengikuti petunjuk yang ada di atas.

Bagi mereka yang telah berhasil memperbaiki kesalahan 'taskbar yang menghilang' dengan menggunakan teknik di atas, kami menyarankan Anda untuk tetap membaca artikel yang lainnya di portal ini yang akan membahas berbagai teknik pemecahan masalah di Windows 11/10. Dengan segala pembaruan dan waktu boot yang lebih cepat, Windows memang sudah mengubah cara pandang kami dalam melihat Sistem Operasi. Janganlah membiarkan diri Anda merasa bingung dengan mode tablet dan desktop, jadi temukanlah solusi untuk kesalahan "taskbar yang menghilang" dari artikel yang telah diberikan.

pemulihan data pada komputer

Software Pemulihan Komputer Anda yang Aman & Bisa Diandalkan

  • Memulihkan file, foto, audio, musik, dan email yang hilang atau terhapus dari perangkat penyimpanan mana saja secara efektif, aman, dan secara menyeluruh.
  • Mendukung pemulihan data dari recycle bin, hard drive, kartu memori, flash drive, kamera digital, dan juga camcorder.
  • Mendukung pemulihan data untuk penghapusan yang mendadak, pemformatan, kerusakan pada hard drive, serangan virus, dan kerusakan pada sistem dalam situasi yang berbeda.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Cara Memperbaiki Kesalahan Taskbar yang Menghilang di Windows 11/10