Cara Menampilkan, Menyembunyikan, dan Menemukan Recycle Bin di Windows 10/7

Cara Menampilkan, Menyembunyikan, dan Menemukan Recycle Bin

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Recycle Bin sejauh ini merupakan ikon yang paling dikenal di Windows, entah itu di windows 95, XP, Vista, 7, 8, atau 10, itulah mengapa, ketika Anda tidak dapat menemukan simbolnya, Anda akan bertanya-tanya "Di mana Recycle Bin saya?" Hal ini merupakan kejadian umum sejak Windows 8 keluar dan berkembang menjadi Windows 10. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak dapat menemukan Recycle Bin, kami siap membantu Anda.

Bagian 1. Di mana Recycle Bin di Windows 10/7?

Kami sering mendapatkan pertanyaan seperti "Di mana Recycle Bin saya" atau "Di mana untuk menemukan Recycle Bin di Windows 10". Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, harus kita katakan bahwa Windows dirancang dengan sangat akurat, sehingga semua aplikasi berada di tempat yang sesuai. Dan juga terdapat beberapa drive di dalam "My Computer" dan di antara drive tersebut, semuanya tersimpan. Fitur Recycle Bin Windows umumnya terletak di "drive C" My Computer di Windows 7 dan 10.

Apa itu Recycle Bin?

Sebelum membahas solusi lebih lanjut, kita perlu mengetahui apa itu recycle bin di windows 7/10. Sederhananya begini, ketika pengguna menghapus sebuah konten, file-file tersebut tidak sepenuhnya dihapus oleh Windows. Sebaliknya, file-file tersebut disimpan di dalam folder yang dikenal sebagai Recycle Bin. Jadi, Recycle Bin dapat didefinisikan sebagai lokasi penyimpanan sementara untuk file yang dihapus. Recycle Bin memiliki beberapa keuntungan dan kegunaan:

Lokasi Recycle Bin Windows 10

Sering kali, pengguna tidak dapat menemukan lokasi Recycle Bin di desktop, terutama jika versi windows diperbarui. Pelajarilah cara untuk menemukan lokasi Recycle Bin di Windows 10 dengan mengikuti cara sebagai berikut.

Melalui Desktop

Recycle Bin membuat pintasan di desktop saat Windows diinstal. Anda dapat langsung klik pintasan tersebut dan mengakses konten yang telah terhapus di dalam Recycle Bin.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-1

Melalui Run Prompt

Jika Anda tidak dapat menemukan folder Recycle Bin di desktop, maka Anda dapat menemukannya melalui Run prompt. Buka Run command dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan. Setelah Run prompt terbuka, masukkan "shell explorer.exe: RecycleBinFolder" kemudian tekan enter.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-2

Melalui Windows Explorer

Jika Anda tidak dapat menemukan Recycle Bin di desktop atau sulit mengaksesnya melalui prompt, Anda juga dapat mengaksesnya melalui Windows Explorer. Jalur lokasi recycle bin sebagian besar yaitu My Computer > drive C > Recycle Bin. Anda juga dapat membuka bilah alamat di Explorer dan memasukkan "Recycle Bin" untuk menemukan Recycle Bin di Windows 10.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-3

Lokasi Recycle Bin di Windows 7

Lokasi Recycle Bin di Windows 7 sama dengan solusi yang dijelaskan di atas. Anda dapat menemukan ikon Recycle Bin di desktop atau ke Explorer dan cari Recycle Bin. Di beberapa versi, Recycle Bin juga dapat diakses dari menu taskbar atau menu start.


Bagian 2. Bagaimana Cara Menampilkan/Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 10/7?

Seperti yang kita ketahui bahwa opsi Recycle Bin tersedia di desktop secara bawaan. Namun, terkadang pengguna ingin menyembunyikan ikon recycle bin dari desktop atau tampilkan jika sudah disembunyikan. Anda dapat dengan mudah menyembunyikannya dengan mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

  1. Buka Control Panel di komputer Anda dan kunjungi "Personalization settings". Anda juga dapat klik kanan desktop untuk mengunjungi opsi tersebut.
  2. Pilih fitur "Change desktop icon" untuk menampilkan/menyembunyikan Recycle Bin di Windows.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-4

  3. Aktifkan opsi Recycle Bin dari pengaturan ikon desktop dan simpan perubahannya.
  4. Untuk menyembunyikan ikon Recycle Bin di Windows, ikutilah prosedur yang sama. Alih-alih mengaktifkan ikon, Anda harus menonaktifkannya.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-5

Video Tutorial Cara Menemukan atau Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 10?

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Bagian 3. Bagaimana Cara Menempatkan Recycle Bin di Lokasi Lain?

Sekarang, setelah Anda tahu bagaimana cara menampilkan atau menyembunyikan Recycle Bin, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya di desktop kapan pun Anda menginginkannya. Selain itu, Windows juga memungkinkan kita untuk membuat Recycle Bin di lokasi lain. Dengan begitu, kita dapat dengan mudah memahami di mana lokasi Recycle Bin atau mengaksesnya dengan mudah.

Sematkan Recycle Bin ke menu Taskbar

Menu taskbar merupakan bagian desktop Windows yang paling banyak digunakan dan kita dapat menavigasi berbagai aplikasi dengan cepat. Guna menghemat waktu, Anda cukup menyematkan ikon Recycle bin ke menu taskbar dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Temukan ikon Recycle Bin di desktop terlebih dahulu dan pilihlah.
  2. Klik kanan ikon Recycle Bin untuk mendapatkan menu konteksnya kemudian klik tombol "pin to start". Cara ini akan menyematkan Recycle Bin pada menu Start.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-6

  3. Setelah itu, kunjungi menu Start untuk melihat ikon Recycle Bin di menu Start. Pilih sekali lagi dan klik kanan.
  4. Kali ini, pilih "pin to taskbar" dari menu tersebut untuk membuat tabnya di menu taskbar agar mudah diakses.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-7

Membuat Pintasan Recycle Bin di File Explorer

Solusi kedua untuk menemukan di mana Recycle Bin melibatkan akses pintasan di explorer. Windows Explorer dibagi menjadi dua bagian. Panel sebelah kiri memiliki daftar semua direktori Windows dan folder penting sementara di sebelah kanan, kita dapat menelusuri semua file yang tersimpan. Untuk menemukan ikon Recycle Bin, pergilah ke panel kiri dan klik kanan. Anda dapat memilih fitur "Show All Folders".

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-8

Secara otomatis hal ini akan memuat semua folder utama di Windows, yang akan menyertakan ikon Recycle Bin. Klik dua kali dan mengakses file Recycle Bin.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-9


Bagian 4. Bagaimana Cara Memperbaiki "Tidak Dapat Menemukan Recycle Bin"?

Seperti yang mungkin telah Anda baca, terdapat berbagai cara untuk menampilkan atau menemukan Recycle Bin di Windows. Sayangnya, para pengguna terkadang menemukan eror "Can't find Recycle Bin" karena ketidaktersediaan. Hal ini bisa juga terjadi jika Recycle Bin sudah rusak atau terhapus secara permanen. Untuk memperbaikinya dan pelajari di mana menemukan Recycle Bin, ikuti solusi di bawah ini.

1. Memulihkan Recycle Bin

Pertama-tama, periksalah apakah Recycle Bin telah dihapus atau baru saja dinonaktifkan. Jika dinonaktifkan, maka pengguna dapat dengan mudah memulihkannya. Buka Control Panel > Personalization > Desktop Icon Settings. Dari jendela pop-up, aktifkan kotak centang Recycle Bin. Simpanlah perubahan dan keluarlah dari jendela sekarang.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-10

2. Buat Ulang Recycle Bin

Jika Recycle Bin di Windows telah terhapus seluruhnya, maka para pengguna harus melakukan beberapa tindakan ekstra. Untuk memperbaiki masalah tersebut, berikut langkah-langkah untuk membuat aplikasi Recycle Bin di Windows.

  1. Buka Opsi Folder di Windows Anda melalui pengaturan Control Panel atau "View settings" di Explorer.
  2. Di bawah tab "view", terdapat opsi untuk menyembunyikan file dan folder. Matikan dengan mengaktifkan opsi "Show hidden files and folder".

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-11

  3. Setelah mengaktifkannya, buka file explorer kemudian buka "This PC". Arahkan ke drive C dan lihatlah folder $Recycle.Bin yang tersembunyi.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-12

  4. Pilih folder $Recycle.Bin kemudian klik kanan. Saat Anda mendapatkan menu konteks, klik pilihan "Send to", dan pilih Desktop. Cara ini akan membuat ikon Recycle Bin di desktop muncul.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-13

3. Memperbaiki Recycle Bin

Folder Recycle Bin juga bisa rusak. Hal ini dapat membuat Recycle Bin tidak dapat diakses di Windows untuk pengguna. Agar dapat memperbaiki Recycle Bin, Anda perlu membuka Command Prompt dari menu Start. Masukkan perintah berikut dan tekan enter: rd /s /q C:\$Recycle.bin

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-13

Setelah perintah diproses, buka desktop, dan periksalah apakah Anda dapat membuka Recycle Bin atau tidak.

4. Nonaktifkan Mode Tablet

Beberapa versi Windows terbaru juga mendukung fitur mode tablet, yang dapat menyembunyikan ikon dan layanan yang tidak diinginkan. Jika komputer Anda dalam mode tablet maka Anda tidak akan dapat menemukan Recycle Bin di Windows 10.

  1. Untuk memperbaikinya buka menu Start kemudian kunjungi pengaturan PC Anda.
  2. Telusuri Pengaturan sistem > Mode tablet.
  3. Pastikan opsi untuk Menyembunyikan ikon aplikasi di menu taskbar dalam mode tablet dan secara Otomatis menyembunyikan menu taskbar dalam mode tablet dimatikan.
  4. Jika tidak ada, matikan dan keluarlah dari halaman pengaturan.

    menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-14


Bagian 5. Tips Menggunakan Recycle Bin

Setelah menjawab pertanyaan umum seperti "di mana Recycle Bin saya" atau "cara menyembunyikan Recycle Bin", kami akan dapat menjawab sebagian besar keraguan Anda. Terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan pengguna Windows untuk mengelola Recycle Bin. Beberapa pengguna yang memiliki banyak pengalaman telah membagikan tips mengenai Recycle bin di Windows sebagai berikut ini.

1. Pulihkan data yang telah dikosongkan dari Recycle Bin

Banyak orang mengira bahwa data yang terhapus dari Recycle Bin akan hilang selamanya. Hal ini merupakan sebuah kesalahpahaman karena kami dapat memulihkan data Recycle Bin dengan alat tepercaya. Recoverit Data Recovery Mac merupakan sebuah aplikasi luar biasa yang dapat melakukan pekerjaan yang sama persis. Alat tersebut prosesnya cepat dan dapat memulihkan data yang sebelumnya telah dikosongkan dari Recycle Bin. Melalui alat tersebut, kita bisa mendapatkan kembali foto, video, dokumen, folder, dan segala macam konten ke komputer Anda.

Recoverit - Perangkat Lunak Pemulihan File Word Terbaik

  • Pulihkan dokumen Word dari semua perangkat penyimpanan seperti Mac.
  • Memulihkan lebih dari 1000 jenis dan format file dalam berbagai situasi.
  • Pindai dan tinjau file tersebut sebelum Anda memulihkannya dari hard drive MacBook.
Download Gratis| Mac Versi Mac Download Gratis| Win Versi Windows

2. Memulihkan data dari Recycle Bin

Recycle Bin merupakan folder sementara untuk menyimpan data yang terhapus. Pengguna dapat menelusuri dan memulihkan konten yang telah terhapus kapan pun mereka mau. Cukup pilih file tersebut dan klik kanan. Sekali lagi, klik tombol Pulihkan untuk menyimpan data tersebut kembali ke lokasi sebelumnya.

3. Sesekali kosongkan Recycle Bin

Terkadang Recycle Bin menyimpan banyak data yang dapat membuat sistem lambat. Anda harus membuang file yang tidak diinginkan dari Recycle Bin secara teratur. Cara lainnya yaitu kosongkan recycle bin kapan pun diperlukan. Cukup klik kanan pada ikon Recycle Bin kemudian klik opsi "Empty Recycle Bin" untuk menghapus konten yang ada di Recycle Bin.

4. Hindari Shift + Delete menghapus data

Ketika pengguna menghapus data dengan cara menekan tombol Shift + Delete, data tersebut akan melewati Recycle Bin. Dengan cara ini, data akan terhapus secara permanen dan kami tidak akan bisa mendapatkan data tersebut kembali dengan mudah. Karena itu, hindari menghapus file dengan cara Shift + Delete.

5. Ubah Ukuran Recycle Bin

Banyak orang tidak tahu bahwa Windows juga bisa mengatur ukuran Recycle Bin juga. Buka properti Recycle Bin dan di pengaturan umum, cari opsi "Customized Size". Masukkan ukuran Recycle Bin dalam satuan MBs dan terapkan perubahan tersebut.

menampilkan-menyembunyikan-recycle-bin-13


Kesimpulan

Saya yakin bahwa panduan ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan seperti bagaimana cara mengosongkan Recycle Bin di Windows 10/8/7/Vista/XP atau cara memulihkan file dari Recycle Bin. Jika Anda kehilangan beberapa file penting dari Recycle Bin, pertimbangkanlah untuk menggunakan Recoverit Data Recovery. Ini merupakan solusi yang sangat canggih dan mudah digunakan untuk memulihkan data dari Recycle Bin dalam hitungan menit. Anda bisa berlangganan premium Recoverit atau juga bisa mencoba versi gratisnya dengan mengunjungi situs resminya.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Cara Menampilkan, Menyembunyikan, dan Menemukan Recycle Bin