Bagaimana Memformat USB Flash Drive 128GB ke FAT32 di Windows 7/8/10? [2023]

Bagaimana cara memformat USB Flash Drive 128GB Anda ke FAT32 di Windows 7/8/10?

Wondershare Recoverit Authors

Aug 04, 2023 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0
Bagaimana cara memformat USB Flash Drive 128 GB ke sistem file FAT32? Saya telah memformat USB drive 16 GB saya ke sistem FAT32 berkali-kali dengan bantuan Diskpart dan Manajemen Disk, tetapi kali ini tidak ada pilihan untuk sistem FAT32. Apakah ada cara lain untuk memformat USB Drive dengan kapasitas yang lebih besar ke Sistem FAT32?"

Ya, ada cara lain untuk memformat USB Flash Drive 128 GB ke sistem file FAT32 pada Windows. Meskipun Anda tidak dapat menyelesaikan tugas dengan menggunakan metode Diskpart tradisional, ada cara yang terintegrasi, dan ada cara lain yang membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Bagian 1: Mengapa Anda Perlu Memformat USB Flash Drive ke FAT32?

Jika Anda menggunakan USB Flash Drive, Pen Drive, SD Card, dll., Anda perlu memformatnya ke sistem file FAT32 karena berbagai alasan. Sistem file FAT32 lebih disukai oleh semua orang karena sifatnya yang fleksibel, kompatibilitasnya yang luas, dan kemampuannya untuk mendukung partisi data yang besar.

Ada beberapa alasan yang membuat Anda perlu memformat USB Drive Anda ke sistem file FAT32 dari NTFS, exFAT, atau sistem file lainnya:

Masih banyak lagi alasan lainnya, tetapi secara keseluruhan, jika Anda ingin menggunakan Drive Anda pada berbagai platform tanpa menghadapi masalah apa pun, maka FAT32 adalah Sistem Berkas yang terbaik.

Anda mungkin juga menyukai:
Partisi Data Dasar vs Partisi Utama
Partisi Diperluas vs Partisi Utama
Partisi Utama vs Partisi Logis


Bagian 2: Bagaimana Cara Memformat USB Flash Drive 128 GB ke FAT32 di Windows 7/8/10?

Dalam kasus normal, ada berbagai cara untuk memformat USB Flash Drive Anda ke sistem FAT32. Anda dapat menggunakan metode terintegrasi; Anda dapat menggunakan baris perintah pada Windows Anda, atau Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk memformat USB Drive Anda ke FAT32. Ketika Anda mencoba memformat USB Flash Drive 128 GB ke sistem file FAT32, maka semuanya akan menjadi sedikit rumit. Namun, untuk Drive berukuran lebih kecil, Anda dapat menggunakan Manajemen Disk atau Diskpart.

Mengapa saya tidak dapat memformat USB Drive 128 GB ke sistem file FAT32 menggunakan Diskpart atau Manajemen Disk?

Untuk sebagian besar kasus di mana Anda ingin memformat USB Drive 16 GB atau USB Drive 32 GB ke sistem FAT32, Anda dapat melakukannya hanya dengan bantuan Manajemen Disk dan Diskpart. Tetapi ketika Anda mencoba memformat USB Drive 64 GB atau 128 GB ke Sistem FAT32, Anda tidak dapat melakukannya dengan bantuan Diskpart atau Manajemen Disk. Saat mencoba melakukannya, Anda akan menghadapi kesalahan melalui kedua metode tersebut. Mengapa demikian? Karena, secara default, Diskpart, Manajemen Disk, atau alat pemformatan terintegrasi Windows lainnya, dikonfigurasikan untuk memformat USB Drive yang lebih rendah dari 32 GB ke sistem FAT32, dan USB Drive yang lebih dari 32 GB ke NTFS atau exFAT. Dengan demikian, ketika Anda mencoba memformat USB Drive 128 GB ke sistem file FAT32, Anda tidak akan dapat melakukannya.

memformat usb flash drive 128gb ke fat32 1

memformat usb flash drive 128gb ke fat32 2

Metode 1: Memformat USB drive dengan Manajemen Disk

Untuk USB Drive berukuran 32 GB atau lebih rendah, Anda dapat menggunakan Manajemen Disk untuk memformat Drive ke sistem FAT32. Metode ini sangat sederhana dan efisien. Yang perlu Anda lakukan adalah mengakses Manajemen Disk di bawah Panel Kontrol dan ikuti langkah-langkahnya.

Langkah 1. Hubungkan USB Drive yang ingin Anda format ke sistem FAT32 dan pastikan drive tersebut terdeteksi oleh PC Anda.

Langkah 2. Sekarang buka panel pencarian di Task Bar dan cari "Manajemen Disk" dan buka Manajemen Disk di hasil.

Langkah 3. Setelah berada di jendela Manajemen Disk, buka USB Drive yang ingin Anda format ke sistem FAT32. Cari Drive Anda di antara semua yang terdaftar dan klik kanan untuk melihat menu kontekstual.

Langkah 4. Dari menu tersebut, klik tombol "Format". Sekarang, Anda akan melihat kotak dialog Format. Di dalam kotak, pilih "FAT32" di bawah Sistem File, dan hapus centang pada opsi "Quick Format". Sekarang, klik Ok untuk mulai memformat Drive Anda ke sistem FAT32.

memformat usb flash drive 128gb ke fat32 3

format usb flash drive 128gb ke fat32 4

Anda dapat menggunakan metode Manajemen Disk yang disebutkan di atas untuk memformat Drive ke sistem FAT32, tetapi Anda tidak dapat memformat disk berukuran lebih besar dengannya. Namun, hanya ada cara terintegrasi untuk memformat USB Drive yang lebih besar ke sistem FAT32, dan itu adalah PowerShell.

Metode 2: Memformat USB Drive 128 GB ke FAT32 menggunakan PowerShell di Windows

Anda dapat memformat USB Drive yang lebih besar dari 32 GB ke Sistem FAT32 menggunakan Windows PowerShell. Namun, prosesnya kurang efisien dan cenderung memakan waktu lebih lama selama pemformatan.

Langkah 1. Setelah Anda berada di layar beranda sistem Windows Anda, gunakan pintasan "Windows + X" untuk membuka menu Start.

Langkah 2. Sekarang, di menu, cari opsi "Windows PowerShell (Admin)" dan klik di atasnya untuk membuka PowerShell sebagai Admin.

memformat usb flash drive 128gb ke fat32 6

Langkah 3. Setelah Anda berada di jendela PowerShell, ketik perintah "format /FS: FAT32 #:" dan tekan Enter untuk memproses perintah. (Masukkan huruf Drive Anda di tempat #).

memformat usb flash drive 128gb ke fat32 7

Setelah perintah diberikan, USB Drive 128 GB Anda akan mulai memformat ke sistem FAT32. Mungkin diperlukan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan proses ini, tetapi jika Anda ingin cepat, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tugas secara efisien.


Bagian 3: Bagaimana Cara Memulihkan Data yang Hilang dari USB Drive yang Diformat dengan Menggunakan Recoverit?

Ada kemungkinan bahwa karena menghadapi beberapa kesalahan saat memformat USB Drive 128 GB Anda ke sistem FAT32, Anda mungkin akan kehilangan data atau merusak data yang tersimpan di drive. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk mengambil tindakan cepat dan mencoba memulihkan data Anda yang hilang. Penundaan sekecil apa pun dalam pemulihan dapat menghalangi kemungkinan pemulihan data.

Anda dapat menggunakan alat Pemulihan Data Recoverit untuk memulihkan semua data Anda dari USB Drive seefisien dan seefektif mungkin. Fitur-fitur canggih dan antarmuka yang mudah digunakan menjadikan Recoverit alat terbaik untuk dipilih saat dalam keadaan darurat untuk memulihkan data.

Video Tutorial tentang Bagaimana Memulihkan Data Dari USB Flash Drive dan Hard Drive Eksternal?

Video terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Panduan Pengguna untuk Memulihkan Data yang Hilang dari USB Drive yang Diformat:

Langkah 1. Instal Alat Pemulihan Data Recoverit

Download dan Instal alat pemulihan data Recoverit di PC Windows Anda. Hubungkan USB Flash Drive 128 GB yang telah diformat yang ingin Anda pulihkan datanya. Pastikan USB drive terhubung dengan benar dan terdeteksi oleh sistem. Setelah selesai, luncurkan program Recoverit.

Langkah 2. Pilih Drive Anda

Setelah meluncurkan program, jendela pertama yang Anda lihat adalah jendela "Pemilihan Drive". Dari jendela ini, Anda dapat memilih drive penyimpanan yang ingin Anda pulihkan datanya. Semua USB Drive internal dan eksternal sistem Anda akan terdaftar di jendela, pilih USB Drive Anda yang tercantum di bawah bagian "Perangkat Eksternal". Setelah dipilih, klik tombol "Mulai" di bagian bawah jendela untuk memulai proses pemindaian yang canggih.

pemulihan perangkat eksternal

Langkah 3. Mulai Memindai

Selama proses pemindaian, Anda akan melihat file yang dipindai yang dapat dipulihkan terdaftar di jendela satu per satu. Anda dapat menyempurnakan proses pemindaian dengan menggunakan opsi "Jenis File" dan "Jalur File" pada panel sebelah kiri. Anda juga dapat menjeda proses pemindaian untuk sementara waktu, dan melanjutkannya kembali saat Anda menginginkannya. Atau, Anda juga dapat memulai pemulihan file yang sudah terdaftar.

memindai perangkat eksternal

Langkah 4. Selesaikan Proses Pemulihan

Untuk menyelesaikan pemulihan data yang hilang dari USB Drive yang diformat, Anda harus memilih dan memulihkan semua file yang ingin Anda pulihkan. Untuk menemukan dan memilih file, Anda dapat memfilter file dengan memilih filter dari panel sebelah kanan. Atau, Anda dapat mencari file melalui panel pencarian. Anda juga dapat menavigasi semua file untuk menemukan file yang ingin Anda pulihkan. Pilih file dan klik tombol "Pulihkan" yang diposisikan di bagian bawah jendela untuk memulihkan semua file yang dipilih.

pratinjau foto yang dipulihkan

Di akhir proses ini, Anda mungkin akan diminta untuk memilih lokasi yang aman untuk memulihkan file di PC Anda, jadi, pilihlah lokasi yang aman dan klik "OK." Setelah proses ini selesai, Anda akan dapat mengakses semua file yang dipulihkan yang dipulihkan ke lokasi yang dipilih.

pemulihan data yang terhapus

Pemulihan Data Recoverit - Software Pemulihan File Terbaik

  • Recoverit mampu memulihkan data yang hilang dari USB drive Anda karena alasan apa pun seperti pemformatan, kerusakan, penghapusan yang tidak disengaja, dll.
  • Dengan menggunakan alat Recoverit, Anda dapat memulihkan data dari USB Drive, kartu SD, Pen Drive, PC, Mac, Kamera Digital, SSD, HHD, dll.
  • Recoverit memungkinkan Anda untuk memulihkan lebih dari 1000 jenis file seperti Doc, PPT, PDF, RAR, ZIP, dll.

Kesimpulan:

Proses untuk memformat USB Drive yang lebih besar seperti USB Drive 128 GB ke sistem FAT32 memang sedikit merepotkan, tetapi masih ada beberapa cara untuk melakukannya. Jika seandainya Anda menemukan PowerShell tidak efisien dalam memformat USB Drive 128 GB ke Sistem FAT32, maka Anda dapat mencoba berbagai alat pihak ketiga yang tersedia di pasar.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Alfonso Cervera

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > Bagaimana cara memformat USB Flash Drive 128GB Anda ke FAT32 di Windows 7/8/10?