Cara Memformat USB Menggunakan CMD

Cara Memformat USB Menggunakan CMD

Wondershare Recoverit Authors

Nov 28, 2023 • Filed to: Recovery USB • Proven solutions

0
"Drive USB saya masih terpasang. Namun, saya menemukan gaya pemformatan lainnya tidak cukup efektif. Adakah seseorang yang dapat menjelaskan kepada saya cara memformat flash drive menggunakan cmd?"

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa USB flash drive hadir dengan fitur yang lebih fleksibel. USB flash drive merupakan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas dan banyak digunakan orang. Ketika Anda membelinya, tidak pernah terlintas di benak Anda untuk memformatnya.

Namun sebenarnya, seiring berjalannya waktu, akan ada waktu ketika Anda akan memformat drive flash disk Anda. Entah saat berada di situasi buruk, atau saat Anda ingin memperbaiki masalah USB flash drive, tetapi Anda juga menyadari bahwa Anda dapat menuntut lebih dari itu.

Inilah pertanyaan besarnya: Kapan waktu yang tepat untuk memformat drive flash disk?

Mari telusuri beberapa situasi yang perlu melakukan pemformatan USB menggunakan CMD.

Bagian 1: Mengapa Perlu Memformat USB Flash Drive

1. Untuk Mengubah Sistem File

Sistem file default untuk sebagian besar drive USB yaitu Fat 32, hanya bisa digunakan di sistem operasi yang berbeda seperti Mac OS, Linux, dan Windows. Namun jika Anda menggunakannya secara eksklusif di Windows, Anda dapat mengubah sistem file ke NTFS dengan aman.

Berikut bagaimana sistem file NTFS akan melayani Anda dengan lebih baik:

  • File Sistem NTFS lebih kuat dan memiliki fitur yang dapat melakukan hosting Direktori Aktif
  • NTFS memiliki perlindungan yang lebih baik dari akses fisik yang tidak resmi
  • Drive Anda mendukung file berukuran lebih dari 4GB
  • Akan bekerja lebih cepat di Windows—Dibangun untuk kecepatan, dan bahkan lebih dari itu.

Namun, jika flash drive Anda kurang dari 2GB jangan mengonversi sistem file ke NTFS, karena akan memengaruhi kinerjanya.

Dan untuk mengubah dari satu sistem file ke sistem file lainnya, Anda perlu memformat USB flash drive Anda.

2. Untuk Menghapus Banyak Data dengan Cepat

Menghapus data pribadi yang ada di drive flash disk mungkin menjadi alasan paling umum mengapa banyak orang memformat flash drive. Hal ini sering terjadi ketika Anda ingin memberikan, menjual, atau membeli drive baru, dan Anda ingin menyetel ulang flash drive tersebut.

Jika Anda hendak melindungi privasi data dengan memformat, hal ini tidak 100% aman karena tidak menghapus tanda tangan digital data Anda di media penyimpanan. Pengguna baru dapat mengambil data yang tidak ditimpa menggunakan sebuah perangkat lunak pemulihan.

3. Untuk memperbaiki Bad Sector dan Flash Drive Rusak

Terkadang akses drive flash disk ditolak karena sistem file data RAW. Dalam situasi tersebut, Windows meminta Anda untuk memformat drive flash disk sebelum Anda dapat menggunakannya. Hanya itu jalan satu-satunya.

Jika data yang terdapat di drive tersebut sangat penting, dan Anda tidak ingin kehilangan data tersebut, Anda dapat memformat drive USB dengan CMD kemudian menggunakan alat pemulihan untuk mengambil data Anda.

4. Ketika Anda Ingin Membuat Flash Drive yang Dapat Di-boot

Jika Anda ingin membuat flash drive USB yang dapat di-boot untuk menggunakan Windows Server Essentials atau menginstal sistem operasi untuk memiliki drive USB portabel Windows, Anda akan dipaksa untuk memformat flash drive terlebih dahulu.

Drive USB portabel Windows yang dapat di-boot dapat menghemat banyak waktu dan energi untuk membawa komputer Anda.

5. Ketika Anda ingin Menghapus Virus

Jika komputer Anda terinfeksi virus, memformat atau menghapus flash drive dan melakukan restart pasti akan menghapus virus apa pun. Namun, ini bukan cara yang tepat untuk menangani malware. Jika cadangan data Anda memiliki virus, komputer Anda akan terinfeksi.

Meski alasannya tepat, pertanyaan yang akan Anda tanyakan pada diri sendiri yaitu:

Bagaimana cara untuk memformat drive secara efektif?

Seperti yang sudah Anda ketahui, terdapat cara yang lebih mudah untuk memformat flash disk di Windows. Namun, Anda harus memformat USB menggunakan CMD jika Anda mengalami masalah sebagai berikut:


Bagian 2: Cara Memformat USB Menggunakan CMD

Langkah 1: Buka Windows Command Prompt dan ketik "diskpart" dan klik enter.

diskpart-format-langkah1

Langkah 2: Tampilan Jendela akan muncul dan meminta izin perangkat lunak Diskpart akan menjalankan komputer Anda. Klik tombol "Yes" untuk melanjutkan.

Langkah 3: Tampilan jendela baru akan muncul. Kemudian ketiklah "List disk." Anda harus mengetahui disk mana yang merupakan Kunci USB yang sedang Anda format. Perintah ini mencantumkan semua media penyimpanan yang terhubung di PC Anda.

memperbaiki-usb-tanpa-media-3

Langkah 4: Ketik "Select disk Y", di mana Y merupakan disk yang ingin Anda format. Dalam hal ini, Y adalah 2. Jika pilihan Anda berhasil, akan muncul "Disk Y is now selected the selected disk."

memperbaiki-usb-tanpa-media-4

Langkah 5: Ketik "Clean" untuk memformat drive flash disk Anda dengan cmd. Jika pemformatan sudah berhasil, cmd akan memberi tahu Anda bahwa Diskpart telah berhasil membersihkan disk.

tipe-format-diskpart-yang-bersih-untuk-memformat-disk

Langkah 6: Kemudian enter, pilih "create partition primary" untuk membuat partisi tertentu.

membuat-partisi-primer

Langkah 7: Ketiklah (format fs=NTFS). Jika Anda menyukai format sistem file lain, ubah perintah NTFS menjadi yang diinginkan seperti exFAT, FAT32, dan lainnya.

memperbaiki-usb-tanpa-media-5

Prosesnya memakan waktu.

Langkah 8: Ketik "assign" dan berikan huruf drive ke flash drive

menetapkan-diskpart

Jika Anda bertanya-tanya tentang cara memformat USB menggunakan CMD, sekarang Anda seharusnya sudah bisa melakukannya.


Bagian 3: Cara Memulihkan Pen Drive USB yang Terformat di Windows 10

Beberapa keadaan seperti data berubah menjadi format RAW membuat data Anda tidak dapat diakses dan Anda terpaksa untuk memformat pen drive Anda menggunakan CMD. Bila Anda tidak ingin kehilangan data, dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kembali data Anda. Dan dalam hal ini, kami akan mengulas salah satu alat pemulihan data terbaik dunia untuk flash drive USB yang terformat yaitu—Recoverit Data Recovery.

Fitur Recoverit

  • Pemindaian Komprehensif: Recoverit Data Recovery menggunakan algoritma canggih untuk mengembalikan semua file Anda yang terformat. Algoritma memberikan tingkat pemulihan yang tinggi sebesar 96%.
  • Antarmuka Pengguna Clutter-Free: Dengan cepat terakses ke utilitas yang kuat untuk memulihkan file yang terformat. Recoverit menggunakan grafik dan kata-kata dengan sempurna untuk memberikan antarmuka pengguna yang intuitif yang mengurangi pemulihan menjadi prosedur 3 langkah—Pilih, Pindai, dan Pulihkan.
  • Pemulihan Data Cepat: Recover memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih cepat baik dalam fungsi operasional maupun pemindaian yang dengan cepat menembus flash drive Anda untuk mendapatkan file yang terformat dalam waktu singkat.

Video: Cara Memulihkan File yang Hilang Karena Tidak Sengaja

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Cara Menggunakan Perangkat Lunak Recoverit untuk Memulihkan Flash drive yang Terformat

Langkah 1: Bukalah Programnya

Setelah berhasil mengunduh dan menginstalnya, Anda mulai menikmati versi gratis dari Aplikasi ini. Pasanglah drive Flash disk Anda ke PC Anda dan buka alat Recoverit.

jalankan-recoverit

Langkah 2: Pilih lokasi program

Pada layar utama, pilihlah drive flash disk yang ingin Anda pulihkan. Pilihlah jalur atau lokasinya, kemudian klik tombol 'start' untuk memulai pemindaian.

pemulihan-data-komputer

Langkah 3. Tekan tombol 'Scan'

Recoverit akan memindai secara menyeluruh flash drive Anda untuk mendapatkan kembali data yang telah terformat. Setelah itu, Anda akan dapat melihat seluruh daftar.

memindai-foto-yang-hilang

Langkah 4: Meninjau dan memulihkan data yang Anda inginkan

Gunakan fungsi pratinjau untuk memastikan apakah Anda benar-benar perlu mengambil file tersebut atau tidak. Anda dapat meninjau banyak data, termasuk foto, video, audio, pdf, dokumen, dan lainnya. Setelah melakukan pratinjau, tekan tombol pulihkan untuk mengambil semua file yang dipilih.

meninjau-foto-yang-telah-dipulihkan

Kesimpulan: Sangat mudah memformat flash drive USB di sistem Windows. Namun pada suatu waktu, mungkin Anda tidak dapat melakukan pemformatan USB menggunakan metode yang disarankan windows. Anda akan mendapatkan notifikasi "Windows was unable to complete the format." Dan di situlah pemformatan USB dengan CMD dibutuhkan—untuk membersihkan disk. Jika Anda tidak ingin kehilangan data, berhati-hatilah memilih alat pemulihan data, jika tidak maka akan ada banyak file yang tidak dapat diakses.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Recovery USB > Cara Memformat USB Menggunakan CMD