Terselesaikan: Bagaimana Saya Bisa Perbaiki Layar MacBook Pro yang Berkedip

Terselesaikan: Bagaimana Saya Bisa Perbaiki Layar MacBook Pro yang Berkedip

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0
Adakah ada yang pernah alami masalah layar Mac yang berkedip? Layar MacBook Pro saya berkedip sejak semalam. Adakah yang bisa membantu saya untuk atasi masalah layar MacBook yang berkedip ini atau mengetahui penyebab masalah MacBook berkedip?

Biasanya, layar Mac hadir dengan resolusi yang bagus dan tinggi dan inilah sebab yang membuatnya jadi menarik dan populer di kalangan pengguna. Tapi, sejak beberapa bulan terakhir, diketahui bahwa layar Mac tiba-tiba mulai berkedip baik dalam beberapa garis warna atau garis/blok horizontal. Akan sangat buruk saat anda sudah membeli MacBook dengan biaya yang mahal dan layarnya mulai berkedip secara acak. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan yang sebabkan masalah layar MacBook berkedip.

Bagian 1. Kenapa layar Mac tetap berkedip?

Walau demikian, tidak ada hal atau isu secara khusus yang sebabkan masalah layar MacBook Pro berkedip. Tapi, terdapat beberapa hal atau tindakan pencegahan yang bisa sebabkan layar MacBook Pro berkedip. Jadi, tanpa membahas lebih jauh, marilah menggali rincian masalah dan cari tahu mengapa layar Mac terus berkedip.

  • Pembaruan Software bisa jadi penyebab masalah layar berkedip jadi akan lebih baik untuk selalu perbarui software MacBook Pro anda. Jika ada pembaruan software yang tertunda maka segeralah lakukan pembaruan ke versi terkini karena pembaruan hadir dengan tolak ukur baru dan software yang belum diperbaharui bisa saja bertentangan sehingga bisa timbulkan masalah di kemudian hari nanti.
  • Isu dari software atau hardware bisa berdampak besar pada kinerja dan tampilan MacBook. Jika MacBook anda alami salah satu dari yang jadi penyebab masalah layar Mac berkedip. Jadi cobalah untuk pelihara baik itu software atau hardware karena keduanya bisa sebabkan anda mengalami masalah ini.
  • Beberapa orang kaitkan masalah layar MacBook Pro yang berkedip dengan Tidak adanya driver CUDA. Jadi, pastikan driver Mac anda selalu diperbaharui sehingga tidak akan alami masalah layar yang berkedip.
  • Anda juga mungkin alami masalah MacBook Pro kedipan hitam jika anda baru saja jatuhkan Mac atau tidak sengaja terlepas dari tangan anda. Hal ini juga bisa merusak layar dan layarnya mulai berkedip warna hitam atau beberapa warna setelah kejadian tersebut terjadi.
  • Juga, pastikan anda dapatkan voltase yang tepat untuk perangkat anda karena terkadang kekurangan/kelebihan voltase bisa berdampak serius bagi tampilan Mac anda.

Inilah beberapa penyebab dasar mengapa layar Mac anda terus berkedip. Ingatlah selalu untuk hindari isu layar berkedip jika beberapa diantaranya terjadi akan sangat berdampak signifikan di tampilan layar Mac anda dan sebabkan masalah layar yang berkedip.


Bagian 2. Cara Mengatasi Layar MacBook Pro yang Berkedip

Dibawah ini, saya telah buatkan daftar beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk atasi masalah Layar MacBook Pro yang Berkedip.

1. Arahkan Mac ke Mode Aman

Cara terbaik untuk memeriksa masalah teknis seperti layar Mac yang berkedip adalah dengan masuk ke Mode Aman di MacBook anda. Apa yang dilakukan Mode Aman adalah memulai Mac anda dengan opsi perbaikan dimana anda bisa lakukan berbagai tindakan perbaikan masalah. Dengan terapkan beberapa langkah mudah, anda bisa melihat layar Mac anda seperti sebelum adanya masalah berkedip.

Bagaimana cara kerjanya?

macbook-pro-layar-berkedip-1

Anda bisa lepaskan tombol SHIFT segera setelah logo Apple tampil pada layar Mac. Ini tandanya bahwa anda telah berhasil masuk ke mode aman.

Anda akan diminta masukkan kata sandi anda yang biasa digunakan untuk masuk ke windows. Masukkanlah kata sandi untuk melihat layarnya. Semoga saja masalah telah terselesaikan dan seharusnya tidak ada lagi masalah layar yang berkedip.

Tetapi anda di situasi fitur yang terbatas dalam mode aman.

2. Aturlah Tampilan

Masalah layar Mac yang berkedip bisa terjadi jika anda pergunakan resolusi yang salah di Mac anda. Anda mungkin saja memilih frekuensi yang lebih tinggi jika anda memiliki penglihatan yang kurang baik. Anda bisa ubah pengaturan tampilan melalui menu Tampilan Thunderbolt.

Bagaimana cara kerjanya?

macbook-pro-layar-berkedip-1

3. Atur ulang NVRAM

Jika masalah belum hilang dan masih tetap hadapi masalah yang sama maka Anda harus mengatur ulang NVRAM. Sebagai pengguna MAC, harus Anda ketahui bahwa NVRAM adalah memori non-volatile yang sementara simpan pengaturan Anda sehingga bisa diakses dengan lebih cepat. Ketika anda mengatur ulang NVRAM, maka sistem akan boot ulang tetapi ini tidak akan efektif sampai anda lakukan beberapa langkah khusus dan kemungkinan besar anda tidak akan pernah alami lagi masalah layar yang berkedip setelah solusi ini.

Bagaimana cara kerjanya?

macbook-pro-layar-berkedip-1

4. Matikan Pengalihan Grafik Otomatis

Jika anda sudah aktifkan pengalihan grafik otomatis itu berarti anda telah izinkan Mac mengubah grafis secara otomatis berulang kali terutama saat anda jalankan dan alihkan beberapa aplikasi secara bersamaan. Ini bisa saja sebabkan masalah layar berkedip di sistem Mac anda.

Anda bisa nonaktifkan fitur ini untuk memeriksa apakah berfungsi atau tidak untuk kendalikan isu layar berkedip dan di beberapa kasus, ini benar berfungsi.

Bagaimana cara kerjanya?

Marilah kita lihat bagaimana layar Mac yang berkedip bisa diperbaiki dengan nonaktifkan fitur peralihan grafis otomatis. Sangat mudah untuk terapkan saran ini.

macbook-pro-layar-berkedip-1

5. Atur Ulang SMC

Metode mengatur ulang SMC hanya bisa dilakukan di MacBook Air dan MacBook Pro yang memiliki baterai bawaan. SMC pada dasarnya chip yang terintegrasi dan biasanya digunakan terkait dengan manajemen daya dan pengaturan. Telah diketahui bahwa ada banyak masalah yang terjadi karena SMC, jadi akan lebih baik jika ingin diperiksa dijadikan opsi terakhir.

Bagaimana cara kerjanya?

Di bagian ini, anda akan melihat cara perbaiki masalah layar MacBook Pro yang berkedip dengan mengatur ulang SMC.

Untuk melakukannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Gambar dibawah ini deskripsikan pola tombol.

macbook-pro-layar-berkedip-1

Jika anda telah mencoba semua situasi diatas dan tetap hadapi masalah yang sama, maka sudah jelas itu merupakan masalah software atau hardware yang sebabkan masalah layar yang berkedip. Setelah ketahui alasannya, hubungi toko Perbaikan Mac yang terpercaya secepatnya tanpa lakukan perubahan apapun di Mac Air atau Mac Pro.

Informasi lebih lanjut terkait masalah layar Mac yang ingin anda ketahui:


Bagian 3. Cara Mencegah Layar Mac Berkedip

Layar yang berkedip bisa sangat berbahaya bagi layar Mac anda jadi lebih baik perhatikan hal tersebut sebelum terlambat. Terdapat beberapa cara untuk mencegah Layar Mac Berkedip.

Disini ada beberapa teknik dasar bermanfaat yang bisa membantu anda mencegah masalah layar yang berkedip.


Kesimpulan:

Setelah membaca seluruh artikel ini, saya yakin anda akan bisa ketahui apa alasan yang sebabkan layar MacBook Pro berkedip, dan jika itu terjadi maka bagaimana perbaiki masalah layar MacBook Pro yang berkedip. Jika anda masih alami kesulitan keluar dari masalah layar berkedip, tidak masalah, tinggalkan catatan dengan rincian masalah di bagian komentar dan kami pasti akan menghubungi anda segera. Jika anda menyukai postingan ini, jangan untuk lupa tinggalkan umpan balik yang positif.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Terselesaikan: Bagaimana Saya Bisa Perbaiki Layar MacBook Pro yang Berkedip