Apakah yang Harus Dilakukan Ketika Server Pemulihan Tidak Bisa Dihubungi – 4 Perbaikan

[Diperbaiki] Server Pemulihan Tidak Bisa Dihubungi di Mojave/Catalina

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Ada banyak masalah yang mungkin ditemui oleh orang ketika instal pembaruan macOS. Salah satu masalah paling umum adalah server pemulihan tidak bisa dihubungi. Ketika mencoba instal macOS High Sierra, Mojave, atau Catalina, ada pesan error yang muncul; server pemulihan tidak bisa dihubungi.

Jika pembaruan macOS Anda juga terhenti oleh kerusakan ini, Anda akan temukan postingan yang bermanfaat ini. Dari postingan ini, Anda akan pelajari kenapa server pemulihan tidak bisa dihubungi dan bagaimana memperbaikinya.

Server Pemulihan Tidak Bisa Dihubungi

Apa Artinya Ketika Server Pemulihan Tidak Bisa Dihubungi?

Ketika instal pembaruan macOS dengan pemasang macOS, mac Anda perlu untuk mencapai ke server Apple. Ketika ini ditampilkan "server pemulihan tidak bisa dihubungi", artinya Mac Anda gagal membangun koneksi dengan server Apple.

Ada berbagai penyebab di balik isu berikut ini.

  • Mac Anda terputus dari jaringan. Koneksi jaringan yang stabil dibutuhkan bagi Mac Anda agar bisa berhasil melakukan kontak dengan server Apple.
  • Tanggal dan waktu di Mac Anda tidak tersinkronisasi dengan benar di server pemulihan Apple.
  • Server Apple kelebihan muatan karena terlalu banyak pengguna cobalah untuk instal pembaruan terkini secara bersamaan. Ketika ada pembaruan macOS yang baru dirilis, server Apple biasanya selalu mengalami waktu yang sibuk.

Cara Perbaiki Server Pemulihan yang Tidak Bisa Dihubungi?

Solusi 1: Periksalah Koneksi Jaringan di Mac

Yang pertama, Anda perlu periksa lagi apakah Mac Anda terhubung ke sambungan internet dengan selayaknya. Jika Mac Anda berada di sambungan internet kabel, Anda bisa pasang ulang kabel Ethernet untuk diperiksa kembali.

Jika Mac Anda menggunakan Wi-Fi, Anda bisa akses opsi Wi-Fi di bagian pojok kanan atas dari layar untuk apakah periksa telah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil.

Dengan internet yang lebih cepat, akan semakin cepat pula Anda akses ke server pemulihan Apple.

Periksa Pengaturan Wi-Fi

Solusi 2: Sinkronisasi Tanggal dan Waktu Mac ke Server Pemulihan Apple

Jika tanggal dan waktu Mac tidak disinkronisasi ke server pemulihan Apple. Anda bisa perbarui pengaturan dengan manfaatkan langkah berikut ini;

Langkah 1 Pertama-tama, tutuplah tanda error. Dari sini akan terbuka jendela Utilitas macOS.

Langkah 2 Selanjutnya, Anda harus pilih opsi "Utilitas" menu bilah di atas.

Langkah 3 Anda akan lihat opsi "Terminal", klik dua kali dibagian itu.

Langkah 4 Kemudian ketik basis perintah berikut: "ntpdate -u time.apple.com" dan tekan enter.

Langkah 5 Langkah di atas mungkin akan butuh waktu beberapa saat. Setelah prosesnya selesai, Anda bisa coba instal ulang update macOS lagi. Semoga masalah Anda akan bisa terselesaikan.

Jalankan Perintah Terminal untuk Perbaiki Kerusakan Server Pemulihan

Dan jika basis perintah "ntpdate -u time.apple.com" gagal perbaiki server pemulihan yang tidak bisa dihubungi di Mac, Anda juga bisa mencoba perintah berikut ini.

Ubah Waktu untuk Memperbaiki Kerusakan Server Pemulihan

Solusi 3: Instal Versi Terlengkap dari Pemasang Mojave/Catalina

Beberapa pengguna menemukan bahwa saat mereka mencoba instal pembaruan macOS dengan pemasang pembaruan di App Store, disini akan tampilkan pesan eror "server pemulihan tidak bisa dihubungi". Namun, setelah download versi lengkap dari pemasang macOS, pemasang akan berjalan tanpa ada kesalahan. Berikut ini cara Anda peroleh versi terlengkap dari update Catalina macOS.

Langkah 1 Jalankan Terminal.

Langkah 2 Contohnya, untuk download versi terlengkap dari Aplikasi Pemasang macOS Catalina 10.15.3, masukan basis perintah seperti di bawah ini.

Langkah 3 Pemasang akan didownload ke folder Aplikasi.

Langkah 4 Jalankan pemasang untuk instal macOS tanpa kerusakan di server pemulihan.

Donwload Versi Lengkap dari Installer macOS

Solusi 4: Hapus Disk Anda dan Instal Ulang macOS

Misalnya Anda telah memanfaatkan semua metode di atas dan tidak memperoleh hasil yang baik. Barulah setelah itu Anda bisa menghapus hard disk dan instal ulang macOS. Anda bisa masukan mode pemulihan untuk menghapus hard disk. Setelah itu, instal ulang macOS untuk menuntaskan masalah Anda. Ikutilah langkah berikut agar hapus dengan baik hard disk Anda dan instal ulang macOS;

Langkah 1 Pertama, Anda perlu restart Mac Anda.

Langkah 2 Ketika Mac dimulai, Anda perlu tekan dan tahan kunci CDM + R agar bisa memasuki mode pemulihan.

Langkah 3 Di mode pemulihan, klik Disk Utility dan hapuslah volume Macintosh HD. Disini akan menghapus semua data di Mac jadi pastikan Anda telah buat cadangan semua data penting.

Langkah 4 Setelah menghapus disk, Anda bisa instal ulang macOS. Kali ini, Anda tidak akan alami kerusakan server pemulihan tidak bisa dihubungi.

Instal ulang macOS

Jika Anda kehilangan data penting setelah pembaruan macOS, Anda bisa peroleh kembali jika pergunakan software Recoverit Data Recovery. Program ini didesain untuk pulihkan foto, dokumen, video, email, dll, dari komputer Mac setelah data terhapus secara tidak sengaja atau hilang karena proses instalasi ulang macOS, reset pabrik, atau virus.

Data hilang bisa dipulihkan lewat 3 langkah simpel dengan Recoverit: pilih drive yang kehilangan data, pindai drive, pulihkan file.

Download versi uji coba gratis dari Recoverit Data Recovery untuk memindai dan temukan file yang dibutuhkan.

pemulihan file word mac

Recoverit - Software Pemulih File Word Terbaik

  • Pulihkan dokumen Word dari semua perangkat ruang penyimpanan di Mac.
  • Pulihkan 1000+ tipe dan format dari file dari berbagai situasi.
  • Pindai dan pratinjau file sebelum Anda pulihkan dari hard drive MacBook.
Download Gratis | Mac Versi Mac Download Gratis | Win Versi Windows

Kesimpulan

Banyak pengguna mengeluh terkait kerusakan server pemulihan tidak bisa dihubungi. Setiap kerusakan bisa diperbaiki, jika dierapkan sebuah solusi yang benar. Untuk mengatasi insiden yang mungkin terjadi saat pembaruan macOS, Anda perlu buat cadangan data sebelum terapkan langkahnya. Kalau datanya hilang, Anda bisa pulihkan menggunakan Recoverit Data Recovery.

 

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > [Diperbaiki] Server Pemulihan Tidak Bisa Dihubungi di Mojave/Catalina