Mengapa Video Tidak Dapat Diputar di Mac Saya? Pahami dan Perbaikilah

Mengapa Video Tidak Dapat Diputar di Mac Saya?

Wondershare Recoverit Authors

Mar 27, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Anda sedang menonton video favorit Anda di Mac, dan tiba-tiba video tersebut berhenti diputar. Ini adalah momen yang paling membuat kita frustrasi.

Entah Anda sedang menonton video YouTube di browser Safari atau film di pemutar media default Mac Anda, ini adalah masalah umum yang sering terjadi dengan berbagai kemungkinan alasan. Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda - mengapa video tidak dapat diputar di mac saya?

Baca terus untuk mengetahui kemungkinan penyebab masalah, gejala, solusi, dan tips penting yang dapat mencegah kasus ini terjadi.

Bagian 1: Apa Yang Terjadi Saat Video Tidak Dapat Diputar di Mac

Jika Anda memutar semua video berkualitas tinggi dalam berbagai format file, selalu ada kemungkinan file video menjadi rusak. Meskipun kemungkinan alasannya dapat bervariasi untuk masalah ini, hasilnya tetap akan sama.

Berikut adalah beberapa kemungkinan tanda yang menunjukkan bahwa video tidak dapat diputar di komputer Mac Anda.

Ada banyak alasan yang menyebabkan file video rusak. Biasanya, ini terjadi ketika beberapa segmen yang diperlukan untuk dibaca dan dipahami oleh file video tiba-tiba hilang.

Berikut beberapa penyebab file video rusak.


Bagian 2: Mengapa Video Tidak Dapat Diputar di Mac Safari/Chrome?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada dua aspek berbeda mengapa video tidak dapat diputar pada mac kita. Penyebab video tidak dapat diputar di komputer Mac Anda biasanya berbeda dengan tidak dapat diputar di browser Anda. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan mengapa video tidak dapat diputar di Safari/Chrome mac.

Situs web menjadi semakin kompleks setiap tahunnya dan akhirnya pun akan memunculkan situasi seperti ini. Sebelumnya, banyak situs web yang memiliki HTML dan CSS bersama dengan sentuhan fitur interaktif JavaScript. Situs web saat ini dibuat secara otomatis yang juga menyertakan skrip yang merekam semua yang Anda lakukan.

Selain itu, situs web juga tidak dapat bekerja dengan kapasitas penuh akibat penggunaan pemblokir iklan. Jadi, jika Anda berpikir 'mengapa video tidak dapat diputar di Mac saya', berikut adalah beberapa solusi memungkinkan yang dapat Anda gunakan.

Solusi 1: Mengaktifkan JavaScript di Browser

Salah satu hal pertama yang harus Anda cari setiap kali Anda menghadapi masalah dalam pemutar video di browser Mac Anda adalah memeriksa apakah Anda secara tidak sengaja telah menonaktifkan JavaScript di browser Anda. JavaScript adalah bahasa umum untuk berinteraksi, yang terjadi di antara browser Anda. Ini juga berarti dapat memengaruhi pemutaran video Anda, entah Anda memutarnya di YouTube atau pun situs web lainnya. Sekarang, ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan JavaScript di browser Safari.

Langkah ke-1: Buka browser 'Safari' di Mac Anda.

Langkah ke-2: Buka opsi 'Preferensi'.

Langkah ke-3: Klik pada tab 'Keamanan' dan centang kotak di sebelah opsi Aktifkan 'JavaScript'.

Anda dapat mengikuti proses yang sama bahkan jika Anda menggunakan Firefox atau Chrome.

aktifkan javascript

Solusi 2: Memeriksa Ekstensi Browser Anda

Nah, ini mungkin terdengar seperti skenario yang sangat tidak mungkin, tetapi ekstensi browser Anda mungkin menjadi penyebab masalah tersebut. Terkadang browser melakukan kesalahan atau secara tidak sengaja memblokir pemutaran video. Dan faktanya, kita hampir tidak pernah memperhatikan detail kecil ini, yang justru seringkali menimbulkan masalah seperti ini. Jika Anda sudah lama tidak memeriksa ekstensi Anda, ini mungkin waktu terbaik untuk melakukannya. Nonaktifkan beberapa ekstensi dan periksa apakah masalahnya masih muncul.

Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan ekstensi,

Langkah ke-1: Buka browser Safari di Mac.

Langkah ke-2: Buka 'Preferensi' di bilah menu.

Langkah ke-3: Buka tab 'Ekstensi' dan nonaktifkan semua ekstensi.

Langkah ke-4: Sekarang, mulai ulang Safari dan periksa apakah video sudah dapat diputar di browser.

Jika masalah telah diperbaiki, ini menandakan bahwa beberapa ekstensi lah yang menyebabkan masalah. Sekarang, ulangi seluruh prosedur sambil mengaktifkan ekstensi satu per satu. Anda pun akan mengetahui ekstensi apa yang bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Selain itu, Anda dapat memilih untuk tetap menonaktifkan ekstensi atau meminta pembaruan dari produsen ekstensi tersebut. Meskipun akan lebih baik jika Anda mematikan ekstensi, karena dalam kebanyakan kasus, pemblokir iklan lah yang menyebabkan masalah ini.

menonaktifkan ekstensi

Solusi 3: Menginstal ulang Adobe Flash Player

Saat ini, sebagian besar situs web di Internet, termasuk YouTube, telah beralih ke HTML5. Akibatnya, penggunaan Flash player menurun setiap tahunnya. Jadi, ada kemungkinan Anda sedang menggunakan Flash versi lama untuk menonton video. Nah, ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal ulang Adobe Flash player dan atasi masalah video youtube yang tidak dapat diputar di mac Anda.

Langkah ke-1: Buka 'Aplikasi' dengan mengklik '⌘' + 'Shift' + 'A'

Langkah ke-2: Pilih folder Adobe Flash dan jalankan uninstaller di Mac Anda.

Langkah ke-3: Sekarang, buka 'get.adobe.com/flashplayer' dan download Adobe Flash Player untuk Mac.

Langkah ke-4: Instal software versi terbarunya.

Jika masalahnya terdapat pada Adobe Flash, maka masalahnya pun telah teratasi, dan Anda pun dapat mengatasi video flash yang tidak dapat diputar.

Solusi 4: Menghapus Cache Browser

Semua perubahan yang Anda buat pada browser Anda tidak akan langsung tersimpan. Selain itu, situs web yang Anda kunjungi sudah tersimpan secara lokal dalam bentuk memori cache. Untuk menyegarkan situs web ini secara manual, Anda perlu menghapus file cache browser Anda. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus memori cache dari browser Safari Anda.

Langkah ke-1: Buka browser 'Safari' di komputer Mac Anda.

Langkah ke-2: Buka opsi 'Preferensi' dari bilah menu.

Langkah ke-3: Klik opsi 'Lanjutan' dan centang 'Tampilkan menu Kembangkan di bilah menu.'

Langkah ke-4: Pilih pada menu 'Kembangkan'. Pilih pintasan Opsi + ⌘ + E, dan pilih cache kosong.

Langkah ke-5: Mulai ulang safari untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi atau belum.

periksa menu 'kembangkan'

Saran: Lewatilah langkah-langkah di atas jika Anda menggunakan Mac OS versi terbaru. Adobe Flash Player adalah aplikasi software 32-bit dan tidak kompatibel dengan Mac OS Catalina.

Solusi 5: Memindai Mac OS Anda dari Serangan Malware

Tahun 90-an adalah masa-masa ketika orang-orang khawatir komputer mereka terkena virus atau Malware. Sebagian besar situs web masih tidak aman dan mencurigakan, juga menampung berbagai malware berbahaya. Malware itu cukup kuat untuk mengganggu kerja normal sistem Mac Anda. Mereka dapat mempengaruhi fungsi browser Anda atau operasi sistem Anda. Intinya adalah malware bahkan dapat merusak file video di sistem Anda dan juga video online yang Anda tonton di browser.

Nah, jika Anda masih berpikir 'mengapa video tidak dapat diputar di Mac saya,' maka Anda harus memindai komputer Anda untuk memeriksanya. Jika Anda menemukan serangan malware, hapuslah dan mulai ulang komputer Anda. Lalu, periksa apakah Anda sudah dapat memutar video di browser atau sistem Mac Anda.


Bagian 3: Mengapa Video Tidak Dapat Diputar di Komputer Mac Saya

Jika Anda tidak dapat memutar video pada pemutar video Mac dan Anda bertanya-tanya 'mengapa video tidak dapat diputar di Mac saya,' maka Anda mungkin memiliki file video yang rusak, yang perlu diperbaiki. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak alasan yang menyebabkan Anda tidak dapat memutar video di Mac Anda.

Jika video tidak diputar dengan benar atau Anda tidak dapat mendengar audio atau berbagai alasan lainnya, ini menunjukkan bahwa file video Anda lah yang rusak. Ini adalah masalah yang menjengkelkan, terutama ketika hal ini terjadi pada saat-saat genting.

Mari kita asumsikan sebuah skenario di mana Anda seharusnya membuat klien Anda terkesan dengan presentasi video Anda untuk mendapatkan proyek besar. Sekarang, ketika Anda membuka sistem Mac Anda, videonya malah tidak dapat terputar, dan Anda pasti akan merasa sangat malu. Pada saat ini, Anda mungkin sedang berpikir 'mengapa video tidak dapat diputar di Mac saya' padahal video dapat diputar dengan lancar 10 menit yang lalu. Nah, itu berarti file video Anda lah yang rusak.

Anda dapat menggunakan banyak pilihan untuk memperbaiki file video yang rusak. Tetapi, salah satu software terbaik untuk memperbaiki video adalah Wondershare Video Repair. Aplikasi ini dapat membantu Anda memperbaiki file video yang rusak di komputer Mac.

Inilah beberapa fitur luar biasa yang dapat Anda gunakan di Wondershare Video Repair,

Untuk memperbaiki file video, Anda perlu mendownload aplikasi Wondershare Video Repair di sistem Mac Anda. Terlepas dari sistem operasi yang Anda gunakan, proses untuk memperbaiki file video tetaplah sama. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki file video.

Langkah ke-1: Pilih video yang rusak dari komputer Mac

Setelah Anda meluncurkan aplikasi di sistem, Anda harus memilih file video yang rusak. Anda dapat menambahkan file dari pustaka atau cukup seret dan lepas file.

pilih video yang rusak

Langkah ke-2: Perbaiki file yang dipilih

Setelah Anda memilih file video yang rusak, klik 'Repair Video.' Ketika proses perbaikan selesai, sebuah pesan akan muncul mengatakan bahwa perbaikan video telah selesai dan siap untuk ditinjau.

Ketuk tombol 'Play' berbentuk segitiga untuk mempratinjau video yang telah diperbaiki. Aplikasi software ini menawarkan pratinjau mendetail sebelum Anda perlu menyimpannya di drive tertentu. Pratinjau konten video untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan video yang Anda inginkan.

memperbaiki dan mempratinjau video

Langkah ke-3: Simpan Video

Setelah Anda selesai mempratinjau file video yang diperbaiki, Anda perlu menambahkan tag dan memberi nama pada file video Anda. Akan lebih baik jika Anda membuat folder baru untuk menyimpan file yang diperbaiki.

menyimpan file video

Saran: Pastikan Anda menyimpan file video di lokasi terpisah dan tidak berada di jalur yang sama dengan lokasi file video yang rusak.

simpan file yang telah diperbaiki


Bagian 4: Metode yang Benar untuk Memutar Video di Mac

Hari-hari ini, kita menggunakan berbagai pemblokir iklan dan ekstensi lainnya untuk membuat pengalaman browsing menjadi lebih produktif dan tidak terlalu terganggu. Meskipun ekstensi-ekstensi ini bekerja dengan sangat baik, tapi sering kali hal ini malah menimbulkan beberapa masalah dalam fungsi dasar browser. Hal yang sama berlaku juga saat memutar video di pemutar video default Mac. Oleh karena itu, Anda harus melakukan beberapa kiat pencegahan untuk mencegah masalah ini.

1. Cara dan Tips Memutar Video di Browser Mac

Berikut adalah beberapa kiat bermanfaat untuk memastikan video dapat diputar setiap kali Anda mengeklik tombol 'Putar' di browser.

Akan lebih baik lagi jika Anda menginstal pembaruan browser, segera begitu notifikasi muncul di sistem Anda. Ini akan meningkatkan kinerja browser dan juga membantu menghilangkan bug kecil. Pembaruan browser secara teratur dapat mencegah ketidakpastian dalam memengaruhi pengalaman menonton video Anda.

Ini adalah salah satu kebiasaan umum yang membuat pengoperasian Anda pada berbagai aspek browser Mac berjalan secara mulus. Hindari menumpuknya memori cache.

Jika koneksi internet Anda lambat, video mungkin tidak akan berjalan semulus yang Anda harapkan. Dalam skenario seperti itu, Anda dapat menggunakan koneksi internet yang lebih cepat atau bisa juga dengan menurunkan kualitas video.

2. Cara dan Tips Memutar Video di Komputer Mac

Demikian pula, Anda dapat mengambil langkah pencegahan tertentu untuk memastikan bahwa video dapat diputar dengan lancar di pemutar video Mac default.

Terkadang, solusi untuk sebuah masalah terlihat jauh lebih jelas dan mudah daripada yang kita pikirkan sejak awal. Instal pembaruan Mac terbaru jika Anda melihatnya di sistem Anda. Pastikan Anda memperbarui semua aplikasi penting, termasuk iTunes, Safari, Foto, dan aplikasi lainnya.

Seperti yang disebutkan secara singkat sebelumnya, virus dapat merusak sistem Mac Anda. Entah Anda mendownload file berbahaya dari Internet atau hard drive eksternal, serangan malware tetap dapat merusak file video Anda. Pindai komputer Anda secara teratur untuk memastikan integritas dari sistem Anda.

Sebelum Anda mematikan sistem di komputer Anda, pastikan Anda menutup semua aplikasi dan file yang berjalan di latar belakang. Jika Anda telah menjeda video, tetapi kemudian memilih untuk mematikan sistem Anda tanpa menutup pemutar media, maka ini dapat merusak file video. Selain itu, mematikan tombol power sistem Mac secara langsung tanpa mematikan komputer dapat menyebabkan distorsi pada file video.


Kata penutup

Entah Anda sedang menghadapi masalah dalam memutar video di browser atau pun sistem Mac Anda, semuanya memiliki solusi yang berbeda-beda. Pada artikel ini, Anda telah mempelajari berbagai alasan dari masalah-masalah tersebut, beserta dengan solusi-solusinya. Selain itu, jika masalah terjadi akibat file video yang rusak, Anda dapat menggunakan solusi Wondershare Video Repair.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Mengapa Video Tidak Dapat Diputar di Mac Saya?