Bagaimana Cara untuk Menggunakan WD My Passport untuk Mac? Format Drive WD

Cara untuk Memformat dan Menggunakan WD My Passport untuk Mac

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0
Bagaimana cara agar saya bisa membuat WD My Passport dapat beroperasi di Mac?
"Baiklah, jadi saya telah mendengar betapa bagusnya WD Passport, jadi saya membeli satu untuk membuktikan sendiri seberapa bagus sebenarnya WD Passport ini. Namun saya dengar, agar bisa menggunakannya di Mac, maka saya harus memformatnya terlebih dahulu. Bagaimana cara saya melakukannya dengan tepat? Saya membutuhkan sedikit bantuan kalian, teman-taman."

my passport bekerja

Bagaimana cara menggunakan My Passport di Mac? Merupakan pertanyaan yang seringkali diajukan oleh pengguna Mac. Pengguna Windows tidak perlu melakukan begitu banyak hal selain menghubungkan WD Passport untuk menggunakan My Passport, tetapi untuk Mac, tidaklah seringkas itu.

Perbedaan format sistem bawaan Mac dan Windows merupakan penyebab dalam hal ini. Namun jangan cemas, karena artikel ini akan menunjukkan pada Anda mengenai cara-cara yang sederhana untuk memformat WD Passport Anda, agar Anda bisa menggunakan My Passport di Mac ataupun Windows dengan mudah.

Bagian 1: Gambaran Umum Dari Sistem Berkas WD My Passport

Teknologi telah berkembang mencapai titik di mana meresap ke dalam setiap aspek dalam kehidupan sehari-hari. Kita selalu menggunakan ponsel dan komputer kita untuk mengirim pesan, menyelenggarakan pertemuan secara online, belanja online, dan masih banyak hal lagi.

Tentu saja, terdapat begitu banyak pertukaran data berharga yang terjadi saat ini, dan di mana Anda menyimpan data Anda sangatlah penting; karena di situlah My Passport WD berperan.

My Passport merupakan hard drive yang sangat terpercaya, dan dapat digunakan di mana saja sehingga layak diberi nilai bintang 5 di hampir semua situs web yang Anda kunjungi. Aplikasi WD disertai dengan fitur Backup TM, serta fitur perlindungan dengan kata sandi, sehingga membuat My Passport sangat membantu Anda dalam menjaga data Anda agar tetap aman. Karena itu, muncullah situasi di mana Anda harus memformat atau melakukan format ulang pada drive Anda.

1. Sistem Berkas Setelan Otomatis Di WD My Passport

Hard drive Western Digital (WD) diformat dengan NTFS (Windows) atau HFS+ (Mac) secara otomatis untuk membuat mereka lebih sesuai dengan kedua sistem operasi tersebut.

Memang benar, FAT32 tidak begitu efisien jika dibandingkan dengan NTFS di Windows, namun FAT32 juga memiliki manfaat melekat, seperti kesesuaiannya. Sementara untuk menghubungkan My Passport berformat NTFS Anda ke macOS, maka Anda harus menggunakan alat ini untuk melakukan format tersebut.

Terutama jika Anda telah menggunakan drive WD Anda di kedua sistem Windows dan macOS Anda secara rutin. Jadi, ingatlah selalu untuk memeriksa apakah drive Anda sudah diformat atau belum.

2. Mengapa WD My Passport Tidak Bisa Digunakan di Mac?

Sejumlah besar pengguna mempercayai hard drive Western Digital. Pencadangan otomatis milik mereka dan perlindungan dengan kata sandi, merupakan perlindungan yang sangat dapat diandalkan dan membuatnya menjadi tiada duanya.

Namun bukankah tidak ada yang sempurna? Terkadang ketika Anda menghubungkan drive WD My Passport ke Mac Anda, maka drive tersebut akan berwarna abu-abu di Disk Utility.

Lampu drive eksternal sudah aktif, namun tetap tidak dapat bekerja. Yang lebih buruk lagi, hal ini menyebabkan drive Anda menjadi tidak dapat dibaca di Mac Anda. Anda tahu apa artinya itu, bukan? Sekarang data Anda sudah tidak dapat diakses lagi.

3. Apa Alasan My Passport Tidak Muncul Di Mac?

Alasan yang lebih sering menyebabkan sebuah hard drive eksternal tidak muncul di Mac adalah karena kabel USB atau port USB di Mac buruk. Namun, faktor-faktor berikut juga mungkin bisa menyebabkan mengapa WD tidak muncul.


Bagian 2 - Bagaimana Cara Memformat WD My Passport Untuk Mac?

Petunjuk dan langkah-langkah mudah di bawah ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara memformat WD My Passport di komputer Anda, jadi perhatikan baik-baik. Informasi yang akan Anda temukan di sini ialah mengenai format dan memformat ulang WD My Passport untuk Mac Anda.

1. Masuklah Ke Mac Anda

Cukup nyalakan saja Mac Anda, dan ketika sedang melakukan boot, hubungkan drive My Passport Anda ke Mac Anda. Drive WD My Passport Anda akan muncul sebagai ikon berbentuk persegi panjang yang berwarna kuning di desktop Anda (terlihat seperti gambar di bawah).

ikon kuning my passport

2. Bukalah Finder Jika Driver Anda Tidak Terlihat

Apabila drive My Passport Anda tidak muncul diakibatkan suatu alasan, maka tekanlah "Finder", lalu pilihlah "Preferensi".

finder preferences 1

Jendela kecil akan terbuka. Pastikan bahwa Anda telah menekan centang di dalam kotak "Hard Disk" dan "Disk Eksternal."

finder preferences 2

Seharusnya sekarang drive WD My Mac Passport Anda sudah bisa terbuka di layar Anda.

3. Jalankan Disk Utility

Anda bisa mencari Disk Utility dengan menekan tombol pencarian, lalu ketiklah "Disk Utility".

sorot pencarian

Soroti "Disk Utility", lalu tekan dua kali.

alat disk utility

4. Akses Drive Anda

Bisa Anda lihat bahwa hard drive internal dan eksternal Anda berada di sisi kiri dari jendela Disk Utility.

drive internal eksternal 1

Tekan panah drop-down untuk meluaskan atau mengecilkan drive yang tersedia dalam daftar tersebut.

drive internal eksternal 2

Lihatlah di bawah kategori "Eksternal" dan Anda akan menemukan drive My Passport Anda di sana. Bila tidak muncul di sana, maka port USB dari Mac Anda mungkin tidak bisa berfungsi. Jadi, cabutlah drive Anda dan mulai ulang Mac Anda. Hal ini mungkin dapat mengatasi masalah tersebut.

Carilah tombol "Lihat" yang ada di bagian atas kiri dari jendela Disk Utility Anda, lalu tekanlah tombol tersebut. Sebuah menu drop-down akan terbuka.

tampilan disk utility

Ingatlah, langkah selanjutnya adalah melakukan format. Jadi, Anda harus memastikan kembali bahwa berkas yang telah Anda salin sudah terdapat di dalam drive ini.

hapus disk utility 1

Tekan "Hapus".

hapus disk utility 2

Pada jendela kecil yang muncul, Anda harus memasukkan nama untuk drive My Passport Anda terlebih dahulu.

5. Pilih "Extended Mac OS (Journaled)"

Inilah sistem berkas yang Anda butuhkan jika Anda ingin memindahkan berkas bolak-balik antar Mac Anda dan drive My Passport Anda dengan mudah. Format ini juga membuat drive Anda sesuai dengan Time Machine untuk mencadangkannya di Mac Anda.

hapus disk utility 2

Setelah itu, untuk opsi "Skema", pilihlah "Peta Partisi GUID".

Terakhir, tekan tombol "Hapus". Proses untuk drive dapat diformat memerlukan waktu beberapa detik. Setelah itu, lihatlah desktop Anda, dan Anda akan melihat ikon WD My Passport Anda sudah tersedia di sana.

ikon desktop wd

6. Lepaskan Drive Anda

Ingatlah selalu untuk melepaskan drive Anda dengan aman sebelum mencabut kabelnya. Jika Anda tidak melakukan hal ini, maka akan berdampak ke driver sehingga mengalami beberapa masalah.

Untuk melepaskan drive WD My Passport Anda dari Mac Anda, cukup tekan kanan pada ikon drive tersebut dari desktop Anda.

Di menu drop-down yang ditampilkan untuk Anda, pilihlah opsi "Eject".

desktop wd lepaskan


Bagian 3 - Memulihkan Berkas WD Yang Tidak Sengaja Terformat

Apabila Anda tidak bisa menemukan atau mengakses data dari hard drive eksternal Western Digital (WD) Anda, maka hal itu bisa sangat merugikan, terlebih jika data yang hilang tersebut mengandung gambar berharga atau cadangan yang tidak ternilai harganya.

Pintasan beserta tips di bawah ini akan memberi Anda informasi yang ANda butuhkan untuk melakukan format ke WD untuk Mac. Kehilangan data dari hard drive WD Anda dapat diakibatkan oleh begitu banyak hal: tidak sengaja terhapus, memformat disk, kerusakan komputer, serta masih banyak lagi.

Namun semua ini tidak berarti bahwa Anda tidak bisa mendapatkan kembali data Anda. Terdapat beberapa solusi luar biasa di mana dapat Anda gunakan untuk memulihkan berkas yang terhapus, rusak, atau hilang, dan Anda juga akan mempelajari mereka sebelum postingan ini berakhir.

1. Mengapa Data yang telah Diformat Bisa Dipulihkan Kembali?

Sangat masuk akal bagi Anda untuk khawatir ketika Anda kehilangan data Anda. Namun terkadang, melakukan format juga diperlukan, bukan?

Penghapusan Secara Tidak Sengaja Atau Menata Ulang:

Terkadang ketika Anda memasang ulang sistem operasi, drive atau bagian lain juga dapat terhapus, bahkan meskipun Anda tidak bermaksud demikian.

Situasi Kehilangan Data Yang Tidak Terduga:

Akibat kecerobohan atau tergesa-gesa, beberapa orang bisa melakukan format pada data tanpa disadari atau menghapus bagian yang salah. Hanya butuh beberapa klik sederhana hanya untuk melakukan kerusakan, jadi Anda harus sangat berhati-hati di sini.

Kemudian, tentu saja, Anda tidak bisa mengatur kemungkinan penyebab lain seperti virus, kegagalan daya, atau kerusakan hardware dalam drive Anda. Mereka semua bisa menjadi penyebab hilangnya data Anda.

Jika tentang pemulihan disk Western Digital, maka opsi pertama yang muncul dalam pikiran kalian adalah menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Menurut pertimbangan yang telah dilakukan, hal ini lebih baik daripada opsi pemulihan data manual yang rumit dan cukup menghabiskan waktu di luar sana.

Memulihkan data WD yang hilang hanya akan memakan waktu beberapa menit saja, tergantung pada ukuran dari drive dan jumlah data yang akan dipulihkan. Alat pemulihan data yang dimaksud dalam hal ini juga bisa mendukung semua drive hard disk Western Digital, seperti My Book Pro, My Book, WD Elements, My Book Studio, dan masih banyak lagi.

Terkadang, suatu saat nanti Anda juga akan butuh untuk mempelajari cara melakukan format My Passport untuk Mac, jadi setelah Anda terbiasa, Anda harus mengerti sendiri cara melakukan format WD My Passport untuk Mac Anda.

2. Bagaimana Cara Memulihkan Berkas yang Diformat WD Drive dengan Menggunakan Recoverit Data Recovery?

Apabila Anda mengetahui segalanya tentang pemulihan data, maka Anda tidak akan merasa asing dengan Recoverit Data Recovery. Bila Anda tidak tahu, maka Anda akan rugi sekali!

Recoverit Data Recovery merupakan alat pemulihan data yang sangat mampu dalam memulihkan data atau berkas dalam jenis apa saja yang hilang dari drive Anda. Jadi, jika Anda kehilangan data Anda akibat Anda format, data yang tidak sengaja terhapus, serangan virus, atau masih banyak alasan lain, maka Recoverit akan membantu Anda dalam mendapatkan kembali semua data tersebut.

Langkah-langkah memulihkan data dengan menggunakan Recoverit Data Recovery seringkali sangatlah mirip, terlepas dari apapun tipe dari sistem yang Anda miliki; entah itu Windows ataupun Mac. Namun karena Anda sedang menggunakan Mac saat ini, maka sekarang kita akan berfokus di sini. Jadi, lanjutkan dan ikutilah 3 langkah berikut ini untuk mendapatkan kembali data Anda yang ada di Mac.

  1. Pilihlah drive WD
  2. Pindai drive tersebut
  3. Lakukan pratinjau, lalu dapatkan kembali data Anda

Langkah 1: Pilihlah Drive WD

Bukalah Recoverit dan carilah di bagian "Perangkat Eksternal". Anda akan melihat beberapa drive yang terhubung dengan Mac Anda. Pilihlah drive WD, lalu klik "Mulai".

memilih drive wd

Langkah 2: Pindai Drive WD Anda

Recoverit akan mulai memindai drive Anda tersebut. Lihatlah ke sebelah kiri dari software Anda, dan Anda akan melihat kotak centang yang merinci tipe berkas yang telah ditemukan oleh software. Anda bisa mencentang kotak centang tersebut jika Anda hanya mencari berkas tertentu; di mana sebenarnya hal itu akan membuat proses pemindai menjadi lebih cepat, namun itu hanyalah opsi.

memindai drive wd

Langkah 3: Pratinjau dan Pulihkan Data Drive Anda

Begitu pemindaian telah berakhir, Anda akan melihat deretan daftar berkas yang telah Recoverit temukan. Bahkan Anda juga bisa meninjau data-data tersebut terlebih dahulu jika Anda mau. Memulihkan berkas juga cukup mudah.

Cukup centang berkas yang ingin Anda pulihkan saja, atau berikan centang di kotak yang menyoroti segalanya. Untuk langkah terakhir, tekanlah "Pulihkan".

Yang harus Anda lakukan hanyalah menunggu semua berkas Anda selesai dipulihkan. Bagaimana? Sangat mudah. Namun ada saran yang sangat penting: Jangan menyimpan berkas ke drive WD yang sama dengan tempat berkas tersebut dipulihkan.

memulihkan data wd


Informasi Tambahan dalam Menggunakan WD My Passport Untuk Mac

Bagaimana Cara Menggunakan WD My Passport pada Mac?

Berkas-berkas itu akan terus menjadi besar dan banyak, sehingga Anda akan membutuhkan drive yang terbaik di luar sana yang mampu menyimpan semua berkas tersebut, bukan? Terdapat begitu banyak hard drive yang bisa Anda pilih, tetapi kata kunci di sini adalah "yang terbaik", jadi WD merupakan pilihan yang sangat tepat.

Bila Anda membutuhkan solusi pencadangan baru untuk foto atau video Anda, maka drive Western Digital My Passport Essential SE 1 TB dapat melakukannya bahkan lebih dari sekedar mencadangkan. Ini merupakan hard drive eksternal dengan kapasitas 1 TB ditambah dengan kecepatan transmisi sangat tinggi.

Untuk menggunakan WD My Passport di Mac, maka Anda harus mengetahui cara melakukan format ulang agar Anda bisa menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku dalam menggunakan semua jenis drive WD di Mac.

Manfaat Kegunaan WD My Passport

Fakta sederhananya adalah, Anda akan sangat senang dengan bentuk, berat, tampilan, bahkan sentuhan dari drive WD My Passport tersebut. Ukuran penyimpanan 1 TB ini sangatlah luar biasa, dan dapat dengan mudah menyimpan data berkas-berkas besar Digital SLR selama bertahun-tahun.

Bagi yang sangat mencintai musik, semua lagu kesayangan Anda juga bisa disimpan dalam drive ini. Driver dengan penyimpanan besar dan luar biasa ini bahkan bisa digunakan di rumah sakit, fasilitas pendidikan, serta di tempat-tempat lainnya.

WD Passport juga didukung oleh programmer komputer, seniman yang inovatif, serta beberapa profesional lainnya di dalam bidang bisnis.

Yang membuat hard drive eksternal ini dapat diandalkan dan membuatnya menjadi drive portabel yang bisa digunakan di mana saja adalah fakta bahwa hard drive ini diproduksi oleh Western Digital Company, yang mana perusahaan ini sangat terkenal. Perusahaan ini merupakan perusahaan terpercaya, di mana telah memenuhi rumah-rumah, kantor dan institusi, dengan hard drive miliknya selama lebih dari 20 tahun. Jadi, selama lebih dari 20 tahun ini, perusahaan ini memberikan pengalaman dalam memuaskan pelanggan!

Sebab ukurannya yang ringkas, membuat drive ini sangat mudah dimasukkan dalam saku baju atau tas Anda. Selain itu, fakta bahwa beratnya hanya mencapai sekitar 0,44 pon mengartikan bahwa tidak akan merasa tidak nyaman atau menonjol saat membawanya.

Perangkat baru ini sangat luar biasa, di mana tidak memerlukan daya eksternal, dan dapat menghilangkan kebutuhan atas kabel daya tambahan. Selain itu, drive ini juga bisa bekerja nyaris tanpa suara, jadi tidak menciptakan suara berisik yang menyebalkan di mana dapat mengganggu Anda saat bekerja.

Apabila drive WD Anda terpasang di port USB 3.0, maka Anda bisa mengakses serta menyimpan berkas 3 kali lebih cepat dan mudah daripada yang dapat dilakukan pada port USB 2.0. Singkatnya, Anda bisa mengunggah video HD yang berdurasi 2 jam hanya dalam waktu 5 menit saja! Namun jika Anda menggunakan USB 2.0, maka akan memakan waktu setidaknya 13 menit atau lebih. Perbedaannya sangat jelas, bukan?

Tips Ketika Menggunakan WD My Passport untuk Mac


Penutup

Jadi, seperti itulah cara Anda mendapatkannya. Toturial sederhana namun efektif dalam membuat drive WD Anda bekerja di Mac. Ingatlah, bahwa hal yang terpenting di sini adalah keamanan berkas Anda, jadi sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan WD My Passport, sebab drive tersebut menjaminkan kualitas yang tinggi.

Selain itu, jika terjadi sesuatu dengan drive WD Anda dan Anda kehilangan berkas-berkas Anda, maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena Recoverit siap dan mampu mendapatkan semua berkas-berkas Anda tersebut kembali.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara untuk Memformat dan Menggunakan WD My Passport untuk Mac