Bagaimana Cara Memulihkan Data Setelah Layar Biru Kematian?

Cara Memulihkan Data setelah Layar Biru Kematian

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Apakah layar komputer Windows Anda tiba-tiba berubah menjadi biru dan tidak dapat dinyalakan ulang? Dikenal sebagai 'layar biru kematian' atau BSOD, itulah sebuah kejadian di mana layar PC Anda berubah biru, yang mana menunjukkan Windows telah mengalami masalah besar seperti kegagalan hard disk, atau kerusakan dalam beberapa hardware. Anda dapat mempelajari cara memulihkan data setelah layar biru kematian dengan langkah-langkah yang telah kami soroti di bawah ini atau dengan menggunakan software pemulihan data seperti Wondershare Recoverit. Layar biru kematian di PC Windows dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan data.

Ketika layar biru kematian muncul, Windows secara otomatis akan menyalakan ulang PC, membuat data Anda berisiko hilang. Sebelum mencoba metode di bawah ini, hubungi pakar Pemulihan Data untuk mengamankan data Anda.


Bagian 1. Apa yang menyebabkan layar biru kematian?

  1. Hardware komputer rusak
  2. Software tingkat rendah atau berkualitas rendah. Aplikasi sistem bisa saja crash tetapi tidak mempengaruhi sistem operasi komputer.
  3. Windows 'STOP error'. Kesalahan ini memaksa Anda untuk menyalakan ulang komputer Anda yang mana dapat menyebabkan hilangnya data
  4. Malware komputer

Bagian 2. Cara Memulihkan Data Setelah Layar Biru Kematian

Dengan mengambil bantuan software Recoverit data, Anda dapat memulihkan data setelah layar biru kematian. Alat pemulihan ini dapat membuat media yang dapat di-boot yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah yang terkait dengan sistem Anda. Aplikasi ini mendukung lingkungan Pra-instalasi Windows yang berfungsi sebagai sumber untuk memboot sistem, dan Anda dapat memulihkan data yang hilang di PC.

Cara Membuat WinPE Bootable Disk dengan Pemulihan Data Pro Wondershare

Download software pemulihan data Recoverit di komputer lain yang berfungsi, lalu sambungkan drive USB kosong atau CD/DVD ke dalamnya. Luncurkan software pemulihan data Recoverit untuk membuat media yang dapat di-boot.

Pilih opsi "Pulihkan dari Computer Crash" untuk mulai membuat media yang dapat di-boot.

buat drive yang dapat di-boot

Sebuah antarmuka akan muncul yang memungkinkan Anda memilih mode untuk membuat drive yang dapat di-boot: buat drive yang dapat di-boot USB atau buat drive yang dapat di-boot CD/DVD. Pilih lalu klik tombol "Buat".

buat drive yang dapat di-boot USB

Anda akan melihat popup yang memberitahu Anda untuk memformat drive USB Anda. Pastikan Anda telah membackup data Anda dan kemudian klik "Format sekarang" untuk memproses.

buat drive yang dapat di-boot USB

Software akan mulai membuat drive yang dapat di-boot, proses ini memakan waktu cukup lama. Harap jangan keluarkan drive USB atau drive CD/DVD selama proses pembuatan media yang dapat di-boot.

buat drive yang dapat di-boot USB

Setelah Anda membuat drive yang dapat di-boot USB, atur BIOS komputer Anda dan kemudian mulai merestore kembali data Anda. Nyalakan kembali komputer Anda yang rusak dan masuk ke BIOS dengan tombol fungsi BIOS. Tombol yang ditetapkan untuk meluncurkan BIOS adalah F2, F10, F12 atau Del. Anda dapat melihat halaman ini untuk mempelajari cara mengatur komputer untuk mem-boot dari drive USB.

buat drive yang dapat di-boot USB

Pulihkan Data Setelah Layar Biru Kematian

Nyalakan ulang komputer Anda dan masuk ke lingkungan Pra-instalasi Windows untuk memulihkan data dari komputer Anda.

    1. Dengan pemulihan data media yang dapat di-boot WinPE. Anda dapat menyalin data dari hard disk atau memulihkan data dari komputer Anda.
    2. Setelah pindaian mendalam di komputer Anda, Anda dapat melihat pratinjau data Anda dan klik tombol "Pulihkan" untuk menyimpan.

pemulihan data

Layar biru kematian dapat terjadi secara tidak terduga setiap kali ada masalah dalam sistem. Serangan malware, sistem macet, memori kelebihan beban, dan berbagai alasan lainnya adalah beberapa penyebab umum layar biru kematian. Software pemulihan data Recoverit mendukung pembuatan media Windows PE yang dapat di-boot, pelajari cara memperbaiki layar biru kematian dan membuat media yang dapat di-boot, memasukkannya, dan memulihkan data setelah layar biru kematian.

Video Tutorial Cara Memperbaiki Kesalahan Layar Biru Kematian di Windows?

recoverit

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >


Bagian 3. Cara memperbaiki layar biru kematian

Gunakan restore sistem untuk menghapus pembaruan terkini

Setelah Anda mengamankan data Anda dengan Wondershare Recoverit, gunakan restore sistem untuk menghapus pembaruan terkini yang dapat menyebabkan layar biru.

Periksa malware komputer

Malware komputer dapat menyebabkan layar biru kematian. Untuk memeriksa malware, boot PC Anda melalui Mode Aman dengan Jaringan dan luncurkan antivirus yang telah Anda instal untuk memindai komputer Anda.

Jendela opsi lanjutan

Untuk mem-boot PC Anda melalui mode aman, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Klik ikon mulai dan pilih tombol daya

Jendela opsi lanjutan

Tekan tombol shift dan klik nyalakan ulang secara bersamaan

nyalakan ulang jendela komputer

Menu opsi boot lanjutan akan muncul. Klik troubleshoot, lalu pilih Opsi Lanjutan klik Pengaturan Startup.

nyalakan ulang jendela komputer

Klik tombol nyalakan ulang di bawah jendela pengaturan startup.

Jendela pengaturan startup

Komputer akan reboot, dan jendela di bawah ini akan muncul. Arahkan ke no. 4 dan klik untuk mem-boot komputer Anda dalam mode aman. Pilih no. 5 jika Anda perlu mem-boot dengan internet.

Jendela pengaturan startup untuk mode aman

Buat ruang di hard disk drive Anda

Kesalahan layar biru kematian juga bisa disebabkan karena tidak tersedianya ruang yang cukup di hard disk drive Anda. Usahakan selalu memiliki lebih dari 100MBS ruang kosong untuk menghindari kesalahan ini.

Untuk mengosongkan ruang, mulailah dengan menhapus program dan aplikasi lama yang tidak lagi Anda gunakan. Hapus file dan folder lama. Pertimbangkan untuk menggunakan alat seperti alat Pembersihan Disk, tersedia gratis di sistem operasi Windows. Alat pembersih akan memindai file apa pun yang tidak digunakan lagi, lalu menghapus data dan aplikasi yang tidak diperlukan.

Instal ulang Windows

Jika semua cara di atas tidak berhasil, pertimbangkan untuk menginstal ulang Windows. Pastikan untuk membackup data Anda sebelum menginstal ulang karena komputer Anda akan diformat selama proses instalasi ulang.

Untuk menginstal ulang OS Windows, buka Mulai > Pengaturan > Perbarui & keamanan > Pemulihan', pilih 'Mulai' di bawah 'Atur ulang PC ini' lalu pilih 'Hapus semua' untuk menginstal ulang OS.

Hapus driver

Jika Anda menginstal driver dan muncul kesalahan 'STOP', Anda dapat menghapus driver dengan langkah-langkah berikut:

Menu pengguna utama

Hapus hardware yang tidak penting

Layar biru kematian dapat disebabkan oleh masalah hardware. Hapus semua hardware yang tidak Anda gunakan saat ini, misalnya USB flashdisk, monitor, hardisk, printer, dll, dan hanya tinggalkan keyboard, mouse, monitor dan CPU. Ini akan mengurangi jumlah beban kerja pada komputer


Kesimpulan

Dengan menggunakan software pemulihan data Recoverit, Anda dapat memulihkan data meskipun terkena layar biru kematian. Alat pemulihan ini dapat membuat media yang dapat di-boot yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah yang terkait dengan sistem Anda. Aplikasi ini mendukung lingkungan Pra-instalasi Windows yang berfungsi sebagai sumber untuk mem-boot sistem, dan Anda pun dapat memulihkan data yang hilang di PC.
Coba juga untuk memperbaiki masalah layar biru kematian dengan metode di atas. Jika masalah berlanjut, pemulihan data profesional kami akan memperbaiki kesalahan sambil tetap melindungi data Anda.

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Cara Memulihkan Data setelah Layar Biru Kematian