Cara Menampilkan Hard Drive di Mac?

Cara Menampilkan Hard Drive di Mac?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0
"Saya baru saja memperbarui Mac saya ke sistem Monterey, tetapi sekarang saya tidak bisa melihat hard drive saya pada desktop Mac. Lalu bagaimana cara menampilkan hard drivenya di Mac?"

Sudah dapat dipastikan kalau mendapat akses cepat ke direktori Mac HD bisa sangat membantu dalam banyak keadaan. Anda bisa mudah mengakses folder-folder, seperti Sistem, Pengguna, Aplikasi, dan Perpustakaan. Sayangnya, macOS Monterey mungkin secara bawaan tidak menunjukkan folder Macintosh HD di desktop atau Finder. Sistem tersebut menyulitkan akses ke file.

Kabar baiknya adalah terdapat beberapa cara menunjukkan hard drive di Mac. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari dan mengetahui cara menemukan hard drive eksternal pada Mac.

Bagian 1. Mengapa Anda Tidak Dapat Melihat Tampilan Hard Drive pada Mac?

Ada beberapa alasan Anda tidak dapat melihat hard drive pada Mac. Berikut adalah alasan yang paling umum:


Bagian 2. Cara Menampilkan Ikon Hard Drive pada Desktop Mac?

Tugas ini adalah tugas Finder untuk memunculkan desktop dan ikon, termasuk ikon perangkat penyimpanan. Anda dapat memunculkan atau menyembunyikan hard drive utama Mac dari desktop Mac dengan mudah dan yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan beberapa opsi Finder. Jika Anda ingin menyimpan ikon hard drive pada desktop agar dapat mengakses data dengan mudah, berikut cara menampilkan HD pada Mac.

Pertama-tama, Anda harus memiliki opsi Finder di latar depan terlebih dahulu. Untuk itu periksalah kata "Finder" di menu bar Mac Anda. Jika tidak ditemukan, maka Anda harus mengetuk ikon "Finder" dari Dock di Mac Anda agar menampilkan ikon di latar depan.

Setelah Anda berhasil, ikuti tahapan berikut untuk menampilkan hard drive pada desktop Mac:

  1. Buka Menu, lalu, pindah ke "Finder". Kemudian, klik opsi "Preferences".

    pergi-ke-finder

  2. Kemudian, pilih tab "General" saat jendela Finder muncul di layar Mac Anda.
  3. Setelah itu, centang kotak "Hard disks" yang terletak di bawah "Show these items on the desktop".

    periksa-kotak-hard-disk

  4. Akhirnya, ikon hard drive Mac sekarang muncul pada desktop Anda seperti gambar di bawah ini.

    ikon-drive-muncul-pada-desktop

Begitu mudahnya menampilkan dan menyembunyikan hard disk atau drive Mac pada desktop Anda. Setiap kali Anda ingin mengakses data di Mac dengan cepat, Anda harus klik dua kali pada drive HD Mac Anda dari desktop dan Anda akan diarahkan ke tempat penyimpanan semua data Mac.


Bagian 3. Bagaimana Cara Menemukan Hard Drive Eksternal di Mac?

Apakah Mac Anda gagal mendeteksi hard drive eksternal? Sering ditemukan kasus ketika hard drive eksternal tidak muncul pada Mac Anda. Tentu hal itu cukup membuat frustrasi, terutama ketika Anda hendak memindahkan sesuatu yang sangat penting. Selain itu, bisa jadi terdapat perubahan data yang ada pada hard drive eksternal yang rusak, itulah salah satu alasan Mac Anda tidak dapat mendeteksi drive eksternal.

Kabar baiknya adalah terdapat beberapa solusi yang dapat mengeluarkan Anda dari masalah ini dengan mudah. Mari kita lihat bersama:

1. Pasanglah Hard Drive Eksternal pada Mac

Bisa jadi Mac Anda telah mendeteksi hard drive eksternal, tetapi ikon hard drive tidak muncul pada layar desktop Anda. Jika begitu, maka Anda dapat dengan mudah memasang dan mengakses kembali drive Anda dengan hanya perlu mengikuti tahapan berikut:

  1. Pertama-tama, pindah ke menu Finder dan pilih Preferensi.
  2. Pada jendela preferensi Finder, pilih tab Umum.
  3. Pastikan opsi "External disks" di bagian bawah "Show these items on the desktop" telah tercentang.

    menunjukkan-hard-drive-eksternal

Selain itu, Anda dapat menyetel Mac untuk memunculkan hard drive eksternal pada Finder. Caranya adalah dengan membuka "Finder" > " Preferences" > " Sidebar". Dalam proses ini Anda perlu mencentang pilihan menu "External disks" yang berada di bawah opsi "Locations".

tampilkan-hard-drive-pada-finder

Cara ini mungkin akan membantu Anda memperlihatkan hard drive eksternal yang tersambung pada Mac Anda. Jika masih belum berhasil, cobalah solusi berikut. Agar USB flash drive terdeteksi, solusi yang mungkin lebih layak adalah: Benahi USB yang tidak muncul di Mac.

2. Buka Disk Utility untuk Menjalankan First Aid

Mungkin hard drive eksternal Anda mengalami beberapa masalah yang tidak Anda sadari. Dengan demikian, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan menggunakan Disk Utility demi menjalankan peralatan First Aid. Setelah proses itu, Anda bahkan dapat mengakses tersebut. Peralatan ini akan memeriksa diska terkait isu dan hal yang salah, lalu mencoba memperbaiki isu tersebut sesuai keperluan. Peralatan ini sangat membantu dalam proses verifikasi dan memperbaiki berbagai masalah terkait drive eksternal dan HD.

Berikut panduan menjalankan First Aid pada hard drive eksternal Anda:

  1. Pertama-tama, bukalah Disk Utility. Anda dapat mencari menu tersebut menggunakan Spotlight Search atau buka "Finder" > " Application" > " Utility".
  2. Kemudian, Anda perlu memeriksa hard drive eksternal. Selanjutnya, klik "First Aid" dan pilihlah "Run" untuk memulai operasi diagnostik.

    jalankan-first-aid

Jika First Aid berhasil memperbaiki masalah, maka seharusnya hard drive eksternal Anda sudah dapat dipasang. Bagaimana jika peralatan ini gagal? Itu berarti, drive Anda rusak parah atau mungkin terformat melalui sistem file yang tidak dapat dibaca oleh Mac Anda. Jika demikian, kami menyarankan Anda untuk memulihkan data dari hard drive yang rusak tersebut. Lihat bagian berikutnya supaya Anda dapat mempelajari cara mengembalikan data hard disk pada Mac.


Tip Bonus: Cara Memulihkan dan Memunculkan Data Hard Drive pada Mac?

Pernahkah Anda penasaran saat tidak dapat mengakses data yang tersimpan pada hard drive Mac Anda akibat mati listrik mendadak atau serangan virus? Atau jika cara di atas gagal memperbaiki kondisi "external hard drive not mounting Mac". Dalam kasus tersebut, perangkat lunak pemulihan data dapat membantu mengembalikan data hard drive pada Mac Anda dengan mudah.

1. Recoverit - Perangkat Lunak Terbaik dalam Memulihkan File Mac:

Setiap kali Anda mengalami kehilangan data, Recoverit Data Recovery Mac akan membantu Anda untuk mengembalikannya. Perangkat lunak pemulihan data ini akan bermanfaat bahkan ketika Anda belum pernah membuat file cadangan untuk perangkat Anda. Sekarang, Anda tahu cara melakukan partisi pada hard drive Mac dan menghapus partisi tersebut. Namun, Anda perlu mengetahui cara memulihkan file yang hilang atau terhapus dari drive.

2. Cara Memulihkan File Word yang Hilang pada Mac:

Tahap 1: Pilihlah Satu Lokasi

Buka perangkat lunak dan pilih lokasi drive file data yang hilang. Jika Anda tidak tahu drive yang harus dicari, tekan opsi "I can't find my partition", lalu pilih tombol Mulai.

pilih-lokasi-pemindaian

Tahap 2: Melakukan Pemindaian Lokasi

Biasanya, perangkat lunak akan mengoperasikan pemindaian Pemulihan Menyeluruh lalu mencari file yang hilang dan terhapus pada seluruh drive.

lokasi-pemindaian

Tahap 3: Lakukan Pratinjau dan Pulihkan

Saat pemindaian selesai, file tersebut akan muncul di layar. Perangkat lunak akan menyortir file sesuai format demi memudahkan pencarian. Anda dapat memilih banyak file sekaligus dan melihat pratinjau file.

pulihkan-email


Kesimpulan

Kesimpulannya adalah membuat dan menghapus partisi drive Mac tidak sesulit itu. Anda hanya perlu berhati-hati. Dan jika terjadi masalah, Recoverit selalu siap membantu Anda sehingga Anda tidak perlu mengalami kehilangan data.

Video Tutorial Bonus: Cara Memulihkan File yang Terhapus di Mac Bahkan Mengosongkan Sampah

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara Menampilkan Hard Drive di Mac?