Cara Merestore Mac yang Terjebak di Layar Pemuatan

Cara Merestore Mac yang Terjebak di Layar Pemuatan

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Mac macet di layar pemuatan adalah masalah umum yang dapat terjadi karena beberapa alasan. Memang ada cara memperbaikinya, tetapi prosesnya akan memakan waktu beberapa menit. Pelajari cara menyelesaikannya sekali untuk selamanya dan bagaimana Anda dapat terus menggunakan komputer Anda lagi. Di bawah ini adalah langkah-langkah terperinci dari semua hal yang harus Anda lakukan dan penjelasan mengapa Anda harus menggunakannya. Saat ini, yang dapat kami katakan adalah bahwa masalah ini terjadi sebagai efek samping ketika sistem operasi menemukan kesalahan.

Bagian 1. Penyebab Mac Terjebak di Layar Pemuatan

Ada beberapa alasan mengapa komputer Mac bisa menampilkan layar pemuatan, tapi tidak bisa melewatinya. Alasannya dijelaskan di bawah ini.


Bagian 2. Cara Mengembalikan Mac yang Terjebak di Layar Pemuatan

Mac yang tidak merespons bisa saja adalah frasa pertama yang Anda cari dengan Google. Sebelum Anda bergegas ke pusat perbaikan Apple, pastikan Anda telah mencoba semua langkah yang disertakan di bawah ini. Kemungkinan besar salah satunya akan berhasil, sehingga Mac Anda akan siap digunakan dalam beberapa menit dan Anda dapat melanjutkan penggunaannya.

1. Nyalakan Ulang Mac

Saat masalah ini terjadi, Anda tidak akan dapat mematikan Mac. Sehingga solusinya adalah dengan menahan tombol daya selama beberapa detik hingga komputer mati. Setelah selesai, nyalakan kembali dan lihat apakah masalahnya teratasi. Jika belum, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-1

2. Nyalakan Ulang dalam Mode Aman

Untuk memulai Mac dalam mode aman, Anda perlu menekan Shift dan tombol daya, tanpa melepaskan tombol Shift. Tahan hingga Mac Anda mencapai layar pemuatan, lalu lepaskan. Anda akan melihat mode boot. Pastikan mode aman telah dipilih. Konfirmasikan tugasnya dan biarkan komputer mulai dalam mode aman.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-2

3. Setel Ulang Mac SMC

Untuk menyetel ulang System Management Controller atau SMC, Anda harus menekan tombol shift, control, option, dan daya selama 10 detik. Lalu, lepaskan tombolnya dan nyalakan Mac Anda. Langkah ini wajib untuk mesin berbasis Intel yang diberhentikan di layar pemuatan.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-3

4. Setel Ulang NVRAM/PRAM

Jika Mac Anda terjebak di logo Apple atau ada bilah progres tetapi tidak ada progres yang terjadi, coba atur ulang NVRAM. Pengaturan ulang ini biasanya dapat memperbaiki masalahnya. Untuk menggunakannya, matikan komputer dan segera nyalakan sambil menahan tombol option, command, P, dan R. Setelah mulai, lepaskanlah tombolnya.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-4

5. Nyalakan Ulang dalam Mode Pemulihan

Untuk memulai Mac dalam mode pemulihan, yang harus Anda lakukan adalah menahan tombol command dan R saat menyalakan komputer. Mac akan dimulai dalam mode pemulihan dan menawarkan beberapa opsi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah utamanya. Prosesnya sama untuk semua komputer Mac.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-5

6. Nyalakan Ulang dalam Mode Pengguna Tunggal

Jenis booting ini berguna saat komputer Mac macet di bilah progres 100%. Untuk mem-boot Mac ke mode pengguna tunggal, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol command dan S sambil menyalakan komputer. Lepaskanlah setelah komputer mulai melakukan booting. MacBook Pro yang terjebak di layar pemuatan biasanya bisa diperbaiki dengan proses ini.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-6

7. Instal Ulang Mac OS X

Jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menginstal ulang sistem operasinya. Untuk melakukannya, tekan tombol Command dan R saat menyalakan komputer. Anda akan melihat layar Utilitas. Pilih Instal Ulang Mac OS dan ikuti langkah-langkahnya. Untuk menginstalnya, Anda memerlukan koneksi internet.

Komputer akan mendownload sistem operasi dari server resmi dan menginstalnya. Waktu untuk proses ini bergantung pada versi sistem operasi yang akan didownload komputer Anda (di mana selalu mendownload OS terbaru yang didukung) dan kecepatan koneksi internet Anda.

pulihkan-mac-yang-terjebak-di-layar-pemuatan-7


Video Tutorial tentang Cara Memperbaiki Layar Abu-abu saat Startup di Mac

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 3. Cara Memulihkan Data dari Mac yang Berhenti

Jika mac Anda macet saat memulai, itu berarti sistemnya rusak, hard drivenya tidak berfungsi, atau yang lainnya. Ya, penginstalan ulang seluruh OS dapat memperbaiki masalahnya, tetapi file Anda akan hilang. Situasinya bahkan lebih parah jika Anda tahu bahwa semua file dan data Anda akan hilang secara permanen!

Untuk mencegah hal tersebut, sebelum menginstal ulang sistem operasi, sebaiknya Anda menggunakan Recoverit software Pemulihan Data Mac dan memulihkan file-file Anda. Setelah selesai, Anda dapat menginstal ulang Mac OS dan memindahkan atau menyalin filenya kembali ke komputer. Untuk menggunakan Pemulihan Data Recoverit, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dan dijelaskan di bawah ini.

1. Buat USB drive yang dapat di-boot

Langkah pertama adalah membuat USB drive yang dapat di-boot. Anda juga dapat menggunakan DVD atau CD, tetapi USB lebih mudah dan berfungsi dengan lebih banyak komputer. Buka Pemulihan Data Recoverit dan klik "Pulihkan data dari kerusakan sistem". Masukkan USB ke port USB.

Ini adalah jenis proses yang sama dengan yang Anda buat saat ingin menginstal sistem operasi dari USB drive. Drive harus dibuat menggunakan proses khusus. Hanya menyalin file di dalamnya tidak akan berhasil.

pulihkan-data-dari-mac-yang-membeku-2

2. Klik mulai

Pilih drive USB yang ingin Anda gunakan dan klik buat. Softwarenya akan berpindah ke layar berikutnya dan Anda perlu mengkonfirmasinya. Jangan tarik USB pada saat ini. Jika Anda menariknya, drive tidak akan berfungsi dan Anda tidak akan dapat memulihkan file Anda. Situasinya sama jika Anda menggunakan CD atau DVD.

3. Konfirmasi pemformatan USB drive

Klik format sekarang untuk menghapus semua file dari USB drive. Langkah ini mungkin akan memakan waktu beberapa detik, tergantung ukuran drive dan komputer itu sendiri. Perlu diingat bahwa pemformatan akan menghapus semua file dan mengubah nama drive. Yang mana sangatlah normal. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan drive USB kosong atau drive dengan data yang tidak relevan.

pulihkan-data-dari-mac-yang-membeku-3

4. Tunggu hingga prosesnya selesai

Di layar ini, Anda dapat melihat keseluruhan proses dan perkembangannya. Tidak perlu memberi tahu Anda bahwa prosesnya baru akan selesai ketika mencapai 100%. Jika Anda memiliki komputer lama, Anda harus memberinya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan prosesnya. Selain itu, pastikan Anda tidak bermain game atau menggunakan software canggih selama pembuatan USB drive yang dapat di-boot.

pulihkan-data-dari-mac-yang-membeku-4

5. Proses selesai

Ini adalah langkah terakhir untuk membuat USB drive yang dapat di-boot dan Anda dapat melihatnya berhasil dibuat. Setelah layar ini ditampilkan, silakan lepaskan USB drivenya. Sekarang Anda juga siap untuk pindah ke bagian berikutnya yang akan membantu Anda mengekstrak data dari komputer Mac yang rusak.

pulihkan-data-dari-mac-yang-membeku-5

6. Boot dari USB

Pada titik ini, yang harus Anda lakukan hanyalah mem-boot dari USB drive atau CD/DVD yang baru saja Anda buat. Untuk melakukannya di Mac, hidupkan dan ketika Anda mendengar suara, tekanlah tombol opsi. Anda akan melihat layar seperti gambar di atas. Pilih USB atau drive dan konfirmasikan pilihan Anda. Tunggu beberapa saat.

pulihkan-data-dari-mac-yang-membeku-6

7. Pilih Pemulihan File yang Dihapus dan drive tempat file tersebut berada

Pilih drive tempat file Anda berada. Anda dapat memilih drive utama atau partisi tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Tambahan yang bermanfaat adalah daftar semua hard drive yang tersedia dan juga ukuran dan ruang kosong dari masing-masing hard drive.

Ini dapat memberi Anda wawasan tentang partisi mana yang berisikan file Anda. Setelah selesai, klik mulai dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Selain itu, Anda dapat memindai semua partisi atau hanya satu, melihat file yang tersedia dan kembali memindai yang lain hingga Anda menemukan data yang ingin Anda pulihkan.

pilih-lokasi-pemindaian

8. Pindai file yang ingin Anda pulihkan

Sekarang Anda harus memilih file yang ingin Anda pulihkan. Tidak ada batasan berapa banyak file yang dapat Anda pulihkan dan Anda dapat memilih semuanya jika diperlukan. Jika file yang Anda butuhkan tidak ditampilkan di sini, klik Pindai Mendalam (pojok kiri bawah) dan software akan sekali lagi memindai hard drive untuk menemukan semua file yang dapat dipulihkan. Cara ini akan memberikan Anda daftar yang lebih lengkap.

pemindaian-lokasi

9. Pratinjau file yang ingin Anda pulihkan dan konfirmasi

Yang harus Anda lakukan pada langkah ini adalah mempratinjau file yang ingin Anda pulihkan. Pilih yang Anda inginkan dan klik Pemulihan. Software akan menyelesaikan tugasnya dan file Anda akan dipulihkan. Tergantung pada ukuran file, langkah ini mungkin memerlukan beberapa menit. Bersabarlah dan jangan membatalkannya.

pulihkan-email

Mac macet pada saat memuat atau pada layar putih terjadi lebih umum daripada yang Anda kira. Perbaikannya relatif mudah dan Anda hanya memerlukan beberapa menit. Perbaikan utamanya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi. Sebelum melakukannya, gunakan Recoverit dan pastikan semua file penting sudah aman terkendali. Setelah Anda menginstal OS baru, semua file akan dihapus dari hard drivenya.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara Merestore Mac yang Terjebak di Layar Pemuatan