Dimanakah Letak Bar Menu di Mac | Solusi yang Telah Terbukti [2023]

Dimanakah letak bar Menu di Mac | Terbukti di tahun 2023

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Bar menu adalah sebuah alat pada perangkat Mac yang sangat menjebak. Bar menu adalah komponen penting pada layar sistem Mac. Di sisi lain, dengan mengetahui cara mengakses dan menggunakannya, maka Anda pun dapat memecahkan berbagai masalah yang ada. Informasi berikut telah dirancang untuk membantu Anda memahami 'Dimanakah letak bar menu di Mac' dan juga gambarannya.

Gambaran ini akan membahas tentang apa itu bar menu dan berbagai komponen yang disertakan di dalamnya dengan jelas. Lalu, pembahasan tersebut akan menjelaskan tentang proses menyembunyikan dan menampilkan bar menu, mengakses bar menu dengan keyboard, dan juga mengkustomisasi bar menu pada perangkat Mac. Hal menarik dalam pembahasan ini adalah deskripsi bertahap dari berbagai metode untuk semua prosesnya agar Anda lebih mudah memahaminya.

Bagian 1. Gambaran Bar Menu pada Mac

Bar menu dapat didefinisikan sebagai elemen kontrol grafis yang terdiri dari menu drop-down. Bar menu dirancang untuk menampung menu khusus dari aplikasi-aplikasi pada sistem Mac. Dan yang terpenting, bar menu menyediakan fasilitas untuk mengakses berbagai fungsi seperti tampilan manual bantuan, membuka file, ataupun berinteraksi dengan aplikasi.

Banyak orang menganggap bahwa bar menu pada Mac hilang karena posisinya yang memang unik. Dan inilah yang membedakan Mac dari sistem operasi dan platform lainnya.

bar_menu

Pada sistem Mac, bar menu akan muncul sebagai bar tipis yang ditambatkan pada bagian atas layar. Bar Menu pada Mac dan Microsoft Windows berbeda, karena bar menu pada Microsoft Windows akan muncul pada setiap jendelanya. Sedangkan bar menu pada sistem Mac akan selalu ditemukan pada bagian atas layar. Bar menu akan berubah sesuai dengan aplikasi yang Anda pilih/buka. Menu dan ikon pada bar menu dapat digunakan untuk memilih perintah, memeriksa status, dan juga menjalankan tugas. Mari kita lihat isi bar menu Mac di bawah ini.

  1. Elemen pertama pada bar menu adalah "menu Apple." Fungsi ini terletak di pojok kiri bar menu dan dapat digunakan untuk mengakses perintah untuk aktivitas yang sering dilakukan. Beberapa aktivitas ini termasuk memperbarui aplikasi, mengunci layar, mematikan sistem Mac, ataupun membuka "Preferensi Sistem".
  2. Berikutnya, pada ikon bar menu Mac terdapat "Menu aplikasi" yang terletak tepat di samping menu Apple. Aplikasi yang digunakan akan disorot dengan huruf tebal dan juga menyertakan menu lainnya seperti File, Format, Jendela, atau Edit.
  3. "Menu status" berada di ujung kanan bar menu dan juga menyertakan beberapa ikon. Menu Status dapat digunakan untuk memeriksa status perangkat Mac serta mendapatkan akses cepat ke berbagai fitur. Menu status dapat digunakan untuk mengontrol volume dan beberapa aplikasi juga dapat ditambahkan saat adanya penginstalan.
  4. Ikon "Spotlight" ditampilkan sebagai kaca pembesar yang terletak di sebelah menu status. Fitur "Spotlight" dapat digunakan untuk mencari berbagai file dan item pada perangkat Mac.
  5. Fitur penting berikutnya pada bar menu adalah Siri. Ikon tersebut dapat membantu dalam mengakses Siri dan Anda dapat meminta Siri untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti membuka aplikasi dan file, atau menemukan sesuatu di Internet ataupun perangkat Mac. Hasil dari Siri dapat disimpan pada desktop atau di "Pusat Pemberitahuan."
  6. "Pusat Pemberitahuan" adalah komponen terakhir yang terletak di ujung kanan bar menu. Ikon "Pusat Pemberitahuan" dapat memberikan akses pada detail tentang hari ini, serta pemberitahuan yang mungkin saja Anda lewatkan.

Bagian 2. Dimanakah Tempat untuk Menyembunyikan dan Menampilkan Bar Menu?

Bar menu jelas merupakan alat yang ampuh pada perangkat Mac untuk mengakses berbagai pintasan, fungsi sistem, dan juga menu aplikasi. Di sisi lain, banyak orang ingin menghilangkan bar menu Mac mereka karena preferensi mereka terhadap layar yang minimalis.

Sekarang, kita dapat lebih mudah untuk menyembunyikan dan menampilkan bar menu secara otomatis. Sebuah pengaturan yang sederhana dapat membantu Anda untuk menyembunyikan bar menu secara otomatis, dan mereka tetap dapat dilihat dengan menggerakkan penunjuk mouse Anda ke atas layar. Berikut adalah instruksi langkah demi langkah untuk menyembunyikan bar menu.

  1. Klik pada "menu Apple" untuk mengakses "Preferensi Sistem." Ini juga dapat dilakukan melalui "Spotlight."
  2. Klik "Umum" pada kotak dialog "Preferensi Sistem".
  3. Temukan opsi untuk "Sembunyikan dan tampilkan bar menu secara otomatis" pada tab preferensi "Umum". Centang kotak di samping opsi dan bar menu di atas layar akan menghilang.
  4. Setelah menyelesaikan langkah-langkah yang disebutkan di atas, bar menu akan tersembunyi secara otomatis. Namun, Anda dapat menemukan bar menu dengan menggerakkan penunjuk mouse ke bagian atas layar. Tindakan ini akan menampilkan bar menu dan juga cukup mudah diingat.

Bar_Menu1


Bagian 3. Cara mengakses Bar Menu dengan Keyboard

Bar menu pada sistem Mac sangatlah penting untuk berbagai fungsi yang dapat diperoleh melaluinya. Bayangkan betapa sulitnya jika ikon bar menu Mac menghilang - Tidak akan ada informasi tentang status Wi-Fi, jam dan bahkan baterai! Namun, banyak pengguna lebih suka menyembunyikan bar menu mereka untuk menghilangkan gangguan-gangguan yang tidak perlu. Hal baiknya adalah bar menu yang sudah disembunyikan tidak akan hilang. Mereka hanya akan tersembunyi dan dapat diakses dengan menggerakkan penunjuk mouse Anda ke bagian atas layar. Di sisi lain, keyboard juga dapat digunakan untuk mengakses bar menu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Namun, banyak pengguna lebih suka menyembunyikan bar menu mereka untuk menghilangkan gangguan-gangguan yang tidak perlu. Hal baiknya adalah bar menu yang sudah disembunyikan tidak akan hilang. Ia hanya akan tersembunyi dan dapat diakses dengan menggerakkan penunjuk mouse Anda ke bagian atas layar. Di sisi lain, keyboard juga dapat digunakan untuk mengakses bar menu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Keyboard Anda dapat digunakan untuk mengakses bar menu dengan menggunakan kombinasi pintasan default, yaitu "Ctrl+F2". Namun, kombinasi pintasan tersebut dapat diubah. Pilih "Preferensi Sistem" melalui menu Apple atau fitur "Spotlight". Cari dan klik "Keyboard" pada kotak dialog.
  2. Temukan tab "Pintasan" di kotak dialog "Keyboard".
  3. Pada panel kiri tab "Pintasan" terdapat opsi "Keyboard". Klik opsi untuk lanjut ke langkah berikutnya.
  4. Anda harus menemukan opsi "Pindahkan fokus ke bar menu" pada kotak dialog yang terbuka setelah Anda mencentang kotak untuk mengaktifkan "Keyboard". Pada ujung kanan opsi "Pindahkan fokus ke bar menu", Anda dapat menemukan kombinasi tombol yang ada. Klik kombinasi tombol lalu ubah dengan mengetikkan kombinasi tombol pintasan yang baru.
  5. Untuk menggunakan tombol fungsi sebagai tombol fungsi standar, maka Anda perlu mengakses kotak dialog "Preferensi" dan kemudian mengklik opsi "Keyboard". Pada kotak dialog "Keyboard", Anda dapat menemukan tab "Keyboard". Sekarang, Anda disarankan untuk mencentang kotak di samping opsi "Gunakan tombol F1, F2, dll. sebagai tombol fungsi standar" pada layar "Keyboard".
  6. Klik "X" di sudut kiri atas kotak dialog "Preferensi Sistem" untuk menutupnya. Sekarang, Anda dapat melihat bar menu Mac OS X Anda sudah menghilang dan Anda dapat mengaksesnya dengan keyboard ataupun mouse.

Bar_Menu1


Bagian 4. Cara Mengkustomisasi Bar Menu di Mac

Bar menu Mac adalah sebuah alat yang menjanjikan untuk meningkatkan produktivitas Anda. Namun, kebutuhan untuk mengkustomisasi bar menu Mac dapat diamati dalam banyak kasus. Mengubah tanggal dan waktu, menata ulang ikon, menggunakan widget baterai, atau menambahkan ikon baru pada bar menu adalah beberapa aktivitas yang akan kita jelajahi di bawah ini.

Menata ulang item pada bar Menu

  1. Tekan tombol "Command" dan tahan sampai langkah-langkah yang disebutkan selesai
  2. Gerakkan penunjuk mouse ke arah item yang akan dipindahkan
  3. Sekarang, Anda harus menahan tombol kiri mouse untuk menyeret item yang dipilih ke posisi yang diinginkan pada bar menu. Menariknya, ikon lain pada bar menu akan memberikan ruang untuk entri baru.
  4. Setelah memindahkan semua objek yang dipilih ke posisi yang diinginkan, Anda dapat melepaskan tombol "Command" dan tombol kiri mouse Anda.

Mengubah Tanggal dan Waktu

  1. Pilih "menu Apple" dari bar menu dan kemudian klik "Preferensi Sistem."
  2. Temukan dan klik ikon "Tanggal & Waktu" pada kotak dialog. Anda juga dapat membuka menu "Tampilan" untuk mengakses tab "Tanggal & Waktu". Dalam beberapa kasus, gembok pada bagian bawah jendela telah tertutup. Anda harus mengkliknya dan memasukkan nama serta kata sandi administrator Anda. Jika tab "Tanggal & Waktu" belum dipilih, maka jangan ditunda lagi - Pilihlah!

    bar_menu3

  3. Klik opsi "Setel tanggal & waktu secara otomatis." Ini akan membantu Anda dalam menyesuaikan tanggal dan waktu agar sejalan dengan salah satu server Network Time Protocol (NTP) Apple.
  4. Klik pada tab "Zona Waktu". Anda mungkin akan menemukan bahwa sistem tidak dapat menemukan lokasi secara otomatis sehingga Anda dapat memasukkan lokasi Anda secara manual. Pastikanlah untuk tidak mencentang opsi "Setel zona waktu secara otomatis menggunakan lokasi saat ini". Sekarang, Anda dapat memilih wilayah zona waktu pada peta dunia untuk menyelesaikan proses ini.

Menambahkan Ikon di Bar Menu

  1. "Preferensi Sistem" dapat diakses melalui bar menu Mac seperti dalam proses menghilangkan bar menu.
  2. Panel preferensi akan menyediakan berbagai ikon sistem berbeda bagi Anda, yang mana dapat diletakkan pada bar menu. Setelah memilih fitur di panel preferensi, Anda dapat mengklik "Sumber Input."
  3. Setelah mengklik "Sumber Input", Anda harus menemukan kotak di sebelah "Tampilkan menu Input di bar menu." Ini akan menempatkan ikon yang dipilih di bar menu.
  4. Pilihan yang berbeda seperti Jam tidak akan dapat ditemukan pada "Preferensi Sistem." Ini digunakan untuk menggunakan folder Sistem untuk menyesuaikan menu tampilan bar menu Mac.
  5. Klik "Finder" dan kemudian pilih "Buka" diikuti dengan Buka Folder". Semua ini dapat diakses pada bar menu
  6. Ketik jalur ini "/System/Library/CoreServices/Menu Extras"
  7. Klik ikon tertentu sebanyak dua kali untuk meletakkannya pada bar menu.

Menggunakan Widget Baterai

  1. Klik widget "Baterai" untuk mengetahui dua status yang berbeda. Status pertama akan menunjukkan waktu yang tersisa sebelum baterai habis. Ini juga menunjukkan status baterai yang sedang diisi dayanya. Status kedua akan menunjukkan program-program yang menguras daya.
  2. Akses opsi "Tampilkan Persentase" dengan cara mengkliknya. Dengan ini, persentase sisa daya baterai Anda akan tersedia.

Kesimpulan

Dengan mengamati detail yang diilustrasikan di atas, Anda pun akan dapat mengklarifikasi keraguan tentang cara menjaga agar bar menu tidak menghilang pada perangkat Mac Anda. Pembahasan pada artikel ini juga menjelaskan tentang metode untuk menyembunyikan dan menampilkan bar menu secara otomatis, serta cara mengakses bar menu dengan keyboard. Gambaran tentang berbagai fitur di bar menu juga dapat memberikan penjelasan lebih lanjut tentang penggunaan bar menu. Terakhir, pembahasan ini juga merefleksikan cara-cara untuk menyesuaikan bar menu pada Mac.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Alex Nappi

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Dimanakah letak bar Menu di Mac | Terbukti di tahun 2023