Mac Anda Mati Tiba-Tiba? Lihat perbaikannya disini

3 Metode yang Bisa Memperbaiki Mac yang Mati Secara Acak [2022]

Wondershare Recoverit Authors

Mar 27, 2023 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Kita semua tahu, tidak ada yang lebih menganggu dengan mendapatkan Mac Anda secara mendadak mati, terutama ketika Anda sedang melakukan sesuatu hal yang sangat penting. Umumnya, ini hanya merupakan isu yang sangat jarang dan tidak pernah terjadi lagi. Akan tetapi, jika Anda menyadari Mac Book Anda terus menerus mati dan mati tanpa adanya peringatan, Anda dengan segera perlu menentukan dengan pasti penyebab di belakangnya dan mencari beberapa tip serta peralatan untuk membantu Anda memperbaiki Mac Book Anda.

Anda juga dapat mendownload dan menggunakan software yang dapat diandalkan seperti Recoverituntuk mengambil data setelah Mac Anda mati secara mendadak.

Di artikel ini, kami akan berjalan bersama Anda langkah demi langkah unutk memperbaiki Macbook Anda dari mati secara acak. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai.

Bagian 1. Mengapa Mac mati secara mendadak

Apakah Mac Book Anda sedang mengalami mati terus menerus tanpa ada alasan tertentu? Ini sangat membuat frustasi dan kecewa dalam waktu yang sama untuk kembali ke komputer Anda dan menemukan ini telah mati secara acak dan memulai proses rebooting.

Kalau tombol restart malah membuat masalah memburuk, itu malah dapat mencegah Anda untuk menggunakan Mac Anda, jadi mencari solusi yang tepat seharusnya menjadi prioritas Anda. Inilah beberapa alasan mengapa Mac yang mati secara mendadak:

Ada juga alasan lainnya yang dapat menyebabkan Mac Anda mati. Kalau sudah melakukan pengukuran yang tepat, Anda dapat menyelesaikan setiap isu mati dan mendapatkan komputer Anda dapat bekerja dengan baik setiap waktu.


Bagian 2. Metode memperbaiki "Mac yang mati secara tiba-tiba"

Ketika Mac book Anda Mati secara acak, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah reboot dengan cepat dan kemudian restart komputer kembali. Langkah ini penting karena program tidak selalu tertutup dengan baik terutama ketika Anda memaksa untuk dimatikan.

Supaya bisa restart Mac Anda, yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke pojok kiri atas komputer Anda dan kemudian dari menu Apple, pilih restart.

Bila rebooting tidak dapat membantu, maka ini direkomendasikan oleh Apple untuk mengatur ulang komputer SMC (Pengendalian Managemen Sistem) Anda. Pada dasarnya ini adalah sub sistem Mac yang datang dengan prosesor intel. SMC mengendalikan beberapa fitur seperti mode penggantian video, pengisian daya, indikator LED, mati dan nyala, dan masih banyak lagi.

Metode yang paling banyak digunakan untuk memperbaiki Mac yang mati secara acak

Namun, sebelum mengatur ulang SMC, Anda harusnya mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar dapat dengan cepat memperbaiki mac yang secara acak mati:

Langkah 1: Tahan dan tekan tombol power untuk mematikan komputer Anda. Setelah itu, tekan tombol power lagi untuk menyalakan Mac kembali.

Langkah 2: Jika komputer Anda sudah kembali menyala, tekan perintah + opsi +esc untuk memberhentikan secara paksa aplikasi yang menyala di belakang layar yang tidak menanggapi.

Langkah 3: Langkah terakhir pergi ke menu Apple dan lainnya matikan, mengulang, atau biarkan Mac Anda untuk tidur.

mac yang mati secara mendadak

Kalau masalah masih terus ada, Anda dapat mencoba untuk mengatur ulang SMC.

Solusi 1. Mengatur SMC

Mengatur ulang SMC melibatkan beberapa langkah, dan ini tergantung pada tipe Mac Anda sendiri dan apakah perlu untuk melepas baterai atau tidak. Versi Mac Book dengan tidak melepaskan baterai termasuk Mac book air, Mac Book Pro (versi 2009 dan selanjutnya), Mac book 12 inci (versi 2015 dan selanjutnya), dan yang terakhir Mac book versi 2009.

Selain itu, terdapat beberapa set yang berbeda untuk mengatur ulang SMC pada Mac Book melalui chip keamanan Apple T2. Mac book dengan chip keamanan T2 biasanya termasuk pada versi 2018 dan selanjutnya.

Lalu, mari kita lihat perbedaan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatur ulang SMC tipe komputer Mac yang berbeda.

Mengatur ulang SMC pada Macbook dengan baterai yang dilepas:

 

Langkah 1: Matikan Macbook.

Langkah 2: Secara hati-hati lepaskan power adaptor Mac safe.

Langkah 3: Lepaskan baterai. Kalau Anda tidak ingin melakukannya sendir, pergi ke Toko Eceran Apple atau Layanan perbaikan Apple dan menyelesaikannya.

mengatur ulang smc dengan baterai yang dilepas

Langkah 4: Tahan dan tekan tombol power selama lima detik.

Langkah 5: Menginstal ulang baterai dan kemudian tekan tombol power kembali untuk menyalakan Mac.

Mengatur ulang SMC pad Mac book tanpa melepaskan baterai:

Langkah 1: Matikan Macbook.

Langkah 2: Tekan dan tahan Shift + Control + Opsi pada sisi kiri keyboard (atau sentuh ID) dan juga tahan tombol power secara bersamaan.

mengatur ulang SMC pad Mac book tanpa melepaskan baterai

Langkah 3: Lalu, lepas semua kunci dan tekan tombol power sekali lagi unutk menyalakan komputer Anda.

Aturlah ulang SMC pada Mac book dengan chip keamanan T2:

Langkah 1: Pilihlah opsi matikan dari menu Apple.

Langkah 2: Saat komputer mati, tahan dan tekan kunci sebelah kanan shift + Kunci sebelah kiri opsi + kunci sebelah kiri kontrol selama enam hingga tujuh detik. Setelah itu, tetap tahan kunci ketika menekan tombol power unutk enam atau tujuh detik kedepan.

Langkah 3: lepaskan tiga kunci, dang tombol power secara bersamaan, dan kemudian tekan tombol power untuk menyalakan komputer Anda.

Mengatur ulang SMC di Mac Mini, iMac, atau Mac Pro:

Langkah 1: Pilihlah opsi matikan dari menu Apple.

Langkah 2: Tahan atau tekan dengan lama tombol power sampai dengan 10-15 detik.

Langkah 3: Selanjutnya, lepaskan tombol power dan tunggu unutk beberapa detik sebelum Anda menyalakan komputer lagi.

Apabila langkah-langkah diatas tidak dapat bekerja, matikan Mac Anda kembali dan kemudian lepaskan kabel listrik. Tunggu beberapa detik, sambungkan kabel listrik kembali, dan terakhir tekan tombol power untuk menyalakan komputer Anda.

Solusi 2. Pertimbangkan untuk melakukan pembaruan pada OS Anda

Ada kemungkinan besar bahwa bug pada operating sistem Macintosh dapat menyebabkan komputer mati secara mendadak. Sangat penting untuk membuat OS mac Anda terbarui untuk mencegah terjadinya mal fungsi.

software pembaruan mac

Supaya bisa memperbarui Mac Anda, yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke bar menu, klik pada "Menu Apple", dan kemudian pilih opsi "Tentang Mac ini." Setelah itu, ketuk pada tombol Perbaruan software dan biarkan komputer Anda memeriksa untuk perbaruan. Bila terdapat perbaruan, mereka akan mulai untuk mengunduh dan menginstal secara cepat. Langkah ini mungkin bisa memperbaiki masalah Mac mati mendadak secara instan.

Solusi 3. Instal ulanglah OS mac

Kalau Anda sudah mencoba dan lelah dengan semua metode dan perbaruan untuk restart komputer Anda, langkah selanjutnya instal ulang software operasi macintosh. Instal ulang OS mac dapat menghapus semua isu yang memberhentikan komputer anda dari bekerja dengan baik. Sebelum Anda memulai proses menginstal ulang, pastikan untuk mencadangkan data Anda, dan hanya dengan menghapus disk awal anda.

Periksa instruksi yang lengkap bagaimana cara untuk menginstal ulang software macintosh pada halaman dukungan di Apple.


Bagian 3. Metode mengakses file-file dari Mac yang masih terus mati

Bila Mac Anda mati secara acak di tengah aktivitas data, ini mungkin menghasilkan kehilangan file-file dari hard drive. Anda harus selalu mempunya data cadangan. Apabila, terdapat kesempatan, Anda tidak mencadangkan data Anda, dan Anda khawatir tentang bagaimana untuk mendapatkan kembali, periksa Recoverit. Software pemulihan data mac ini sangat dapat diandalkan dan dapat membantu Anda untuk memulihkan file-file yang hilang atau terhapus di Windows dan Mac.

Video Petunjuk Cara Memulihkan Penghapusan berkas pada Mac Ketika Pengosongan Sampah

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Ayo kita lihat langkah-langkah yang lengkap tentang cara untuk menggunkan pemulihan data Recoverit Mac;

Langkah 1: Luncurkan Recoverit di Mac

Sebelum memulihkan data, jalankan dan instal Recoverit di Mac Anda. Jika ingin memulai software, yang perlu Anda lakukan adalah klik dua kali pada ikon "Recoverit". Bila Anda mengatur kata kunci pada software, ketik kata kunci dan tekan "Enter" atau "Kembali" untuk menjalankan Recoverit. Hanya perlu beberapa detik untuk memulai proses pemulihan data Mac.

Langkah 2:‌ Pilih perangkat

Langkah selanjutnya pilih drive dibawah tab "Perangkat" atau tab "Desktop", dimana berada dibawah tab "Pilih Lokasi". Sekarang, ketuk pada tombol "Start" untuk melanjutkan.

pilih perangkat

Anda juga bisa memilih opsi "Pilih Folder" dibawah "Tab pilih lokasi" bila anda mengetahui dengan tepat jalur file dari data yang hilang. Kemudian, ketuk pada tombol "Start" unutk memproses lebih jauh.

Langkah 3: Pindai Lokasi

Kalau Anda memilih perangkat, Recoverit akan memulai untuk memindai semuanya. Dengan pencarian lebih lanjut dan pemindai, Anda akan mendapatkan kembali semua data yang hilang, terhapus atau data yang sudah terformat. Selanjutnya, Anda dapat berhenti sejenak atau memberhentikan proses pemindai jika Anda sudah menemukan data anda yang hilang.

memindai file-file mac yang hilang

Apabila Anda ingin untuk memulihkan video yang rumit atau dengan ukuran yang besar, Anda dapat memilih opsi "Pemulihan Video lanjutan" pada bagian bawah pojok kiri dari layar. Ini akan mengijinkan Anda melakukan memindai dengan lebih dalam untuk memulihkan video yang terhapus atau hilang.

Langkah 4:‌ Tinjau dan Pulihkan File-file

Sebelum memproses dengan langkah terakhir proses pemulihan, Recoverit mengijinkan Anda untuk memulihkan file-file dengan mengklik pada tombol "Tinjau" di sisi kanan panel. Anda diijinkan untuk membuka satu file dari hasil yang diberikan dengan cara klik dua kali. Yang Anda perlu ingat, Anda hanya dapat meninjau file dengan ukuran lebih kecil dari 15MB.

lihat pemulihan data

Saat Anda meninjau data, sekarang saatnya untuk klik tombol "Pulihkan" untuk memulihkan file Anda.

Catatan: Pilihlah lokasi yang berbeda untuk menyimpan file-file yang sudah dipulihkan. Jangan sampai simpan file pada hard disk dimana Anda menghapus atau kehilangan data. Ini untuk mencegah data terdobel.


Bagian 4. Metode pencegahan Mac dari mati secara tiba-tiba

Biasanya, komputer macintosh, bertahan hingga lama, tetapi beberapa masalah mungkin berkembang dalam jangka panjang. Untungnya, Anda dapat mengambil beberapa ukuran untuk menjalankan fungsi komputer Anda dengan baik dan benar. Di bawah ini beberapa ukuran yang dapat Anda Ambil untuk memelihara Mac Anda:

Baterai yang dapat di isi ulang tidak akan bertahan seumur hidup. Karenanya, ini sangat penting untuk terus memeriksa baterai pada Mac Anda. Anda harus mengetahui bahwa penggunaan dari baterai Mac book ditentukan dari siklus pengisian daya. Siklus pengisian biasanya terjadi ketika Anda menghabiskan semua kekuatan baterai.

Ingat, setiap baterai hanya bertahan untuk beberapa kali siklus pengisian daya. Bila Anda menghabiskan semua total pengisian daya, Anda perlu untuk mengganti baterai. Supaya bisa meninjau berapa banyak Mac book saat ini ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk ke menu Apple.

Langkah 2: Pilihlah "Tentang Mac ini."

Langkah 3: Sekarang, pilih opsi "Laporan Sistem".

Langkah 4: Kemudian, arahkan ke bagian sub "Power" di bawah opsi "Hardware".

Langkah 5: Anda akan melihat opsi "Informasi Baterai" - dibawah dimana Anda akan menemukan siklus saat ini yang dihitung.

Ketika mengikuti langkah-langkah diatas, jika Anda melihat baterai sudah mencapai batas siklus perhitungan maksimal, ini berarti Anda harus menggantikan baterai. Pastikan untuk memantau secara rutin baterai untuk merawat fungsi Mac Anda secara benar.

Membaca sistem log Mac Anda secara rutin akan membantu Anda mengatasi masalah pada komputer Anda dan lebih jauh memastikan bahwa komputer Anda tidak mati secara tiba-tiba dan dalam kondisi sehat.

Misalnya, bila Anda menemukan log bawah Anda menghadapi isu baterai lemah, Anda dapat pergi ke pojok kanan atas pada layar, pilih ikon baterai di menu bar dan tinjau aplikasi dengan menggunakan energi signifikan.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan Mac book "Monitor Aktivitas" untuk meninjau layanan dan aplikasi yang paling banyak menghabiskan power CPU.

Agar bisa membuka "Monitor Aktivitas, "pergi ke "Aplikasi" dan kemudian klik pada "Utiliti." Anda harus memberikan perhatian khusus untuk item-item yang hadir dibawah tab Energi dan CPU mereka dapat menimbulkan ancaman pada komputer Anda.

Agar bisa mencegah komputer Anda dari mati di depannya, tinjau pengaturan penghematan energi, dimana Anda menemukan di opsi "Preferensi Sistem". Atur penghematan energi ke default - ini seharusnya cukup untuk menyimpan energi komputer Anda.

Kata penutup

Mac mati secara mendadak dapat menganggu kerja Anda dan merusak reputasi Anda. Bila Anda berpikir untuk Mac book yang mati secara acak terus menerus tanpa ada tanda, direkomendasikan untuk memperbaiki isu sebelum menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diubah. Semoga saja, metode yang disebutkan diatas pada posting ini akan membantu Anda memperbaiki Mac book yang mati karena anda sendiri tanpa menghadapi masalah lainnya.

Pernahkah Mac book Anda mati secara mendadak? Apa tindakan Anda ketika Mac Anda mati secara mendadak? Silahkan bagikan pengalaman Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > 3 Metode yang Bisa Memperbaiki Mac yang Mati Secara Acak [2022]