Cara Memperbaiki Galat "Mac External Hard Drive Read Only"

Cara Memperbaiki Galat "Read Only pada Hard Drive Eksternal Mac" dan Akses File.

Wondershare Recoverit Authors

Nov 28, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Hard drive saya tiba-tiba berhenti sehingga saya tidak bisa menyalin file ke dalam atau ke luar dari hard drive Masalah ini membuat saya gila, tapi saya akhirnya berhasil memperbaikinya, dan inilah caranya.

Hard drive merupakan bagian penting dari komputer dan perangkat mana pun yang digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan mengerjakan data. Itulah sebabnya galat read-only merupakan mimpi buruk yang mencegah Anda untuk menyelesaikan apa pun, baik itu di Mac, PC, ataupun perangkat seluler.

Bagian 1. Kenapa Hard Drive Eksternal Mac Bisa Menjadi Read Only?

Sebelum kita berbagi solusi mengenai cara memperbaiki galat read-only pada hard drive eksternal Mac, kita harus menyoroti masalah ini terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan "hard drive read-only" dan apa penyebabnya?

1. Yang Dimaksud dengan Hard Drive Read Only pada Mac

Komputer dan perangkat yang memiliki memori internal dan eksternal dalam bentuk kartu memori dan hard drive menangani data dengan menggunakan salah satu dari dua cara, yaitu membaca dan menulis. Membaca berarti bahwa Anda bisa membuka file dan folder di dalamnya, lalu meninjaunya. Akan tetapi, untuk membuat perubahan pada file dan folder ini, seperti menyalin, menghapus, dan menyimpan, Anda akan memerlukan izin untuk menulis.

2. Penyebab Hard Drive Eksternal Mac Menjadi Read-Only

Ada tiga alasan utama kenapa hard drive eksternal Mac Anda menerima galat read-only. Berikut ini merupakan garis besarnya:

Galat bisa muncul saat Anda melakukan format drive anda, dan salah satu galat yang mungkin muncul adalah... Benar sekali, galat read-only pada hard drive eksternal. Anda sebaiknya memerhatikan proses format agar Anda bisa langsung menyadarinya jika ada sesuatu yang salah.

Beberapa hard drive mungkin diformat menjadi sistem file NTFS, yang tidak kompatibel dengan Mac. Namun demikian, jenis sistem file ini kompatibel dengan PC berbasis Windows. Itulah sebabnya sistem file NTFS sangat populer. Para pengguna Mac masih bisa membaca file dalam hard drive NTFS, tapi mereka tidak dapat menulis di dalamnya.

Untuk mengidentifikasi apakah hard drive eksternal yang Anda gunakan merupakan format NTFS, Anda hanya tinggal mengklik kanan pada hard drive yang terkait dan pilih "Get Info."

Kita terkadang menetapkan izin akses untuk file dan folder terpenting kita. Dan kita sering kali lupa untuk mengubah izin ini atau menghapusnya sepenuhnya saat memindahkannya ke hard drive eksternal di antara Mac yang berbeda. Akibatnya, setiap kali Anda berusaha untuk memindahkan file dan folder ini, Anda akan menerima galat read-only pada hard drive eksternal.

info-usb-drive


Bagian 2. Cara Mengubah Hard Drive Mac dari READ Only Tanpa Menghapusnya

Kita menggunakan hard drive eksternal kita untuk menyimpan file-file berharga kita, mulai dari gambar dan video, hingga program file dan dokumen. Kebanyakan file-file ini merupakan cadangan dari Mac kita, sementara yang lainnya mungkin merupakan data yang perlu kita akses di komputer atau perangkat lainnya. Karena itu, walaupun menghapus semua data pada hard drive kemungkinan besar bisa memperbaiki masalah read-only, cara ini bukanlah sebuah pilihan karena kita akan kehilangan data-data penting kita juga.

Tenang saja, berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghapus batasan read-only pada hard drive eksternal Mac Anda tanpa kehilangan data berharga Anda. Pastikan saja Anda mengetahui kredensial admin Mac Anda.

Solusi 1. Ubah Izin Hard Drive Eksternal Mac

Izin bisa ditetapkan pada sebuah file, folder, atau seluruh hard drive, untuk menentukan siapa saja yang memiliki akses dan tindakan apa saja yang boleh mereka lakukan. Ini merupakan fitur keamanan umum yang digunakan oleh orang-orang yang ingin melindungi hasil kerja mereka.

Hal ini sering kali menjadi penyebab galat read-only saat pengguna atau pemilik hard drive eksternal sebelumnya mengatur izin read-only pada hard drive tersebut, baik itu disengaja maupun tidak sengaja. Mengatur izin read-only pada hard drive eksternal ini berarti bahwa Anda tidak bisa menuliskan apa pun padanya.

sharing-&-permissions-list

Berikut ini merupakan cara mengubah kembali izin hard drive eksternal menjadi "Read & Write";

Solusi 2. Abaikan Izin Hard Drive Eksternal pada Finder

Cara lain untuk menyelesaikan galat read-only pada hard drive eksternal adalah dengan mengabaikan izinnya. Solusi ini hanya efektif jika Anda yakin bahwa masalahnya diakibatkan oleh pengaturan izin hard drive tersebut.

Sama seperti yang terjadi pada kasus mengubah izin, seseorang telah menentukan akses read-only pada hard drive tersebut untuk alasan apa pun. Akan tetapi, berbeda dengan solusi sebelumnya, solusi ini akan menunjukkan cara untuk mengabaikan pengaturan izin sepenuhnya kepada Anda. Inilah cara Anda melakukannya;

abaikan-izin

Solusi 3. Perbaiki Read-Only pada Hard Drive Eksternal dengan Menggunakan Terminal

Anda harus mengenal antarmuka baris perintah pada Mac Anda untuk melakukan solusi ini. Terminal Mac memberikan pilihan bagi para pengguna Mac untuk memberikan perintah dan melakukan kustomisasi menyeluruh, seperti memodifikasi font Anda, file desktop, dan masih banyak lagi. Karena sifat Terminal Mac yang lebih teknis inilah, solusi ini sebaiknya menjadi salah satu pilihan terakhir Anda dan Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Hal ini terutama berlaku bagi para pemula karena input yang tidak disengaja bisa merusak Mac Anda.

Dengan menggunakan Terminal Mac, Anda bisa mengubah format file hard drive eksternal Anda dari NTFS ke format yang lebih kompatibel dengan Mac Anda. Namun demikian, pastikan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan dan jangan menduga-duga. Jadi, tanpa menunda-nunda lagi, di bawah ini merupakan cara untuk memperbaiki galat read-only pada hard drive eksternal Anda dengan menggunakan Terminal.

mac-terminal-commands

Solusi 4. Perbaiki Read-Only pada Hard Drive Mac Menggunakan Utilitas Disk

Solusi hebat lainnya adalah menggunakan Utilitas Disk Mac Anda untuk berusaha memperbaiki masalah apa pun dengan hard drive eksternal tersebut hingga mengakibatkan galat read-only. Metode ini bisa digunakan untuk memperbaiki galat read-only pada hard drive eksternal Anda yang terjadi akibat proses memformat hard drive tersebut.

Inilah beberapa langkah untuk memperbaiki galat yang mengganggu ini.

read-only-hard-drive-pada-utilitas-disk

Solusi 5. Mengakses dan Memulihkan File di Hard Drive Eksternal

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita bisa mengakses file di hard drive eksternal yang disetel sebagai read-only. Ada banyak aplikasi yang dirancang untuk melakukan ini, namun kami tidak bisa tidak merekomendasikan salah satu aplikasi terbaik, Recoverit Mac Data Recovery.

Program revolusioner ini digunakan untuk memulihkan file yang telah terhapus dan hilang di Mac hanya dalam waktu tiga menit saja. Recoverit bahkan tersedia untuk versi Windows bagi para pengguna PC. Recoverit Mac Data Recovery bisa menangani 1000 tipe file dan mendukung beberapa bentuk kehilangan data, seperti terformat, terhapus, galat kartu memori, serangan virus, keranjang sampah yang dikosongkan, sistem yang crash, dan bahkan masalah hard drive.

Video Tutorial Mengenai Bagaimana Cara Memulihkan Data dari Hard Drive Eksternal?

Video Terbaru dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Berikut ini merupakan cara menggunakan Recoverit Mac Data Recovery untuk memulihkan file-file Anda yang hilang dari hard drive eksternal Anda dengan tiga langkah mudah;

Langkah 1: Pilih hard drive eksternal

Buka dan jalankan Recoverit Mac Data Recovery di Mac Anda dan pastikan hard drive eksternal Anda telah terhubung. Selanjutnya, pilih hard drive sebagai target lokasi Anda untuk pemindaian data.

memulihkan-data-mac

Langkah 2: Pindai hard drive eksternal

Pilih pemindaian menyeluruh, dan klik tombol start di pojok kanan bawah. Proses ini biasanya hanya memerlukan beberapa menit saja hingga selesai, dan sementara prosesnya berjalan, Anda bisa menyaring dan menentukan file pilihan Anda.

mac-memindai-file-yang-hilang

Langkah 3: Pratinjau dan memulihkan file

Begitu prosesnya selesai, Recoverit Mac Data Recovery akan menampilkan fungsi pratinjau kepada Anda sebelum memulai pemulihan. Jenis file yang bisa dilihat termasuk gambar, video, audio, dokumen, dan masih banyak lagi.

Pilih semua file yang ingin Anda pulihkan dan klik "Recover" untuk mendapatkan semuanya kembali. Semudah itu.

mac-memulihkan-file-yang-hilang


Bagian 3. Format Hard Drive Eksternal Mac untuk Membaca dan Menulis File

Jika hard drive eksternal Anda kosong atau Anda sudah mencadangkan semua data yang terdapat di dalamnya, sebuah cara mudah untuk menyelesaikan masalah read-only adalah dengan cara memformatnya. Ini berarti menghapus segala sesuatu yang terdapat dalam hard drive itu dan mengubahnya menjadi baru kembali. Metode pemformatan ulang hard drive Anda bisa mengembalikan izin perangkat eksternal Anda menjadi normal lagi, terutama jika masalah ini akibat menggunakan sistem file NTFS.

Ada dua tipe format yang berbeda, yang bisa Anda pilih saat Anda menggunakan cara perbaikan ini, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan keperluan Anda. Di bawah ini merupakan pilihan yang Anda miliki;

Format hard drive eksternal Anda ke APFS jika Anda berencana untuk menggunakannya pada Mac dengan macOS 10.15 Catalina, macOS 10.14 Mojave, or macOS 10.13 High Sierra.

Dikenal juga sebagai Mac OS Extended, HFS+ bisa dipilih jika Anda berniat untuk menggunakan hard drive eksternal ini pada macOS Sierra dan sistem operasi Mac sebelumnya. Versi-versi berikutnya dari format ini menambahkan penjurnalan untuk mencegah kerusakan pada struktur sistem file drive tersebut.

Dikenal juga sebagai MS-DOS, format ini kompatibel dengan Mac maupun PC, jadi jika Anda berniat untuk menggunakan hard drive eksternal Anda di kedua sisterm tersebut, silakan pilih format ini. Dua sistem file lain yang dibahas sebelumnya hanya kompatibel dengan Mac.

Jadi, bagaiman cara memformat hard drive eksternal Anda di Mac?

Cara Memformat Hard Drive Eksternal di Mac

Catatan:

Kita terkadang membuat kesalahan dan lupa untuk mencadangkan beberapa file penting. Namun, tidak ada yang perlu Anda takuti, karena Anda bisa menggunakan Recoverit Mac Data Recovery untuk memulihkan file-file tersebut.


Bagian 4. Cara Mencegah Galat Hard Drive Read Only

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya galat hard drive read-only, namun pengetahuan itu tak ada gunanya jika Anda tidak tahu cara menggunakan hard drive eksternal di Mac.

1. Cara Menggunakan dan Membaca Hard Drive Eksternal di Mac

Perangkat penyimpanan seperti hard drive eksternal, kartu memori Flash, dan drive USB bisa dihubungkan dengan Mac Anda dengan cara yang berbeda untuk setiap perangkatnya. Untuk hard drive eksternal, caranya hanyalah menghubungkannya melalui port USB tipe A atau port Tipe C, tergantung model Mac Anda. Selain itu, pastikan jika hard drive eksternal Anda menggunakan kabel yang sesuai atau belilah yang sesuai.

Begitu terhubung, pastikan Mac Anda mengenali hard drive eksternal tersebut. Jika tidak, cobalah langkah-langkah berikut ini;

2. Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Drive Eksternal Read Only

Seperti kata pepatah, pencegahan lebih baik dibandingkan mengobati, jadi inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya galat read-only pada hard drive eksternal Anda.


Kesimpulan

Itu saja semua yang perlu Anda ketahui untuk mencegah dan mengatasi "galat read-only" yang mungkin muncul pada hard drive eksternal Anda. Pencegahan selalu menjadi pilihan terbaik, namun jika Anda menemui galat ini, Anda seharusnya sudah tahu apa penyebabnya dan juga cara memperbaikinya.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara Memperbaiki Galat "Read Only pada Hard Drive Eksternal Mac" dan Akses File.