Pemulihan Internet Mac Tidak Berfungsi?

Pemulihan Internet Mac yang Tidak Berfungsi?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Bayangkan jika komputer Mac Anda rusak, lebih spesifiknya hard drive Anda tidak mau boot, dan semua fitur luar biasa dari OS X Recovery di bawah pintasan keyboard Cmd+R (Disk Utility, Time Machine, OS X Installer, dan Terminal) tidak bekerja karena disknya tidak dapat dipulihkan.

Sebelum Anda mengira semuanya hilang, jangan putus asa, karena sebenarnya masih ada satu hal yang bisa Anda coba untuk menyelamatkan data berharga Anda. Pemulihan Internet Mac memungkinkan Anda untuk memulihkan Mac OS Anda juga, bukan dari file yang ada di dalam komputer itu sendiri, melainkan dengan mendownload sistem operasinya langsung dari server Apple.

Dapat dimengerti jika Anda tidak terbiasa dengan opsi pemulihan ini, karena tidak semua komputer Mac memilikinya. Karena faktanya, hanya model di atas tahun 2012 yang dilengkapi dengan fitur ini. Itulah mengapa tujuan dari panduan ini adalah untuk menjawab semua pertanyaan Anda. Apa itu Pemulihan Internet, Mac? Cara mengaksesnya, cara memperbaiki masalah, hingga cara memulihkan file yang terhapus.

Bagian 1. Apa itu Pemulihan Internet, Mac?

Pemulihan Internet Mac OS adalah alat luar biasa yang baru-baru ini diketahui oleh para pengguna mac (walaupun alat itu sudah tersedia sejak 2012). Meskipun terdapat sedikit kekurangan, seperti mengembalikan komputer Mac Anda ke versi OS default, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan komputer Anda ketika semua opsi pemulihan lainnya tidak berfungsi.

Teruskan membaca untuk memahami alat ini dan bagaimana alat ini dapat membantu Anda saat menghadapi situasi terburuk MacBook Anda.

Apa itu Pemulihan Internet, Mac?

Sederhananya, Pemulihan Internet Mac adalah opsi pemulihan yang tersedia di semua komputer Mac sejak 2012, dan yang menjadikannya salah satu alat pemulihan paling populer adalah karena Anda dapat mengetuk langsung ke server Apple untuk mendownload versi asli OS yang akan diinstal di komputer Anda.

Bergantung pada keyboard, Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Option+Cmd+R atau Alt+Cmd+R sebelum logo Apple muncul setelah mem-boot komputer Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik saat menggunakan opsi ini, pastikan Anda menghubungkan komputer Anda melalui kabel Ethernet.

Tergantung pada kecepatan koneksi Anda, seluruh prosesnya dapat berlangsung sekitar lima menit. Sekali lagi, ingatlah bahwa alat pemulihan ini menginstal versi orisinil dari OS yang dibuat untuk komputer Anda.

Misalnya, jika Anda membeli MacBook sekitar tahun 2017, maka sistem operasinya ialah Mac OS High Sierra yang kemudian Anda perbarui ke Mojave. Jika Anda menggunakan Pemulihan Internet Mac, maka alat ini akan menginstal ulang OS High Sierra kembali.

2. Apa yang dapat dilakukan Pemulihan Internet Mac untuk Anda?

Pemulihan Internet Mac adalah opsi yang Anda gunakan ketika yang lainnya gagal. Bukan karena tidak efektif, tetapi karena ini adalah opsi yang relatif baru, dan pengguna tidak terlalu paham dengan semua kelebihannya. Jangan khawatir, Anda akan membaca semua tentang pemulihan ini di bawah.

Dengan bantuan Pemulihan Internet Mac, Anda dapat menginstal ulang Mac OS serta memecahkan masalah apa pun yang dapat merusak komputer Anda. Meski Anda sudah merawat komputer Anda dengan baik, terkadang kejadian malang dari Disk yang rusak dapat terjadi karena sejumlah alasan, mulai dari serangan virus hingga kesalahan manusia.


Bagian 2. Bagaimana Cara Memasuki Mode Pemulihan Internet?

Ketika komputer Mac Anda tidak dapat membuat partisi pemulihan pada hard drive karena alasan apa pun, Anda tidak akan dapat menggunakan opsi pemulihan tradisional. Mungkin Anda menggunakan volume RAID, atau Anda mempartisi Disk menggunakan BootCamp, tapi bagaimanapun juga, pilihan terakhir Anda adalah menggunakan Pemulihan Internet. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mengaksesnya.

Sekarang setelah mengetahui apa itu Pemulihan Internet Mac dan apa yang dapat dilakukannya untuk Anda, langkah selanjutnya adalah menginstruksikan Anda tentang cara masuk ke mode pemulihan internet.

Tetap tahan tombol sampai sebuah globe berputar muncul dengan kalimat "Sedang Memulai Pemulihan Internet, ini mungkin akan memakan waktu cukup lama".

os-x-mode-pemulihan-internet-mac-2


Video Tutorial tentang Cara Boot Mac ke Mode Pemulihan

recoverit

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Bagian 3. Bagaimana Cara Memperbaiki "Pemulihan Internet Mac yang Tidak Berfungsi"?

Meskipun Pemulihan Internet Mac telah dibuat agar sempurna, tapi tetap saja ia bermasalah dari waktu ke waktu. Jadi, jika Anda bernasib buruk dan partisi pemulihannya rusakini, artinya Anda tidak dapat menggunakan alat pemulihan tradisional. Ditambah karena alasan tertentu, Anda tidak dapat menggunakan Pemulihan Internet, Mac. Anda selalu dapat meminta bantuan drive eksternal dengan versi sistem operasi yang dapat di-boot.

Saran terbaik yang dapat diberikan oleh setiap pengguna Mac berpengalaman adalah menyimpan salinan OS X yang dapat di-boot dalam flash drive jika terjadi keadaan darurat. Ini juga membantu jika Anda berurusan dengan lebih dari satu komputer Mac yang gagal sehingga Anda tidak perlu mendownload satu per satu OS di setiap komputer.

Penyebab "Pemulihan Internet Mac Tidak Bekerja"

Seperti yang Anda baca sebelumnya, Pemulihan Internet Mac tidak sekuat seperti yang dikira oleh beberapa pengguna. Ada kalanya ia gagal, tetapi mengapa ia bisa gagal? Apa penyebabnya hingga opsi ini tidak bekerja untuk Anda? Nah, berkat keajaiban internet dan pendapat para ahli, kasus-kasus yang tercantum di bawah ini adalah alasan paling umum.

Pemecahan masalah "Pemulihan Internet Mac Tidak Berfungsi"

Ketika Internet Recovery Mac bukanlah pilihan untuk Anda, maka hal terbaik selanjutnya untuk memecahkan masalah adalah dengan melalui penginstal yang dapat di-boot. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi Terminal.


Bagian 4. Bagaimana Cara Memulihkan File yang Telah Dihapus di Mac?

Jika selama proses penginstalan ulang Anda curiga telah kehilangan data sensitif, maka Anda perlu mendapatkan program pemulihan terbaik untuk diri Anda sendiri, Recoverit software Pemulihan Data untuk Mac adalah teman terbaik Anda setiap kali Anda menghadapi situasi kehilangan data.

Pemulihan file Word Mac

Recoverit - Software Pemulihan File Word Terbaik

  • Pulihkan dokumen Word dari semua perangkat penyimpanan seperti Mac.
  • Pulihkan 1000+ jenis dan format file dalam berbagai situasi.
  • Pindai dan pratinjau file sebelum Anda memulihkannya dari hard drive MacBook.
Download | Mac Versi Mac Download | Windows Versi Windows

Langkah 1: Pilih Lokasi

Setelah Anda selesai mendownload Recoverit, jalankan programnya, pilih hard drive tempat file Anda terakhir terlihat, dan klik Mulai.

pilih-lokasi-pemindaian

Langkah 2 : Pindai Lokasinya

Setelah mengklik Mulai, proses pemindaian akan segera dimulai. Bergantung pada volume Disk, proses ini dapat memakan waktu hingga beberapa menit untuk selesai.

pemindaian-lokasi

Langkah 3: Mempratinjau dan Memulihkan

Ketika pemindaian selesai, daftar semua file yang dapat dipulihkan akan muncul, pilihlah yang ingin Anda pulihkan. Anda dapat menggunakan fitur pratinjau Recoverit untuk membuka file tersebut sebelum dipulihkan, setelah selesai memilih, klik Pulihkan dan Anda akan mendapatkan file Anda kembali.

simpan file yang telah dipulihkan di mac


Kesimpulan

Pemulihan Internet Mac adalah alat yang sangat berguna, salah satu alat yang dapat menyelamatkan Anda kapan pun Anda perlu memulihkan sistem operasi Anda. Meskipun opsi ini baru tersedia beberapa tahun, tapi nyatanya ini terbukti cukup efektif.

Sebagian besar pengguna Mac memilih untuk menggunakannya bahkan sebelum metode tradisional karena kesederhanaannya. Akan tetapi, seperti yang sudah Anda baca di atas, programnya rentan gagal dan jika gagal, Anda perlu memiliki solusi pencadangan yang praktis. Membuat penginstal yang dapat di-boot di flash drive adalah cara terbaik untuk memecahkan masalah dengan alat pemulihan tradisional dan pemulihan internet.

Terakhir, Anda harus melihat Pemulihan Internet Mac, sebagai upaya terakhir, untuk mencegah kemungkinan kegagalan. Anda juga selalu dapat menggunakan Disk Utility untuk menjalankan pemindaian pada drive Anda dan mengingatkan Anda tentang kemungkinan ancaman terhadap sistem operasi Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Pemulihan Internet Mac yang Tidak Berfungsi?