Cara Memformat WD Elements untuk Mac

Cara Memformat dan Memformat Ulang WD Elements untuk Mac

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Banyak orang mengalami masalah saat hendak menghubungkan hard drive eksternal mereka ke perangkat Mac. Hal ini terjadi karena perbedaan format dokumen pada sistem Windows dan Mac.

Orang sering mencari tahu cara membuat WD Elements kompatibel dengan Mac sehingga mereka dapat menggunakan HDD eksternal mereka tanpa kendala. Memiliki HDD Eksternal yang tidak ditunjang di perangkat Mac dapat menjadi masalah bagi para profesional yang butuh memindahkan dokumen secara konsisten dari satu tipe komputer ke yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga alur bekerja Anda tetap lancar tanpa gangguan, lebih baik Anda memformat HDD Anda dengan format yang ditunjang pada lintas sistem operasi yang umum digunakan

Bagian 1. Apakah WD Elements dapat berfungsi di Mac?

Secara bawaan, HDD ED Elements tidak dapat berfungsi pada komputer Mac karena format mereka adalah NTFS. Format ini tidak ditunjang oleh perangkat Mac sehingga Anda tidak bisa mengakses hard drive keras tersebut. Perbedaan format menyebabkan masalah saat hard drive dibaca. Maka, agar dapat digunakan pada lintas perangkat, Anda perlu memformat ulang drive tersebut ke format yang telah ditunjang.

Format Umum Drive WD Elements

WD Elements secara umum dibuat dengan format NTFS yang tidak ditunjang oleh sistem bawaan Mac. Oleh karena itu, penting untuk mengecek format sebelum membeli HDD eksternal karena tidak semua HDD ditunjang di kedua perangkat. Beberapa versi HDD mungkin tersedia dalam format FAT32 dan ExFAT yang lebih ditunjang di berbagai jenis sistem operasi dan perangkat.

Apakah WD Elements Berfungsi di Mac

Hard drive tersebut mungkin bisa berfungsi atau tidak berfungsi di perangkat Mac. Tergantung pada format yang diberikan pada HDD saat dibuat. Sebagian besar hard disk jenis ini diformat dalam NTFS yang hanya ditunjang pada PC Windows. Jika ingin membeli WD Elements yang berfungsi di Mac, mintalah penjual untuk memberikan HDD yang memiliki format HFS+ karena format ini ditunjang oleh perangkat Mac. Sebagai alternatif, Anda dapat mencari HDD dengan format ExFat atau FAT32.

Cara Membuat WD Elements kompatibel dengan Mac

WD Elements adalah hard disk eksternal sehingga semakin banyak orang membeli karena keandalannya. Di sisi lain, karena PC Windows lebih populer, WD Elements secara umum memiliki format NTFS. Satu-satunya cara untuk menggunakan hard disk tersebut pada Mac adalah memformat ulang menjadi format Journaled, ExFat, atau Fat32 yang ditunjang di berbagai perangkat.


Bagian 2. Bagaimana cara memformat WD Elements untuk Mac?

Perbedaan pada sistem operasi menyebabkan sebagian besar hard disk eksternal WD Elements tidak langsung berfungsi pada perangkat yang ditenagai oleh Mac OS. Agar tidak terkungkung terus dalam masalah ini, Anda perlu memformat hard disk tersebut dengan format yang ditunjang secara umum oleh perangkat lain. Bagaimana cara memformat ulang WD Elements untuk Mac? Sebenarnya cukup mudah untuk memulainya. Hal ini dapat dilakukan pada lintas perangkat sehingga WD Elements dapat diproses dengan fitur lintas platform. Tidak ada syarat maupun aplikasi pihak ketiga untuk melakukan format ulang. Prosesnya juga cukup mudah.

Apakah format terbaik WD Elements untuk Mac?

Memilih format yang sesuai dalam proses format ulang hard disk bisa saja membingungkan karena ada begitu banyak format beserta pro dan kontranya. Sebagai contoh, sistem ExFat memiliki ukuran partisi yang terbatas. Sementara itu, sistem FAT 32 tidak banyak digunakan. Lalu, format-fomat Journaled milik Mac OS hanya berfungsi pada perangkat yang ditenagai oleh Mac OS. Maka, untuk memilih format yang tepat, pahami terlebih dulu kebutuhan Anda.

Jika Anda lebih sering menggunakan perangkat Mac OS, maka lebih baik Anda memilih format Journaled Mac OS yang memiliki bats ukuran partisi dan dokumen yang sangat kecil. Namun, jika Anda ingin menggunakan HDD tersebut pada lintas perangkat, lebih baik Anda mengubahnya ke format HFS+ karena ditunjang pada Android, Windows, dan Mac OS tanpa masalah. Di samping itu, tidak ada batasan yang akan mengurangi kegunaannya dibandingkan dengan sistem NTFS.

Bagaimana Cara Memformat/Memformat Ulang WD Elements untuk Mac?

Tergantung pada sistem yang Anda gunakan. Ada 2 cara untuk memformat hard disk Anda menjadi format yang ditunjang oleh Mac. Cara Pertama adalah menggunakan opsi file format asli pada komputer yang ditenagai Windows OS. Cara kedua adalah menggunakan fitur yang tersedia di Mac OS. Lihat cara di bawah ini untuk memahami cara memformat WD Elements untuk Mac dengan menggunakan perangkat Windows dan juga Mac OS-

Bagaimana Cara Memformat WD Elements SE untuk Mac pada Sistem Operasi Windows?

Langkah 1. Hubungkan hard disk Anda ke komputer

Hubungkan hard disk ke komputer menggunakan kabel USB dan tunggu sejenak sampai perangkat terdeteksi. Setelah selesai, klik opsi "This PC" untuk mencari ikon yang merepresentasikan hard disk.

Hubungkan hard disk ke komputer

Langkah 2. Klik opsi format

Klik kanan pada ikon hard disk lalu jelajahi opsinya untuk mencari opsi format. Klik pada opsi tersebut, lalu Anda akan melihat kotak dialog berisikan opsi seperti Sistem Dokumen, Label Volume, dll. Klik opsi Sistem Dokumen dan cari format yang tersedia. Pilihlah format yang Anda inginkan, lalu masukkan nama yang relevan pada hard disk di opsi Nama Volume.

Klik format

Langkah 3. Memformat drive

Setelah mengatur semua hal sesuai kebutuhan Anda, pilih opsi format cepat, lalu klik tombol mulai. Tunggulah beberapa saat hingga drive Anda terformat sesuai format yang telah Anda pilih.

Memformat Drive

Bagaimana cara memformat WD Elements pada perangkat Mac Anda?

Langkah 1. Hubungkan hard disk WD Elements ke perangkat Mac Anda

Hubungkan hard disk ke komputer. Tunggu hingga sistem mendeteksi dan menghubungkannya sehingga dapat digunakan. Setelah terdeteksi, ikon hard disk akan muncul pada desktop.

Hubungkan hard disk WD Elements ke Mac

Langkah 2. Pergi ke opsi utilitas

Lanjut cari opsi Finder dari dock Mac Os, lalu buka. Setelah terbuka, pilih opsi Go dari bar menu. Setelah itu, klik utilitas. Sekarang, Anda dapat menu seperti aplikasi/utilitas, dll. Pergi ke opsi utilitas, lalu pilih aplikasi utilitas disk.

Klik opsi utilitas disk

Langkah 3. Sekarang, pilih hard drive yang ingin Anda format

Setelah membuka opsi utilitas disk, pilih drive eksternal yang terhubung dengan perangkat, yang ingin Anda format.

Pilih hard drive

Langkah 4. Pilih opsi format

Sekarang, pilih opsi Hapus dari menu utilitas disk. Kotak dialog pun akan muncul. Pada tahap ini, Anda harus menyesuaikan format yang Anda inginkan untuk hard disk Anda. Lalu, beri nama baru untuk hard disk Anda sesuai kebutuhan.

Pilih opsi format

Langkah 5. Hapus drive

Setelah semua proses selesai seperti keinginan Anda, klik opsi hapus. Dalam hitungan detik, hard disk Anda akan terformat.

Hapus drive


Bagian 3. Bagaimana Cara Memulihkan Dokumen WD yang telah diformat pada Mac?

Saat hard disk eksternal terformat, nyaris mustahil bisa memulihkan file yang ada di dalamnya. Namun, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melakukannya. Saat memformat hard disk Anda, pastikan tidak ada file atau folder penting di dalam hard disk yang belum dicadangkan tersebut.

Jika file seperti itu ada di hard disk eksternal Anda, pastikan Anda telah mencadangkannya sebelum memulai proses memformat hard disk. Hal itu dikarenakan. Anda tidak akan bisa memulihkan file tersebut.

Konsekuensi Memformat WD secara tidak sengaja

Banyak orang sering memulai opsi format secara tidak sengaja dan malah menimbulkan banyak masalah baru bagi diri mereka. Berikut ini adalah beberapa masalah utama yang mereka hadapi-

Bagaimana Cara Memulihkan File WD Elements yang Terformat?

Jika WD Elements Anda rusak, tak dapat dibaca, atau terformat secara tidak sengaja, data akan sulit untuk dipulihkan. Namun, ada aplikasi seperti Recoverit Data recovery tool yang dapat membantu Anda mengumpulkan dan mengambil kembali data rusak yang Anda inginkan. Aplikasi tersebut dapat digunakan baik di perangkat Mac dan Windows serta sangat mudah digunakan. Aplikasi tersebut tersedia untuk diunduh secara gratis di situs web resminya dan tidak membutuhkan PC berteknologi tinggi untuk mengoperasikannya. Recoverit dapat memperbaiki video, dokumen, dll. yang rusak dengan mudah.

Berikut ini adalah langkah yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file dengan bantuan Recoverit data recovery tool:

Langkah 1. Pilih hard disk yang ingin Anda pulihkan datanya

Unduh, instal, dan luncurkan Recoverit data recovery tool pada Mac Anda. Setelah selesai, pilih hard disk yang ingin Anda perbaiki dan ambil datanya. Jika Anda tahu foldernya, pilih folder tersebut lalu klik tombol mulai.

Pilih hard disk

Langkah 2. Lokasi folder akan dipindai

Sekarang Recoverit akan memindai lokasi yang telah Anda sediakan dengan bantuan algoritma yang mutakhir. Semua file dan folder yang terhapus, rusak, serta tersembunyi akan muncul pada aplikasi setelah proses pemindaian selesai. Hal terbaik dari aplikasi ini adalah proses pemindaian yang dapat disesuaikan dengan bantuan banyak filter sehingga dapat berlangsung lebih cepat dan efisien. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menghentikan dan melanjutkan proses pemindaian sesuai kebutuhan mereka.

pemindaian lokasi data

Langkah 3. Melakukan pratinjau pada file

Sekarang Anda akan memiliki daftar file yang dapat ditemukan pada lokasi tersebut. Jelajahi dan cari file yang Anda inginkan, lalu klik pada file tersebut untuk melakukan pratinjau. Setelah memastikan bahwa file dalam keadaan baik, pilih file tersebut, lalu klik opsi pemulihan. Setelah itu, pilih lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan file tersebut dan proses pemulihan bisa dimulai. File Anda akan dipulihkan dan disimpan dalam hitungan detik.

Melakukan pratinjau pada file


Bagian 4. Saran Format WD Elements untuk Mac

WD Elements adalah hard disk eksternal yang begitu populer dan banyak orang di seluruh dunia yang menggunakannya. Agar tidak ada masalah pada hard disk ketika memformatnya, Anda perlu memastikan bahwa semua proses dilakukan dengan tepat.

Ketahuilah Keuntungan Memformat Hard Disk WD

Memformat hard disk Anda dari waktu ke waktu dapat memberikan banyak manfaat seperti-

Pelajari Tip Mengubah WD Elements untuk Mac

Berikut ini adalah beberapa tip yang dapat Anda ikuti saat mengubah WD Elements untuk Mac-

Kesimpulan

WD Element adalah hard disk eksternal yang sangat populer dan banyak orang di seluruh dunia yang menggunakannya. Hard disk tersebut memiliki format NTFS yang tidak ditunjang oleh Mac OS. Maka, untuk dapat menggunakannya, Anda perlu memformat hard disk tersebut ke format yang ditunjang seperti HFS+, FAT32, dan ExFAT.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara Memformat dan Memformat Ulang WD Elements untuk Mac