Cara Memformat Kartu SD ke FAT32 di Mac

Cara Memformat Kartu SD Anda ke Sistem File FAT32 di Mac

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Tapi kenapa?

Mari kita bahas secara detail untuk menemukan jawabannya.

Misalkan Anda menggunakan kendaraan tetapi tidak melakukan servis rutin. Apa yang akan terjadi? Setelah beberapa waktu, hal itu akan mulai menyebabkan masalah. Jadi apa solusinya?

Jelas, kita perlu membawanya ke mekanik profesional.

Sama halnya dengan kartu SD Anda. Sekarang, bagaimana Memformat kartu SD ke FAT32 di MAC?

Baiklah! Cari tahu sendiri solusinya dalam artikel ini.

Bagaimana cara memformat kartu SD ke FAT32 di Mac?

Apakah Anda lelah menerapkan beberapa teknik lama yang tidak dapat berfungsi untuk memformat kartu SD Anda ke FAT32 di MAC? Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda cukup mengikuti langkah-langkah sederhana ini dan dapatkan apa yang Anda inginkan.

Sebelum itu, Anda disarankan untuk memback up perangkat Mac Anda, sebelum proses dimulai. Ada dua cara untuk memformat USB flash drive ke FAT32, termasuk Utilitas Disk dan command line Terminal, tetapi di sini kita akan membahas yang pertama.

Setelah kartu SD atau mikro SD diback up, Anda siap memformat perangkat penyimpanan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mewujudkannya:

  1. Masukkan kartu SD ke dalam slot di Mac Anda.
  2. Arahkan ke Finder > Aplikasi > Utilitas.
  3. Buka Utilitas Disk.
  4. Di sidebar, pilih kartu SD yang ingin Anda format.
  5. Di bagian atas Utilitas Disk, tekan Hapus.

Dan selesai! Proses pemformatan sudah selesai dengan sukses.

Alasan Pemformatan kartu SD ke FAT32

Sistem file kartu memori default:

Sistem berkas adalah cara untuk mengatur drive secara efisien agar dapat mengakses file dengan mudah nantinya. Ini mendefinisikan data yang disimpan di drive Anda. Ada banyak jenis sistem berkas di antaranya beberapa yang umum dan lebih bermanfaat adalah:


Apa itu sistem FAT32 di Mac?

Konfigurasi hard drive di MAC berbeda dari Windows. Mac pada dasarnya menggunakan HFS+ tetapi juga mendukung FAT32. Sistem FAT32 di MAC ini digunakan untuk media penyimpanan, seperti kartu memori, flash drive, dan juga hard drive eksternal. Salah satu teknik sederhana untuk mengonversi FAT32 ke HFS+ adalah dengan menggunakan fitur utilitas disk yang disertakan dengan OS X. Tapi jangan khawatir jika teknik ini tidak berhasil untuk Anda! Di sini kami akan memberi Anda solusi langkah demi langkah cara yang mudah melakukannya dengan bantuan gambar.

Format kartu SD di Mac

Sangat bermanfaat untuk melakukan sedikit pembersihan musim semi di kamar Anda, untuk menjaga kamar Anda bersih dari debu, juga dari tungau tertentu. Tetapi jika dalam suatu keadaan tertentu proses ini tidak dilakukan, lalu apa yang akan terjadi?

Jelas, Anda tidak bisa tinggal di sana dengan nyaman. Sama halnya dengan kartu SD Anda.

Langkah-langkah untuk memformat kartu SD ke FAT32 MAC

Pemformatan sangat penting agar kartu SD Anda dapat berjalan dengan baik. Ketika ukuran kartu SD Anda 64 GB atau lebih, cara terbaik untuk menanganinya adalah menggunakan format FAT32. Ia akan membantu Anda merasakan pengalaman menggunakan kartu baru.

Catatan: Disarankan untuk memback up data Anda dari kartu SD. Hal ini sangat penting untuk melindungi Anda dari kehilangan informasi penting, yang pada tahap selanjutnya akan sulit dipulihkan.


Cara memformat kartu SD 64 GB ke FAT32 di Mac

Pada dasarnya ada dua teknik umum untuk Memformat kartu SD ke FAT 32 di Mac:

Memformat kartu SD ke FAT32 di Mac adalah proses yang mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan adanya aplikasi utilitas bawaan yang bernama “utilitas disk”. Ia dapat menghapus semua data dari kartu SD Anda. Tidak hanya setelah proses pemformatan, direktori dan sistem berkas baru juga dihasilkan, yang selanjutnya dapat membantu meningkatkan kecepatan dan fungsi kartu SD. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah dasar seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Menggunakan utilitas Disk:

Jika Anda menggunakan sistem operasi X, metode sederhana untuk Memformat kartu SD adalah dengan menggunakan utilitas Disk.

Langkah 1: Buka "Utilitas Disk", dengan mengetik di kotak pencarian, tersedia di pojok kanan atas layar, lalu klik.

thumbnail utilitas disk

Langkah 2: Sekarang cari kartu SD di sisi kiri jendela. Kartu SD akan ditampilkan dengan nama "NO NAME" atau "UNTITLED". Pilih nama tersebut.

utilitas disk menunjukkan kartu SD yang dimasukkan

Langkah 3: Sekarang klik pada tab "Hapus" yang tersedia di jendela.

Langkah 4: Sekarang klik "format" yang terdapat pada menu drop down. Lalu ia akan memberi Anda format yang tersedia, dari sana pilih opsi "FAT32".

utilitas disk mengarahkan kartu SD ke format

Langkah 5: Sebuah pesan akan muncul di layar Anda meminta izin Anda untuk menghapus partisi. Berikan izin dengan mengklik opsi "Hapus". Hal itu akan membuat proses pemformatan kartu SD Anda dimulai.

utilitas disk menunjukkan proses pemformatan selesai

2. Menggunakan command line Mac:

Dalam beberapa kasus, proses yang disebutkan di atas tidak dapat berjalan dengan baik. Mungkin ada alasan tertentu di balik ini, di antaranya yang umum adalah masalah kompatibilitas, kesalahan, dan virus. Maka dalam keadaan ini, penggunaan command line di MAC dapat bermanfaat. Meskipun teknik ini membutuhkan sedikit perhatian dan kerja keras, tetapi di dalam artikel ini Anda akan diberikan panduan langkah demi langkah yang membuat tugas memformat kartu sd di mac ke FAT32 menjadi mudah bagi Anda. Salah satu keuntungan menggunakan teknik ini adalah memberikan hasil yang akurat di sebagian besar kasus.

Langkah 1: Tekan cmd + space untuk membuka sorotan, sebuah kotak akan muncul dengan opsi pengetikan, ketik terminal di kotak ini dan tekan "Enter" untuk membuka.

Langkah 2: Sekarang masukkan kartu SD Anda.

Ada juga pilihan kartu atau penyimpanan disk yang lain di dalam sana, jadi langkah selanjutnya akan membantu Anda dalam hal ini.

Langkah 3: Untuk Identifikasi kartu Ketik "daftar diskutil"

Sekarang semua penyimpanan yang tersedia akan disajikan kepada Anda dalam bentuk daftar

Langkah 4: Pilih kartu SD Anda.

Langkah 5: Sekarang untuk memformat kartu SD ke FAT32 di MAC Anda perlu mengetikkan perintah "sudo diskutil eraseDisk FAT32 SD CARD MBR Format /dev/disk2"

Langkah 6: Dalam hal ini, nama kartu adalah "SDCARD" dan "/dev/disk2" adalah lokasi kartu.

Perbaiki "tidak dapat Memformat kartu SD di Mac"

Penyebab Gagalnya mengubah kartu SD ke FAT32 di MAC: Ada beberapa alasan kartu SD tidak dapat diformat dengan metode dan teknik, yang sebelumnya berhasil dilakukan. Alasan umum untuk masalah ini adalah pelepasan yang tidak aman, serangan virus yang menyebabkan file rusak, dan dalam beberapa keadaan bisa jadi karena listrik mati.

Beberapa alasan lain di balik masalah ini adalah:

Langkah-langkah untuk memperbaiki "Tidak dapat memformat kartu SD ke MAC fat32":

Ada beberapa teknik untuk memperbaiki masalah ini. Teknik yang paling umum dan aman adalah dengan mengambil bantuan software utilitas yang tersedia dengan OS X.

Langkah 1: Langkah pertama dalam hal ini adalah menghubungkan kartu SD Anda dengan MAC Anda. Beberapa MAC tersedia dengan opsi slot SD bawaan. Jika Anda menggunakan salah satunya, baik untuk Anda dan jika tidak. Tidak perlu khawatir, karena kami memiliki solusi alternatif untuk Anda, di mana Anda dapat menggunakan kartu SD eksternal cartridge. Namun, jika Anda tidak dapat membuatnya maka Anda dapat menggunakan pembaca kartu USB SD.

Langkah 2: Sekarang buka aplikasi disk utilitas yang ada di dalam MAC OS X. Untuk melakukan hal ini buka Aplikasi, lalu klik utilitas dan di sana Anda akan menemukan opsi utilitas Disk. Anda bisa langsung membukanya dari sisi kanan atas layar Anda, di opsi pencarian dengan mengetik "Utilitas Disk"

Langkah 3: Sekarang kenali kartu SD Anda dari daftar drive yang tersedia di sisi kiri layar Disk Utility. Lalu klik kartu SD Anda, dan hal ini akan menunjukkan kepada Anda penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Dengan ini, Anda juga dapat mencocokkan penyimpanan kartu yang dimasukkan dengan yang dipilih, untuk memastikan bahwa Anda telah memilih opsi kartu yang tepat. Umumnya, namanya akan tertulis NO NAME atau Untitled seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Cara memformat Kartu SD di Mac

Langkah 4: Sekarang pilih Hapus fungsi dari daftar fungsi di bagian atas.

Langkah 5: Lalu masukkan nama kartu SD Anda yang ingin Anda tetapkan dari opsi bidang nama. Ini adalah langkah opsional

Bagaimana cara memformat kartu SD di Mac

Langkah 6: Sekarang pilih ExFAT, sebagai format sistem berkas dari menu drop down Format seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

cara memformat kartu sd dengan utilitas disk mac

Langkah 7: Sekarang tekan hapus dan proses menghapus data dimulai seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

pemformatan kartu SD sedang berlangsung di MAC Anda

Langkah 8: Setelah proses di atas Anda akan mendapatkan pesan selesai seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Sekarang kartu Anda sudah siap dipakai.

Proses Pemformatan SD di MAC selesai

Pulihkan File Kartu SD yang Diformat Secara Tidak Sengaja.

Terkadang timbul situasi tertentu ketika Anda secara tidak sengaja memformat kartu Anda dan kehilangan semua data Anda. Maka Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan sekarang? Atau muncul keadaan tertentu ketika seseorang salah memformat kartu SD Anda?

Berkali-kali Anda sudah mencoba banyak software, tetapi tidak ada gunanya sama sekali. Selain itu, Anda telah mencoba beberapa teknik tetapi tetap tidak dapat memulihkan informasi penting Anda. Dan yang terjadi adalah, Anda kehilangan harapan dan menyerah.

Jika ini situasi yang terjadi pada Anda, jangan khawatir, kami telah memiliki solusi yang terjamin untuk Anda dengan struktur yang terperinci.

Pertama-tama yang perlu Anda ketahui adalah, data dari kartu SD Anda tidak hilang secara permanen. Kejadian tersebut hanyalah proses sementara yang terjadi dan dapat dibalik dengan mudah. Jika teknik atau software yang tepat atau kombinasi keduanya digunakan.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal Recoverit untuk MAC yang tersedia untuk didownload di Wondershare.com dengan sekali klik, dan setelah itu Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah seperti yang diberikan di bawah ini. Pastikan langkah-langkah ini harus diikuti dalam urutan yang sama, seperti yang disebutkan.

Berbicara tentang "Recoverit", Ia adalah salah satu alat pemulihan data terbaik, yang memberi Anda fasilitas untuk memulihkan data Anda dari sistem seperti sistem dan bahkan sistem yang rusak. Recoverit Data Recovery Ultimate ini tidak hanya memberikan Anda fasilitas untuk memulihkan bahkan video yang sudah terfragmentasi tapi ia juga mampu memperbaiki video yang rusak untuk Anda.

Buka 'Recoverit" di MAC: Langkah pertama yang perlu Anda ikuti adalah menginstal "Recoverit" di MAC Anda. Setelah software ini berhasil diinstal di MAC Anda, klik dua kali pada "ikon Pulihkan" yang muncul. Jika Anda tidak dapat menemukannya, cari finder, lalu pilih aplikasi, di sana Anda akan menemukan Recoverit dengan mudah. Klik ganda untuk membuka software.

Sekarang Anda harus mengikuti tiga langkah sederhana untuk memulihkan informasi penting Anda dari kartu SD Anda, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Awalnya, Anda perlu memilih lokasi target
  2. Lalu Anda harus Memindai lokasi
  3. Terakhir, pilih Pratinjau dan pulihkan data

Selesai!

Jika masih tidak bekerja, tidak perlu panik! Mari kita bahas setiap langkah secara mendetail yang dapat memudahkan Anda.

    1. Pilih kartu SD yang ingin Anda format: Untuk ini, pilih opsi pemindaian dan pencarian data, lalu pilih kartu SD Anda sebagai lokasi target. Anda akan menemukan kotak dialog yang muncul di hadapan Anda seperti gambar di bawah ini.

cara memulihkan data dari kartu sd yang diformat di mac

    1. Pindai media yang dapat dipindahkan: Pemindaian ini adalah pemindaian menyeluruh yang biasanya memakan waktu beberapa menit. Selama proses ini, Anda diberikan opsi filter dan temukan file pilihan Anda seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

memindai data dari mac kartu sd yang diformat

  1. Pratinjau dan pulihkan file: Setelah proses di atas, Anda diberikan fungsi pratinjau di mana akan ada banyak file yang mencakup Gambar, video, film, gambar, audio, dokumen, dan sebagainya.

Di sini Anda perlu memilih file yang ingin Anda pulihkan. Untuk proses ini, cukup klik dan pilih file yang diperlukan dan cukup klik "Restore". Anda juga dapat memilih semua file jika file tertentu dipilih maka file yang dipilih ini akan direstore. Akhirnya, Anda mendapatkan data Anda kembali.

pemulihan foto MAC kartu sd yang diformat

Kesimpulan

Di jaman sekarang ini, kita hidup di dunia digital, di mana semua data disimpan secara digital. Data digital menempati lebih sedikit ruang, dapat disimpan di penyimpanan cloud, dan juga dapat dienkripsi. Tetapi pada saat yang sama, hal ini juga membawa banyak masalah dan salah satunya adalah masalah data yang terhapus atau pemformatan yang tidak disengaja. Dan untuk kasus ini, diperlukan ketelitian, terutama untuk kartu SD Anda. Di sini Anda telah diberikan artikel terperinci tentang cara memformat kartu SD ke FAT32 di Mac yang dapat memudahkan proses pemformatan Anda.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Yvette Bonnet

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Cara Memformat Kartu SD Anda ke Sistem File FAT32 di Mac