Panduan Lengkap untuk Memperbaiki "Proses Menghapus Gagal" di Mac

Panduan Lengkap untuk Memperbaiki "Proses Menghapus Gagal" di Mac

Wondershare Recoverit Authors

Aug 04, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0
"Saya ingin memformat Macintosh HD menggunakan Disk Utility, tetapi saya mengalami masalah Proses Menghapus Gagal di Mac. Adakah yang bisa memberitahukan pada saya cara untuk mengatasi Proses Menghapus Disk Utility yang gagal di Mac?"

Proses Menghapus Gagal di Mac

Meskipun masalahnya tidak begitu umum, ada kemungkinan Anda mengalami masalah Proses Menghapus Disk Utility Gagal di Mac Anda. Masalah tersebut terjadi saat kita sedang memformat Macintosh HD atau hard disk eksternal lainnya. Masalah ini terjadi berkaitan dengan perangkat atau firmware, penting untuk mendiagnosis masalahnya terlebih dahulu. Dalam panduan ini, saya akan memberitahukan pada Anda cara menyelesaikan masalah proses menghapus gagal di Mac dengan beberapa saran cerdas lainnya.

Bagian 1: Mengapa Proses Menghapus di Mac Gagal?

Untuk mempelajari cara memperbaiki masalah proses menghapus gagal Disk Utility Mac, penting untuk mendiagnosisnya terlebih dahulu. Untuk membantu Anda memahami penyebabnya, berikut ini merupakan beberapa alasan utama yang penyebab kesalahan tersebut.

Setelah muncul prompt "Proses Menghapus Gagal" di Mac, Disk Utility menghentikan proses pemformatan. Mengakibatkan kita tidak dapat menghapus drive Mac (atau perangkat eksternal) menggunakan Disk Utility. Oleh karena itu, jika ingin mengatasi masalah atau ingin memformat disk, Anda harus mencari tahu cara untuk mengatasinya.


Bagian 2: Perbaikan Umum untuk Mengatasi masalah "Proses Menghapus Gagal" di Mac

Karena ada beragam alasan yang bisa menyebabkan masalah proses menghapus gagal terjadi di Mac, Anda mungkin sedang mencari tahu berbagai cara untuk memperbaikinya. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperbaiki Disk Utility yang mengalami masalah proses menghapus gagal.

Metode 1: Hapus Disk Anda melalui Terminal

Jika aplikasi Disk Utility di Mac Anda mengalami masalah, Anda dapat mencoba melakukan hal yang sama melalui Terminal. Cara ini merupakan pendekatan yang lebih bersih untuk menghapus disk dan akan membantu Anda memenuhi kebutuhan dengan mudah.

Langkah 1. Untuk memulai, buka Finder dan arahkan ke Applications > Utility untuk membuka aplikasi Terminal sebagai administrator.

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 2. Setelah aplikasi Terminal terbuka, ketik perintah "diskutil list" dan tekan tombol kembali. Layar akan menampilkan informasi secara rinci mengenai berbagai disk dan volume di Mac Anda. Dari sini, catat identifikasi disk yang ingin Anda format (contohnya seperti disk2 atau disk1).

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 3. Luar biasa! Setelah Anda mencatat identifikasinya, ketik perintah "erase disk" untuk menghapus seluruh disk atau ketik perintah "erase volume" untuk menghapus volume saja.

Langkah 4. Semua format perintah diskutil adalah diskutil erase disk. Sebagai contoh, untuk memformat disk2 dalam format HFS+, Anda cukup mengetik perintah "diskutil eraseDisk HFS+ DISK disk2" dan tekan tombol kembali.

Langkah 5. Setelah itu, tunggu komando memproses perintah karena disk yang Anda pilih akan diformat dalam sistem file yang didukung.

Proses menghapus di Mac gagal

Metode 2: Perbarui macOS

Seperti yang dijelaskan di atas, jika Mac Anda berjalan di versi firmware yang kedaluwarsa, maka dapat mengalami proses menghapus Disk Utility gagal. Untungnya, masalah ini bisa mudah diperbaiki dengan memperbarui Mac Anda ke firmware terbaru yang didukung. Anda dapat mencari pembaruan terbaru untuk macOS di App Store. Cara lainnya, Anda dapat mengeklik logo Apple, buka Preferensi Sistem > Pembaruan Perangkat Lunak dan periksa pembaruan di sini.

Proses menghapus di Mac gagal

Metode 3: Hapus Volume yang Dipilih

Terkadang, pengguna mengalami masalah proses menghapus di Mac gagal saat memformat seluruh disk. Oleh karena itu, Anda dapat memformat volume disk yang dipilih. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat memeriksa apakah masalahnya ada pada volume yang dipilih atau tidak.

Langkah 1. Pertama-tama, buka Finder Mac > Applications > Utility dan buka aplikasi Disk Utility di sistem Anda.

Langkah 2. Setelah aplikasi Disk Utility terbuka, pergi ke sudut kiri atas tampilan layar. Dari menu dropdown, Anda dapat memilih untuk melihat semua volume atau perangkat eksternal.

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 3. Sekarang, cukup pilih volume dari sidebar (bukan seluruh disk) dan klik tombol "Erase" pada toolbar untuk memformatnya.

Proses menghapus di Mac gagal

Demikian pula, Anda dapat mencoba menghapus seluruh disk untuk mendiagnosis masalah lebih lanjut. Dengan cara ini, Anda bisa yakin apakah masalahnya ada pada seluruh disk atau volume yang dipilih saja.

Metode 4: Sesuaikan Tingkat Keamanan untuk Melakukan format Perangkat Eksternal

Jika terjadi Disk Utility gagal memproses penghapusan ketika memformat perangkat eksternal, maka Anda harus mengikuti cara ini. Idealnya, jika tingkat keamanan drive USB atau hard disk eksternal terlalu tinggi, Disk Utility mungkin tidak bisa berhasil memformatnya. Untuk menyesuaikan tingkat keamanannya dan memperbaiki proses menghapus gagal di Mac, ikuti langkah berikut ini:

Langkah 1. Pertama-tama, jalankan Disk Utility di Mac Anda dan pastikan perangkat eksternal terhubung.

Langkah 2. Sekarang, pilih perangkat eksternal dari sidebar dan klik tombol "Erase". Saat tampilan muncul, buka Opsi Keamanannya.

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 3. Di sini Anda bisa menyesuaikan tingkat keamanan untuk memformat perangkat eksternal. Saya merekomendasikan untuk menjaga tingkat keamanan yang rendah untuk menghindari proses menghapus di Mac gagal.

Proses menghapus di Mac gagal


Bagian 3: Proses Lengkap untuk Menghapus Hard Drive di Mac

Dengan mengikuti teknik yang sudah dijelaskan di atas, Anda seharusnya sudah dapat mengatasi Disk Utility yang gagal memproses penghapusanl. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut sedari awal, maka pastikan Anda mengambil langkah yang tepat untuk menghapus hard drive di Mac. Jika Anda tidak melakukan kesalahan dan tidak ada masalah dengan sistem Anda, maka Anda tidak akan mengalami masalah proses menghapus gagal di Utilitas Disk Mac.

Mungkin ada alasan lain untuk memformat hard drive atau perangkat eksternal di Mac. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Apa pun alasan Anda memformat hard drive atau perangkat eksternal – prosesnya akan sangat mudah. Kami telah memberikan solusi cerdas untuk memformat disk melalui Terminal yang sudah dijelaskan di atas yang dapat Anda ikuti. Meskipun untuk memformat disk lewat antarmuka grafis pengguna Mac, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Langkah 1: Buka aplikasi Disk Utility

Seperti yang Anda ketahui, Disk Utility bertanggung jawab untuk menjalankan operasi pemformatan dan penghapusan pada disk. Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi Finder > Applications > Utility dan membuka aplikasi Disk Utility dari sini.

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 2: Pilih Disk atau Perangkat untuk diformat

Sekarang, Anda dapat melihat semua daftar disk yang tersedia dan perangkat yang terhubung di menu sidebar aplikasi Disk Utility. Anda dapat membuka menu dropdown dari sudut kiri atas untuk melihat semua volume dan perangkat. Dari sini Anda cukup memilih disk, volume, atau perangkat eksternal yang ingin Anda format.

Proses menghapus di Mac gagal

Langkah 3: Hapus disk yang Anda dipilih

Setelah memilih drive internal atau perangkat eksternal pilihan Anda, buka menu toolbar Disk Utility di sebelah kanan dan klik tombol "Erase".

Proses menghapus di Mac gagal

Setelah itu akan muncul jendela sehingga Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk memformat drive. Sebagai contoh, Anda dapat memberi nama baru, mengubah sistem file, atau bahkan partisinya. Setelah melakukan perubahan, klik tombol "Erase" dan tunggu beberapa saat karena drive yang dipilih akan terhapus.

Proses menghapus di Mac gagal


Bagian 4: Tips untuk Menghapus Disk Tanpa Kehilangan Data

Ketika kita memformat disk, semua data yang tersimpan akan terhapus secara otomatis. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin kehilangan file penting Anda, buatlah cadangan data Anda terlebih dahulu. Sebagai contoh, Anda dapat menyalin data secara manual dan menyimpannya di lokasi berbeda (seperti volume atau hard disk eksternal). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Time Machine untuk mengambil seluruh cadangan drive Anda yang dapat Anda pulihkan.

Proses menghapus di Mac gagal

Jika Anda belum melakukan pencadangan sebelumnya dan telah memformat disk Anda, maka menggunakan aplikasi pemulihan data merupakan solusi yang ideal. Anda dapat menggunakan bantuan dari Wondershare Recoverit, yang merupakan aplikasi andal untuk memulihkan data, mendukung semua versi macOS utama. Dengan mengikuti proses click-through sederhana, Anda bisa mendapatkan kembali foto, video, musik, dokumen, dan jenis data Anda lainnya yang hilang. Aplikasi ini memiliki salah satu tingkat pemulihkan data tertinggi yang dapat digunakan dengan cara berikut ini:

Langkah 1: Pilih sumber untuk dipindai

Pertama-tama, buka aplikasi Recoverit Data Recovery di Mac Anda dengan memilih Finder > Applications. Sekarang dari berandanya, pilih lokasi yang akan Anda pindai. Bisa berupa drive, volume, atau bahkan perangkat eksternal. Anda juga dapat memilih folder tertentu untuk dipindai.

memulihkan data di mac

Langkah 2: Mulai proses untuk ekstraksi data

Setelah memilih sumber, mulai proses untuk memulihkan data yang akan memindai lokasi yang dipilih. Tunggu hingga proses selesai, Anda bisa melihat hasil pemindaian, dan bahkan menghentikan prosesnya ditengah-tengah.

memindai file yang hilang di mac

Aplikasi ini juga menyediakan filter yang berbeda untuk Anda mencari file yang hilang. Anda dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan ukuran file, jenis, tanggal modifikasi terakhir, dan lainnya.

memfilter file yang dipulihkan di mac

Langkah 3: Memulihkan file Anda yang terhapus

Setelah menyelesaikan proses, aplikasi secara otomatis akan menampilkan daftar konten yang diekstraksi dalam kategori yang berbeda. Anda dapat meninjau foto, video, musik, dokumen, dan lainnya, dan memilih file yang ingin Anda dapatkan kembali. Terakhir, cukup klik tombol "Recover" dan pilih lokasi yang aman untuk memulihkan data Anda yang terhapus.

memulihkan file audio di mac

Saya yakin setelah membaca panduan ini, Anda akan dapat memperbaiki masalah Disk Utility Proses menghapus gagal pada Mac Anda. Seperti yang telah Anda baca, saya sudah membuat daftar berbagai solusi yang telah dicoba dan diuji untuk menyelesaikan masalah "Proses Menghapus Gagal" di Mac yang dapat Anda terapkan. Selain itu, saya juga telah memberikan solusi langkah demi langkah untuk menghapus hard drive (atau perangkat eksternal). Walaupun jika Anda menghapus data secara tidak sengaja, maka gunakan saja Recoverit Data Recovery. Direkomendasikan oleh para ahli, Recoverit Data Recovery akan memungkinkan Anda mendapatkan kembali semua jenis data dari berbagai sumber di Mac dengan mudah.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Panduan Lengkap untuk Memperbaiki "Proses Menghapus Gagal" di Mac