[Tuntas] Mac Tidak Bisa Boot Up dalam Mode Pemulihan

[Tuntas] Mac Tidak Bisa Boot Up dalam Mode Pemulihan

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0
"Mode pemulihan Mac saya tidak berfungsi. Saya sudah mencari berbagai solusi yang valid di internet. Bisakah seseorang membantu untuk mengaktifkan mode pemulihan dengan aman? Terima kasih sebelumnya!"

Seperti perangkat lainnya, MacBook juga rentan terhadap masalah. Biasanya, ketika kegagalan atau kesalahan muncul di MacBook, para penggunanya memilih untuk menjalankan Mode Pemulihan untuk memperbaiki masalah tersebut. Akan tetapi, situasi yang paling buruk terjadi, yaitu mode pemulihan MacOS tidak dapat berfungsi.

Untungnya, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini karena kami bisa membantu menyelesaikannya dan bahkan memulihkan dokumen partisi yang hilang.

Sekarang, mari diskusikan cara memperbaiki "tidak dapat boot up dalam mode pemulihan" dan mendapatkan informasi tambahan yang berguna. Contohnya, apa itu Mode Pemulihan. Anda bahkan bisa mempelajari solusi terbaik untuk memulihkan dokumen partisi yang hilang.

Apa itu Mode Pemulihan?

Saat mencoba memperbaiki Mac yang terjebak di mode pemulihan, Anda harus mengenali mode ini sebaik mungkin. Mode Pemulihan Mac adalah program yang memuat tool pemulihan bawaan Mac dari partisi disk yang memiliki duplikasi penginstal OS X dengan gambar pemulihan.

Pikirkan tentang situasi di mana Mac Anda tidak dapat dipulihkan dengan metode lainnya. Maka pilihan terakhir adalah menggunakan mode pemulihan untuk mendiagnosa masalah disk. Mode ini adalah utilias Mac multifungsi yang memungkinkan penggunanya untuk memulihkan data dari Time Machine dengan aman. Para pengguna juga dapat memperbaiki dan menghapus data di hard disk serta bahkan menginstal ulang MacOS.

Anda dapat menggunakan Mode Pemulihan Mac untuk:

  • Memindai, memverifikasi, menghapus, dan memperbaiki drive yang terhubung dengan Disk Utility.
  • Memulihkan Mac dari Pencadangan Time Machine
  • Menghapus, menginstal, atau menginstal ulang versi pabrik OS X
  • Cek koneksi internet atau dapatkan bantuan secara daring.
  • Instal ulang sistem MacOS

Setelah ini Anda perlu mengetahui cara untuk masuk dan keluar mode pemulihan.

Bagaimana Cara Masuk Mode Pemulihan?

  1. Mulai dengan mengeklik Menu Apple dan pilih opsi "Restart" atau Power di Mac Anda.
  2. Ketika Mac melakukan restart, tekan tombol Command + R secara bersamaan hingga logo Apple muncul. Dalam hitungan menit, utilitas MacOS akan muncul di layar.

tekan tombol

Inilah cara masuk ke mode pemulihan. Kalau jendela masuk tidak muncul di layar, Anda mungkin harus melakukan restart pada Mac dan mencobanya lagi.

Bagaimana Cara Keluar Mode Pemulihan?

Keadaan di mana Anda dapat masuk Mode Pemulihan tetapi tidak tahu cara keluar mode tersebut sering terjadi. Penyelesaiannya mudah.

  • Anda hanya perlu memilih opsi "Restart" dari Menu Apple untuk keluar dari mode tersebut.
  • Anda juga dapat menggunakan opsi Startup Disk dari menu jika Mac terus-menerus kembali ke mode pemulihan. Mac Anda akan bisa berfungsi setelah memilih boot disk yang biasa dan menekan tombol "Restart".

Empat Cara Memperbaiki "Mac Tidak Bisa Boot Up dalam Mode Pemulihan."

Terkadang, pengguna Mac mencoba menyelesaikan kesalahan yang umum terjadi pada disk atau masalah umum lainnya di Mac. Pada saat itu mereka mengalami mode pemulihan yang tidak berfungsi. Jika Mac tidak boot up dalam mode pemulihan, itu artinya Anda harus menggunakan koneksi internet dan server Apple untuk mencari solusi.

Berikut ini adalah 4 metode pemulihan MacOS yang umum digunakan untuk menyelesaikan sebagian besar masalah Mac dan dapat mengurangi ketegangan dan kekhawatiran Anda.

Cara 1. Gunakan Pencadangan Time Machine:

Pengguna Mac dapat mengambil langkah pintar dengan mencadangkan drive eksternal yang terhubung dengan Time Machine. Jika ada file yang hilang atau rusak, para pengguna dapat memulihkannya menggunakan pencadangan tersebut. Hal ini sering membantu, terutama ketika Anda tidak bisa boot up dengan mode pemulihan di Mac.

  1. Lakukan restart pada Mac, lalu klik tab Opsi saat proses startup. Hubungkan Time Machine Anda, dan biarkan proses boot up selesai.
  2. Pilih Drive Pemulihan untuk melakukan boot up pada Mac. Pilih Gunakan Disk untuk membarui penyimpanan sistem.

time-machine-pencadangan

Cara 2. Buat penginstal yang bisa boot up:

Jika mode pemulihan Mac tidak berfungsi untuk membuat penginstal yang bisa boot up, Anda bisa melakukan hal ini menggunakan fitur Disk Utility. Kami menyarankan Anda menggunakan satu USB khusus untuk proses ini. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Pergi ke jendela Utilitas dengan melakukan restart pada Mac Anda dan akses tab Opsi saat proses startup.
  2. Pilih mode "Disk Utility" dan hubungkan drive berisikan penginstal yang bisa boot up ke Mac.
  3. Anda harus memilih drive dari daftar yang muncul, kemudian Mac akan melakukan restart. Sekarang, Anda bisa memperbaiki Mac dengan mudah agar bisa digunakan seperti sedia kala.
Berkaitan: Disk Utility adalah fitur bawaan di Mac. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatur ukuran volume di perangkat Anda.
- bacaan 2 menit.

buat penginstal yang bisa boot up

Cara 3. Gunakan Mac Internet Recovery:

Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah pemulihan MacOS, Anda dapat bergantung pada fitur Internet Recovery! Setelah memuat Mac Anda secara daring, fitur ini akan mencari solusi yang dapat memperbaiki Mac secara otomatis.

  1. Langsung akses mode pemulihan internet dengan cara menekan Option + Command + R untuk beberapa saat ketika proses restart. Sebuah ikon globe akan muncul di layar beserta sebuah bar status.
  2. Hubungkan jaringan internet dan ikuti langkah yang disediakan oleh utilitas. Setelah menyelesaikan proses, Perbaikan Mac akan selesai juga, dan Anda dapat mengaksesnya.

os x mode pemulihan internet mac

Cara 4. Instal ulang Mac OS X:

Jika metode di atas tidak ada yang berfungsi untuk memperbaiki Mac OS X, opsi yang tersedia adalah melakukan instal ulang. Ini adalah solusi logis terakhir. Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki cadangan data tersimpan di Mac; jika tidak, semua data tersebut akan hilang.

Pilih opsi "Reinstall Mac OS X" dari jendela Utilitas dan tunggu hingga salinan Lion terpasang dan terinstal di perangkat Anda.

instal ulang mac


Bagian 3. Bagaimana Cara Memulai Mac dalam Mode Pemulihan?

Ketika sistem atau volume Mac rusak, ada baiknya Anda menggunakan mode pemulihan internet daripada pemulihan standar. Pemulihan internet melakukan startup pada Mac lewat server Apple secara langsung. Hal tersebut dapat menjalankan beberapa tes cepat pada memori dan hard drive untuk mendeteksi masalah.

Mac akan masuk ke mode pemulihan internet jika sektor boot up menghilang atau partisi pemulihan rusak atau korup. Untuk memulai mode pemulihan Mac, berikut ini adalah langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Tekan "Restart" atau "Power" pada Mac, lalu tekan tombol Command + Option + R setelah mendengar suara startup. Lepaskan tombol tersebut setelah animasi globe muncul di layar.
  2. Tergantung dengan koneksi internet Anda, proses ini mungkin akan memakan waktu. Jadi, pastikan Mac tetap terhubung dengan sumber listrik.
  3. Setelah koneksi tercipta, Anda akan melihat jendela utilitas MacOS di layar. Anda hanya perlu mengeklik opsi untuk memilih salah satu dari daftar.

Fitur pemulihan ini memungkinkan penggunanya untuk menginstal ulang versi Mac OS yang sedang digunakan atau memulihkan komputer. Di samping itu, Anda dapat menjalankan Disk Utility untuk memperbaiki kesalahan dan mencari solusi secara daring. Anda dapat menjelajah lebih lewat Wondershare Video Community.

Video Tutorial Cara Melakukan Boot Up Mac dalam Mode Pemulihan

recoverit

Video Terkini dari Recoverit

Tampilkan Lebih Banyak >

Bagian 4. Cara Memulihkan File yang Hilang

Jika Anda tidak memiliki salinan cadangan data Anda dan kehilangan data tersebut karena mode pemulihan, Anda memerlukan Recoverit Data Recovery Mac.

Aplikasi ini merupakan alat pemulihan data yang dapat memulihkan file yang hilang melalui mode pemulihan Mac. Pemulihan tersebut mencakup skenario kehilangan data yang lain. Aplikasi ini ahli dalam mengembalikan file penting ke perangkat Anda dari ruang penyimpanan manapun.

Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini dari situs web resminya. Perangkat lunak ini juga tersedia untuk Mac dan Windows. Jadi, Anda dapat mengunduhnya dengan mudah di Mac OS X Anda. Setelah terinstal, ikuti langkah berikut untuk memulihkan file yang hilang:

Langkah 1: Pilih Sebuah Partisi

Luncurkan perangkat lunak tersebut dan pilih drive di mana data file hilang. Jika Anda tidak tahu drive mana yang harus dipilih, ketuk opsi "I can't find my partition", lalu tekan tombol Mulai.

pilih sebuah partisi setelah boot up Mac

Langkah 2: Pindai partisi.

Biasanya, perangkat lunak ini akan menjalankan pemindaian secara menyeluruh dan mencari file yang hilang atau terhapus di seluruh perangkat.

pemindaian untuk file mac yang hilang

Langkah 3: Tinjau dan pulihkan partisi

Setelah proses pemindaian selesai, file tersebut akan terdaftar di layar. Perangkat lunak ini akan mengurutkan file berdasarkan format mereka untuk proses pencarian yang lebih mudah. Anda dapat memilih berbagai file di saat bersamaan dan meninjau mereka.

memulihkan partisi yang hilang

Akhirnya, ketuk opsi Pemulihan, maka file akan dipulihkan ke drive Anda. Selama proses pemulihan, pastikan Anda tidak menyimpan file tersebut di lokasi yang lama karena berisiko kehilangan data lagi.

Kami berharap Anda telah mengumpulkan informasi yang cukup untuk menangani keadaan di mana Mac Anda tidak bisa boot up dalam mode pemulihan. Anda dapat memperbaiki perangkat Anda menggunakan Utilitas Mac. Akan tetapi, jika Utilitas tersebut tidak membantu, Anda bisa mengandalkan Recoverit Data Recovery. Dengan begini, Anda bisa memulihkan data yang hilang dari Mac Anda.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > [Tuntas] Mac Tidak Bisa Boot Up dalam Mode Pemulihan