Bagaimana Cara Membersihkan dan Mengatur Ulang RAM di Mac | Memperbaiki dan Mengatur Ulang RAM

Bagaimana Cara Membersihkan dan Mengatur Ulang RAM di Mac | Memperbaiki & Mengatur Ulang RAM

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Kasus: Mac Saya telah melambat dan saya mengalami masalah dengan performanya. Saya rasa RAM di sistem saya telah dipergunakan hingga maksimal. Jadi, bisakah Anda memberi tahu saya bagaimana cara mengosongkan RAM di Mac?

Belakangan ini, banyak pengguna melaporkan bahwa Mac mereka berjalan sangat lambat dan aplikasinya tidak berfungsi dengan baik dan tidak seperti biasanya. Jika Anda mengalami ini, maka Anda telah datang ke halaman yang tepat. Tidak diragukan lagi, melihat sistem Mac Anda kehabisan memori aplikasi atau masalah memori lainnya itu cukup mengganggu. Nah, ini semua menunjukkan bahwa RAM, memori Anda, telah digunakan hingga batas maksimal. Karena itu Anda perlu membersihkan memori Anda di Mac.

Di postingan ini, Anda akan mempelajari cara menemukan, membersihkan, dan mengatur ulang RAM di Mac Anda. Selain itu, kami juga telah membagikan beberapa saran yang berguna untuk membersihkan RAM Mac dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah RAM di Mac dengan mudah.

Bagian 1: Dasar-dasar RAM pada Mac dan Penggunaan RAM

RAM atau random-access memory adalah jenis penyimpanan data komputer yang digunakan untuk menyimpan kode mesin dan data yang sedang digunakan. Dengan kata lain, RAM menyediakan penyimpanan untuk proses dan pekerjaan yang sedang berlangsung. Jenis penyimpanan data ini memungkinkan file data untuk ditulis atau dibaca dalam jangka waktu yang sama tanpa memedulikan lokasi fisiknya.

Ingin mengetahui apa bedanya RAM dengan penyimpanan Mac yang lainnya? Jadi, yang pertama itu jauh lebih cepat dan itulah mengapa sistem Mac dirancang untuk menyimpan berbagai item yang spesifik ke dalam RAM untuk meningkatkan kinerjanya.

Sebagian besar sistem Mac datang dengan RAM 8GB, meskipun masih ada beberapa model lama Mac yang hanya memiliki RAM sebesar 4GB. Namun, bisa dibilang ini sudah cukup jika Anda tidak mengoperasikan game dan aplikasi yang membutuhkan terlalu banyak memori.

Jumlah RAM di sistem Anda dapat dengan mudah ditingkatkan ke ukuran yang lebih besar atau lebih tinggi untuk meningkatkan performa komputer Anda. Terlebih lagi, ada beberapa keuntungan dalam menambah sejumlah RAM Mac di sistem Anda, yaitu:

Tidak peduli seberapa cepat koneksi internet Anda di sistem, jumlah RAM dapat mempengaruhi performa dan kecepatan di web. Belakangan ini, halaman web modern umumnya membutuhkan penggunaan animasi flash yang menghabiskan banyak RAM. Jadi, dengan meningkatnya RAM akan membuat proses pemuatan halaman menjadi lebih cepat dan juga, membuat halaman terlihat lebih mengesankan.

Tidak diragukan lagi, ini merupakan hal yang biasa bagi pemain game kelas menengah untuk berpikir membeli kartu video yang baru dan sangat mahal agar dapat meningkatkan pengalaman bermain game mereka. Tetapi, Anda sama saja dengan membuang-buang uang jika Anda membeli lebih banyak RAM. Meski menambahkan RAM akan memberikan transisi yang lebih halus di game dan juga mengurangi jumlah lag.


Bagian 2: Bagaimana Cara Menemukan RAM di Mac

Apakah Anda ingin tahu berapa memori (RAM) yang diinstal di sistem Mac Anda? Nah, ini merupakan langkah pertama untuk mengatur ulang dan membersihkan RAM di Mac. Penting juga untuk melacak penggunaan RAM Anda karena di dalamnya tersimpan instruksi, kode OS X, dan aplikasi yang sedang berjalan di Mac Anda. Dan juga, jika Anda tahu berapa RAM yang Anda miliki di sistem Mac Anda, maka Anda dapat mengatur cara penggunaan sistemnya.

Untuk mempelajari bagaimana cara menemukan RAM di Mac, Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Untuk memulainya, pilih "Tentang Mac Ini" dari Menu Apple. Kemudian, Anda perlu mengklik tab "Ikhtisar".

Langkah 2: Sekarang, Anda akan melihat jendela di mana Anda dapat menemukan jumlah RAM yang terinstal di sistem Anda.

menemukan-ram-di-mac

Untuk memeriksa berapa banyak slot memori yang ada di sistem Anda, Anda dapat menekan Laporan Sistem untuk membuka informasi sistem. Kemudian, tekan Memori dan Anda akan dapat melihat memori yang telah diinstal berikut dengan jumlah slot memorinya di panel sebelah kanan.


Bagian 3: Bagaimana Cara Mengatur Ulang RAM di Mac

Tergantung dari usia Mac Anda, biasanya disertakan sejumlah kecil memori khusus atau yang dikenal sebagai PRAM (Parameter RAM). Mac Anda menggunakan pengaturan penyimpanan ini untuk mengontrol dan mengatur konfigurasi dari berbagai perangkat dan sistem. PRAM menggunakan baterai khusus untuk menjaga agar RAM yang diinstal di Mac Anda tetap menyala sepanjang waktu.

Banyak pengguna Mac tidak tahu banyak tentang parameter RAM sistem mereka. Padahal, hal itu dapat melacak banyak hal, termasuk

Ketika sistem Mac Anda mulai proses startup, pertama-tama ia akan memeriksa parameter RAM serta menganalisisnya untuk memboot dari volume dan menemukan cara mengatur parameter penting lainnya. Meski jarang terjadi, tapi data yang disimpan di dalam parameter RAM bisa menjadi buruk sehingga dapat menyebabkan banyak masalah pada sistem Anda, yang mana termasuk - zona waktu yang salah atau masalah tampilan yang salah, volume startup yang salah, dll.

Bertanya-tanya bagaimana parameter RAM menjadi buruk? Ya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hal ini sebenarnya jarang terjadi. Faktanya, data yang ada di dalamnya menjadi terkena dampaknya atau rusak. Ada banyak alasan di balik semua ini dan satu hal yang paling sering terjadi adalah baterai sekarat atau mati di sistem Mac yang menggunakan PRAM. Dan juga, hal-hal yang menjadi bermasalah ketika Anda mencoba memperbarui sistem Anda dengan hardware baru atau saat memodifikasi volume startup.

Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi di Mac Anda adalah dengan mengatur ulang parameter RAM ke keadaan semula atau default. Tetapi perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus beberapa data, terutama, waktu, tanggal, dan lainnya. Kabar baiknya adalah Anda dapat dengan mudah mengubah atau memperbaiki jenis pengaturan ini dari Preferensi di Mac.

Untuk mempelajari bagaimana cara mengatur ulang RAM di Mac, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Untuk memulai proses, matikan sistem Anda.

Langkah 2: Berikutnya, kembali hidupkan sistem Anda setelah membiarkannya sejenak.

Langkah 3: Sekarang, tekan dan tahan tombol "Command + Options + P +R" secara langsung. Ini terdiri dari empat tombol - command, option, huruf P, dan huruf R.

mengatur ulang-ram-di-mac

Catatan: Anda perlu menekan dan menahan keempat tombol ini sebelum layar abu-abu muncul di layar Anda selama prosedur startup.

Langkah 4: Jangan melepaskan tombolnya dan tetap tahan, karena ini adalah prosedur yang panjang, di mana sistem Anda akan menyala ulang dengan sendirinya.

Langkah 5: Anda dapat melepaskan keempat tombol ini ketika Anda akhirnya mendengar dering startup kedua dan sistem Anda akan menyelesaikan proses startupnya.

Itulah bagaimana cara Anda mengatur ulang RAM di Mac Anda. Ingin tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Setelah sistem Anda menyelesaikan proses startup, Anda dapat mengatur zona waktu, pilih volume startup, dan mengubah fitur tampilan apa pun dengan menggunakan Sistem Preferensi.


Bagian 4: Bagaimana Cara Membersihkan RAM di Mac

Jika Anda melihat ke Monitor Aktivitas, Anda akan mengetahui bagaimana aplikasi yang telah diinstal di Mac mempengaruhi RAM. Monitor Aktivitas akan memberi tahu Anda mengenai "berapa banyak RAM yang dimiliki Mac saya". Dari file cache hingga memori yang digunakan, semuanya akan ditampilkan di dalam Monitor Aktifitas. Ada beberapa jenis memori berikut ini yang dapat dibersihkan untuk meningkatkan performa RAM:

Jadi, jika Anda ingin membersihkan RAM di Mac, Anda harus tetap memeriksa semua ruang memori ini. Kami telah mengumpulkan beberapa metode yang dapat membantu Anda untuk mengurangi penggunaan RAM.

1. Hapus Item Login untuk Menurunkan Penggunaan Memori Mac:

Item Login adalah item yang dimuat secara otomatis ketika startup Mac. Beberapa aplikasi menambahkan dirinya sendiri ke daftar pemuatan secara otomatis dan mereka adalah aplikasi yang harus Anda hapus dari daftar. Mencegah aplikasi tambahan atau yang tidak berguna di Mac mengakses sumber dapat mencegah penggunaan ekstra RAM.

2: Penyetelan Task Manager Chrome:

Untuk membersihkan RAM di Mac, Anda harus tetap memeriksa task manager Chrome. Hal ini dapat digunakan untuk menghentikan secara paksa proses yang berat dan menggunakan RAM di browser. Ini juga akan secara langsung mengurangi penggunaan CPU.

Cukup buka pengaturan Chrome, klik Lebih Banyak Peralatan, dan Anda akan menemukan Task Manager di sana. Klik pada opsi GPU Process, dan tekan tombol Akhiri proses di bagian bawah jendela. Hal ini akan membebaskan sejumlah besar RAM di perangkat Anda.

menyetel-task-manager

3. Bersihkan Desktop:

Hal lain yang perlu Anda coba pelajari adalah bagaimana cara menurunkan penggunaan RAM dengan membersihkan desktop. Menyimpan banyak file di desktop menimbulkan kekacauan. Dan sistem Mac dirancang untuk menganggap Desktop sebagai jendela kecil yang aktif. Karena itu, semakin banyak ikon berarti semakin berat penggunaan memori. Sehingga sangat disarankan untuk membersihkan desktop Anda secara berkala agar RAM tetap dalam kondisi yang optimal.

membersihkan-desktop

4. Mengosongkan Ruang Disk:

Perhatikan juga ruang Disk. Jika Anda melihat penggunan RAM di Mac lebih dari yang seharusnya, maka Anda perlu mengosongkan disk. Ketika memori utama habis, sistem bergantung pada ruang hard drive untuk tetap dapat menjalankan aplikasi Anda. Ini adalah aturan dasar untuk menjaga setidaknya 20% ruang disk kosong di drive startup.

Hapuslah file berukuran besar yang tidak digunakan seperti film, data yang telah lama didownload, aplikasi yang jarang digunakan, dan juga sampah dari sistem.

5: Pertahankan Finder Windows dalam keadaan Minimum:

Satu trik lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan RAM adalah dengan menghindari membuka banyak Finder windows dalam waktu bersamaan. Sudah bukan rahasia lagi kalau Finder menggunakan banyak RAM dan dapat tumbang kapan pun. Tutup windows setelah pekerjaan selesai atau gabungkan mereka menjadi satu untuk menghemat RAM.

menggabungkan-finder-windows


Bagian 5: Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah RAM di Mac

RAM adalah bagian penting dari komputer mana pun, termasuk Mac juga. Ketika Anda mencoba untuk membuka aplikasi di sistem Anda, aplikasi tersebut membutuhkan sebagian dari RAM yang tersedia untuk dijalankan. Karena itu, masalah serius dapat terjadi jika masalah tersebut dibiarkan berada di dalam memori sistem Anda.

1. Masalah RAM atau tanda-tandanya

Meskipun sangat jarang mengalami masalah RAM, namun eror pada RAM dapat menyebabkan masalah lainnya di sistem Anda. Jadi, jika ada yang tidak biasa atau ada yang salah dengan memori Anda atau komponen terkaitnya, Anda akan mengalami hal-hal berikut ini -

Ini adalah tanda-tanda yang umum timbul karena masalah RAM yang rusak di Mac Anda. Ingin tahu apa alasan utama di balik masalah RAM ini? Mari kita bahas beberapa alasannya. Sebagai contoh, panas yang berlebihan dapat menyebabkan masalahi, atau mungkin malah komponen memori Anda yang bermasalah.

2. Bagaimana Cara Memperbaiki masalah RAM

Jika Anda menemukan beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kerusakan RAM, maka ada banyak cara untuk menguji RAM sistem Anda sehingga Anda dapat memastikan apakah memori Anda tersedia dan berfungsi dengan baik atau tidak.

Kabar baiknya adalah ada rangkaian pengujian hardware bawaan Apple yang dapat Anda gunakan untuk menguji RAM sistem Anda. Anda dapat mengaksesnya dengan menekan dan menahan tombol D sambil menyalakan ulang Mac Anda. Hal ini akan memuat dan meluncurkan suite diagnostik.

Dalam kasus sistem Mac yang lama, program ini memiliki tampilan antarmuka berwarna biru yang bersama dengan informasi berisikan sistem Anda dan juga tombol Tes. Anda perlu mencentang kotak "Perpanjang teks memori" untuk menguji RAM Anda, sebelum kemudian menekan tombol "Tes". Di kasus sistem Mac yang lebih baru, pengujian akan berjalan secara otomatis ketika program dijalankan dan memiliki background abu-abu.

menguji-ram-mac

Jika pengujian menemukan memori yang rusak, maka itu akan memperlihatkan alamat memori yang salah. Tetapi jika semuanya baik-baik saja atau Ok, maka Anda akan mendapatkan pesan yang menunjukkan bahwa semua pengujian telah dilewati dan tidak ada masalah yang ditemukan.

hasil-pengujian

Bagaimana jika pengujian menunjukkan status yang tidak baik dan ada masalah RAM? Bagaimana cara memperbaiki masalah RAM? Anda mungkin harus membeli unit RAM yang baru atau menggantinya. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah RAM di sistem Anda -

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba ketika Anda mengalami tanda-tanda kerusakan RAM.

Kehilangan File? Gunakan Recoverit

Bagaimana jika Anda secara tidak sengaja menghapus file Anda yang penting selama proses mengatur ulang atau membersihkan RAM? Maka, yang Anda butuhkan adalah software pemulihan data yang khusus dan dapat diandalkan seperti Recoverit pemulihan data Mac. Dengan bantuan software ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali file Anda yang hilang, seperti foto, video, dokumen, audio, dan lainnya melalui proses mengklik.


Kesimpulan:

Itulah semua hal mengenai bagaimana cara Anda membersihkan, menemukan, dan mengatur ulang RAM di Mac. Kami harap panduan ini dapat membantu Anda memberikan jawaban terkait pertanyaan RAM Mac yang Anda cari. Tidak diragukan lagi, mengalami tanda-tanda RAM yang buruk cukup mengganggu. Namun Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan panduan yang telah disebutkan di atas. Jika Anda masih memiliki keraguan, jangan ragu untuk bertanya kepada kami di bagian komentar berikut.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Bagaimana Cara Membersihkan dan Mengatur Ulang RAM di Mac | Memperbaiki & Mengatur Ulang RAM