Cara Memulihkan Bookmark Chrome yang Terhapus di Mac

Bagaimana Cara Memulihkan Bookmark Google Chrome yang Terhapus di Mac

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Mac • Proven solutions

0

Google Chrome di Mac

Di mana bookmark Chrome disimpan dan bagaimana cara memulihkannya?

Jika Anda memiliki pertanyaan serupa tentang lokasi bookmark Chrome atau penghapusannya telah membawa Anda ke sini, maka Anda berada di tempat yang tepat. Salah satu browser paling populer untuk desktop dan ponsel pintar Anda, Chrome memberikan pengalaman menjelajah yang cepat dan tepat. Saat menggunakan Chrome, kita menyimpan halaman tertentu sebagai "bookmark" untuk mengaksesnya nanti. Tapi, jika Anda menghapus bookmark Chrome Anda, jangan khawatir – ada beberapa cara untuk mendapatkannya kembali. Baca terus dan ketahui cara memulihkan bookmark Chrome di Mac di sini.

Bagian 1: Di bagian manakah Bookmark Chrome Disimpan?

Sebelum kita membahas lebih detail tentang cara memulihkan bookmark yang terhapus untuk Chrome di Mac, mari kita pertimbangkan beberapa hal yang mendasar. Biasanya, bookmark dapat berupa laman web apa pun yang telah kita simpan di Chrome. Untuk menyimpan halaman mana pun, Anda cukup mengklik ikon bintang di sebelah kolom alamat dan kemudian memberi nama untuk bookmark tersebut.

menambahkan bookmark chrome

Idealnya, lokasi yang pasti di mana bookmark disimpan oleh Chrome bergantung pada berbagai versi firmware. Jika Anda ingin mengaksesnya melalui Google Chrome di Mac, cukup tekan tombol Command + Alt + B atau kunjungi bagian bookmark Chrome.

Padahal, untuk mendapatkan lokasi bookmark Chrome yang tepat, cukup telusuri ke Macintosh HD > User > Library> App Support> Google > Chrome > Default. Di sini, Anda akan menemukan file dengan nama "Bookmarks.bak" dan "Bookmark" yang menyimpan semua data bookmark Chrome di Mac Anda.

Lokasi bookmark Chrome di Mac

Terkadang, Chrome juga bisa mengubah lokasi default untuk menyimpan bookmark. Untuk mengetahui di mana Chrome menyimpan bookmark di Mac Anda, cukup buka Chrome, lalu ketik "chrome://version/" dan tekan tombol return. Ini akan menampilkan detail aplikasi penting tentang Chrome, termasuk lokasi bookmark Chrome di Mac Anda.

Lokasi bookmark Chrome di Mac

Ya, tentu saja, kita dapat memulihkan bookmark Chrome yang terhapus di Mac. Anda bisa mendapatkannya kembali dari akun Google Anda, dari backup, atau bahkan menggunakan alat pemulihan data. Saya telah membuat daftar semua solusinya di bagian selanjutnya.


Bagian 2: Tiga Cara untuk Memulihkan Bookmark Chrome di Mac

Tidak masalah bagaimana Anda bisa kehilangan data Google Chrome Anda, kabar baiknya adalah Anda bisa mendapatkannya kembali. Tapi, sebelum kita mempelajari cara mengembalikan lokasi bookmark Chrome, mari kita ketahui alasan paling umum kenapa kita bisa kehilangan data itu.

Untungnya, ada beberapa teknik untuk membantu kita mendapatkan kembali lokasi atau data bookmark Google. Tergantung pada situasi Anda, Anda dapat mencoba salah satu dari solusi ini untuk memulihkan bookmark Chrome di Mac.

Metode 1: Sinkronkan Bookmark Chrome dengan Akun Google Anda

Jika Anda telah menyimpan bookmark Anda di akun Google Anda, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkannya kembali. Anda hanya perlu menghubungkan aplikasi Chrome Anda dengan akun Anda dan mengaktifkan opsi untuk menyinkronkan bookmark Anda. Tapi, jika Anda juga telah menghapus bookmark dari akun Google Anda, Anda tidak bisa mendapatkan kembali bookmark Anda dengan cara ini.

Langkah 1. Untuk memulainya, jalankan aplikasi Chrome di Mac Anda dan klik di pojok kanan atas untuk melihat akun Anda. Dari sini, Anda dapat beralih ke akun Google Anda atau log-in dulu (jika Anda belum melakukannya).

Pemulihan bookmark Chrome Mac

Langkah 2. Setelah Anda menambahkan akun Google Anda ke Chrome, ketuk ikon tiga titik di atas, dan kunjungi Pengaturan.

Langkah 3. Pergi ke Setelan Chrome > Sinkronisasi > Setelan Sinkronisasi Lanjutan untuk mendapatkan opsi berbagai jenis data yang dapat Anda sinkronkan. Dari sini, cukup aktifkan pilihan untuk menyinkronkan bookmark Anda dan simpan pilihan Anda agar bookmark yang disimpan muncul di Chrome.

Pemulihan bookmark Chrome Mac

Metode 2: Menggunakan Alat Pemulihan Bookmark Google Chrome

Jika file Bookmark yang disimpan telah terhapus di Mac Anda, Anda dapat mencoba menggunakan alat pemulihan data. Meskipun tidak ada alat pemulihan bookmark Google Chrome khusus di luar sana, tapi Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa aplikasi pemulihan data yang dapat diandalkan. Contohnya, Recoverit Data Recovery adalah salah satu aplikasi pemulih data paling populer dan tepercaya yang ada di luar sana. Aplikasi ini bisa memulihkan hampir setiap jenis data dan mendukung versi macOS terkemuka.

Jika mau, Anda cukup mengikuti proses click-through untuk memulihkan bookmark Chrome yang dihapus dari Mac. Karena alat ini sangat mudah untuk digunakan, Anda tidak akan menemui kesulitan sama sekali. Anda hanya perlu memulihkan bookmark Chrome di Mac menggunakan Recoverit dengan mengikuti langkah sederhana ini.

Langkah 1: Pilih lokasi untuk dipindai

Pertama-tama, instal dan luncurkan aplikasi Recoverit Data Recovery di Mac Anda dan pilih lokasi untuk melakukan pemindaian. Anda dapat memilih seluruh drive atau partisi untuk dipindai. Jika mau, Anda juga dapat menuju ke lokasi yang pasti di mana bookmark disimpan di Mac dan memilihnya (untuk menghemat waktu Anda.

pilih pemulihan folder Mac

Langkah 2: Biarkan Recoverit memindai sumbernya

Setelah memulai proses pemulihan data, Anda bisa menunggu sebentar dan membiarkan aplikasi melakukan tindakan yang diperlukan. Akan ada indikator di layar untuk memberi tahu Anda sejauh mana prosesnya.

pemindaian file hilang Mac

Jika Anda mau, Anda bisa menghentikan proses ekstraksi data kapan pun Anda mau. Anda juga dapat mengklik fitur bawaan untuk mempersempit hasil Recoverit.

Langkah 3: Pulihkan bookmark Anda yang hilang

Pada akhirnya, setelah proses pemulihan datanya selesai, Anda dapat melihat konten yang diekstrak dalam berbagai kategori. Anda bisa melihat tampilan depannya dan bahkan melihat pratinjau hasilnya. Terakhir, pilih data yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol "Pulihkan". Tindakan ini akan membuka jendela browser, memungkinkan Anda untuk menyimpan file Bookmark yang dipilih di lokasi penyimpanan bookmark Chrome.

pemulihan file mac excel

Metode 3: Memulihkan Data dari Backup Time Machine

Jika Anda sudah lama menggunakan Mac, Anda mungkin sudah mengetahui tentang Time Machine, yaitu fitur bawaan untuk memback up dan memulihkan data kita. Intinya, opsi untuk memulihkan bookmark yang dihapus di Chrome di Mac ini hanya akan berfungsi jika Anda punya back up di Time Machine. Daripada memulihkan seluruh back upTime Machine, saya hanya akan merekomendasikan Anda untuk mengekstrak file Bookmark Chrome dari sana dengan cara berikut.

Langkah 1. Menggunakan kabel yang berfungsi, Anda cukup menghubungkan drive Time Machine ke Mac Anda. Sekarang, Anda bisa membuka Preferensi Sistem Mac Anda untuk menjalankan aplikasi Time Machine.

Pemulihan bookmark Chrome Mac

Langkah 2. Jika mau, Anda juga dapat mem-boot Mac Anda dalam Mode Pemulihan dan menjalankan Time Machine dari opsi utilitas macOS juga.

Langkah 3. Setelah aplikasi Time Machine dijalankan, Anda cukup mengaktifkan opsi untuk menampilkan Time Machine di kolom menu. Setelah itu, Anda tinggal masuk ke menu bar dan Enter Time Machine.

Pemulihan bookmark Chrome Mac

Langkah 4. Saat tampilan depan Time Machine akan dijalankan, Anda dapat menggunakan opsi pengguliran di samping untuk menelusuri dan memilih data bookmark. Setelah Anda mendapatkan file Bookmark, pilih file itu, dan pilih untuk mengembalikannya.

Pemulihan bookmark Chrome Mac

Langkah 5. Itu saja! Pada akhirnya, Anda dapat menyalin file Bookmark dan sistem Anda menuju ke Macintosh HD> User> Library> App Support> Google > Chrome > folder Default untuk menempatkan file secara manual.

Pemulihan bookmark Chrome Mac


Bagian 3: Tips Terbaik untuk Melindungi Bookmark Google Chrome Anda

Jujur saja – kadang kala sangat wajar bagi kita untuk kehilangan data, tetapi kita dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk menghindarinya. Jika Anda tidak ingin kehilangan bookmark Chrome Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti saran-saran berikut ini.

Cukup itu saja untuk kali ini! Saya yakin setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat mengetahui lokasi bookmark Google Chrome Anda dan cara memulihkan bookmark Chrome di Mac. Seperti yang Anda lihat, saya telah memberikan solusi mendetail untuk memberi tahu Anda terlebih dahulu di mana Chrome menyimpan bookmark. Pada akhirnya, saya telah memberitahukan tiga cara berbeda untuk memulihkan bookmark Chrome yang terhapus di Mac. Jadi silakan coba solusi ini, dan beri tahu kami jika Anda masih ragu dengan berkomentar di bawah.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Mac > Bagaimana Cara Memulihkan Bookmark Google Chrome yang Terhapus di Mac