Bagaimana cara untuk mengatasi "Disk Tidak diketahui, Tidak Diinisialisasi atau Tidak Dianggap"

Solusi untuk Permasalahan Disk Tidak Diketahui, Tidak Diinisialisasi atau Tidak Dianggap

Wondershare Recoverit Authors

Nov 28, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Pernahkah Anda mengalami masalah ketika Anda memasang hard disk eksternal Anda ke komputer dan mendapat notifikasi yang mengatakan bahwa drive sudah berhasil dipasang, tapi tidak muncul di "PC Ini"?

Dan ketika Anda mengunjungi program utilitas manajemen disk Windows Anda dan melihat bahwa disk 1 Anda tidak diketahui, tidak diinisialisasi, atau tidak dianggap? Dan bertanya-tanya, "Bagaimana cara memperbaiki disk 1 yang tidak diketahui dan tidak diinisialisasi?"

Dan juga, "Apakah Anda takut kehilangan data Anda?"

Jangan khawatir! Anda bisa mengikuti solusi langkah demi langkah yang akan memungkinkan Anda untuk mengakses dan memberi tahu Anda alasan dibalik masalah hard disk eksternal yang tidak diinisialisai.

Kami juga akan memandu proses pemulihan data jika terharus saat proses perbaikan.


Bagian 1. Apa Maksud dari Menginisialisasi Disk?

Menginisialisasi perangkat penyimpanan (lebih seperti proses format) adalah cara untuk menghapus data pada drive dan membuatnya bisa bekerja lagi jika sebelumnya drive tersebut tidak bekerja.

Inisialisasi menawarkan Anda untuk menyiapkan hard disk eksternal Anda untuk menerima data dengan membaginya ke dalam dua cara.

Dengan membuat Partisi pada drive, hal ini melakukan tugas tertentu:

1. Langkah ini menawarkan Anda untuk membuat Tabel Partisi ke lokasi tertentu pada hard drive Anda baik dalam model MBR atau GPT.

2. Melalui proses inisialisasi, Anda bisa membuat 4 partisi MBR berbeda.

Dengan langkah ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Menambahkan huruf baru ke drive Anda.

2. Memberikan file pendukung sistem baru untuk setiap partisi yang baru dibuat.

3. Menghapus data yang tidak relevan.

Biasanya, PC Windows Anda hanya akan meminta Anda untuk menginisialisasi disk yang sama sekali tidak digunakan. Terlebih, Windows mengajukan permintaan fungsi "inisialisasi" hanya ketika ia gagal untuk menemukan tabel partisi. Namun, PC juga akan menginisialisasi hard drive bermasalah untuk membuat partisi baru untuk memperbaikinya.


Bagian 2. Kenapa Muncul Masalah Disk Tidak Diketahui, Tidak Diinisialisasi, dan Tidak Dianggap?

Masalah Disk "Tidak Diinisialisasi" biasanya muncul tanpa terduga di PC Anda, hal tersebut dikarenakan beberapa alasan, yang juga melibatkan kebiasaan dari penggunaan perangkat penyimpanan eksternal.

Ketika muncul permasalahan seperti ini, komputer Anda akan menunjukkan hard drive eksternal Anda, tapi tidak akan memberikan akses dan juga menolak untuk membaca data di dalamnya. Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa alasan penyebab drive Anda menjadi sangat tidak responsif.

memformat-drive-windows

1. Virus atau Malware: kita semua tahu betapa besar kerusakan yang bisa disebabkan virus pada komputer atau apa pun yang berhubungan dengannya (hard disk eksternal). Serangan virus bisa menjadi penyebab utama dari masalah pada komputer Anda. Disarankan untuk menginstall program antivirus yang kuat di PC Anda untuk menghindari segala ketidaknyamanan.

2. Sektor buruk: Salah satu alasan yang paling umum di balik kegagalan hard drive eksternal adalah keberadaan bagian rusak yang bisa menyebabkan permasalahan "membaca/menulis".

3. Kebiasaan Penggunaan Hardware: Sangat direkomendasikan untuk memilih opsi "Copot Hardware dan Lepas Media dengan Aman" dari taskbar di area notifikasi sebelum mencabut perangkat penyimpanan. Anda juga disarankan untuk tidak mencopot perangkat di tengah pengiriman data.

memformat-drive-windows

4. Masalah Mekanis: Jika Anda mendengar suara klik di dalam drive dan melihat disk Anda freeze secara berkelanjutan. Mungkin terdapat masalah mekanis internal yang menyebabkan malfungsi drive.

5. Kabel Data atau Port USB: Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mengecek port USB dan kondisi kabel data sebelum menggunakan perangkat penyimpanan. BIOS sistem Anda tidak akan mendeteksi hard drive jika terdapat masalah pada kabel data.


Bagian 3. Bagaimana cara untuk Memperbaiki Masalah Disk Tidak Diketahui, Tidak Diinisialisasi, dan Tidak Dianggap:

Jika permasalahan pada hard drive masih tetap sama bahkan setelah memasangnya ke komputer lain atau seteleh melepas atau memasang ulang disk ke PC yang sama. Dan jika PC masih menunjukkan pesan bahwa "disk Anda tidak diketahui dan tidak diinisialisasi," maka ikuti solusi yang sudah kami susun yang bisa membantu Anda untuk mengakses hard drive eksternal atau memulihkan data didalamnya selama proses.

Video tutorial: Memperbaiki Hard Drive Tidak Dianggap pada Windows

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak Lagi >

Solusi 1. Nyalakan ulang PC Anda:

Kebanyakan masalah hardware komputer terselesaikan setelah menyalakan ulang komputer. Terkadang BIOS komputer gagal untuk membaca drive, sehingga mematikan PC dan menyalakannya lagi adalah salah satu cara termudah dan tercepat yang bisa memperbaiki masalah terkait hardware Anda. Anda bisa mengikuti prosedur berikut untuk melakukan perbaikan cepat ini.

memformat-drive-windows

Solusi 2. Inisialisasi Hard Disk Eksternal pada PC:

Ketika memeriksa status dari drive melalui program utilitas manajemen disk, jika Anda menemukan ruang tidak dianggap di samping ikon disk eksternal Anda, maka Anda harus melakukan proses inisialisasi pada perangkat. Ikuti panduan langkah demi langkah kami untuk menginisialisasi drive.

memformat-drive-windows

memformat-drive-windows

Jika Anda berniat menggunakan perangkat Anda pada berbagai versi sistem operasi Windows, maka kami menyarankan untuk memilih model partisi MBR. GPT hanya mendukung Windows 10 dan tidak tersedia di versi-versi windows sebelumnya.

Solusi 3. Pembuatan ulang MBR:

Apa itu MBR:

MBR atau Master Boot Record adalah partisi dan bagian pertama dari hard drive komputer yang memberitahu PC bagaimana drive penyimpanan dipartisi. Hal tersebut juga sangat rentan bagi virus boot sektor yang bisa membuat korup atau menghapus MBR pada hard drive eksternal Anda, yang menyebabkan masalah "disk tidak diinisalisasi." MBR versi sebelumnya di gunakan di PC 32-bit yang lebih lama yang bekerja dengan Windows XP/7/8, dan pada drive yang bisa dilepas seperti kartu memori, dsb. Sekarang ini, GPT lebih kuat dan bekerja untuk drive lengan penyimpanan lebih besar dari 2TB.

Anda bisa memperbaiki masalah pembuatan ulang MBR melalui program command prompt windows.

bootrec.exe /fixmbr

bootrec.exe /fixboot

bootrec.exe /rebuildbcd

memformat-drive-windows

Solusi 4. Jalankan CHKDSK untuk Memperbaiki Disk dan Membersihkan Drive:

Anda bisa menggunakan fasilitas CHKDSK untuk memindai integritas dari sistem berkas pada hard drive eksternal Anda dengan mendeteksi bagian baik dan buruknya. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan menggunakan command prompt pada PC Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk menjalankan perintah pada program cmd Windows.

chkdsk J: /r /f di mana J adalah huruf hard drive eksternal dan /r & /f adalah parameter dari CHKDSK.

Anda juga bisa membersihkan disk dengan menggunakan command prompt jika Anda tidak berniat untuk mengembalikan data pada hard drive Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

memformat-drive-windows

Solusi 5. Bagaimana cara Memulihkan Data dari Hard Drive yang tidak diinsialisasi?

Jika solusi di atas tidak ada yang bekerja untuk Anda, maka Anda harus melakukan operasi pemulihan data pada hard drive Anda dan mengembalikan semua file penting. Anda bisa menggunakan program Recoverit Pemulihan Data for Windows oleh Wondershare untuk mengembalikan data yang diperlukan, yang dilakukan dengan tingkat efisiensi sebesar 96% dan menawarkan pemulihan dalam waktu singkat.

Anda perlu mengikuti proses tiga langkah berikut untuk memulihkan file yang terhapus setelah menginstall aplikasi.

1. Pilih Lokasi:

Untuk menginisialisasi proses pemulihan melalui Recoverit, Anda perlu menjalankannya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

memformat-drive-windows

2. Prosedur Pemindaian:

memformat-drive-windows

3. Memulihkan Data yang Hilang:

memformat-drive-windows


Kata Penutup:

Anda tidak akan pernah tahu waktu dan alasan dibalik kegagalan fungsi hardware sistem. Ada beberapa faktor kecil di balik drive yang tidak diinisialisasi oleh PC.

Semuanya bergantung pada Anda untuk memberikan lingkungan yang sehat bagi mesin Anda dan membangkitkan kapabilitas terbaiknya. Pada artikel ini, kita sudah membahas penyebab di balik masalah seperti ini beserta solusi yang memungkinkan untuk memperbaiki masalah pada hard disk eksternal. Salah satunya merupakan cara untuk memulihkan file dengan menggunakan program Recoverit Pemulihan Data jika Anda merasa perlu mengakses data Anda.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Solusi untuk Permasalahan Disk Tidak Diketahui, Tidak Diinisialisasi atau Tidak Dianggap