[Panduan untuk Pemula] Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Hard Drive yang Macet?

[Panduan untuk Pemula] Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Hard Drive yang Macet?

Wondershare Recoverit Authors

Nov 28, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Ketika kamu tiba sini, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan saat hard drive macet. Ya, kamu dapat menemukan solusi untuk hard drive error di artikel ini. Sebelum itu, mari kita pahami beberapa informasi tentang kerusakan hard drive untuk membantu memperbaiki kesalahan hard drive dan memulihkan data dari hard drive yang macet.

  • Gejala kemacetan hard drive fisik dan logis
  • Solusi untuk kemacetan hard drive yang logis
  • Solusi untuk kerusakan hard drive fisik

Dasar-dasar Kerusakan Hard Disk

Kemacetan hard drive adalah masalah yang rumit, tetapi kita dapat mendefinisikannya sebagai kerusakan hard disk ketika tidak dapat berfungsi dengan baik, mengakibatkan hilangnya data atau tidak dapat mengakses informasi.

Apa itu hard drive yang macet?

Kegagalan Fisik: Hard drive dapat rusak secara fisik karena panas, lembab, atau guncangan. Semua ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada hard drive yang menyebabkannya untuk gagal. Seringkali, kipas tidak mampu untuk memberikan pendinginan yang cukup ke hard drive karena akumulasi kotoran di filternya menyebabkan kerusakan panas pada hard drive. Tumpahan air pada hard drive dapat menyebabkan kerusakan karena kelembaban saat laptop terjatuh dapat menyebabkan kerusakan guncangan pada hard drive.

kegagalan fisik hard drive

Kegagalan Logis: terkait perangkat lunak dan tidak ada hubungannya dengan kerusakan fisik. Kerusakan logis dapat disebabkan oleh virus, file rusak, dan kesalahan manusia. Munculnya blue screen of death yang terkenal merupakan indikasi jelas kerusakan logis pada hard drive.

kegagalan logis hard drive

Kegagalan Mekanis: Hard drive berisi beberapa komponen mekanis seperti disk dan kepala baca-tulis. Seiring berjalannya waktu, komponen mekanis ini menjadi rusak dan gagal menyebabkan hard drive macet. Suara klik dari hard disk merupakan indikasi yang jelas dari kerusakan mekanis.

kerusakan mekanis hard drive

Ada beberapa alasan untuk kemacetan hard drive:

hard drive macet

  • Hard drive dapat mengalami malfungsi hanya karena komponennya yang lama dan usang.
  • Kemacetan terjadi karena hardware terlalu panas.
  • Terpapar air, cahaya, atau magnet tinggi dalam waktu lama juga dapat menyebabkan hard drive macet.
  • Komponen lain yang berkontribusi adalah file yang rusak (Misalnya, menutup file dengan tidak benar atau mematikan komputer secara tiba-tiba dapat menyebabkan kerusakan file atau hard drive).
  • lonjakan listrik (Bila sumber listrik utama terputus secara tidak sengaja dan kemudian hidup kembali, itu akan menyebabkan malpraktik komputer ).
  • kesalahan manusia (Misalnya, buru-buru menghapus file yang diperlukan untuk hard drive atau salah membuka dan mengeluarkan file dari komputer.)

Gejala Kemacetan Hard Drive Fisik & Logis

Sebelum kamu mulai memperbaiki error disk, pertama-tama kamu harus memastikan bahwa hard drive benar-benar rusak. Masalahnya, bagaimana cara mengetahui kalau hard drive macet. Umumnya, ada 2 klasifikasi utama untuk hard disk yang buruk: hard disk rusak secara fisik dan hard dish macet logis, dan untungnya, kedua masalah tersebut memiliki tanda-tanda yang dapat kita ketahui tanpa kesulitan. Setelah kamu memahami penyebab utama masalahnya, kamu dapat memperbaiki kerusakan hard drive dengan mudah dan mengembalikan komputer ke keadaan semula.

kerusakan hard drive logis

Pertama-tama, mari kita lihat kerusakan hard drive fisik. Terjadi karena malfungsi dari drive sendiri. Ini berpotensi berasal dari dampak luar seperti air, panas, atau sengatan listrik.

Tanda-tanda yang paling terlihat dari masalah ini adalah ketidakmampuan sistem operasi komputer untuk mendeteksi drive, dan yang terpenting, suara terus-menerus yang datang dari dalam komputer kamu. Kamu harus sangat berhati-hati agar tidak salah menangkap sebagai kebisingan dari kipas pendingin kamu. Jika ada benturan fisik, kamu akan mendengar suara menjilat, berdenting, menggiling, atau menderu. Jika memang terdengar seperti itu, maka 100% dampak fisik telah merusak alat di hard drive.

Di sisi lain, kerusakan hard drive yang logis jauh lebih mudah untuk didiagnosis. Terjadi ketika hard drive berputar dengan sangat baik seperti biasa, tetapi sistem operasi kamu, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, tidak mampu mendapatkan akses ke informasi yang disimpan, atau terkadang bahkan gagal mendeteksi keberadaan hard disk. Sebelum itu terjadi, kamu mungkin harus memperhatikan beberapa gejala kecil namun penting seperti kinerja yang lambat atau kehilangan pemrosesan data secara tiba-tiba.


Solusi untuk kemacetan hard drive yang logis

1 Coba pulihkan data ke perangkat lain

Jika hard drive mengalami kesalahan logika, pertama-tama, kamu harus mencoba memulihkan data di drive ke perangkat lain. Setelah situasi menjadi lebih buruk, akan menjadi sangat sulit untuk mengambilnya kembali. Seperti yang dibahas, menggunakan pemulihan data Wondershare Recoverit sangat direkomendasi untuk kamu agar menjaga data tetap aman.

Langkah sederhana untuk memulihkan data dari Hard Drive Macet

Sekarang, mari kita lihat cara memulihkan data dari hard disk internal yang macet di Windows. Setelah panduan ini, kamu akan menemukan bahwa perbaikan hard drive dan pemulihan data hard drive tidaklah sulit.

Untuk pengguna Mac, k amu dapat membuka panduan pemulihan hard drive mati di Mac. Untuk pengguna hard drive eksternal, halaman ini dapat membantu kamu: pemulihan hard drive eksternal yang macet.

Langkah 1 Pilih mode pemulihan data.

Untuk memulihkan data dari hard drive yang macet, kamu dapat klik "Pemulihan File yang Dihapus" untuk memulai.

Langkah 2 Pilih hard drive yang rusak

Pilih lokasi di mana kamu kehilangan data dan kemudian klik tombol "Mulai" untuk memulihkan data yang hilang dari hard drive.

memulihkan data yang hilang dari hard drive

Langkah 3 Pindai hard drive yang dipilih

Pemulihan Data Recoverit dengan cepat memindai hard drive kamu yang macet. Setelah itu, jika data yang hilang belum dapat ditemukan, buka "Pemulihan Utuh" untuk hard drive kamu. Mode pemulihan data akan mencari hard drive kamu secara mendalam, walau memakan waktu lebih lama.

Langkah 4 Pulihkan file yang hilang dari hard drive yang macet

Terakhir, kamu dapat untuk melihat file hilang yang dapat dipulihkan dari hard disk yang macet. Pilih yang ingin kamu pulihkan dan klik tombol "Pulihkan" untuk memulihkan yang kamu mau dari drive yang rusak.

2 Coba memformat partisi

Jika kesalahan logis yang kamu hadapi tidak terlalu rumit, kamu dapat mencoba memformat partisi hard drive, dan kemudian menggunakan instalasi komputer yang benar-benar bersih. Tapi ini hanya diterapkan untuk error umum, karena semakin tinggi tingkat kecacatan mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.

kerusakan hard drive logis


Solusi untuk kerusakan hard drive fisik

Jika menyangkut kerusakan hard drive fisik, ada banyak solusi untuk masalah tersebut. Di bawah ini adalah 3 yang paling mungkin dilakukan.

1 Coba ambil data dan cadangkan ke tempat lain

Jika kamu masih dapat memulai ulang komputer walau macet, kamu disarankan untuk tidak mencoba menyalakan ulang komputer dan mencoba menyalin data penting. Tindakan ini cenderung menempatkan drive yang gagal di bawah stres dan tekanan yang berlebihan. Sebaliknya, kamu harus memindahkan hard drive kamu ke sistem lain, dan kemudian menggunakan perangkat lunak pemulihan data seperti Recoverit Data Recovery untuk mengambil kembali data penting.

Recoverit pasti akan menjadi perangkat lunak pemulihan data hard drive serbaguna yang membantu kamu memulihkan file dari hard disk. Alat ini memiliki reputasi sebagai cara yang aman, cepat, dan nyaman bagimu untuk memulihkan data yang hilang setelah terhapus secara tidak sengaja atau terutama setelah kerusakan hard drive. Memberi pengguna banyak opsi serta jenis untuk dicari, sehingga kamu dijamin mendapatkan hasil terbaik.

2 Periksa hard drive apakah masih bisa digunakan

Kamu dapat melakukannya di rumah atau membawanya ke ahli komputer untuk menentukan apakah hard drive masih dapat diproses. Jika tidak rusak parah, kamu dapat menyimpannya untuk penggunaan di masa mendatang, tetapi setelah hard drive mengalami kerusakan parah, kamu harus membuangnya demi kebaikanmu sendiri.

3 Kirim untuk memperbaiki atau mengganti hard drive

Kamu dapat meminta saran dari ahli teknis jika hard drive masih dapat diperbaiki. Jika jawabannya ya, maka mengirim ke toko komputer merupakan ide bagus karena di sana hard drive kamu akan dirawat dengan baik. Jadi, kamu bisa memanfaatkan situasi ini dan menghadiahi diri sendiri dengan hard drive yang benar-benar baru untuk penggunaan yang lebih baik.


Tips Cara Menghindari Kemacetan Hard Drive

  • Perhatikan baik-baik sistem komputer kamu. Usahakan untuk tidak membawa makanan dan minuman di dekat hard drive karena mudah menciprat dan menyebabkan masalah serius.
  • Ingat untuk selalu memperhatikan tanda-tanda aneh dari hard drive kamu, bahkan yang terkecil sekalipun. Pastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik untuk menghindari panas berlebih.
  • Tetap hubungi toko komputer untuk pemeriksaan rutin untuk memastikan komputer kamu masih berfungsi dengan baik.
  • Selalu simpan data anda minimal di 2 tempat agar jika hard dive macet, informasi kamu masih dalam penyimpanan yang baik tanpa perlu memperbaiki hard drive yang macet.

Kesimpulan

Kemacetan hard drive bukanlah fenomena yang diterima baik oleh semua orang karena akan mengakibatkan hilangnya data atau kerusakan file. Namun, kabar baiknya adalah masih mungkin untuk memperbaiki kemacetan hard drive dan memulihkan data. Terutama mengenai kehilangan data yang disebabkan oleh kegagalan hard drive logis atau beberapa masalah kegagalan fisik, Pemulihan Data Recoverit Data dapat membantu kamu mengembalikan file dari hard drive yang rusak dengan langkah sederhana. Download gratis perangkat lunak pemulihan hard drive, dan hard drive kamu yang macet dapat diperbaiki dan file yang hilang atau rusak bisa dipulihkan.

 

Video Tutorial Untuk Menguji Kecepatan Hard Disk

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lainnya >
Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > [Panduan untuk Pemula] Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Hard Drive yang Macet?