Bagaimana Cara Memulihkan File dari WD Passport

Bagaimana Cara Memulihkan File dari WD Passport

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Saya punya hard drive eksternal WD dan saya hubungkan ke komputer, tapi ternyata hard drive tidak terdeteksi di komputer saya. Kenapa hard drive eksternal tidak dikenali? Bagaimana cara memperbaiki hard drive eksternal WD saya dan memulihkan semua data kembali?

Hard drive eksternal WD tidak muncuk di komputer, artinya Anda tidak bisa mengakses drive tersebut untuk mengelola data yang ada di dalamnya. Solusi untuk memulihkan data dari hard drive WD adalah Anda sebaiknya perbaiki hard drive WD agar terdeteiksi di komputer. Di halaman ini, kami menawarkan perbaikan cepat untuk membantu Anda memperbaiki hard drive WD yang tidak dikenali di komputer Windows dan kemudian memulihkan data dari dalam hard drive Western Digital dengan software Recoverit Data Recovery.

Bagian 1: Bagaimana Cara Memulihkan File yang Hilang dari Western Digital Hard Drive

File yang terhapus secara tidak sengaja atau hilang dari hard drive WD, atau hard disk rusak menyebabkan hilangnya data. Recoverit Data Recovery bisa membantu Anda untuk memulihkan semua data yang hilang. Unduh dan instal software Recoverit External Hard Drive di komputer Anda dan hubungkan drive ke PC. Ikuti 3 langkah berikut untuk mendapatkan data Anda kembali:

Langkah 1. Dengan Recoverit Data Recovery, pilih hard disk WD untuk memulai.

pilih hard disk eksternal WD

Langkah 2. Software akan mulai meindai perangkat, proses membutuhkan waktu beberapa menit.

pemindaian perangkat hard drive

Langkah 3. Terakhir, Anda bisa periksa semua file yang telah dipulihkan. Kemudian, pilih file Anda dan klik tombol "Mulai" untuk menyimpan semua file yang telah dipulihkan ke perangkat yang aman.

pratinjau file dan pulihkan

Bagian 2: Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive WD yang Tidak Dikenali di Windows

Ikuti langkah selanjutnya untuk memperbaiki hard drive eksternal WD yang tidak terdeteksi di Windows.

1. Periksa Hard Drive WD dengan Disk Management

Gunakan Disk Management untuk memeriksa apakah hard drive terdeteksi atau tidak. Dengan Disk Management, Anda bisa menginisialisasi hard drive WD atau memberi huruf drive untuk partisi hard drive WD.

Langkah 1. Tekan Windows + Runtuk membuka kotak Run.

Langkah 2. Ketik diskmgmt.msc dan tekan untuk enter untuk membuka Disk Management.

ketik diskmgmtmsc

Langkah 3. Temukan hard drive WD dan klik kanan hard drive, pilih "Initialize Disk" dan pilih sistem partisi antara MBR atau GPT.

Langkah 4. Kemudian klik kanan hard drive dan pilih Create New Simple Volume.

Bagian 5. Lalu klik kanan hard drive eksternal WD dan pilih Change Drive letter and path.

pilih change drive letter and path

Langkah 6. Kemudian tentukan huruf drive baru untuk hard drive eksternal WD Anda dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.

tentukan huruf drive baru untuk hard drive eksternal WD

2. Nyalakan USB Root Hub agar hard drive eksternal WD bisa dikenali

Untuk menyelesaikan masalah hard drive eksternal WD tidak bekerja di Windows, nyalakan USB Root Hub untuk membuat hard drive bisa dikenali.

Langkah 1. Pilih Start, ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.

Langkah 2. Buka Device Manager dan lebarkan USB controllers.

buka Device Manager

Langkah 3. Sekarang klik kanan USB Root Hub, pilih Properties, dan pergi ke Power Management.

Properties

Langkah 4. Hilangkan centang dari kotak "Allow the computer to turn off this device to save the power".

matikan perangkat

Ulangi proses ini untuk menyalakan semua USB Root hub yang ada di dalam daftar. Setelah itu, nyalakan ulang komputer Anda dan hard drive eksternal WD akan terdeteksi.

3. Perbarui drive hard drive WD

Anda bisa perbarui drive menggunakan Windows Update untuk memperbaiki hard drive eksternal WD yang tidak terdeteksi di komputer Windows.

Langkah 1. Pergi Settings.

Langkah 2. Klik Update & Security dan klik Windows Update.

Langkah 3. Kemudian klik tombol Check for updates.

Driver Windows update

Setelah itu, coba hubungkan hard drive eksternal WD ke komputer dan periksa apakah disk bisa dikenali di komputer Anda.

Itulah semua perbaikan cepat untuk menyelesaikan masalah WD my passport tidak dikenali di Windows, jika semua cara gagal, hard drive Anda mungkin mengalami kerusakan fisik, dan sebaiknya di bawa ke toko service atau diganti dengan perangkat baru.

Bagian 3: Tips untuk Melindungi Hard Drive Eksternal Western Digital Anda

Ketika menggunakan perangkat hard drive eksternal, Anda mungkin mengalami masalah seperti hard drive tidak dikenali. Berbagai macam hal bisa menyebabkan hard drive eksternal WD tidak terdeteksi. Berikut adalah beberapa cara penyelesaian masalah yang umum dilakukan.

1. Jangan menyimpan data baru

Jangan menyimpan file baru ke dalam hard disk WD setelah Anda kehilangan data. Menyimpan file baru bisa menimpa file lama yang sebetulnya masih bisa dipulihkan dari hard disk WD dan membuat data hilang selamanya. Maka, sebelum Anda memulihkan semua data yang hilang dari hard disk Western Digital, jangan menyimpan file baru ke dalamnya. Sehingga Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk memulihkan data Anda.

2. Gunakan software anti virus

Pindai hard drive WD Anda secara teratur dengan software antivirus yang diakui agar hard drive eksternal WD bebas dari virus. Dengan memindai dan menghilangkan virus dari hard drive komputer secara teratur, komputer bisa beroperasi tanpa masalah dan file Anda tidak menjadi rusak.

3. Cabut Hard Drive WD dengan menggunakan opsi "safe remove"

Jangan cabut atau lepas hard drive WD secara mendadak karena hal ini bisa menyebabkan hard drive tidak memiliki waktu untuk menyimpan informasi dan sistem file rusak. Selalu cabut hard drive eksternal WD menggunakan opsi "Safe Remove" agar data aman ketika perangkat dilepas.

Produk dari Western Digital memang memiliki kualitas tinggi, tapi masih ada kemungkinan produk mereka mengalami galat dan data di dalam hard drive hilang, sama seperti hard drive lainnya di pasaran. Kehilangan data penting adalah masalah yang besar. Ketika masalah ini terjadi, gunakan alat Recoverit Data Recovery untuk memulihkan dari hard drive eksternal dengan mudah.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana Cara Memulihkan File dari WD Passport