Bagaimana Cara Memulihkan File dari Hard Drive yang Terhapus [2022]

Bagaimana Cara untuk Memulihkan Data dari Hard Disk Setelah Melakukan Pembersihan Disk?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Saat Anda membersihkan hard drive, Anda juga menghapus semua data dan file yang Ada di dalam drive Anda sepenuhnya dan permanen. Apakah data yang terhapus dapat dipulihkan? Sejujurnya, hal ini tergantung dengan seberapa kuat magnet pembersihannya. Jangan khawatir, jika data yang dibersihkan belum ditimpa, data Anda dapat dipulihkan menggunakan alat yang tepat.

Pada artikel ini, kami bertujuan untuk memberi tahu Anda cara termudah dan tercepat untuk membantu Anda memulihkan hard drive yang sudah terhapus dengan software pemulihan data yang canggih. Dan pada saat yang sama, kami juga akan memberikan beberapa tips berguna untuk memformat hard drive.

Bagian 1: Penghapusan Data vs Pembersihan Data

Orang-orang di seluruh dunia sering bingung tentang penghapusan data dan data yang akan dibersihkan. Kedua istilah tersebut memiliki arti yang sangat berbeda. Namun, keduanya berhubungan dengan data dan penghapusannya. Inilah perbedaan antara penghapusan data dan pembersihan data;

Penghapusan data

Permintaan yang dibuat ke sistem operasi untuk menghapus file apa pun biasanya dikenal sebagai penghapusan data. Namun, terdapat banyak cara untuk memulihkan data yang telah dihapus. Dalam proses penghapusan data, semua jejak data tidak sepenuhnya terhapus. Sistem operasi memiliki fitur yang memungkinkan Anda memulihkan data setelah dihapus.

Mulai dari tempat sampah hingga berbagai software pemulihan, terdapat banyak cara untuk memulihkan data yang terhapus. Setelah menghapus data, Anda masih memiliki harapan untuk memulihkannya, tetapi beda halnya jika ini menyangkut pembersihan data.

Pembersihan Data

Saat software keamanan khusus digunakan untuk menimpa data pada perangkat penyimpanan apa pun, hal ini sering disebut sebagai pembersihan data. Untuk menjaga keamanan atau integritas data, kebanyakan orang membersihkan data mereka. Software untuk membersihkan data ini dapat diandalkan dalam menutupi risiko yang ada dalam penghapusan data. Proses ini sebagian besar diterapkan pada data yang sangat aman. Dengan kata lain, proses ini adalah penghancuran data.


Bagaimana Cara Memulihkan Data Hard Drive yang Terhapus?

Jika Anda ingin memulihkan data yang hilang dari hard drive yang sudah terhapus, Anda bisa mendapatkan program pemulihan hard drive yang dihapus untuk membantu Anda. Wondershare Recoverit pemulihan data adalah software yang canggih untuk pemulihan data yang terhapus. Software ini dapat membantu Anda memulihkan hard disk yang terhapus dalam tiga langkah sederhana. Apa pun format file dari data yang diformat, software ini bisa mendapatkannya kembali secara efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki hard drive Anda yang rusak atau rusak melalui fungsi perbaikan videonya. Download dan instal software Recoverit di komputer Anda.

Video Tutorial Cara Memulihkan Data dari Hard Disk Setelah Pembersihan Disk

Video Terkini dari Recoverit

Lihat Lainnya >

Tiga Langkah untuk Memulihkan Data dari Hard Drive yang Terhapus

Langkah 1 Saat Anda membuka Recoverit dan memilih lokasi, perlu diingat jika perangkat tersebut adalah drive eksternal, maka harap sambungkan drive ke PC terlebih dahulu.

pilih hard drive yang terhapus

Langkah 2Dan kemudian software pemulihan hard disk akan mulai memindai perangkat untuk mencari file data Anda yang hilang. Perlu beberapa menit untuk melakukan proses memindai.

memindai data drive yang terhapus

Langkah 3Setelah pemindaian, Anda dapat memeriksa semua yang dipulihkan dan mempratinjau beberapa file seperti foto, musik, dokumen kantor. Pilih file Anda dan klik tombol "Pulihkan" untuk memulihkan.

memulihkan data dari hard drive yang terhapus

Dan selesailah cara pemulihan data di drive seperti yang disebutkan di atas, semoga artikel ini dapat membantu Anda memecahkan masalah hard drive Anda yang terhapus. Unduh dan coba selamatkan data Anda sekarang.


Kiat-Kiat Melawan Pembersihan Hard Drive secara Tidak Sengaja

Membersihkan perangkat penyimpanan sering terjadi sebelum Anda akan membuang perangkat seperti hard drive komputer, ponsel, atau tablet Android Anda. Namun terkadang, secara tidak sengaja proses ini malah membersihkan data pengguna dan membuat data tersebut tidak dapat dibaca. Jadi kiat berikut ini bertujuan untuk membantu Anda menghindari dilema atau memperbaiki masalah pembersihan disk.

1Skenario Menghapus Hard Drive secara Tidak Sengaja

Cara terbaik untuk mencegah pembersihan disk yang tidak disengaja adalah melakukan tindakan pencegahan. Jadi sangat perlu untuk memahami apa yang bisa membuat hard disk terhapus dan data terhapus secara tidak sengaja. Berikut ini adalah beberapa skenario umum ketika hard drive terhapus dan data yang terhapus secara tidak sengaja.

Sekarang Anda mengetahui keadaan-keadaan terjadinya pembersihan disk. Tapi seperti yang kita semua tahu, terkadang membersihkan hard drive tidak bisa dihindari. Misalnya, Anda harus mengosongkan tempat sampah untuk mengosongkan ruang di komputer Anda, menginstal ulang OS Windows untuk kinerja komputer yang lebih baik, atau memformat hard drive untuk memperbaiki kesalahan hard disk, dan sebagainya.

Lantas bagaimana prosesnya jika pembersihan hard disk harus dilakukan? Langkah-langkahnya adalah membiasakan diri membackup data dan membersihkan hard disk dengan aman jika memang diperlukan.

2 Cara Membersihkan Hard Drive dengan Aman

Membersihkan hard drive mungkin dianggap sebagai hal yang sederhana dan mudah. Namun, beberapa pengoperasian yang tidak benar dapat menyebabkan kinerja komputer tidak normal serta kehilangan data. Jadi, bagaimana cara Anda membersihkan hard drive dengan aman? Berikut langkah-langkah pengerjaan untuk komputer Windows 8.1 atau 10.

    1. Buka Pengaturan (ikon roda gigi di menu Mulai)
    2. Pilih "Perbarui & Keamanan"> "Pemulihan" di panel kiri
    3. Klik "Mulai" yang berada di bawah tab "Reset PC ini"
    4. Klik "Hapus semua" di jendela pop-up.

membersihkan hard drive dengan aman

  1. Klik "Hapus file dan bersihkan drive"> "Selanjutnya"> "Reset"> "Lanjutkan"

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menemukan hard drive Anda yang terhapus dengan aman dan cepat. Namun, jika Anda menganggap file hard drive Anda penting, lebih baik buat back upnya terlebih dahulu sebelum membersihkan hard disk. Namun terlepas dari cara membersihkan hard drive yang aman, Anda masih memerlukan beberapa tips untuk mencegah kehilangan data.

6 Kiat Melawan Kesalahan Penghapusan Data di Hard Drive

  • Lakukan backup secara teratur agar Anda dapat memulihkan hard drive yang terhapus atau terhapus secara tidak sengaja. Untuk melakukan pekerjaan ini dengan mudah dan efisien, Anda dapat mengandalkan software backup data profesional dan andal seperti Wondershare Ubackit. Software ini dapat membantu Anda menjadwalkan backup otomatis dan tambahan untuk menghemat waktu dan energi Anda.
  • Ia juga akan memverifikasi data dan hard disk yang akan dibersihkan. Sebelum Anda mulai membersihkan hard disk, Anda harus memastikan apakah hard disk tersebut benar-benar hard disk yang ingin Anda bersihkan dan data di dalamnya penting bagi Anda atau tidak.
  • Jangan menimpa hard disk yang dihapus jika Anda ingin memulihkan data dari hard disk yang terhapus. Jika Anda telah menginput data baru, maka hampir mustahil untuk Anda dapat memulihkan data kembali.
  • Perhatikan S.M.A.R.T error. Jika terjadi kesalahan ini maka hard disk komputer Anda akan gagal dan data akan terhapus. Back up data dan ganti hard disk baru jika Anda menerima pengingat ini. Kalau tidak, data penting Anda yang ada di dalam disk cepat atau lambat akan hilang.
  • Instal malware dan program anti-virus. Program anti-virus sangat membantu Anda saat menghadapi virus yang menyerang.
  • Perhatikan di mana Anda menyimpan sistem komputer. Sistem komputer cukuplah penting. Jika sistem sampai rusak, maka akan memakan waktu dan energi untuk menginstal sistem baru dan memulihkan hard drive yang terhapus.

Semoga semua tips ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan membersihkan disk drive dan kehilangan informasi penting Anda yang ada di hard drive.


Bagian 4: Mengapa Hard Drive yang Terhapus Dapat Dipulihkan

Jika Anda belum pernah menggunakan software khusus untuk menghapus data Anda di hard drive, akan lebih mudah bagi Anda untuk memulihkan data Anda. Semua jejak datanya tidak hilang, hanya lokasinya saja yang diubah. Setelah menghapus data secara tidak sengaja, selalu disarankan untuk mencegah diri Anda dari menimpa hard drive dan disarankan untuk menggunakan software yang andal untuk memulihkan data Anda.

Software pemulihan data efisien dalam memindai hard drive dan mengambil data yang telah dihapus, karena sudah ada tempat yang dialokasikan untuk data yang telah Anda hapus.


Bagian 5: Mengapa Data Tidak Terhapus secara Permanen Saat Dihapus

Kebanyakan orang bertanya-tanya mengapa data mereka tidak terhapus secara permanen saat dihapus. Mekanisme penghapusan file ini cukup sederhana. Menghapus file dan menimpa ruang hard disk adalah proses yang panjang. Inilah alasan mengapa Anda menghapus file yang berukuran lebih kecil, file tersebut dapat terhapus dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan file berukuran 10 GB.

Untuk menghemat waktu dan meningkatkan performa, sistem operasi cenderung dapat melacak data yang dihapus. Pengguna yang telah menghapus datanya secara tidak sengaja dapat memulihkannya hanya dalam waktu yang singkat.

Saat file dihapus, sistem operasi menyediakan ruang untuk Anda isi dengan lebih banyak data. Data Anda yang terhapus dapat dipulihkan hingga ruang kosong itu terisi seluruhnya atau sebagian. Jika data sudah ditimpa sebagian, maka hanya sejumlah data yang dapat dipulihkan. Jika Anda ingin menghapus data secara permanen, ada banyak cara untuk melakukannya dan menjaga keamanannya.

Kesimpulan

Membersihkan data di hard disk memanglah proses yang mudah tetapi hal ini akan mengakibatkan hilangnya data penting kita. Untungnya, dengan adanya program pemulihan hard disk, memulihkan data dari hard disk yang terhapus juga dapat dilakukan dengan cepat. Dapatkan software pemulihan data yang andal dan aman Wondershare Recoverit untuk mengembalikan kembali data Anda seperti sebelum pembersihan. Download dan cobalah sekarang.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana Cara untuk Memulihkan Data dari Hard Disk Setelah Melakukan Pembersihan Disk?