Software Perbaikan Disk: Memperbaiki Hard Disk Rusak & Memulihkan File Hard Disk

Software Perbaikan Disk: Perbaiki Hard Disk & Dapatkan Kembali Data!

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
"Software hard disk-ku rusak. Setelah itu masih terdeteksi booting tapi tidak bisa masuk ke layar selamat datang. Ini juga tidak berfungsi sebagai drive sekunder."

Untungnya, masalah software hard drive bisa cukup mudah diatasi. Kamu bisa memperbaikinya dengan tool perbaikan hard disk. Tetapi jika hard disk kamu mengalami kerusakan fisik, hampir mustahil untuk memperbaikinya menggunakan software atau program bawaan PC. Dalam kasus ini, kamu disarankan untuk mencari bantuan teknisi. Atau kamu bisa membeli hard drive baru.

Di artikel ini, kamu bisa menemukan cara untuk memperbaiki hard drive yang rusak dan kemudian memulihkan data dengan software pemulih data hard disk.

Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak dengan CHKDSK?

Jika kamu mencoba memecahkan masalah komputer yang tidak kamu pahami, kemungkinan masalah itu muncul dari hard drive. Apakah kamu menggunakan Windows 10, Windows 8, or Windows 7, kamu bisa memperbaiki error hard drive dengan menjalankan Periksa Tool Disk utility. Prosesnya akan selesai hanya dalam beberapa jam. Jadi kamu perlu membiarkan komputermu berjalan dan menjalankan fitur Disk Utility saat kamu tidak memiliki kegiatan. Berikut cara mengerjakannya jika kamu masih bisa booting sistem Windows kamu.

  1. Klik Start pada pojok bawah komputer. Klik kanan pada My Computer dan pilih properties.
  2. Pilih tab Tools dan klik Check Now.
  3. Pilih dua opsi dan klik Start.
  4. Jika ditanya, pilih opsi untuk menjadwalkan pemeriksaan disk.
  5. Nyalakan kembali komputermu.

Tapi bagaimana jika jamu tidak bisa membuka Windows? Jika begitu, berikut adalah langkah-langkah untuk diikuti.

  1. Nyalakan kembali PC kamu dan tekan F8 berkali-kali. Ini akan membuat komputermu menunjukkan menu Advanced Boot Options.
  2. Pilih Repair Your Computer
  3. Setelah masuk, buka Command Prompt. Ini berada pada System Recovery Options kamu. Kemudian jalankan perintah: chkdsk /r /f

Jika Windows kamu masih tidak dapat memuat sendiri, tindakan terbaik adalah dengan menjalankan utilitas Startup Repair. Berikut caramu melakukannya:

  1. Buka menu Advanced Boot Options dan pilih Repair Your Computer. Jika Startup Repair tidak terlihat berjalan, pilih ini dari menu.
  2. Jika langkah 1 tidak berhasil, namun menurut kamu ada masalah dengan konfigurasi boot PC, bika jendela command prompt. Masukkan ini: BootRec.exe /FixMbr /FixBoot

Video Tutorial Bagaimana Cara untuk Menjalankan CHKDSK untuk Memperbaiki Sektor Buruk?

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lainnya >

Bagaimana Cara Memperbaiki Hard Drive Rusak dengan Software?

1. Memulihkan Hard Disk Rusak dengan Wondershare Recoverit

Tahukah kamu bahwa masalah terbanyak komputer dipicu oleh hard drive? Jika beberapa sektor dari drive disk korup atau rusak, bermacam masalah komputer mungkin muncul, termasuk kehilangan file penting. Untuk memulihkan file hard disk, yang kamu butuhkan hanyalah software pemulih disk data hard drive. Dan rekomendasi kami untukmu adalah Recoverit Data Recovery

Software pemulih data Wondershare Recoverit adalah software pemulih hard disk profesional untuk memulihkan masalah data hilang yang disebabkan tidak sengaja terhapus, format, raw tidak dapat diakses, serangan virus, operasi yang tidak benar, atau kerusakan hard disk, dll. Ini memulihkan data dari hard disk rusak pada Windows atau komputer Mac.

pemulih data hard disk

Wondershare Recoverit - Software Pemulih Data Terbaik

  • Memulihkan file, foto, audio, musik, email yang hilang atau terhapus dari perangkat penyimpanan apa saja secara efektif, aman, dan lengkap.
  • Mendukung pemulihan data dari recycle bin, hard drive, kartu memori, flash drive, kamera digital, dan kamera perekam.
  • Mendukung untuk pemulihan data yang terhapus secara tiba-tiba, terformat, partisi yang hilang, serangan virus, dan kerusakan sistem dalam situasi yang berbeda.

2. Bagaimana Cara Memulihkan File dari Hard Drive

Download dan install Recoverit software pemulih hard drive di komputermu, ikuti langkah selanjutnya untuk mendapatkan datamu kembali.

Langkah 1. Pilih disk yang rusak

Untuk memulihkan file hard disk, kamu bisa memulai Recoverit Data Recovery di komputermu. Kemudian pilih hard disk untuk memindai datamu yang hilang, dan klik tombol "Start" untuk mulai.

pilih drive hard drive yang rusak

Langkah 2. Pindai hard drive yang rusak

Pemulih data Recoverit akan mulai memindai hard disk kamu dengan cepat. Mulai memindai dengan mode "All-around Recovery" jika kamu tidak bisa menemukan file apapun setelah pemindaian cepat.

memindai hard disk rusak

Langkah 3. Pratinjau & pulihkan file hard disk

Setelah pemindaian selesai, pratinjau file yang dipulihkan, pilih yang kamu inginkan, dan klik "Recover" untuk menyimpan di lokasi yang aman.

pemulihan hard disk

Catatan: Jangan simpan data yang kamu ambil ke desktop, karena kamu berada di lingkungan boot dan file tidak akan aman saat kamu beralih ke Windows.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Software Perbaikan Disk: Perbaiki Hard Disk & Dapatkan Kembali Data!