Bagaimana Cara Memformat Hard Drive Anda dengan DiskPart dan Command Prompt?

Bagaimana cara Memformat Hard Drive dengan DiskPart dan Command Prompt?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0
Kemarin saya mencoba untuk memformat hard drive komputer saya dengan DiskPart. Tapi saya tidak yakin dengan langkah detailnya. Adakah yang bisa membimbing saya mengenai cara untuk memformat dengan DiskPart?

Memformat hard drive itu proses yang penting, dan jika tidak dilakukan dengan tepat bisa membuat hard drive Anda tidak berfungsi. Tapi melakukannya dengan DiskPart atau command prompt bisa menyelamatkan hard drive Anda dari risiko ini. Drive yang diformat hampir sama seperti drive baru karena memformat berarti membersihkan semua media yang tersimpan. Artikel ini akan membimbing Anda mengenai perintah DiskPart dan cara-cara untuk memformat hard drive dengan DiskPart dan Command Prompt.

Bagaimana Cara Membersihkan Hard Drive dengan Perintah Pemformatan Cepat DiskPart?

Sebelum mempelajari cara untuk membersihkan drive, mari pahami dulu tentang apa yang dilakukan pembersihan pada DiskPart? Ketika Anda menggunakan perintah "pembersihan" pada Diskpart, software utilitas tersebut akan membersihkan disk dan informasi terpilih dari bagian-bagian yang tersembunyi. Semua data yang tersimpan akan terhapus, dan Anda tidak bisa membatalkannya. Sangat disarankan untuk membackup terlebih dulu jika terdapat beberapa data penting di drive.

Waktu yang digunakan untuk menyelesaikan prosesnya tergantung pada ukuran disk. Untuk membersihkan drive, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 Buka Command Prompt

Cari command prompt, klik kanan, dan jalankan sebagai administrator.

opsi yang menunjukkan cmd untuk dijalankan sebagai administrator

Langkah 2 Ketik diskpart

Ketik perintah seperti yang disebutkan di atas dan tekan 'Enter' untuk menjalankan DiskPart.

cmd menunjukkan perintah diskpart

Langkah 3 Ketik "list disk"

Perintah ini akan mendaftarkan semua drive yang tersedia pada komputer. Setelah mengetik perintah, tekan 'Enter'.

sorotan perintah list disk

Langkah 4 Pilih Drive dengan mengetik disk *

* yang disebutkan di perintah harus diganti dengan nomor drive yang perlu dibersihkan. Pastikan Anda memasukkan angka yang benar, atau Anda akan berakhir membersihkan drive yang salah.

sorot disk yang akan melewati proses pembersihan

Langkah 5 Ketik "clean"

Perintah "clean" akan menghapus semua hard drive yang dikehendaki. Tekan "Enter" setelah mengetiknya. Langkah tersebut akan membersihkan semua file dan folder drive secara permanen.

jendela yang menunjukkan perintah pembersihan

Langkah 6 Tutup Command Prompt setelah Berhasil Menyelesaikan Pembersihan disk dan setelah proses pembersihan selesai. Command prompt akan menampilkan pesan bahwa pembersihan DiskPart telah berhasil. Tutup jendela lewat tombol yang terletak di bagian kanan atas.

jendela yang menunjukkan pembersihan disk yang berhasil

Sekarang Anda bisa menginisialisasi ulang partisi dan bahkan memformat drive yang sudah dibersihkan.


Bagaimana Cara Memformat Hard Drive dengan Command Prompt pada DiskPart?

Ketika memformat hard drive, Anda bisa membersihkan media penyimpanan internal dan juga eksternal. Tapi sebelum mulai memformat, Anda perlu menyelesaikan pembersihan drivenya terlebih dulu. Langkah-langkahnya sama seperti yang disebutkan di atas. Setelah pembersihan disk berhasil; Anda bisa lanjut memformat drive.

Untuk memahami cara memformat dengan DiskPart, cek langkah-langkah yang mendetail berikut ini:

Langkah 1 Buka command prompt dan jalankan sebagai administrator.

Langkah 2 Ketik diskpart dan tekan 'Enter'. Langkah tersebut akan menjalankan DiskPart.

Langkah 3 Ketik list disk sehingga Diskpart mendaftarkan semua drive komputer.

Langkah 4 Pilih drive yang dikehendaki dengan mengetik disk *, * di sini adalah angka dari drive yang akan diformat.

Langkah 5 Bersihkan file dan folder pada drive terpilih dengan perintah pembersihan.

jendela yang menunjukkan sorot perintah yang diperlukan untuk membersihkan drive

Langkah 6 Ketik list disk dan tekan 'Enter' untuk mengkonfirmasi drive yang perlu diformat masih terseleksi. Output yang keluar di sini akan memiliki * sebelum drive terpilih.

Langkah 7 Buat partisi baru dengan mengetik create partition primary dan tekan 'Enter'.

memori partisi telah dibuat

Langkah 8 Pilih partisi yang telah dibuat dan tekan 'Enter' setelah mengetik perintah pilih partisi 1.

Langkah 9 Ketik active sehingga partisi yang terpilih berada dalam kondisi aktif. Kemudian tekan 'Enter'.

partisi terpilih diaktifkan

Langkah 10 Format drive dengan perintah format fs=ntfs. Tekan 'Enter' untuk memulai proses.

jendela yang menunjukkan perintah format

Langkah 11 Masukkan huruf ke drive untuk membuatnya tersedia di File Explorer kemudian keluar.

Tekan 'Enter' setelah mengetik assign letter=*, ketik huruf yang Anda inginkan sebagai ganti * yang ingin Anda gunakan pada partisi.

Kemudian untuk keluar dari DiskPart, ketik exit dan 'Enter'.

jendela yang menunjukkan sorot perintah

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, drive akan tersedia di File Explorer. Sekarang Anda bisa mulai menyimpan file di dalam drive tersebut.


Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hard Drive dengan DiskPart?

Terkadang untuk manajemen yang lebih baik, Anda perlu membuat ruang kosong lebih banyak dengan menghapus partisi. Anda mungkin ingin menghapusnya karena Anda tidak memerlukannya lagi atau partisi tersebut sudah rusak atau bermasalah. Ikuti langkah-langkah yang tersusun berikut ini untuk menghapus partisi dengan DiskPart.

Langkah 1 Jalankan DiskPart di command prompt dengan mengetik diskpart. Tekan 'Enter.'

Langkah 2 Ketik list disk, kemudia tekan 'Enter' untuk mendaftarkan semua partisi yang tersedia.

Langkah 3 Pilih disk untuk menghapus partisi yang dikehendaki. Ketik select disk *, (*) merupakan angka disk. Setelah mengetik perintah tersebut, tekan 'Enter.'

Langkah 4 Ketik list partition, kemudian 'Enter' untuk menampilkan semua partisi.

Langkah 5 Sekarang pilih partisi untuk dihapus dengan mengetik select partition *, * di sini juga merupakan angka dari partisi. 'Enter' setelah mengetik perintah untuk menjalankannya.

Langkah 6 Sekarang hapus partisi dengan mengetik delete partition dan mulai penghapusan dengan menekan 'Enter.'

gambar yang menunjukkan semua perintah yang diperlukan untuk penghapusan partisi

Jika dynamic disk sedang digunakan, gunakan perintah menghapus volume untuk proses penghapusan.


Apa itu Perintah DiskPart?

DiskPart adalah program command line yang melakukan manajemen disk dengan Command Prompt sederhana. Anda juga bisa melakukan list disk, memformat, mempartisi, dan menghapus partisi dengan alat ini. Beberapa perintah DiskPart digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi ini.

Program tersebut awalnya muncul pada Windows XP, dan sekarang program ini tersedia di hampir semua sistem operasi Microsoft: Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, dan 10. Sebelum menginisialisasi perintah Diskpart di Command Prompt, penting untuk membuat daftar dan fokus dengan memilih sebuah objek. Dengan demikian, perintah DiskPart akan bekerja pada objek yang difokuskan.

Diskpart akan muncul di Command Prompt, yang juga dikenal sebagai CMD. CMD merujuk pada program command line yang tersedia di semua sistem operasi. Program tersebut mengizinkan Anda untuk menekan 'Enter' dan melaksanakan perintah. Anda akan menggunakan platform seperti DiskPart dan Command Prompt untuk memformat disk. Hal tersebut merupakan proses mengkonfigurasi media penyimpanan seperti flash drive dan drive hard disk. Selama proses format, dokumen atau file lainnya yang sudah tersimpan di drive tersebut akan dihapus. Biasanya, hal itu dilakukan sebelum instalasi sistem operasi, dan juga sering kali dibutuhkan untuk membuat ruang penyimpanan tambahan.

Catatan!
Data Anda yang tersimpan akan dihapus ketika Anda memformat drive dengan CMD. Meski data tersebut bisa dikembalikan dengan software pemulihan, tapi tetap disarankan untuk membackup terlebih dahulu.

Jika Anda kehilangan data Anda lewat formasi, maka sangat disarankan untuk menggunakan Wondershare Recoverit untuk mendapatkan data Anda kembali. Recoverit memberikan sejumlah pemulihan gratis sebesar 100MP. Selain itu, aplikasi tersebut bisa menyimpan file dan video dari hard drive atau komputer yang bermasalah. Download aplikasi tersebut melalui link berikut.


Opsi Perintah Format DiskPart

Perintah format DiskPart yang bekerja di command prompt digunakan untuk memformat media penyimpanan internal dan eksternal hard drive. Perintah tersebut tersedia di semua sistem operasi Windows seperti Windows 10, 8 7, Vista, XP, dan juga versi-versi sebelumnya. Anda bisa menggunakannya untuk mengatas file terbuka, yang berarti file tersebut tidak sedang digunakan. Namun, syntax untuk perintah berbeda-beda antara satu sistem operasi dengan yang lainnya.

Syntax perintah format adalah sebagai berikut:

format drive: /* /fs:file-system /r:revision /d /v:label /p:count /?

* di sini merujuk pada q, c, x dan l

Sekarang pahami syntax dengan lebih terperinci:

Anda akan menuliskan huruf yang mewakili drive atau partisi yang perlu Anda format.

Syntax ini menunjukkan bahwa drive akan melakukan pemformatan cepat DiskPart tanpa mencari bagian yang rusak.

Syntax ini akan mengaktifkan pengompresan folder dan file. Opsi ini hanya tersedia ketika drive sedang diformat ke NTFS (Sistem Berkas Teknologi Baru). NTFS adalah sistem berkas utama yang digunakan pada Windows 10, 8, 7, Vista, XP, 2000, dan sistem operasi NT.

Jika ada persyaratan untuk menghapus drive sebelum memformat, maka perintah ini digunakan dalam pemformatan.

Meski memformat dengan NTFS, perintah ini digunakan untuk drive dengan deduplikasi aktif yang terdiri atas file-file dengan ukuran lebih dari 100GB.

Anda akan menambahkan sistem berkas ke drive mana yang ingin Anda format. Sistem berkas bisa berupa FAT, exFAT, FAT32, UDF, atau NTFS

Syntax ini digunakan untuk memfokuskan proses pemformatan pada versi UDF spesifik. Opsinya termasuk 1.02, 1.50, 2.00, 2.01, and 2.50. Jika Anda tidak menetapkan revisi apapun, program akan menggunakan versi 2.01 secara default. Anda bisa menggunakan perintah /r: hanya ketika Anda sedang menggunakan /fs:udf

Hanya ketika proses format selesai dengan UDF v2.50, perintah ini bisa digunakan untuk menduplikasi metadata.

Syntax ini digunakan untuk menetapkan label volume. Jika Anda tidak memasukkannya sebelum memformat, sistem akan menanyakannya setelah proses selesai.

Syntax ini akan mengosongkan semua bagian drive sekaligus. Jika Anda menetapkan jumlahnya, program akan menuliskan beberapa angka acak di drive sebanyak yang Anda masukkan. Penulisan angka acak akan mulai setelah pengosongan selesai.

/p tidak bisa digunakan dengan /q.

Syntax ini digunakan untuk menunjukkan bantuan terhadap beberapa opsi perintah.


Kata Penutup

Jika timbul masalah apa pun pada hard drive, sekarang Anda bisa memperbaikinya menggunakan DiskPart dengan cepat. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk membersihkan dan memformat disk dengan DiskPart, dan juga menghapus partisi hard drive. Sebelum melakukan hal-hal ini, penting untuk membackup data terlebih dulu. Tapi jika Anda lupa membackup data dan kehilangan file penting Anda saat menjalankan perintah DiskPart, jangan panik. Gunakan software Pemulihan Data Recoverit Mac untuk mengembalikan data Anda yang hilang.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana cara Memformat Hard Drive dengan DiskPart dan Command Prompt?