File yang Terdapat di USB Hilang tetapi Ruang Penyimpanan ini Sudah Penuh?

File yang Terdapat di USB Hilang tetapi Ruang Penyimpanan ini Sudah Penuh: Masalah Terpecahkan

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Ada saat di mana file yang terdapat di USB yang Anda gunakan menghilang begitu saja. Namun di sisi lain, Drive tersebut menunjukkan bahwa penyimpanannya sudah terpakai sepenuhnya. Apakah Anda merasa bingung dengan situasi ini? Anda harus mencari tahu alasan sebenarnya dari masalah tersebut.

Terdapat begitu banyak alasan yang mendasari mengapa masalah ini bisa terjadi. Artikel ini akan memandu Anda jika Anda sedang dihadapkan dengan suatu masalah di mana file yang ada di USB hilang, tetapi ruang penyimpanan ini sudah penuh.

Bagian 1: File di USB Hilang tetapi Ruang Penyimpanan Sudah Penuh. Mengapa?

Terdapat begitu banyak alasan yang mendasari mengapa masalah ini bisa terjadi. Artikel ini akan menangani semua masalah yang bisa Anda hadapi, yang mana berkaitan dengan file yang berada di stik USB yang tiba-tiba hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

1. File Terhapus Secara Tidak Sengaja

Ini merupakan penyebab utama dari masalah ini. Namun yang menjadi masalahnya adalah terdapat malware dan virus yang terintegrasi dengan data tertentu yang membuat file Anda menghilang ketika Anda mencoba mengaksesnya. Ini merupakan masalah umum yang sering terjadi. Oleh karena itu, Anda harus menanganinya dengan hati-hati. Masalah seperti file yang berada di drive USB hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh merupakan salah satu contoh kerusakan yang disebabkan oleh virus yang sangat umum dan menyerang drive dengan kecepatan yang mengerikan.

2. File yang Mungkin Tersembunyi

Proses ini mudah dan Anda bisa memunculkan file Anda dengan mudah agar Anda bisa mengakses data Anda tanpa repot. Jika Anda memiliki drive USB yang terlindungi, maka ya, Anda akan menghadapi masalah di mana file Anda yang berada di USB telah hilang, tetapi ruang penyimpanannya masih penuh. Oleh karena, itu Anda harus membuat perubahan karenanya.

3. Serangan Virus

Tipe serangan virus yang paling umum adalah membuat salinan dari file dan menyembunyikan file yang asli. Virus jenis Shortcut akan membuat file Anda menghilang seluruhnya dan virus ini juga akan tersebar jika Anda mengklik tautan yang tersedia. File yang terdapat di flash drive USB hilang tetapi ruang penyimpanan ini sudah penuh karena kemungkinan virus menyembunyikan file Anda yang terkadang membuatnya menjadi tidak bisa dipulihkan tanpa menggunakan software profesional.

4. Kerusakan Fisik pada USB

Kerusakan fisik pada USB bisa juga menjadi salah satu alasan umum yang membuat file menjadi tersembunyi dan tidak bisa dilihat. Namun, juga terdapat sisi baiknya, babhwa tersedia jalan keluar untuk masalah ini. Kerusakan fisik menjadi salah satu alasan yang juga bisa membuat file di thumb drive USB hilang, akan tetapi ruang penyimpanan pada drive USB sudah penuh.


Bagian 2: Bagaimana Cara dalam Mengatasi Masalah ini?

Terdapat berbagai solusi yang tersedia untuk masalah ini dan Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah tanpa harus melakukan usaha yang lebih banyak. Pada artikel bagian ini akan membahas semua solusi yang mudah dan memungkinkan untuk diterapkan untuk memulihkan file Anda yang hilang di drive USB tetapi ruang penyimpanan pada drive USB sudah penuh.

Metode 1: Perlihatkan File dan Folder

Metode ini mudah untuk diterapkan. Untuk memastikan bahwa masalah mengenai file yang ada pada stik memori USB Anda hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh ini sudah terpecahkan, maka ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Langkah 1: Carilah kontrol panel dan bukalah setelah Anda menemukannya.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 1

Langkah 2: Pastikan bahwa Anda berada di tampilan kategori dari kontrol panel.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 2

Langkah 3: Ikuti jalur Penampilan dan Personalisasi > Opsi Folder > Tampilkan File dan Folder yang Tersembunyi. Langkah tersebut akan menyelesaikan proses ini sepenuhnya.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 3

Metode 2: Aktifkan Ulang Komputer dan Hubungkan Kembali Drive USB

Ini merupakan faktor penting lainnya yang bisa memberikan pemecahan masalah. Anda hanya perlu mengaktifkan ulang komputer Anda dan mungkin ini hanyalah error yang sementara. Pada sistem Anda, aktifkan ulang koneksi drive USB Anda untuk menyelesaikan masalah file di stik USB hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

Perlu diperhatikan bahwa masalah ini hanya akan bekerja jika errornya hanya bersifat sementara. Pada kebanyakan kasus, solusi ini tidak akan bekerja sama sekali dan Anda harus mencari alternatif lain untuk memperbaiki virus yang menyerang file di stik USB Anda sehingga mengakibatkan file tersebut hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh

Metode 3: Cari File yang Hilang dengan Menggunakan Jalur Folder Mereka

Proses untuk menyingkirkan virus yang menyebabkan file di stik USB hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh itu sangatlah sederhana. Anda hanya perlu meng-klik pada jalur yang ada di bagian atas, kemudian mengarahkannya sampai akhir. Letakkan garis miring terbalik dan tulis nama folder di akhir. Gambar tangkapan layar di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda mengenai proses untuk menyelesaikan masalah dari file di USB yang hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 4

Metode 4: Perbaiki Error yang terjadi pada Sistem File

Proses untuk menyelesaikan masalah dari file di USB yang hilang tetapi ruang penyimpanan penuh sudah dijelaskan pada langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Setelah USB sudah terhubung dengan komputer Anda, maka selanjutnya tekanlah tombol Windows + E untuk mengakses file explorer.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 5

Langkah 2: Klik kanan pada drive USB setelah sistem Anda mengenalinya. Pilihlah Properti.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 6

Langkah 3: Di bawah tab Alat, klik pada tombol "Periksa Sekarang". Sistem file USB akan memindai drive untuk semua error apa pun itu. Langkah inilah yang akan menyelesaikan seluruh prosesnya.

file usb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh 7


Bagian 3: Pulihkan File yang Hilang dari Drive USB dengan Menggunakan Recoverit Data Recovery

Apabila file sudah dihapus untuk alasan apa pun sebagai hasil dari proses yang sudah disebutkan di atas, maka Anda harus menggunakan Recoverit Data Recovery. Program ini sangat canggih dan juga akan memastikan bahwa hasil yang dihasilkan merupakan yang terbaik dan sempurna. Keseluruhan manajemen dari program ini mudah, begitu pula dengan antarmukanya. Dengan menggunkan program ini, Anda bisa memulihkan file dan folder yang tersembunyi dengan mudah, serta mampu menghilangkan virus untuk file yang hilang di stik USB tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

fitur software recoverit

Recoverit Data Recovery - Software Pemulihan Berkas Terbaik

  • Recoverit Data Recovery memungkinkan Anda untuk memulihkan data dari laptop, recycle bin, hard drive internal atau eksternal, dan sistem yang rusak.
  • Dengan beberapa langkah mudah dalam beberapa menit saja, Anda bisa memulihkan data Anda yang sudah hilang.
  • Program ini sesuai dengan Windows dan Mac karena keduanya adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan.

 

Bagaimana Cara Memulihkan File yang Hilang dengan menggunakan Recoverit Data Recovery?

Proses yang perlu Anda ikuti telah dijelaskan di bawah ini. Ini merupakan cara yang mudah, cepat, dan terpercaya untuk menghilangkah virus yang menyerang file di stik USB sehingga mengakibatkan file tersebut hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

Langkah 1: Memulai Proses

Jalankanlah program tersebut setelah proses download selesai dan telah diinstal di sistem Anda.

jalankan recoverit

Langkah 2: Pilih Lokasi

Pilih lokasi di sistem Anda, di mana Anda ingin memindainya. Semua drive sudah terdeteksi secara otomatis dengan menggunakan program ini.

antarmuka recoverit

Langkah 3: Memulai Prosesnya

Klik mulai untuk memulai proses pemulihan data.

beroperasi saat sedang memindai

Langkah 4: Tinjaulah Sebelum Menyimpannya

Tinjau kembali file yang ingin Anda simpan dan hapus yang lainnya untuk menyelesaikan seluruh proses ini.

pratinjau foto yang dipulihkan


Bagian 4: Tips Tambahan: Cara Menghindari Hilangnya Data Drive USB di Masa Depan

Terdapat beberapa tips dan trik yang perlu Anda ikuti untuk memastikan bahwa kehilangan data pada drive USB Anda sudah dicegah yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan file di stik USb hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh. Beberapa tips sudah disebutkan di bawah ini.

Selalu gunakan opsi "Hapus Hardware dengan Aman" setelah semua pekerjaan yang berhubungan dengan USB sudah selesai. Hal ini akan mencegah masalah kehilangan data seperti yang sepenuhnya. Memutuskan sambungan antara USB Anda dengan sistem secara tiba-tiba bisa membuat penyimpanan Anda rusak. Dengan cara ini, itu berarti Anda sudah memberi tahu sistem bahwa proses transfer data sudah selesai dan USB akan dilepaskan sekarang. Hal ini juga akan mencegah serangan virus pada file di stik USB yang menyebabkan file tersebut hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

Ini merupakan aspek penting lainnya yang perlu Anda perhatikan jika Anda membutuhkan transfer data. Hal ini akan memastikan bahwa data di USB Anda sudah aman untuk ditransfer dan hasil pemindaian menunjukkan tidak adanya error pada USB Anda. Langkah ini juga akan menyimpan keseluruhan data Anda yang ada di folder tujuan. Namun, Anda sudah harus memiliki anti virus di sistem Anda untuk menghindari virus yang dapat membuat file di stik USB hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

Apabila Drive USB sudah tidak bisa dikenali sejak awal, maka jangan terlalu sering memasukkan Drive USB Anda. Jika hal ini terjadi, maka drive USB tidak akan bisa diakses dan justru menyebabkan data di dalamnya hilang. OS Windows memiliki alat pengenal USB bawaan dan alat tersebut akan memberitahu OS apabila USB sudah dimasukkan. Jika Anda mengulang prosesnya, maka hal itu justru akan menimbulkan virus yang membuat file di stik USB hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.


Video tutorial: Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Masalah File USB yang Tidak Muncul tetapi Ruang Penyimpanan Penuh? [5 Solusi]

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Kesimpulan

Recoverit Data Recovery merupakan solusi utama untuk memastikan bahwa data sudah dipulihkan sebagai akibat dari masalah file di stik USB yang hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh. Dengan menggunakan program ini, proses pemulihan data Anda akan menjadi sangat mudah. Dengan antarmuka yang mudah dipahami, program ini sangat luar biasa.

Selain itu juga disarankan untuk menerapkan skenario yang berhubungan dengan perangkat USB terlebih dahulu untuk mendapatkan data Anda kembali. Selama proses ini, jika terjadi kesalahan, maka Recoverit Data Recovery selalu siap untuk melindungi data Anda dan memulihkan data yang hilang sebagai hasil dari solusi untuk masalah file di USB yang hilang tetapi ruang penyimpanan sudah penuh.

You Might Also Like

Recoverit author

Sue Wayne

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > File yang Terdapat di USB Hilang tetapi Ruang Penyimpanan ini Sudah Penuh: Masalah Terpecahkan