7 Solusi untuk "Beberapa File yang Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir"

Bagaimana cara Memperbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Backup Data • Proven solutions

0

Untuk membuat backup data iPhone, iCloud backup adalah pilihan pertama bagi banyak pengguna. Ini adalah cara termudah untuk melindungi data dari berbagai kemungkinan untuk kehilangan data. Di iCloud, pengguna dapat menyimpan berbagai macam data seperti gambar, video, dokumen, kontak, dan masih banyak lagi. Namun, beberapa pengguna iPhone telah melaporkan bahwa selama iCloud backup berlangsung, mereka menerima eror "beberapa file tidak tersedia selama backup terakhir". Pengguna tidak dapat melakukan iCloud backup. Itu sebabnya kami membuat artikel dengan beberapa solusi ini untuk memperbaiki eror yang mengganggu selama iCloud backup.

Mari beralih ke solusi yang paling efektif untuk memperbaiki masalah yang Anda hadapi. Selain itu, solusinya akan berfungsi untuk semua model iPhone, termasuk yang terbaru.

Solusi 1 Periksa Koneksi Wi-Fi

Anda akan terbiasa dengan fakta bahwa proses backup iCloud memerlukan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi Wi-Fi Anda buruk, itu juga merupakan alasan mengapa Anda mengalami eror ini selama proses backup. Mungkin juga iPhone Anda kehilangan koneksi internet selama backup. Jadi, Anda harus memastikan bahwa dari awal hingga akhir, iPhone Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan lancar selama seluruh proses backup. Selain itu, Anda juga dapat memulai ulang router Wi-Fi untuk mendapatkan kecepatan internet yang stabil. Untuk memeriksa koneksi Wi-Fi di iPhone Anda, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  1. Pergi ke aplikasi "Pengaturan".
  2. Buka opsi "Wi-Fi" dan aktifkan Wi-Fi jika nonaktif. Jika koneksi internet Anda buruk atau putus, maka tampilannya akan terlihat seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Perbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir dengan Koneksi Wi-Fi

Solusi 2 Cek Penyimpanan iCloud

Jika Anda mendapatkan eror "beberapa file tidak tersedia selama backup terakhir", alasan lainnya mungkin karena penyimpanan iCloud yang tidak mencukupi. Karena backup iCloud juga memerlukan penyimpanan yang cukup bersama dengan koneksi internet yang stabil untuk melakukan proses backup dengan lancar. Jika penyimpanan iCloud Anda kehabisan ruang, Anda perlu mengelola atau mengosongkan ruangnya untuk mengatasi eror ini. Untuk memeriksa penyimpanan iCloud, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini pada iPhone Anda:

1. Buka menu atau aplikasi "Pengaturan", lalu klik [Nama Anda]. Sekarang, gulir ke bawah layar iPhone Anda untuk membuka opsi "iCloud".

Perbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir dengan Penyimpanan iCloud

2. Setelah itu, penyimpanan iCloud akan ditampilkan di halaman iCloud. Jika tidak mencukupi, ketuk "Kelola Penyimpanan" untuk mengosongkan ruangnya.

Cek Penyimpanan iCloud

Setelah mendapatkan penyimpanan iCloud yang cukup, coba lagi untuk backup iCloud. Mudah-mudahan, Anda tidak menghadapi eror lagi saat proses backup berlangsung.


Solusi 3 Sambungkan kembali Akun iCloud

Menyambungkan kembali akun iCloud juga dapat memperbaiki eror, jika masalahnya ada pada iCloud. Tindakan seperti keluar lalu masuk lagi dapat dilakukan untuk memperbaiki eror yang terkait dengan backup iCloud. Anda akan dapat melakukan backup iCloud tanpa menghadapi masalah apa pun.

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" dan klik [ID Anda].
  2. Gulir ke bawah layar dan ketuk opsi "Keluar". Setelah beberapa menit, masuk lagi ke Akun iCloud.
Perbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir dengan Akun iCloud

Solusi 4 Matikan Semua Aplikasi di Latar Belakang

Salah satu alasan utama mengapa Anda menemukan eror "beberapa file tidak tersedia selama backup terakhir" adalah karena Anda telah membuka berbagai aplikasi di latar belakang. Ini menyebabkan hambatan selama proses backup. File yang Anda akses melalui backup tidak dapat diakses, jika Anda sudah membukanya di aplikasi lain. Jadi, untuk memperbaiki eror yang terjadi karena alasan ini, Anda harus menutup atau mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di iPhone atau iPad sangatlah sederhana.

  1. Ketuk ganda tombol "Beranda" untuk membuka pratinjau aplikasi, yang menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan.
  2. Sekarang, geser semua aplikasi ke atas untuk mematikannya.
Matikan semua aplikasi di latar belakang

Catatan!
Jika Anda menggunakan iPhone X, geser ke atas dari bagian bawah layar iPhone Anda dan tekan pratinjau aplikasi hingga ikon merah muncul di pojok kiri atas. Kemudian, geser pratinjau aplikasinya ke atas untuk mematikannya.


Solusi 5 Nyalakan Ulang iPhone Anda

Menyalakan ulang iPhone adalah salah satu solusi efektif untuk memperbaiki banyak masalah yang dihadapi iPhone Anda. Semua masalah kecil pada software dapat diselesaikan hanya dengan memulai ulang iPhone. Proses memulai ulang setiap model iPhone itu berbeda-beda. Itu sebabnya kami menyediakan proses menyalakan ulang setiap model iPhone di sini. Anda bisa melakukannya sesuai dengan model iPhone Anda.

Pada iPhone 6 dan model sebelumnya:

Tekan dan tahan tombol Home dan sleep/wake secara bersamaan. Tetap tahan sampai Anda tidak melihat logo Apple di layar iPhone Anda.

Mulai ulang iPhone 6

Pada iPhone 7/7 Plus:

Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan volume turun secara bersamaan. Lepaskan kedua tombol saat Anda melihat logo Apple di layar iPhone Anda.

Mulai ulang iPhone 7

Pada iPhone 8 or 8 Plus/ iPhone X:

Pertama, Anda perlu menekan dan melepaskan tombol Volume naik dengan cepat. Kemudian, tekan dan lepaskan tombol Volume turun dengan cepat. Terakhir, tahan tombol samping hingga logo Apple tidak muncul di layar iPhone Anda.

Mulai ulang iPhone 8

Setelah proses memulai ulang selesai, lakukan lagi proses backup iCloud, dan periksa apakah masih eror atau tidak. Kemungkinan besar, menyalakan ulang pasti akan memperbaiki erornya.


Solusi 6 Hapus Backup Terakhir

Jika semua solusi yang disebutkan di atas tidak dapat menyelesaikan eror "beberapa file tidak tersedia selama backup terakhir", coba hapus backup iCloud saat ini, lalu buat lagi. Solusi ini berfungsi untuk beberapa pengguna iPhone yang telah mengalami eror ini dan Anda boleh mencobanya. Terkadang, di penyimpanan iCloud Anda, beberapa file bisa korup yang menyebabkan Anda mengalami eror ini selama proses berlangsung. Anda dapat menghapus backup iCloud terakhir dari iPhone Anda dengan mudah, tanpa bergantung pada alat pihak ketiga mana pun.

  1. Di iPhone Anda, buka aplikasi "Pengaturan" dan klik ID Apple Anda.
  2. Kemudian, buka opsi "iCloud" dan ketuk "Kelola Penyimpanan". Di sini, pilihlah backup iPhone yang ingin Anda hapus. Terakhir, ketuk tombol "Hapus Backup".
Hapus backup terakhir

Solusi 7 Perbarui iPhone Anda

Alasan lain mengapa Anda dapat mendapat eror ini adalah pembaruan software. Jika iPhone Anda mendapatkan versi iOS terbarunya, tetapi Anda belum memperbarui iPhone Anda, itu juga bisa menjadi alasannya. Jadi, Anda perlu menginstal software terbaru di iPhone Anda. Untuk mendownload software terbaru, pertama-tama Anda perlu memeriksa apakah Anda mendapatkan pembaruannya atau tidak. Selain itu, dengan menginstal versi iOS terbaru, bahkan masalah bug kecil pada iPhone Anda pun dapat teratasi.

  1. Pergi ke aplikasi "Pengaturan" di iDevice Anda, kemudian buka opsi "Umum".
  2. Lalu, ketuk "Pembaruan Software". Jika pembaruannya tersedia, download dan instal-lah di iPhone Anda.
Perbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir dengan Memperbarui iPhone

Kesimpulan

Oleh karena itu, dalam panduan ini, kami telah memberikan solusi yang kredibel untuk memperbaiki eror beberapa file tidak tersedia selama backup terakhir. Jadi, semoga dengan solusi yang disebutkan di atas, Anda dapat mengatasi eror backup iCloud di iDevice Anda. Seiring dengan masalah backup iCloud, jika Anda juga mencari metode backup PC Windows dan laptop, maka AOMEI Backupper Professional adalah alat terbaik yang dapat Anda miliki. Ini adalah software backup paling andal yang mendukung semua sistem operasi Windows. Ini dirancang untuk penggunaan profesional maupun pribadi. Software ini menawarkan banyak fitur luar biasa yang membuatnya sangat disukai oleh banyak pengguna di seluruh dunia.

membackup data
  • Memungkinkan Anda untuk membackup sistem, disk, partisi, dan file secara otomatis, lengkap, inkremental, dan diferensial.
  • Mendukung restore sistem, restore disk, pemulihan hardware yang berbeda, restore partisi, dan restore file selektif.
  • Mendukung klon disk, klon partisi/volume, klon fleksibel, klon sistem, dan klon baris perintah.
  • Mendukung Windows 10, Windows 8.1/8, Windows 7, Vista, dan XP (semua edisi, 32/64-bit)

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Backup Data > Bagaimana cara Memperbaiki Beberapa File Tidak Tersedia Selama Backup Terakhir?