Melakukan Reset Pabrik Dell Alienware: Berikut 2 Solusi Bertahap

Bagaimana Cara untuk Melakukan Reset Pabrik Dell Alienware | 2 Solusi Bertahap

Wondershare Recoverit Authors

Jan 13, 2023 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0
"Sistem Dell Alienware Area-51 saya mengalami beberapa masalah dan saya ingin melakukan reset pabrik. Dapatkah seseorang memberitahu saya bagaimana cara mengatur ulang Alienware ke pengaturan pabrik tanpa kehilangan data saya?"

reset pabrik alienware 1

Jika anda memiliki pertanyaan serupa mengenai reset pabrik Alienware, maka ini akan menjadi postingan yang sempurna untuk anda. Dimiliki oleh Dell, Alienware adalah seri laptop dan desktop khusus yang dirancang terutama untuk pemrosesan kelas atas. Meski sistem Alienware hadir dengan banyak fitur, terkadang pengguna hanya ingin melakukan reset keras Alienware untuk pemecahan masalah atau alasan lainnya. Nah, dalam postingan ini, saya akan memberi tahu anda cara mengembalikan Alienware ke pengaturan pabrik dengan dua cara berbeda.

Bagian 1: Mengenai Dell Alienware

Alienware adalah perusahaan produsen perangkat keras dan sistem populer yang didirikan pada tahun 1996 dan beroperasi dari Miami. Meski demikian, pada tahun 2006 ketika Dell mengakuisisi Alienware dan memberikan daya tarik internasional dengan memperluas jangkauannya ke 35 negara. Dewasa ini, sistem Alienware digunakan terutama untuk bermain game karena fitur pemrosesan, suara, dan tampilannya yang canggih.

Hingga sekarang, Alienware menawarkan berbagai macam notebook serta desktop yang berjalan pada firmware Windows. Jajaran di antaranya mencakup laptop berukuran 18, 17, 15, 14, 13, 12, and 11.6 inci berdasarkan prosesor yang berbeda. Di sisi lain, jajaran desktop memiliki beberapa seri yang populer seperti Area-51, Aurora, dan X51.

reset pabrik alienware 2


Bagian 2: Bagaimana Cara untuk Melakukan Reset Pabrik Alienware?

Terdapat berbagai cara untuk mengembalikan laptop Alienware ke pengaturan pabrik saat ini. Jika anda sudah memiliki driver pemulihan untuk sistem anda, maka anda dapat mencobanya jika tidak, anda dapat meminta bantuan dari AlienRespawn.

Metode 1: Reset Pabrik Alienware dengan Drive Pemulihan

Ideanya, ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatur ulang Alienware ke pengaturan pabrik tanpa masalah. Untuk ini, anda harus memiliki drive pemulihan yang sudah dikelola yang bisa digunakan untuk pemecahan masalah. Begini cara anda mempelajari cara melakukan reset pabrik Alienware dengan drive pemulihan.

Langkah 1. Pertama, anda perlu membuat drive pemulihan untuk sistem Alienware anda. Untuk ini, pasang drive USB yang memiliki ruang kosong sekurang-kurangnya 8-16GB di dalamnya.

Langkah 2. Sekarang, pergi ke Start menu dan cari pilihan Drive pemulihan untuk meluncurkan aplikasi untuk membuat drive pemulihan baru. Anda juga dapat masuk ke pengaturan > pemulihan untuk membuat drive pemulihan juga.

reset pabrik alienware 3

Langkah 3. Ini akan meluncurkan aplikasi khusus yang bisa anda ikuti untuk membuat drive pemulihan. Pertama, anda harus memilih apakah anda ingin mencadangkan data pengguna atau tidak.

reset pabrik alienware 4

Langkah 4. Selanjutnya, pilih drive USB yang terhubung dan pastikan drive tersebut memiliki penyimpanan yang cukup untuk menampung data pemulihan. Selain itu, data yang ada pada drive USB akan terhapus selama proses.

reset pabrik alienware 5

Langkah 5. Bagus! Begitu drive pemulihan dibuat, anda dapat masuk ke pengaturan sistem anda > Pemulihan dan melakukan boot lanjutan. Anda juga dapat memulai ulang sistem anda dan menekan tombol kunci yang relevan (F8 atau F12 dalam banyak kasus) untuk melakukan boot lanjutan.

Langkah 6. Setelah Jendela Advanced Boot dimuat, anda akan mendapatkan berbagai opsi di layar. Cukup buka opsi "Troubleshoot" dan pastikan bahwa drive pemulihan USB terhubung ke sistem.

reset pabrik alienware 6

Langkah 7. Dari opsi pemecahan masalah yang tercantum, cukup klik pada fitur "restore from a drive" untuk melanjutkan.

reset pabrik alienware 7

Langkah 8. Abda sejarabg cukup mengikuti proses klik-tayang untuk mengembalikan Alienware ke pengaturan pabrik. Anda juga dapat memutuskan apakah anda hanya ingin menghapus file anda atau menghapus seluruh drive selama proses pemulihan juga.

reset pabrik alienware 8

Itu saja! Setelah proses pemulihan selesai, sistem Alienware anda akan dihidupkan ulang dengan pengaturan pabrik.

Metode 2: Gunakan AlienRespawn untuk Memulihkan Komputer Anda

Terlepas dari fitur asli Windows, anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus seperti AlienRespawn untuk memulihkan sistem anda. AlienRespawn adalah aplikasi bawaan populer dari sistem alienware yang sebagian besar digunakan untuk mencadangkan dan memulihkan data kita. Ia juga dapat membantu anda membuat image sistem yang nantinya dapat anda gunakan untuk sebuah reset pabrik Alienware.

Langkah 1. Pertama, jalankan aplikasi AlienRespawn dan pasangkan drive USB yang cocok dengan komputer anda. Dari sini, anda dapat memilih untuk membuat image sistem di komputer anda.

reset pabrik alienware 9

Langkah 2. Setelah itu, nyalakan ulang komputer anda dan gunakan tombol fungsi yang ditunjuk (seperti F12 atau F8) untuk mendapatkan opsi pemulihan sistem. Dari opsi yang disediakan, cukup pilih dan luncurkan bagian "Alienware Restore and Emergency backup".

reset pabrik alienware 10

Langkah 3. Tahap ini akan meluncurkan aplikasi khusus yang dapat anda ikuti untuk memperbaiki masalah pembaruan Alienware yang tidak berfungsi. Pertama, masuk ke opsi percadangan lainnya dan pilih bagian "Restore my Computer" (pulihkan komputer saya).

reset pabrik alienware 11

Langkah 4. Dari daftar image sistem yang tersedia, cukup pilih image sistem pabrik dan lanjutkan.

reset pabrik alienware 12

Langkah 5. Selanjutnya, anda dapat memilih untuk memulihkan sistem anda ke pengaturan pabrik tanpa mempertahankan file anda dan menyelesaikan prosesnya.

reset pabrik alienware 13

Ngomong-ngomong, anda mungkin juga ingin tahu cara reset pabrik di Windows 7.


Bagian 3: Bagaimana Cara untuk Mengembalikan Data Yang Hilang akibat Reset Pabrik?

Tutorial video: Cara Memulihkan Data Hilang di Windows 10/8/7 dengan mudah

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lainnya >

Seperti yang anda lihat, ketika melakukan reset pabrik di Laptop atau desktop Alienware, kita mungkin kehilangan file penting kita. Dalam hal ini, anda dapat meminta bantuan dari Wondershare Recoverit Data Recovery, yang merupakan aplikasi pemulihan lengkap. Ia dapat membantu anda mengembalikan data anda yang hilang, terhapus, dan tidak dapat diakses yang bisa hilang dalam berbagai skenario. Aplikasi ini mendukung setiap jenis data utama dan juga memungkinkan kita menyediakan pratinjau file kita. Begitu anda menginstal Recoverit pada Alienware anda, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut untuk memulihkan data anda.

memulihkan data yang telah dihapus

Pemulihan Data Recoverit - Software Pemulihan File Terbaik

  • Pemulihan file yang rusak dari komputer, hard drive USB, kartu memori secara efektif, aman, dan lengkap.
  • Mendukung untuk mengembalikan file yang rusak dan hilang karena serangan virus, program crash atau komputer yang kehilangan daya.
  • Memulihkan semua jenis data dan file dengan tingkat keberhasilan tinggi dan tanpa kehilangan kualitas file.
  • OS yang didukung: Windows 11/10/8/7/XP/Vista dan Mac OS X 10.10 - macOS 13 (Ventura).

Langkah 1: Pilih lokasi untuk dipindai

Setelah aplikasi diluncurkan, anda dapat memilih lokasi untuk memindai data anda yang hilang. Anda dapat memilih seluruh drive jika anda menginginkannya, suatu partisi, atau folder manapun.

antarmuka recoverit

Langkah 2: Tunggu sampai pemindaian selesai

Sekarang, anda tinggal menunggu beberapa menit hingga Recoverit menyelesaikan proses ekstrasi. Anda dapat melihat progress dari indikator di layar bahkan menghentikan proses jika anda menginginkannya.

pengoperasian selama pemindaian

Langkah 3: Pratinjau dan pulihkan data anda

Setelah proses selesai, anda dapat melihat semua file yang diesktrak yang tercantum di bawah berbagai kategori. Terdapat juga berbagai filter di samping yang bisa anda gunakan untuk mencari file anda.

filter file

Pada akhirnya, anda bahkan dapat melihat pratinjau foto, video, dokumen, dsb. dan memilih apa yang ingin anda simpan. Klik pada tombol "Recover" sekarang dan telusuri ke lokasi untuk menyimpan data anda.

foto-foto pratinjau yang telah dipulihkan

Saya yakin setelah anda membaca panduan ini anda dapat melakukan reset pabrik Alienware di laptop atau desktop anda. Untuk mempermudah anda, saya telah menemukan solusi dua langkah demi langkah untuk mengembalikan Alienware ke pengaturan pabrik di dalam postingan ini. Ini akan membantu anda memecahkan masalah dengan sistem anda dan memperbaiki masalah seperti pembaruan alienware tidak berfungsi. Selain itu, jika anda kehilangan data anda selama proses, maka anda bisa mencoba Recoverit dan mengekstrak file anda yang hilang dalam sekejap.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Bagaimana Cara untuk Melakukan Reset Pabrik Dell Alienware | 2 Solusi Bertahap