Cara melakukan atur ulang pabrik di Windows 7?

Cara Melakukan Atur Ulang Pabrik di Windows7

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Jika sistem di Windows menjadi korup atau menghadapi isu software yang serius, pengguna perlu melakukan pengaturan ulang pabrik di sistem. Pada akhirnya, semua sistem mulai alami ketinggalan dan isu pada kinerja, yang hanya bisa diperbaiki dengan cara pengaturan ulang pabrik. Jadi, hari ini, kami akan jelajahi tentang caranya atur ulang pabrik di Windows 7.

Lihatlah petunjuk ini dengan seksama, dan Anda akan bisa selesaikan masalah di Windows 7. Marilah kita mulai.

Bagian 1: Mengapa Harus Atur Ulang Pabrik Windows 7?

Setiap perangkat elektronik punya fitur atur ulang pabrik yang bisa pulihkan perangkat kembali ke kondisi semula dengan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat. Dan komputer juga mempunyai fungsi pengaturan ulang pabrik. Terdapat beberapa alasan untuk melakukan pengaturan ulang pabrik Windows 7, yang termasuk:

Tentu saja, disini bisa ada lebih banyak alasan untuk melakukan pengaturan ulang pabrik di Windows 7 Anda. Contohnya, jika sistem Anda alami beberapa isu minor karena kesalahan saat melakukan operasi, Anda bisa atur ulang pabrik di Windows 7 untuk memperbaikinya.


Bagian 2: Buat File Cadangan Sebelum Sistem Dipulihkan:

Kini setelah memutuskan melakukan pengaturan ulang pabrik di perangkat, kita perlu membuat cadangan file terlebih dahulu. Atur ulang pabrik di Windows 7 melalui disk Windows akan menghapus setiap data dan partisi dari sistem Anda. Jadi, kita harus ekstrak dahulu semua file yang prioritas.

Anda bisa putuskan antara menggunakan peralatan Cadangan di Windows atau peralatan pihak ketiga untuk cadangan. Setelah pengaturan ulang selesai, Anda akan dapatkan kembali file di sistem dengan menggunakan cadangan.


Bagian 3: Caranya Atur Ulang Pabrik di Windows 7?

Di bagian ini, kami akan diskusikan dua cara terkait atur ulang pabrik, pertama dengan instal CD/DVD dan satu lagi tanpa CD/DVD. Pilihlah opsi berdasarkan kondisi Anda.

3.1 Pengaturan Ulang Pabrik dengan Instalasi CD/DVD:

Satu hal yang perlu disesali ketika melakukan pengaturan ulang pabrik di Windows 7 Profesional ini adalah tidak punya bawaan refresh dan opsi pengaturan ulang seperti versi yang lainnya. Tetapi, jika Anda punya disk atau media instalasi untuk Windows 7, maka anda bisa menggunakan ini untuk instal ulang OS. Berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk diikuti.

Langkah 1: Buka di Pemulihan > Pilihlah metode Pemulihan Lanjutan di bagian bawah Pemulihan Sistem.

pilih metode pemulihan lanjutan

Langkah 2: Pilihlah opsi Instal ulang Windows (memerlukan disk untuk instalasi Windows) dan selanjutnya. Lewat bawaan, sistem akan mengingatkan Anda buat cadangan dahulu. Dan jika Anda sudah membuat cadangan, silahkan lewati cadangan dan klik langsung pada tombol "Restart".

muat ulang dan atur ulang pabrik

Langkah 3: Karena sistem restart, maka proses atur ulang pabrik akan dimulai, dan semuanya yang ada di sistem akan terhapus.

3.2 Pengaturan Ulang Pabrik tanpa Instalasi CD/DVD:

Jika Anda tidak punya CD atau DVD untuk instalasi, maka Anda bisa gunakan perintah prompt untuk metode pengaturan ulang Windows 7. Metode ini meliputi Pemulihan Sistem yang lengkap dengan pergunakan Mode Aman. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti sudah diberikan di bawah ini:

Langkah 1: Restart komputer dan tekan F8 untuk masuk ke layar Boot. Pada opsi Boot Lanjutan, pilihlah "Mode Aman dengan Perintah Prompt" dan tekan enter.

mode aman dengan perintah prompt

Langkah 2: Masuk sebagai Admin dan ketik perintah- rstrui. exe. Tekan enter dan ikuti instruksi wizard saat melanjutkan pemulihan sistem.

Atau

Langkah 2 (Alternatif): Anda bisa pilih "Perbaiki Komputer Anda" dari Opsi Boot Lanjutan di layar. Jendela Opsi Pemulihan Sistem akan muncul dan pilihlah opsi Pemulihan Sistem.

pemulihan sistem Windows 7 dengan atur ulang pabrik

Ikutilah instruksi secara seksama untuk selesaikan atur ulang pabrik. Semua merk, meliputi HP, Asus, Sony Vaio, Lenovo, dan Toshiba, juga sediakan peralatan pemulihan yang sudah disediakan untuk tujuan ini. Dan disana terdapat petunjuk terperinci caranya atur ulang komputer Alienware.


Bagian 4: Pemulihan Data yang Hilang setelah Melakukan Atur Ulang Pabrik:

Jika Anda sudah melakukan atur ulang pabrik Windows 7 dan tanpa sengaja kehilangan file, maka Anda berada pada halaman yang tepat. Kami mempunyai solusi yang tepat untuk masalah data Anda yang hilang. Perangkat Pemulihan Data Recoverit telah sediakan solusi untuk jutaan pengguna yang juga menderita karena masalah kehilangan data. Jadi, ketika Anda kehilangan data karena atur ulang pabrik atau sistem yang rusak, sangat mungkin dapatkan kembali semua file tanpa kerumitan.

Software ini menyediakan fitur vital yang mengizinkan pengguna untuk memperoleh semuanya kembali:

memulihkan data yang terhapus

Recoverit Data Recovery - Software Pemulihan Berkas Terbaik

  • Peroleh kembali semua file termasuk, gambar, video, file audio, email, arsip dan yang lainnya dengan mendukung format lebih dari 1000+
  • Memindai seluruh perangkat penyimpanan seperti drive USB, SSD, hard drive, flash drive, dan yang lainnya dengan cepat
  • Garansi solusi pemulihan data 100% dengan sistem pemindaian lanjutan

Untuk melakukan Pemulihan Data dengan Recoverit, pertama Anda harus download dan instal software aplikasi pada sistem Anda terlebih dahulu. Lalu ikutilah petunjuk yang diberikan disini:

Langkah 1: Jalankan Recoverit:

Jalankan program pada sistem Anda dan tentukan lokasi khusus untuk tempatkan file. Lalu tekan tombol "Mulai" untuk mulai memindai.

antarmuka recoverit

Langkah 2: Pindai Lokasi:

Dengan bawaan, Recoverit akan melakukan Seluruh Pemindaian. Cuma butuhkan waktu beberapa saat saja selesaikan pemindaian jika ukuran file kecil.

beroperasi saat sedang memindai

Software ini bisa "Jeda" atau "Berhenti" kapan saja pada saat memindai. File ini semua akan terdaftar di layar melalui Path File atau Tipe File. Anda bisa gunakan tambahan filter untuk temukan file yang perlu dipulihkan.

Langkah 3: Pilih dan Pulihkan:

Ketika Anda sudah menandai file tersebut, mulailah untuk memilih. Recoverit mengizinkan Anda untuk melakukan pemulihan yang selektif, yang berarti kita bisa memilih file yang ingin kita ambil kembali. Pilihlah file secara hati-hati dan tinjaulah untuk pastikan data bisa diakses.

audio yang dipulihkan sebelumnya

Terakhir tekan tombol "Pulihkan" dan tentukan dimana Anda ingin simpan file. Akan butuh waktu beberapa saat untuk memulihkan semuanya, tetapi Anda perlu simpan data di lokasi yang berbeda dari untuk menghindari resiko data yang tertimpa.


Kesimpulan:

Biasanya, atur ulang di Windows 7 dilakukan jika sistem sudah mengalami kerusakan yang signifikan. Apapun alasannya melakukan atur ulang pabrik, silahkan ikuti petunjuk dan memperbaiki sistem Anda. Dan jika Anda masih ragu mungkin akan kehilangan beberapa file, jalankan Pemulihan Data Recoverit untuk peroleh kembali semua yang hilang dari perangkat.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Cara Melakukan Atur Ulang Pabrik di Windows7