Perbaikan - Kesalahan yang Tidak Dapat Ditentukan Saat Menyalin Folder File di Windows 10

Cara Memperbaiki Kesalahan yang Tidak Dapat Ditentukan Saat Menyalin File atau Folder di Windows 10

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Backup Data • Proven solutions

0
T: Bagaimana cara memperbaiki kesalahan yang tidak dapat ditentukan saat menyalin file atau folder di windows 10?
"Saya memiliki banyak sekali file yang disimpan di komputer saya. File-file tersebut sangat penting bagi saya karena mereka merupakan tugas universitas dan detail pekerjaan kantor. Ada email tersimpan yang termasuk formulir-formulir resmi, kartu masuk dan silabus universitas saya. Kemarin, saya mencoba menyalin beberapa file berukuran 3GB ke drive F:, tetapi saya selalu saja gagal melakukannya. Komputer saya malah menunjukkan pesan kesalahan "Kesalahan menyalin file atau folder" yang berarti saya tidak dapat menempelkan file. Saya tidak tahu bagaimana cara menangani situasi ini. Saya berusaha untuk mengetahui solusi untuk menyelamatkan file-file dan folder-folder penting saya."

Pengguna Windows 8/7/10 cenderung mendapati kesalahan yang tidak dapat ditentukan ini saat mereka sedang menyalin file ataupun folder. Ada banyak akar penyebab dari masalah ini; beberapa mungkin disebabkan karena serangan virus, masalah memori dan lainnya. Kesalahan yang tidak dapat ditentukan saat menyalin file atau folder apa pun ini dapat diperbaiki, seperti setiap masalah lainnya, masalah ini juga memiliki daftar solusi yang akan diungkapkan lebih lanjut dalam panduan ini. Solusi-solusi ini tidak akan melelahkan; sebaliknya, mereka hanya sedikit dan juga mudah dipahami oleh pengguna. Sebelum membahas solusinya, Anda akan melihat apa saja daftar penyebab dari kesalahan ini. Pastikan Anda membacanya juga.

Bagian 1: Kemungkinan penyebab kesalahan yang tidak dapat ditentukan di Windows

Jika Anda tidak mengetahui akar penyebab dari masalahnya, Anda pasti tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar. Sama halnya dengan kesalahan kegagalan penyalinan file atau folder yang tidak dapat ditentukan ini; Anda perlu mengetahui semua kemungkinan alasan di balik situasi bermasalah ini untuk mengatasi masalahnya di masa mendatang;

1. File yang disalin lebih besar dari 4GB

Ini adalah alasan paling umum di balik munculnya kesalahan tersebut. File atau folder yang disalin lebih besar dari 4GB dan Anda berusaha untuk menyalinnya ke partisi FAT32. Itu bisa saja berupa flash drive USB atau kartu SD; pesan ini akan membuat halangan dalam proses Anda.

2. Disk memiliki pelindung kabel

Dalam banyak situasi, disk tujuan biasanya dilindungi oleh kabel, atau drive yang hanya dapat dibaca. Dalam skenario ini, kesalahan yang tidak dapat ditentukan saat menyalin file atau folder di windows 10 akan rawan terjadi.

3. Disk target tidak memiliki ruang kosong yang cukup.

Dalam sebagian besar skenario, disk tujuan memiliki ruang yang sangat sedikit, dan data yang ingin Anda salin memiliki ukuran yang besar. Jika ruang kosong tidak cukup dan file yang ingin Anda salin berukuran besar, maka prosesnya pun tidak akan berhasil diselesaikan.

4. Disk target rusak atau file telah dienkripsi

Disk target mungkin saja rusak karena serangan virus. Jika disk rusak, maka data Anda pun tidak akan pernah dapat disalin dengan benar. Dalam beberapa kasus, file yang ditransfer juga telah dienkripsi, yang juga menjadi alasan di balik munculnya kesalahan yang tidak dapat ditentukan saat menyalin file atau folder pada salah satu sistem operasi terbaru.

5. Batasan sistem

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, sistem memiliki beberapa batasan yang akan membatasi file dan folder untuk disalin dengan benar.

6. Kepemilikan file atau folder telah diubah.

Kepemilikan yang telah diubah dari file atau folder apa saja juga dapat membawa Anda ke dalam situasi di mana Anda tidak dapat menyalinnya secara efisien.


Bagian 2: Bagaimana cara memperbaiki Masalah "Kesalahan menyalin file atau folder" tanpa adanya risiko kehilangan data?

Windows memang rentan terhadap banyaknya kesalahan, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mempelajari semuanya secara mendetail. Hal ini pasti akan membantu Anda untuk mengetahui situasi dengan benar. Apa pun penyebab munculnya kesalahan yang tidak ditentukan ini, Anda pasti masih dapat menyelesaikan masalah ini dengan metode sederhana dan cepat yang telah disebutkan di sini. Anda tentu saja dapat mengikuti metode yang diberikan di bawah ini, pastikan Anda mengikutinya satu per satu.

Metode 1: Mendaftar ulang jscript.dll & vbscript.dll

Ini adalah metode termudah pertama dan juga terpenting untuk diikuti. Sejumlah besar pengguna telah melaporkan bahwa mendaftar ulang jscript.dll & vbscript.dll telah menyelesaikan masalah mereka sepenuhnya. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya;

Langkah ke-1: Pertama-tama, Anda perlu membuka command prompt dengan akses admin. Untuk melakukannya, ketik cmd di kotak pencarian Windows, klik kanan dan pilih "Jalankan sebagai administrator".

Langkah ke-2: Setelah Anda melihat permintaan UAC, pilih opsi "Ya".

Langkah ke-3: Anda perlu mengetikkan kedua perintah ini dan menekan enter setelah setiap perintah;

regsvr32 jscript.dll
regsvr32 vbscript.dll

re-register-jscript.dll-vbscript.dll

Langkah ke-4: Anda perlu mem-boot ulang komputer Anda dan melihat apakah pesan kesalahan itu muncul atau tidak.

Metode 2: Mengubah kepemilikan file atau folder

Biasanya, Anda akan menghadapi kesalahan ini karena Anda tidak memiliki kepemilikan atas file atau folder yang ingin Anda transfer. Beberapa file tidak berada pada tangan administrator, melainkan mereka berada pada tangan pengguna lain. Untuk mengubah kepemilikan file atau folder tersebut, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut;

Langkah ke-1: Pertama-tama, klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda transfer. Setelah Anda melakukannya, pilih opsi "Properti".

Langkah ke-2: Sekarang, temukan tab keamanan dan pilih akun pengguna di bawah grup.

Langkah ke-3: Selanjutnya, klik opsi "Edit" dan jendela keamanan pun akan terbuka, dan di sini Anda perlu menyorot akun pengguna tertentu.

Langkah ke-4: Selanjutnya, Anda akan memiliki daftar izin untuk akun pengguna tertentu. Pastikan Anda mencentang semua opsi izin, terutama "Kontrol penuh" dan simpan.

perubahan-kepemilikan

Langkah ke-5: Setelah mengikuti semua langkah di atas, cobalah untuk menyalin dan menempel file atau folder lagi.

Metode 3: Mengompres file lalu mentransfernya

Jika file atau folder yang ingin Anda transfer ukurannya lebih besar, maka Anda harus mengompresnya. Kompres file dan folder ke dalam folder zip dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini;

Langkah ke-1: Klik kanan pada folder yang ingin Anda transfer.

Langkah ke-2: Sekarang, pilih opsi "Kompres" di menu.

Langkah ke-3: Opsi ini akan mengecilkan ukuran folder dan Anda dapat dengan mudah mencoba untuk menyalin dan menempelkan file atau folder lagi.

mengompres-file

Metode 4: Menonaktifkan perlindungan real-time

Dari banyaknya penyebab, fitur perlindungan real-time dari antivirus juga bisa menjadi penyebab di balik munculnya masalah ini. Anda juga dapat mengatasi masalah tersebut dengan menonaktifkan perlindungan real-time atau Anda juga dapat menghapus instalan antivirus. Cara ini pasti akan memecahkan masalah menjengkelkan ini. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya;

Langkah ke-1: Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengklik kanan ikon program anti-virus dari tray sistem dan pilih "Nonaktifkan".

Langkah ke-2: Selanjutnya, Anda harus memilih time frame untuk menonaktifkan antivirus.

Langkah ke-3: Anda dapat memilih jumlah waktu yang lebih sedikit karena Anda hanya memerlukan beberapa menit untuk mentransfer file dan folder Anda.

Langkah ke-4: Jika Anda memiliki Windows Defender, maka Anda mungkin harus menonaktifkannya untuk sementara dengan membuka "Pengaturan" menggunakan bar pencarian.

Langkah ke-5: Selanjutnya, klik "Perbarui & Keamanan".

perbarui-dan-keamanan

Langkah ke-6: Pada langkah ini, klik "Keamanan Windows" dan klik "Buka keamanan window".

Langkah ke-7: Pada langkah terakhir, matikan tombol sakelar di bawah perlindungan real-time dan nyalakan ulang komputer Anda untuk melihat apakah kesalahan tersebut masih muncul atau tidak.

Metode 5: Mengubah jenis format tujuan

Saat Anda mentransfer file atau folder dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Perlu diingat bahwa format kedua perangkat mungkin berbeda, hal ini dapat menyebabkan kesalahan ini terjadi. Anda dapat memformatnya dalam NTFS dan cara ini dapat menyelesaikan masalah Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya;

Langkah ke-1: Tekan tombol Windows + "E" dan file explorer akan terbuka. Anda harus membuka PC ini sekarang. Anda akan melihat semua daftar drive di sini.

Langkah ke-2: Selanjutnya, Anda perlu mengklik kanan pada drive tujuan dan mengklik "Format".

Langkah ke-3: Lalu, pilih NTFS di bawah opsi sistem file dan klik "Mulai". Ini akan memulai proses pemformatan.

format-tujuan

Langkah ke-4: Setelah diformat, klik "Tutup" dan coba salin dan tempel file atau folder lagi setelah mem-boot ulang komputer Anda.

Metode 6: Menghapus status hanya-baca dari driver tujuan

Jika drive tujuan telah diatur dalam mode hanya-baca, maka Anda tidak akan dapat mentransfer file dengan benar. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus status hanya-baca dari drive tujuan;

Langkah ke-1: Pertama-tama, tekan tombol Windows + "R" untuk menjalankan Run dan ketik cmd dan tekan Ctrl+Shift+Enter. Pada kontrol akun pengguna, tekan enter dan command prompt akan terbuka.

Langkah ke-2: Ketik perintah ini pada command prompt dan tekan enter setelah setiap perintah

Diskpart
List volume
Select volume x "X is the drive letter"
Atribut disk clear readonly

command-prompt-hanya-baca

Langkah 3: boot ulang komputer Anda dan lihat apakah masalahnya masih muncul.


Kesimpulan

Munculnya kesalahan yang tidak dapat ditentukan saat mentransfer file dapat diperbaiki dengan semua metode yang telah disebutkan dalam panduan ini. Gunakanlah secara benar.

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Backup Data > Cara Memperbaiki Kesalahan yang Tidak Dapat Ditentukan Saat Menyalin File atau Folder di Windows 10