Apa yang Harus Dilakukan Ketika Foto Hilang dari Kartu SD

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Gambar Hilang dari Kartu SD

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

a secure disk

Hal terburuk yang dapat terjadi pada kartu SD Anda adalah Anda kehilangan file di dalamnya. Situasinya menjadi lebih buruk jika itu adalah file yang tak tergantikan, misalnya foto keluarga yang berharga. Uang tidak bisa membelinya. Begitu hilang, itu akan hilang selamanya, bukan? Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan kepada Anda bahwa ada cara untuk memulihkan gambar yang hilang dari kartu SD atau foto Anda yang hilang dari kartu SD.

Bagian 1: Alasan Dibalik Hilangnya Foto dari Kartu SD

Jika Anda tidak sadar, ada lebih dari satu cara yang menyebabkan foto Anda dapat hilang dari kartu SD Anda. Terkadang, itu karena kesalahan Anda sendiri. Di lain waktu, komputer Anda yang disalahkan atau bahkan kartu SD itu sendiri. Singkatnya, kesalahan manusia, gangguan teknis, atau kombinasi keduanya adalah penyebab utama hilangnya foto dari kartu SD.


Bagian 2: Metode Memulihkan Foto Kartu SD yang Hilang

Pertanyaannya bukan apakah Anda ingin memulihkan foto Anda yang hilang, melainkan apa metode terbaik untuk digunakan. Beberapa metode lebih cepat dari yang lain, tetapi yang lebih lambat seringkali lebih efisien. Jadi, Anda akan diberikan solusi berbeda di sini. Terserah Anda untuk memutuskan mana yang ingin Anda gunakan. Siap? Oke, mari kita mulai!

Metode 1: Periksa dan masukkan kembali Kartu SD

Hal pertama yang harus dilakukan saat foto hilang dari kartu SD adalah memeriksa apakah kartu SD telah dimasukkan dengan benar. Hei, mungkin Anda sedang terburu-buru dan baru saja memasukkan kartu SD. Itu sangat mungkin.

Jika Anda melihat pesan kesalahan di bawah pada kamera Anda atau pesan serupa di komputer Anda, itu berarti kartu tersebut mungkin tidak dimasukkan dengan benar. Jadi, konfirmasikan apakah itu sudah dimasukkan dengan benar atau belum. Jika belum, ikuti langkah-langkah berikut.

menulis pesan eror

Langkah 1: Periksa untuk memastikan kartu SD tidak digunakan

Langkah 2: Klik kanan pada kartu SD di Windows Explorer Anda dan klik "Keluarkan".

mengeluarkan sd card

Langkah 3: Temukan slot SD. Omong-omong, komputer yang berbeda memiliki tempat yang berbeda untuk port kartu SD.

menemukan slot sd

Langkah 4: Keluarkan kartu SDnya dan bersihkan dengan lembut.

Langkah 4: Pegang kartu SD dengan panah mengarah ke slot

Langkah 5: Geser kembali dengan hati-hati hingga terpasang dengan benar. Ini berlaku untuk komputer, kamera, tab, ponsel, dll.

memasukkan sd card

Anda harus selalu memastikan kartu SD dimasukkan dengan orientasi yang benar. Carilah tanda panah, karena memaksa kartu masuk ke port secara terbalik dapat merusak port dan kartu. Anda seharusnya dapat melihat gambar Anda di kamera sekarang.

Metode 2: Mulai Ulang untuk Memperbaiki Foto Kartu SD yang Tidak Muncul di Kamera

Jika kartu SD ada di komputer saat Anda membuka dan menutup beberapa program, banyak log dan cache sementara yang dibuat di latar belakang. Ini menumpuk dan akhirnya memonopoli sumber daya sistem, hingga komputer Anda gagal bekerja pada kapasitas optimal. Apa konsekuensinya? Kesalahan muncul dan mencegah kartu SD Anda berfungsi dengan baik.

Jika kartu SD ada di perangkat seperti kamera atau telepon, hal yang sama berlaku, yaitu cukup restart kamera atau ponsel dan cache sementara ini akan dihapus, jadi tidak ada yang mengganggu kinerja kartu SD sebagaimana mestinya.

Metode 3: Masukkan Kartu SD di Perangkat Lain

Anda tahu, sangat mungkin masalahnya berasal dari perangkat itu sendiri. Jadi ambil saja perangkat lain, mungkin tab, kamera, atau bahkan komputer lain dan masukkan kartu SD ke dalamnya. Lihat apakah berhasil atau tidak. Bisakah Anda melihat fotonya sekarang? Masih tidak bisa? Oke, lanjutkan ke solusi selanjutnya.

memasukkan kartu sd ke sebuah komputer

Metode 4: Gunakan Recoverit untuk Memulihkan Foto yang Hilang

Setelah mencoba solusi 1, 2, dan 3 dan Anda masih tidak dapat melihat foto Anda, itu berarti Anda berada dalam keadaan sulit. Tunggu, apakah Anda sudah memastikan bahwa kartu SD tidak rusak secara fisik? Anda yakin tidak rusak? Nah, itu artinya goto Anda hilang dari kartu SD itu.

Namun, mengapa? Apa yang terjadi? Mungkin Anda tidak sengaja menghapusnya atau mungkin kartu tersebut diformat tanpa sepengetahuan Anda. Kemudian, mungkin ada virus yang menyerang kartu Sd Anda. Apa pun masalahnya, Anda ingin mendapatkan kembali foto Anda, bukan?

Tentu saja, Anda ingin. Itu sebabnya Anda di sini membaca ini, itulah mengapa Anda harus tahu lebih banyak tentang Recoverit. Recoverit Data Recovery merupakan pemulihan data termudah dan terbaik di luar sana. Ini tidak berlebihan.

Ini mudah digunakan dan cukup menarik juga. Faktanya, ia dapat memulihkan file dalam ribuan format berarti semua jenis file yang hilang dapat dipulihkan. Ia juga tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Jadi, inilah alat terbaik yang Anda inginkan untuk memulihkan foto Anda yang hilang. Inilah yang akan Anda lakukan.

Langkah-langkah Cara Menggunakan Recoverit untuk Memulihkan File dari Perangkat Eksternal

Ada 3 langkah untuk memulihkan data menggunakan Recoverit. Namun, pertama-tama, Anda harus memasukkan kartu SD ke dalam sistem. Jika komputer Anda memiliki slot kartu SD, itu bagus. Jika tidak, masukkan kartu ke pembaca kartu SD dan selipkan ke sistem Anda. Langkah-langkahnya sama untuk Windows atau Mac.

Langkah 1 Pilih Kartu SD

Buka Recoverit Data Recovery dan pilih kartu SD sebagai lokasi target untuk pemindaian dan pencarian. Kartu SD akan terdaftar di bawah kategori "Perangkat Eksternal". Anda akan melihat perangkat penyimpanan lain, tetapi abaikan saja. Fokus Anda di sini adalah kartu SD. Baiklah, klik "Mulai".

pilih kartu sd untuk dipindai

Langkah 2 Pindai Kartu SD

Recoverit akan memindai kartu SD dan mulai melihat gambar Anda yang hilang. Anda akan melihat daftar yang akan terus bertambah karena semakin banyak file Anda yang ditemukan. Anda dapat mencentang kotak di sebelah kiri jika Anda hanya ingin memulihkan format jenis file tertentu. Misalnya, jika Anda hanya menginginkan gambar, lihat ke kiri dan centang kotak yang sesuai dengan format gambar yang Anda cari.

memindai dokumen-dokumen yang hilang dari kartu sd

Langkah 3 Pratinjau dan Pulihkan Data Kartu SD

Saat pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar panjang dari file yang ditemukan Recoverit. Anda mungkin akan melihat lebih dari sekedar foto, jadi akan ada video, dokumen, dll. Pratinjau jika Anda mau, tetapi jika terburu-buru, cukup pilih file yang Anda inginkan dan klik "Pulihkan". Anda juga dapat memilih semua file dengan satu tombol, lalu klik "Pulihkan". Cukup mudah dan simpel, bukan?

Recoverit akan melanjutkan untuk mendapatkan file Anda kembali. Keluarlah dan libatkan diri Anda dengan sesuatu yang menyenangkan, biarkan software ini yang bekerja dengan keajaibannya. Namun, jangan simpan foto yang dipulihkan pada kartu SD yang sama dengan yang hilang. Melakukan hal itu dapat menimpa file yang Anda coba pulihkan.

pratinjau dan pulihkan data kartu sd


Bagian 3: Tips Tambahan untuk Menyimpan Gambar Kartu SD

Meskipun Recoverit membuat proses pemulihan data menjadi mudah, akal sehat tetap tidak ingin menghapus foto Anda dengan sengaja, kemudian menggunakan Recoverit untuk memindainya, bukan? Tentu saja tidak. Nah, tips di bawah ini akan membantu Anda mengetahui cara mencegah gambar Anda hilang lagi.

Bagaimana Foto Disimpan di Kartu SD

Sebagian besar kamera, tab, atau ponsel baru tidak dilengkapi dengan kartu SD sebagai penyimpanan default. Alasan sederhana untuk ini adalah ponsel sekarang hadir dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Meskipun demikian, masih ada slot kartu SD di ponsel ini jika Anda ingin menambah penyimpanan. Namun, bagaimana Anda menjadikan kartu SD sebagai penyimpanan default? Jawabannya ada di bawah, dengan ponsel sebagai contoh.

Itu saja yang harus Anda lakukan. Foto yang diambil dari kedua kamera ponsel Anda akan disimpan ke kartu SD yang telah ditentukan. Namun, tangkapan layar akan tetap disimpan di penyimpanan internal ponsel Anda.

mengubah kartu sd menjadi bawaan aslinya

Di Mana Kartu SD Bisa Digunakan

Anda dapat menggunakan kartu SD di hampir semua perangkat modern karena sebagian besar kompatibel dengan kartu SD. Ia dapat digunakan di

Cara Mencegah Foto SD Card Menghilang

Terkadang, alasan hilangnya foto adalah karena sesuatu yang Anda lakukan atau gagal lakukan. Atau, sesuatu yang tidak bisa Anda kendalikan. Sederhananya, itu bisa terjadi karena kesalahan Anda atau perangkat Anda. Akan tetapi, itu tidak penting. Yang penting adalah Anda memastikan hal itu tidak terjadi lagi, dan inilah cara Anda melakukannya.


Kata-kata Penutup

Recoverit Data Recovery sangat sepadan dengan harganya karena Anda mendapatkan nilai yang sangat baik untuk itu. Ia memulihkan foto yang hilang melalui cara apa pun yang dapat Anda pikirkan: Rusak, pemformatan tidak disengaja, penghapusan, dll. Dan tidak ada batasan ukuran file yang dapat dipulihkan! Ia bahkan dapat memulihkan file yang Anda pikir telah hilang selamanya dari keranjang sampah dan tempat sampah. Dengan Recoverit, Anda akan selalu memiliki solusi untuk mendapatkan kembali foto Anda yang hilang. Selalu!

Recoverit author

Yvette Bonnet

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Apa yang Harus Dilakukan Ketika Gambar Hilang dari Kartu SD