Dua Solusi Termudah untuk Memperbaiki File WAV yang Rusak

Perbaiki File WAV yang Rusak dengan Dua Solusi Termudah

Wondershare Recoverit Authors

Nov 28, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

perbaiki file wav yang rusak

Apakah file WAV Anda rusak dan sekarang Anda tidak dapat menemukan cara untuk memperbaiki file audio yang rusak ini?

Jika jawaban Anda adalah "ya", maka Anda telah berada di halaman yang tepat. WAV, yang merupakan singkatan dari Waveform Audio File Format, adalah ekstensi dan format file audio populer yang dikembangkan oleh Microsoft. Format ini dirilis pada tahun 1991 dan digunakan secara luas bahkan hingga hari ini. Banyak perangkat zaman sekarang yang mungkin mendukung WAV, tetapi perangkat tersebut juga dapat membuat file audio ini rusak saat diputar. Jangan khawatir – dalam panduan ini, kami akan mengajari Anda cara untuk memperbaiki file WAV yang rusakdan juga mengidentifikasi penyebab umum di balik masalah ini.

Bagian 1: Mengapa File WAV Rusak?

Ada berbagai macam kemungkinan yang menjadi penyebab file WAV rusak, dari penyandian hingga kesalahan aplikasi. Sebelum kita mempelajari cara memulihkan file WAV yang rusak, mari kita mengidentifikasi dahulu beberapa penyebab umum di balik masalah ini.

  • File-nya mungkin saja rusak saat memindahkannya dari satu sumber ke sumber lainnya.
  • Sering kali, pemutar musik, pemutar media, pengedit, dan aplikasi pihak ketiga juga dapat merusak file.
  • Unit penyimpanan atau sektor hard drive tempat file audio Anda disimpan juga bisa saja rusak.
  • Malware atau virus dapat menginfeksi file audio Anda sehingga membuatnya rusak atau tidak tersedia.
  • Jika Anda telah mengubah ekstensi atau mengonversi file secara paksa, hal tersebut juga dapat merusaknya.
  • Perubahan dalam konten meta atau header-nya juga merupakan faktor lain yang dapat merusak file.
  • Jika sistem telah dimatikan saat file audio masih berjalan di latar.
  • Masalah lain apa saja yang terkait dengan driver audio, firmware, atau bahkan kerusakan fisik pada unit penyimpanan.

Bagian 2: Pulihkan File WAV yang Rusak dengan Software Pemulihan Audio Gratis

Meski Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari file WAV Anda menjadi rusak, Anda dapat mengambil beberapa tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan filenya kembali. Terdapat beberapa aplikasi pemulihan data di luar sana yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali file WAV yang rusak atau hilang. Salah satu aplikasi yang paling sukses dan populer adalah Recoverit Pemulihan Data oleh Wondershare. Keunggulan dari aplikasi ini adalah versi dasarnya yang tersedia secara gratis. Anda dapat memulihkan data hingga 100 MB dengan Software Gratis Recoverit ini. Kemudian, Anda dapat meningkatkan aplikasinya ke versi pro untuk menikmati fitur-fiturnya yang tidak terbatas.

  • Dengan menggunakan Recoverit, Anda dapat memulihkan file yang rusak dalam semua jenis skenario. Ini termasuk penyimpanan yang rusak, file yang tidak tersedia, sektor yang hilang, dan sebagainya.
  • Aplikasi ini mendukung semua jenis format file audio, termasuk WAV, MP3, AAF, FLAC, dan sebagainya.
  • Aplikasi ini dapat memulihkan file audio dari disk internal komputer Anda atau sumber eksternal lainnya seperti drive USB, kartu SD, pemutar MP3, dll.
  • Karena antarmukanya cukup mudah digunakan, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk memperbaiki file WAV yang rusak menggunakan Recoverit. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melihat pratinjau file WAV Anda sebelum menyimpannya.
  • Versi dasar dari aplikasi ini tersedia secara gratis dan memungkinkan Anda menyimpan file audio yang diekstraksi di mana pun yang Anda mau.

Video: Cara Memulihkan Data yang Hilang

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Jika file audio Anda juga hilang atau rusak, cukup ikuti langkah-langkah dasar berikut untuk memulihkan file WAV yang rusak. Pengguna Mac dapat mengikuti langkah serupa untuk beralih ke Panduan Pemulihan Musik Mac.

Langkah ke-1: Pilih lokasi untuk dipindai

Pertama-tama, download dan instal aplikasi pemulihan gratis ini di Mac atau PC Windows Anda dengan mengunjungi situs webnya. Sekarang, buka aplikasinya dan pilih sebuah lokasi untuk dipindai dari layar utama. Anda dapat memilih seluruh drive, partisi, menelusuri folder tertentu, atau bahkan memilih sumber eksternal.

memulihkan file wav dengan memilih lokasinya terlebih dahulu

Langkah ke-2: Tunggu hingga pemindaian selesai

Saat Anda mengklik tombol "Mulai", Recoverit akan mulai memindai lokasi yang dipilih untuk file audio yang hilang, terhapus, atau tidak dapat diakses. Meskipun Anda dapat menghentikan prosesnya di tengah-tengah jika Anda mau, kami sarankan untuk membiarkannya hingga selesai untuk mendapatkan hasil terbaik.

memindai file wav

Langkah ke-3: Restore file WAV Anda

Terakhir, aplikasi ini akan memberi tahu Anda saat prosesnya selesai. Dari panel kiri, Anda dapat menelusuri kategori file WAV yang diambil dan melihat pratinjau file audio ini jika diinginkan. Pilih seluruh folder atau file individual yang ingin Anda ambil. Klik tombol "Pulihkan" dan simpan file WAV pilihan Anda ke lokasi yang aman di mana saja.

pratinjau audio yang dipulihkan


Bagian 3: Perbaiki File WAV yang Rusak dengan Aplikasi Perbaikan Audio Online

Selain aplikasi khusus untuk memulihkan file audio yang rusak, Anda juga dapat mencoba aplikasi online. Meskipun beberapa aplikasi ini dapat membantu Anda memperbaiki file audio yang rusak secara online, Anda perlu tahu bahwa hasilnya tidak sebaik Recoverit. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang mungkin mengklaim bahwa mereka memberi layanan gratis, tetapi kemudian, aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk menyelesaikan survei atau membeli aplikasi. Namun demikian, dari opsi yang disediakan, kami telah mencoba MP3Repair.net dan hasilnya cukup memuaskan.

Tidak hanya MP3, aplikasi online ini juga dapat memperbaiki MP3, WAV, FLAC, dan berbagai format audio lainnya. Anda dapat memuat file dari sistem Anda atau cukup memasukkan URL-nya. Aplikasi ini akan mencoba memperbaiki komponen yang rusak dan meningkatkan waktu pemutarannya. Selain itu, Anda dapat mengedit tag ID3 dari file audio atau memotongnya sesuai kebutuhan Anda. Berikut cara memperbaiki file WAV yang rusak secara online menggunakan MP3 Repair.

Langkah ke-1. Untuk memulainya, kunjungi situs web MP3 Repair (https://mp3repair.net/en/) dari browser apa pun di sistem Anda. Dari berandanya, Anda akan mendapatkan opsi untuk memuat file atau memasukkan URL-nya.

memperbaiki wav yang rusak di situs web

Anda cukup menyeret dan melepaskan file audio atau cukup mengklik opsi unggah. Opsi ini akan memunculkan jendela browser bagi Anda untuk memilih file WAV yang rusak. Silakan untuk menambahkan satu file saja pada satu waktu.

Langkah ke-2. Saat file tersebut ditambahkan, Anda akan mendapatkan informasi ukuran file tersebut. Klik tombol Unggah dan tunggu, karena aplikasi tersebut akan menyimpan file tersebut ke servernya.

unggah wav yang rusak

Langkah ke-3. Setelah selesai, layar berikut akan ditampilkan. Untuk memperbaiki file WAV yang rusak, aktifkan opsi "Perbaiki panjang audio" dan klik tombol Perbaiki.

Langkah 4. Tunggu beberapa detik karena aplikasi tersebut akan memperbaiki file WAV yang rusak dan meningkatkan waktu pemutarannya. Terakhir, Anda dapat mendengarkan file audio yang telah diperbaiki atau menyimpannya ke sistem lokal Anda.

memperbaiki file audio

Siapa yang tahu bahwa memperbaiki file WAV yang rusak dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi online untuk memperbaiki file WAV yang rusak atau menggunakan aplikasi pemulihan data seperti Recoverit Pemulihan Audio. Karena Wondershare Recoverit memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik dan bahkan dapat mengekstraksi konten yang dihapus atau hilang, ini akan menjadi pilihan yang ideal. Selain itu, aplikasi ini dapat memulihkan semua jenis file media dan dokumen penting. Ini menjadikannya aplikasi desktop yang harus dimiliki bagi setiap pengguna Mac atau Windows di luar sana. Bagian terbaiknya adalah aplikasi ini tersedia secara gratis sehingga Anda tidak perlu menghabiskan uang sepeser pun saat memulihkan data yang hilang dengan Recoverit.

Kerusakan file audio biasanya disertai dengan masalah pada video. Baca untuk mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan video: Perbaiki dan Atasi File Video yang Rusak.
Recoverit author

Alfonso Cervera

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Perbaiki File WAV yang Rusak dengan Dua Solusi Termudah