Kamera Video 8K Terbaik yang Digunakan oleh Para Profesional [2023]

2023 | Kamera Video 8K Terbaik yang Digunakan oleh Para Profesional

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Akhir-akhir ini, permintaan akan video 8K Ultra-HD telah banyak meningkat di berbagai platform. Padahal, untuk merekam video 8K, Anda membutuhkan kamera profesional yang mendukung setiap jenis format. Meskipun ada banyak pilihan di luar sana, sulit untuk menemukan kamera video 8K terbaik. Sehingga, kami telah membuat daftar beserta beberapa tip yang akan membantu Anda memilih kamera video 8K profesional paling ideal.

Kamera video 8k

Bagian 1: Apa yang Dimaksud dengan Video 8K?

Idealnya, resolusi video format apa pun ditentukan oleh berapa banyak pixel yang dapat ditampung di layarnya (horizontal dan vertikal). Oleh karena itu, untuk video 8K, biasanya memiliki pixel density 7680 x 432. Ini membuat video 8K 4 kali lebih lebar dari video beresolusi 4K dengan total 33.177.600 pixel di layar.

apa itu video 8k

Selain itu, video 8K juga bergantung pada skema penyandi baru seperti REDCODE RAW, ProRes RAW, atau VVC. Karena ukuran video 8K bisa sangat besar, mereka dapat menghabiskan banyak penyimpanan pada sistem atau kamera (di mana pun mereka disimpan).


Bagian 2: Apa yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Memilih Kamera Video 8K?

Sebelum Anda memilih kamera video 8K apa pun untuk kebutuhan Anda, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Resolusi Video: Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah apakah kamera yang Anda minati dapat merekam video dalam resolusi 8K atau tidak. Buka saja pengaturannya untuk memeriksa resolusi video yang tersedia untuk perekaman.

Frame Rate: Selain dari resolusi video, pastikan juga frame rate untuk setiap rekamannya. Sebagian besar kamera mendukung 60 dan 120 fps (frame per second) untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Penyimpanan: Karena video 8K dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan, kamera harus memiliki penyimpanan yang cukup dan juga harus mendukung penyimpanan kartu SD tambahan.

Konektivitas: Kamera 8K UHD yang Anda minati harus dapat terhubung ke PC Windows atau Mac Anda dengan mudah. Juga, Anda juga bisa mencari aplikasi 8K full HD video camera APK untuk menyambungkannya dengan ponsel Anda.

Format video dan penyandian: Selain itu, pastikan format video dan skema penyandian kamera tersebut didukung oleh komputer dan pengedit video yang Anda gunakan.

Kemudahan dalam penggunaan: Penggunaan beberapa kamera profesional terkadang agak rumit, sehingga Anda disarankan untuk mencari model yang mudah digunakan terlebih dahulu.

Anggaran: Yang terpenting, buat perkiraan anggaran dan pertahankan saat mencari pasar kamera video 8K. Ini karena kamera video profesional 8K tersedia dalam semua rentang harga, tergantung fiturnya.


Bagian 3: 3 Kamera Video 8K UHD Terbaik yang Digunakan oleh Profesional

Dengan menjadikan semua hal yang tercantum di atas sebagai patokan, kami akan merekomendasikan kamera video 8K berikut untuk para profesional dan pemula:

1.Kamera Video 8K Canon EOS R5

Baru-baru ini dirilis, ini adalah kamera dengan lensa yang dapat di tukar ganti dan memiliki lensa utama 45MP untuk merekam video dalam 8K. Kamera video Canon 8K memiliki beberapa fitur canggih dan dianggap sebagai pilihan ramah anggaran.

  • Ini adalah kamera UHD 8K khusus dengan lensa utama 45 megapixel yang dapat dengan mudah merekam video dalam resolusi 6K dan 8K.
  • Kamera video Canon 8K memiliki fitur LAN nirkabel 5GHz dan 2,4GHz bawaan, yang memungkinkan Anda untuk menghubungkannya dengan sistem dan ponsel Anda.
  • Kamera ini juga dilengkapi sensor CMOS full-frame dan penstabil gambar optik 8-stop untuk merekam video dalam kualitas ultra-HD.
  • Jika Anda seorang fotografer satwa liar, maka Anda akan mendapat manfaat dari fitur AF Pendeteksi Hewan yang terintegrasi dengan AI.
  • Beberapa fitur canggih lainnya dari kamera video Canon 8K adalah sensitivitas AF pencahayaan rendah, film 8K DCI, deteksi mata/wajah/kepala, dan banyak lagi.

Harga: $3,899

 kamera video 8k canon eos r5

2. Kamera Video 8K Sony A1

Jika Anda ingin mencoba kamera video profesional 8K, Sony A1 akan menjadi salah satu pilihan terbaik. Salah satu kamera video 8K 360 mirrorless terbaik, banyak digunakan oleh para profesional untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan di setiap bidikan.

  • Kamera mirrorless dari Sony ini memiliki lensa BSI-CMOS 50 megapixel dengan fitur stabilisasi bawaan.
  • Kamera ini juga memiliki opsi pelacakan AF dan AE dan memungkinkan Anda merekam video pada frame rate 30 hingga 120 fps.
  • Para pemula juga dapat menggunakan fitur Autofocus kamera video Sony 8K ini untuk mendeteksi berbagai komponen secara otomatis melalui teknologi terintegrasi AI-nya.
  • Di sisi lain, pengguna profesional bisa menggunakan mode Pixel Shift Multi Shooting yang memungkinkan Anda menggabungkan hingga 16 bidikan berbeda menjadi satu.
  • Beberapa opsi lain yang dapat Anda jelajahi adalah konektivitas 5G, dukungan kartu SD ganda, format log HLG, fitur S-Cinetone, dan banyak lagi.

Harga: $6,500

kamera video 8k sony a1

3. Kamera Video 8K Nikon Z9

Kamera video profesional 8K mirrorless dari Nikon ini adalah model andalan mereka yang dirilis pada tahun 2021. Dengan dukungan penuh untuk perekaman video 8K, ia memiliki mesin pemrosesan gambar baru, dan sensor stacked CMOS format FX terbaru.

  • Kamera mirrorless ini memiliki lensa CMOS 50 megapixel yang mendukung penuh perekaman video 8K pada 30 fps.
  • Jika diinginkan, para pengguna juga dapat menyesuaikan resolusi perekaman video (seperti merekam video 4K pada 60 atau 120 fps).
  • Kamera 8K UHD ini juga mendukung mode multi-shot dan juga telah meningkatkan teknologi AI-AF untuk mendapatkan hasil perekaman video yang lebih baik.
  • Ada pelacakan AI yang ditingkatkan untuk mengidentifikasi opsi dan Anda bahkan dapat melacak rekaman secara geografis dengan integrasi GPS-nya.
  • Selain itu, kamera video Nikon 8K menawarkan opsi lain seperti konektivitas 5G, kualitas noise yang telah ditingkatkan, slot kartu SD tipe B ganda, opsi RAW 16-bit, dan prosesor EXPEED terbaru.

Harga: $6,000

kamera video 8k nikon z9


Bagian 4: Tip: Gunakan Wondershare Repairit untuk Memperbaiki Video 8K yang Rusak

Bahkan setelah menggunakan kamera-kamera video 8K 360, video Anda mungkin rusak saat di transfer atau saat proses pengeditan. Pada kasus seperti itu, Anda bisa coba menggunakan Wondershare Repairit untuk memperbaiki video rusak apapun di komputer Mac/Windows Anda.

  • Wondershare Repairit adalah alat DIY profesional yang dapat memperbaiki semua jenis masalah di video Anda tanpa kesulitan teknis.
  • Anda juga dapat memuat banyak video dan mencoba memperbaikinya dalam batch di Wondershare Repairit.
  • Aplikasi ini mendukung semua format video populer seperti MP4, MOV, AVI, FLV, 3GP, dan banyak lagi.
  • Ada juga pilihan untuk mempratinjau video yang telah diperbaiki pada antarmuka aslinya dan kemudian mengekspornya ke lokasi mana pun yang Anda pilih.
  • Dengan bantuan dua mode khusus (Cepat dan Lanjutan), Repairit dapat memperbaiki semua jenis masalah seperti area abu-abu, video buram, suara tidak sinkron, fragmen hilang, dan sebagainya.

wondershare repairit

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang beberapa kamera video 8K terbaik, Anda dapat dengan mudah memilih opsi yang Anda sukai. Selain itu, pastikan Anda mengikuti saran yang tercantum di atas untuk memilih kamera video 8K UHD yang ideal sesuai anggaran Anda. Setelah Anda memiliki kamera video profesional 8K, pertimbangkan juga untuk menginstal Wondershare Repairit di Mac atau PC Windows Anda. Aplikasi dengan berbagai fungsi, yang pastinya akan memastikan bahwa Anda akan terselamatkan dari video yang rusak pada berbagai jenis skenario.

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > 2023 | Kamera Video 8K Terbaik yang Digunakan oleh Para Profesional