Alat Perbaikan MP4: Bagaimana Cara Memperbaiki File Video MP4 yang Rusak

Alat Perbaikan MP4: Bagaimana Cara Memperbaiki File Video MP4 yang Rusak

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

cara memperbaiki file video mp4 yang rusak

P: "Saya memiliki video MP4 yang saya rekam dengan kamera Flip. Kameranya membeku ketika saya berhenti merekam, dan videonya jadi rusak. Meskipun video bisa ditransfer dari kamera, videonya tidak bisa diputar. Apakah ada yang tahu cara memperbaiki file video MP4 yang rusak?"

Apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki video MP4 yang rusak? MP4 adalah format video paling umum karena ukurannya yang ringan dan kompatibel dengan sebagian besar pemutar video. Namun, sama halnya dengan file dan format lainnya, file MP4 bisa rusak, dan menyebabkan masalah yang besar jika Anda tidak memiliki cadangan.

Jika Anda mengalami kerusakan video, artikel ini akan menjadi solusi Anda. Artikel ini akan menjelaskan alasan kerusakan dan solusi untuk perbaikan file MP4. Juga, Anda bisa belajar beberapa metode untuk menghindari masalah seperti ini untuk ke depannya.

Kenapa File MP4 Rusak?

MP4, juga disebut sebagai MPEG-4 Part 14, adalah sebuah format kontainer multimedia digital, yang umum digunakan untuk menyimpan video dan audio. MP4 juga bisa ditransfer dengan cara streaming melalui internet. Kedua format MP4 dan MOV menggunakan format MPEG-4 yang serupa sehingga kedua format bisa bekerja di lingkungan QuickTime.

Namun MP4 lebih populer dan sering digunakan dibandingkan dengan MOV karena MP4 bisa dijalankan di platform lain selain Mac. Platform lain termasuk Linux, Windows, dan banyak perangkat mobile lainnya. Kebanyakan aplikasi pemutar video mendukung file video MP4.

Apa perbedaan antara MP4, MP3, MP3G4, dan MOV? Periksa halaman ini untuk mengetahui perbedaannya: MP4 VS MP3 VS MOV VS MPEG4.

Untuk kerusakan MP4, ada banyak penyebab yang Anda sebaiknya ketahui.

Galat penulisan atau pembacaan data: Ketika Anda mengedit sebuah file, arsitektur internal file harus dirancang ulang untuk mengikuti pergantian yang Anda buat. Selama prosedur ini, segala hal yang tidak diinginkan bisa menyebabkan masalah file yang berkaitan dengan struktur yang jelek atau informasi yang hilang.

Informasi yang rusak atau hilang: Saat ini, perpindahan informasi dilakukan secara luas. Kita memiliki banyak pilihan mulai dari yang nyata dan tidak nyata, seperti:

  • Transfer data melalui internet: Email dan informasi hosting di server/penyimpanan cloud
  • Transfer data melalui media fisik: USB, CD, DVD, dan HDD/SDD
  • Media tidak nyata bisa kehilangan informasi ketika koneksi internet bermasalah sehingga transfer data ke server tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Selain itu, jika perangkat atau komputer Anda terinfeksi virus atau program yang tidak diinginkan. Masalah ini bisa mengganggu proses pengiriman atau penerimaan informasi, mengubah hasil, dan membuat galat yang merusak file ANda.
  • Video bisa hilang atau rusak jika ada kerusakan fisik atau gangguan virus selama proses penulisan dan pembacaan.

Metode 1. Dapatkan Alat Perbaikan Video MP4

Mungkin Anda memiliki masalah yang sama dengan di atas. MP4 memberikan video digital dengan kualitas tinggi dan kompres tingkat tinggi, tapi video MP4 favorit kita juga sering rusak. Masalah ini sering terjadi jika file MP4 menjadi rusak. Anda akan mendapatkan audio dan video tidak sinkron, atau terkadang Anda bisa mendengar audio tapi video tidak muncul. Itulah kenapa Wondershare Repairit Alat Perbaikan Video MP4 ada untuk Anda, bekerja untuk pengguna Windows dan Mac.

Alat ini bisa memperbaiki file MP4 yang memiliki masalah: video dan audio tidak sinkron, layar hitam, layar berkedip, kode eror video lainnya, beku, tidak bisa diputar, dll.

Bahkan, alat perbaikan video MP4 yang canggih ini bisa membantu Anda memperbaiki file video yang rusak karena alasan apa pun: pergantian format, file header rusak, shutdown sistem yang tidak semestinya, galat baca dan tulis file, serangan virus, unduh yang tidak semestinya, dan masalah kompresi.

Langkah 1 Tambahkan Video MP4 yang Rusak

Tambahkan File Video MP4 ke Alat Perbaikan Videonya. Tambah atau seret file video MP4 ke daftar perbaikan.

tambah video mp4 yang rusak

Langkah 2 Mulai Perbaiki File MP4

Pilih file video yang rusak dari daftar dan klik tombol Perbaiki untuk memulai proses perbaikan video MP4.

pilih file mp4 yang rusak

Langkah 3 Pratinjau dan Simpan Video Mp4 yang rusak

Setelah beberapa menit, video yang rusak telah diperbaiki. Sebelum mengeklik tombol Simpan, pratinjau file video untuk memastikan kualitas perbaikan video MP4 yang rusak .

memperbaiki file video mp4 yang rusak

Langkah 4 Manfaatkan Mode Perbaikan Lanjutan

Bagaimana jika video tidak diperbaiki dengan benar? Artinya video Anda rusak parah. Pergi ke mode "Perbaikan Video Lanjutan", yang memanfaatkan file video sampel untuk meningkatkan tingkat kesuksesan perbaikan. Untuk kasus ini video sampel sebaiknya dalam format MP4 dan dibuat dari perangkat yang sama.

tambah video mp4 sampel

Kemudian, Anda bisa mengeklik tombol Simpan untuk menyimpan file video MP4 yang telah diperbaiki ke lokasi yang diinginkan.

Selain file video MP4, software ini juga bisa memperbaiki file video 3GP yang rusak.

Tutorial Video untuk Memperbaiki File Video MP4 yang Rusak

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >

Metode 2. Gunakan VLC Media Player untuk Memperbaiki Video MP4.

Pemutar video VLC memiliki sistem otomatis untuk memperbaiki video dengan format ".AVI" yang rusak dan menggunakan alat ini dengan file MP4. Pertama Anda harus melakukan konversi format, dan untungnya, VLC memiliki opsi untuk mengonversikan format. Sekarang, lihat bagaimana Anda bisa memperbaiki file MP4 dengan VLC.

Langkah 1 Buka VLC dan klik Media. Lakukan ini untuk membuka alat konversi format.

buka vlc dan klik media

Langkah 2 Tambah video yang rusak.

Di sini Anda memiliki pilihan untuk menambahkan file yang rusak yang ingin dikonversikan ke ".AVI". Setelah file dipilih, klik Convert / Save.

konversi ke avi

Langkah 3 Pilih pengaturan.

Pilih Codec dan atur lokasi untuk video Anda dan klik "Start".

pilih codec

Langkah 4 Buka VLC dan klik "Preferences"

Anda bisa menemukan opsi Preferences di menu drop-down dari "Tools" atau dengan menekan Ctrl + P.

tekan ctrl dan p

Langkah 5 Pilih "Always fix" di opsi "damaged or incomplete AVI file".

Opsi ini terletak di bagian Input / Codecs Setelah memilih opsi Always Fix, klik "Save".

pilih always fix

Satu batasan yang harus diketahui adalah masalah layar hitam VLC. Terkadang, Anda menemukan masalah layar hitam VLC dan video tidak bisa diputar. Untuk kasus seperti ini, baca Pedoman Penyelesaian Masalah VLC untuk mendapat bantuan.

Beberapa Tips Keamanan untuk Menghindari Kerusakan File Video

Artikel ini hampir usai. Dan harap periksa saran-saran yang bisa membantu Anda menghindari kerusakan video ke depannya.

  • Buat salinan dari informasi sebelum membuat pergantian yang bisa mengubah isi dari video.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan lebih dari satu metode cadangan: CD, DVD, penyimpanan cloud, dll. Dengan begini, jika hard drive PC rusak, Anda memiliki lebih dari satu alternatif untuk memulihkan informasi Anda.
  • Terus perbarui sistem operasi dan software antivirus.
  • Pastikan komputer Anda bekerja dalam kondisi yang optimal. dengan koneksi internet yang baik dan stabil

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Alat Perbaikan MP4: Bagaimana Cara Memperbaiki File Video MP4 yang Rusak