Artikel ini berisi deskripsi cara untuk memperbaiki SD card yang tidak bisa dimuat gambar

Teratasi: SD Card Tidak Bisa Memuat Gambar

Wondershare Recoverit Authors

Feb 26, 2024 • Filed to: Topik • Proven solutions

0

Bukankah luar biasa zaman sekarang Anda bisa mengambil momen favorit Anda kemudian menyimpannya ke USB dan SD card sepanjang hidup Anda? Teknologi telah membawa masyarakat menjadi lebih dekat, tetapi yang terpenting, teknologi tidak membiarkan ingatan kita pudar. Banyak orang bergantung pada alat penyimpanan ini untuk menyimpan memori-memori mereka. Bayangkan Anda telah mengumpulkan seluruh memori berharga Anda dalam bentuk gambar ke dalam SD card. Namun suatu hari, secara tiba-tiba, SD card tersebut tidak bisa memuat gambar Anda lagi. Akan sangat disayangkan jika Anda kehilangan memori-memori Anda dengan cara seperti ini. Kejamnya masalah ini juga menjadi perhatian kami. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Artikel berikut akan memberitahu Anda bagaimana caranya memperbaiki SD card yang tidak bisa memuat gambar. Kami juga memiliki cara bagaimana memulihkan foto yang terhapus dari SD card. Jadi siapkan diri Anda untuk mengikuti solusi luar biasa mengatasi masalah ini dan memulihkan foto dari SD card.

Bagian 1: Kenapa Gambar Tidak Dapat Dimuat dari SD card?

Orang-orang menggunakan SD card dan USB untuk menyimpan data mereka. Namun sering terjadi, gambar yang disimpan di SD card tidak dapat dimuat. Ada beberapa alasan di balik masalah ini, tetapi apapun alasannya, akan sangat membuat frustrasi dan menjengkelkan jika hal ini terjadi pada penggunanya. Penyebab umum di balik masalah ini bisa jadi karena adanya koneksi USB yang buruk antara SD card dan adapter SD card atau adapter dan drive USB. Masalah mungkin juga muncul karena ketidakcocokan format gambar dengan format yang tersedia. SD card Anda mungkin rusak sehingga tidak menampilkan gambar. Infeksi virus juga bisa menjadi penyebabnya. Huruf drive mungkin tidak ditetapkan untuk SD card Anda, atau mungkin drive telah usang. Hal yang telah disebutkan di atas mungkin merupakan penyebab yang membuat gambar Anda tidak dapat dimuat. Namun Anda tidak perlu khawatir akan semua itu karena kami memiliki beberapa solusi yang luar biasa, ajaib, dan mudah untuk Anda. Meski gambar-gambar itu rusak, Anda bisa memulihkan foto dari SD card. Jadi cermati artikel berikut ini, dan Anda akan bisa memulihkan foto yang terhapus dari SD card.


Bagian 2: Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Gambar Tidak Bisa Dimuat dari SD Card?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, SD card Anda mungkin tidak bisa memuat foto penting dan penuh memori milik Anda akibat beberapa penyebab, tetapi biasanya, seluruh masalah dalam teknologi memiliki beberapa solusinya. Sehingga kami akan memberikan beberapa solusi yang bisa mengatasi masalah Anda. Berikut ini adalah solusinya:

Solusi 1: Periksa koneksi SD Card dan ganti adapternya

Penyebab yang paling umum terjadi pada SD card yang tidak dapat memuat foto Anda bisa jadi karena koneksi yang buruk antara adapter dan SD card. Membangun ulang koneksi yang stabil dan berfungsi akan membantu menyelesaikan masalah ini. Untuk melakukan proses ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut, maka masalah Anda akan selesai.

  1. Jika perangkat Anda adalah ponsel pintar, cabut dan pasang kembali SD card.
  2. Anda juga bisa memeriksa apakah adapter ponsel pintar Anda berfungsi dengan baik.
  3. Jika perangkat Anda adalah PC, cabut SD card reader.
  4. Ganti SD card dan hubungkan kembali.
  5. Jika cara ini tidak bekerja, coba hubungkan SD card ke USB port lain yang ada pada PC.
  6. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghubungkannya pada PC lain.

Jika masalahnya karena koneksi antara SD card dan adapter, maka solusi ini akan membantu Anda menyelesaikan masalahnya. Dengan cara ini, Anda akan bisa mendapatkan kembali data Anda tanpa perlu melakukan proses pemulihan foto terhapus dari SD card. Jika solusi ini tidak berhasi, mari pindah ke Solusi 2.

Solusi 2: Periksa kecocokan format foto dengan format yang tersedia

Terkadang foto tidak bisa dimuat karena format pada gambar tidak cocok dengan format perangkat Anda. Namun, tetap tenang karena kami memiliki solusi akan masalah ini. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini. Jadi, mari kita mulai!

  1. Hubungkan SD card dengan adapter.
  2. Sekarang hubungkan adapter dengan komputer.
  3. Buka SD card dari Windows File Explorer.
  4. Periksa format foto pada SD card Anda.
  5. Periksa apakah perangkat Anda mendukung format tersebut.
  6. Jika tidak, ubah format foto, maka gambar akan otomatis terlihat oleh Anda.

Kebanyakan gambar tersedia dalam format yang biasa, contohnya adalah PNG, JPEG, AVI, GIG, dan JPG, dll. Ketika foto Anda menggunakan format khusus, maka Anda bisa mengubah formatnya agar cocok dengan format pada perangkat Anda. Mendirikan kecocokan antara format akan membantu Anda mengatasi masalah jika memang itu masalahnya. Jika solusi ini tidak juga berhasil, artinya penyebab masalah pada SD card Anda adalah hal lain. Maka mari kita bahas solusi selanjutnya.

Solusi 3: Coba Ubah Huruf Drive pada SD Card

Terkadang SD card tidak memiliki huruf drive. Jika ini terjadi, SD card tidak akan muncul pada perangkat Anda. Pada kartu ini, pemberitahuan akan muncul, menyatakan "Windows cannot detect SD card." Situasi ini mungkin akan terlihat berat untuk Anda, tetapi jangan pupus harapan. Kami memiliki solusi untuk masalah ini. Setelah mengikuti solusi yang tertulis di bawah ini, Anda akan menghilangkan masalah buruk ini. Maka Anda tidak perlu untuk memulihkan foto yang terhapus pada SD card tersebut. Anda bisa mengubah huruf drive dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik-kanan pada "My Computer" atau "This PC" dan klik pada opsi "Manage."
  2. Klik pada opsi "Disk Management."
  3. Temukan ikon SD card dan klik kanan pada ikon tersebut.
  4. Klik "Change Drive Letter and Path."

ubah huruf drive pada sd card

  1. Kemudian dari pemberitahuan yang muncul, klik pada "Add" untuk menetapkan huruf yang diinginkan ke SD card.
  2. Klik "OK".

Ketika prosesnya sudah selesai, coba buka SD card. Jika masalah diakibatkan karena huruf drive, maka solusi ini pasti akan berhasil. Namun, juga masih belum berhasil, maka masalahnya bukan karena huruf drive. Masalahnya adalah hal lain. Jadi, untuk bisa melanjutkan mengatasi masalah ini, mari kita coba solusi 4.

Solusi 4: Coba lepas pemasangan Disk Driver

Terkadang masalah ada pada driver SD card memicu masalah ini. Namun, solusi ini hadir untuk mengatasi masalah yang menjengkelkan ini. Jadi, mari kita coba untuk atasi masalah ini bersama-sama. Jika bisa diatasi, Anda tidak perlu melewati prosedur panjang untuk memulihkan SD card dan mendapatkan kembali foto yang terhapus dari SD card. Cukup ikuti langkah-langkah mudah berikut, maka Anda akan bisa melakukannya.

  1. Hubungkan SD card Anda ke adapter.
  2. Hubungkan adapter ke PC.
  3. Klik-kanan pada opsi "My Computer" atau "This PC."
  4. Klik pada "Device Manager."
  5. Perbesar menu kemudian klik pada "Disk Drivers."
  6. Klik kanan pada SD card, kemudian klik "Uninstall".
  7. Setelah proses selesai, klik pada "Scan for hardware changes" agar dapat melakukan refresh pada driver.

klik pada pindai untuk mengubah opsi

Jika SD card Anda tidak menampilkan gambar Anda akibat driver SD card, maka dengan mencoba solusi ini akan membantu Anda. Kalau tidak, coba Solusi 5 untuk bantuan lebih lanjut.

Solusi 5: Coba lakukan format pada SD card

SD card Anda tidak bisa memuat gambar jika SD card Anda rusak. Banyak orang berpikir ketika SD card mereka rusak, berarti data mereka hilang, tetapi sebenarnya mereka bisa memulihkan foto dari SD card dengan melakukan pemformatan. Bukankah ini luar biasa? Ketika SD card Anda rusak, PC mendeteksi SD card tetapi menampilkan pemberitahuan yang menyatakan "SD card is not formatted, format it now." Anda bisa melakukan format pada SD card, kemudian akan bisa mendapatkan data Anda kembali tanpa kehilangan apa pun. Jadi mari kita mulai proses ajaib dengan langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Tekan tombol "Windows" + "E" bersamaan. Ini akan membuka "Windows Explorer."
  2. Klik kanan pada SD card.
  3. Klik pada opsi "Format."
  4. Pilih sistem berkas yang diperlukan, yaitu untuk diatur sebagai NTFS untuk 32GB dan exFAT untuk 64GB SD card.
  5. Kemudian pilih opsi "Quick Format."
  6. Klik pada "Start."

format sd card Anda

Ketika format selesai, Anda akan mendapatkan akses SD card Anda tanpa perlu melewati proses memulihkan foto dari SD card.

Solusi 6: Jalankan antivirus

Jika alasan di balik tidak bisanya melihat foto adalah virus, maka dengan melakukan pemindaian SD card Anda bisa membantu. Dengan begini gambar Anda akan termuat dan Anda juga tidak akan kehilangan data. Ada banyak perangkat lunak gratis yang tersedia, yang bisa membantu untuk melakukan hal ini. Mari kita mulai proses pemindaian dengan beberapa langkah yang mudah dan praktis.

Anda akan bisa membebaskan malware dan virus sekaligus ketika sudah selesai. Maka Anda bisa dengan mudah memulihkan gambar dari SD card.


Bagian 3: Pulihkan Foto dari SD Card yang Tidak Bisa Dimuat.

SD card memudahkan kita untuk menyimpan data dan informasi kita. Namun terkadang, karena adanya malware, virus, atau alasan lain, data penting kita seperti gambar dan video, menjadi rusak. Biasanya, orang akan menyerah jika masalah ini terjadi dan berpikir bahwa memori mereka hilang selamanya. Namun, masalah ini punya solusinya. Perangkat lunak Wondershare Recoverit Photo Recovery akan membantu Anda mengatasi masalah Anda, Anda akan bisa memulihkan foto dari SD card. Karenanya, mari kami perkenalkan perangkat lunak luar biasa dan proses yang bisa diikuti untuk melanjutkan proses. Mari mulai dengan langkah-langkah berikut ini.

Tampilkan Lebih Banyak >

Langkah 1: Pilih SD card Anda

Buka perangkat lunak Wondershare Recoverit Photo Recovery kemudian klik pada SD card lalu klik Start. Ketika menjalankan langkah ini, pastikan SD card Anda terhubung ke perangkat. Biarkan perangkat lunak memindai SD card Anda. Proses ini akan memakan waktu.

pilih lokasi sd card untuk menemukan foto yang terhapus

Langkah 2: Pulihkan Data Terhapus

Ketika proses pemindaian telah selesai, pratinjau dan cara berkas yang ingin dipulihkan. Pilih berkas yang diinginkan dan pilih opsi "Recover" untuk memulihkan foto yang terhapus dari SD card. Anda akan mendapatkan kembali foto setelah proses ini selesai.

pulihkan data terhapus dari sd card


Kesimpulan

SD card biasanya digunakan untuk menyimpan data, termasuk foto dan video, sebagai kenangan, tetapi terkadang SD card tidak bisa memuat foto. Ada beragam alasan di balik masalah ini, termasuk masalah pada drive, kecocokan format, virus atau malware, dll. Masalah ini bisa diatasi dengan memeriksa koneksi antara adapter dan perangkat, memperbarui huruf drive dari SD card, melepas pemasangan driver SD card, memindai malware, atau memformat SD card. Selain itu, terkadang data Anda rusak karena beragam alasan. Namun, Anda bisa memulihkan foto dari SD card menggunakan Perangkat Lunak Wondershare Recoverit Photo Recovery.

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Topik > Teratasi: SD Card Tidak Bisa Memuat Gambar