Dua Cara Terbaik Untuk Memulihkan Data setelah Melakukan Atur Ulang Pabrik di Android

Dua Cara Terbaik Untuk Memulihkan Data setelah Melakukan Atur Ulang Pabrik di Android

Wondershare Recoverit Authors

Dec 06, 2022 • Filed to: Solusi Foto/Video/Audio • Proven solutions

0

Anak saya tidak sengaja menekan tombol atur ulang pabrik di ponsel Android saya. Sekarang semua data saya hilang. Bagaimana cara memulihkan data dari ponsel Android setelah atur ulang pabrik? Ada solusinya?

Ya! Ada beberapa cara untuk memulihkan data setelah mengatur ulang pabrik ponsel Android Anda. Tidak peduli jika atur ulang pabrik secara sengaja atau tidak, Anda bisa mendapatkan data Anda kembali dengan mudah. Di artikel ini, kami telah menyebutkan beberapa cara untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik, dan Anda bisa menggunakan beberapa cara ini dan mendapatkan kembali data Anda.

Bagian 1. Kenapa Mengatur Ulang Pabrik Ponsel Android Anda?

Sebelum kami memberitahu cara terbaik untuk memulihkan data setelah pengaturan ulang pabrik, kami ingin memberitahu Anda tentang pengaturan ulang pabrik Android.

Menghapus Sampah

Kartu SD di ponsel Android dan penyimpanan internal ponsel selalu penuh dengan data lebih banyak dari yang kita tahu, dan itulah alasan kenapa ruang penyimpanan selalu terisi dengan cepat. Kebanyakan dari data tersebut adalah sampah, dan tidak berguna bagi Anda. Dengan pengaturan ulang pabrik, Anda bisa membersihkan ponsel Android dan memberikan ruang ekstra untuk menyimpan data.

Menyingkirkan File Berbahaya

Kartu SD mungkin menyimpan beberapa file yang berbahaya untuk jangka panjang. File-file tersebut bisa merusak data atau perangkat Anda. File-file seperti itu bisa mengandung Malware, Bug, Virus, dll. dan bisa mengancam keamanan perangkat dan privasi data Anda. Mengatur ulang pabrik Android Anda bisa menyingkirkan file-file berbahaya tersebut.

Menghapus Seluruh Data.

Ketika membeli kartu SD baru, penting bagi Anda untuk melakukan atur ulang pabrik melalui perangkat mobile Android Anda sebelum digunakan. Dengan begini semua data yang tidak penting atau bahaya bisa dihapus. Hal yang sama berlaku ketika Anda menjual kartu SD atau ponsel Android Anda. Anda perlu melakukan atur ulang pabrik untuk menghapus semua data yang ada di dalam ponsel Android sebelum dijual. Cara ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Catatan:

Tidak peduli apa rencana dibalik atur ulang pabrik Android Anda, selalu disarankan untuk mencadangkan semua data penting sebelumnya.


Bagian 2. Apakah Mungkin Memulihkan Semua Data Setelah Android Diatur Ulang Pabrik?

Ya! Sangat bisa untuk memulihkan data setelah Android diatur ulang pabrik. Bagaimana? Karena ketika file terhapus dari ponsel Android Anda atau setelah melakukan atur ulang pabrik, data yang disimpan tidak dihapus secara permanen. Data masih tersembunyi di dalam ruang penyimpanan ponsel Android Anda. Hanya penimpaan data yang bisa menghapus data secara permanen.

Jika Anda sengaja atau tidak sengaja melakukan atur ulang pabrik, masih ada kemungkinan besar untuk memulihkan data yang terhapus. Tapi untuk melakukannya, Anda butuh alat pemulihan data Android yang canggih yang bisa memindai perangkat dan memulihkan semua data Anda setelah atur ulang pabrik.


Bagian 3. Bagaimana Cara Memulihkan Data Setelah Mengatur Ulang Pabrik Ponsel Android?

Metode 1. Memulihkan dari Cadangan Lokal

Sebagian besar perangkat Android dilengkapi dengan fitur cadangan di dalamnya. Jadi, jika Anda mengambil data cadangan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa memulihkan data dari cadangan setelah melakukan atur ulang pabrik di perangkat Android Anda. Proses pencadangan data dan pemulihan data di ponsel Android hampir sama di semua jenis ponsel Android.

Langkah 1. Cadangkan Data Anda

Pergi ke "Settings" dan pilih "Backup and Restore" . Di sana Anda bisa melihat pilihan untuk mencadangkan data ponsel Android Anda. Nyalakan pilihannya, dan selesaikan proses yang dibutuhkan ponsel Android Anda.

recover-photos-after-factory-reset-android-1

Langkah 2. Pulihkan Data Anda.

Untuk memulihkan data setelah melakukan atur ulang pabrik di Android, pergi ke "Backup and Restore" di dalam "Settings." Sekarang, cari pilihan "Restore", dan pilih cadangan file yang Anda buat sebelum atur ulang pabrik. Pilih file dan pulihkan semua data Anda.

Ingat: Setelah Anda membuat cadangan file dari "Langkah 1", Anda harus memindahkan file ke perangkat lainnya saat proses atur ulang pabrik Android Anda. Setelah proses atur ulang pabrik selesai, Anda bisa memindahkan file kembali ke Android untuk memulihkan data.

Metode 2. Pulihkan dari Akun Google

Anda juga bisa menggunakan akun Google yang terhubung ke perangkat Anda untuk Mencadangkan dan Memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android.

Langkah 1. Cadangkan Data Anda

Pergi "Settings" di perangkat Anda dan pilih "Google". Setelah itu pilih "Backup." Di sini, Anda akan melihat pilihan untuk mencadangkan data secara otomatis ke akun Google yang terhubung dan pilihan untuk melakukan pencadangan sekarang juga. Nyalakan kedua pilihan. Juga nyalakan pilihan "Automatic restore". Tunggu hingga pencadangan selesai.

recover-photos-after-factory-reset-android-2

Langkah 2. Pulihkan Data Anda.

Sekarang, ketika mengatur akun Google di perangkat Anda sekali lagi setelah mengatur ulang pabrik, Anda akan mendapatkan pilihan untuk memulihkan data selama proses pengaturan. Pilih setuju, dan semua data akan dipulihkan ke perangkat.

recover-photos-after-factory-reset-android-3


Bagian 4. Pulihan Data Setelah Atur Ulang Pabrik Android Tanpa Cadangan

Sekarang, mungkin bagi Anda untuk melakukan atur ulang pabrik tanpa mencadangkan data Android terlebih dahulu. Banyak orang yang melakukan kesalahan seperti ini, atau terkadang satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Namun ini artinya Anda telah kehilangan data Anda, termasuk semua data-data penting. Apa yang bisa Anda lakukan? Bagaimana cara memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android? Jangan khawatir. Ada solusi untuk masalah ini. Yang Anda butuhkan adalah alat pemulihan data yang canggih dan andal untuk memulihkan data Anda setelah atur ulang pabrik Android.

Kami merekomendasikan Recoverit Data Recovery, karena alat ini adalah salah satu alat tercanggih untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android. Alat ini bisa memulihkan semua jenis file, dengan tingkat kesuksesan 98%. Artinya tidak peduli jenis data atau ukuran data yang telah hilang, Recoverit bisa memulihkan semuanya dengan mudah.

Bagaimana Cara Memulihkan File yang Terhapus di Ponsel Android.

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Banyak >

Bagaimana Cara Memulihkan Data Setelah Atur Ulang Pabrik Android?

Langkah 1. Untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android, Anda diharuskan untuk mencabut kartu SD dari ponsel dan menghubungkannya ke sistem dengan bantuan card reader yang kompatibel. Setelah terhubung, periksa apakah kartu SD terdeteksi oleh sistem. Juga identifikasi kartu SD Anda sebelum melakukan pemulihan data atur ulang pabrik Android.

Langkah 2. Luncurkan program Recoverit dan tunggu hingga jendela beranda terbuka. Anda bisa melihat kartu SD Anda bersamaan dengan drive penyimpanan lainnya di jendela beranda. Kartu SD Android yang datanya ingin Anda pulihkan akan terdaftar di bagian "Perangkat Eksternal." Pilih kartu SD Anda dan klik "Mulai" untuk memulai proses pemindaian.

external-device-recovery

Langkah 3. Program akan secara otomatis memilih mode pemulihan Keseluruhan untuk memindai kartu SD Anda untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android. Tunggu hingga pemindaian selesai. Setelah selesai, semua data yang hilang dari Android akan terdaftar di jendela baru dari program Recoverit Data Recovery . Anda sekarang diharuskan untuk memilih file yang Anda ingin pulihkan.

scan-external-device

Langkah 4. Pratinjau file atau telusuri melalui kotak telusuran untuk mencari tahu file apa yang Anda ingin pulihkan. Pilih semua file yang Anda inginkan dan tekan tombol "Pulihkan" yang terletak di bagian bawah jendela. Window popup berikutnya akan meminta Anda untuk memilih lokasi aman di dalam sistem Anda. Klik "Oke" setelah memilih lokasi. Anda akan melihat semua file yang akan dipulihkan di lokasi yang dipilih. Anda sekarang bisa mengakses semua file yang dipulihkan di dalam lokasi tersebut.

recover-external-device

Catatan: Recoverit Data Recovery membantu Anda untuk memulihkan data seteleh atur ulang pabrik Android. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu untuk menghubungkan kartu SD ke sistem Windows atau Mac. Recoverit tidak bisa memulihkan data dari ponsel Android tanpa kartu SD.

Kami telah membahas tiga cara untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android Anda. Anda bisa menggunakan segala cara tersebut untuk memulihkan data setelah atur ulang pabrik Android. Namun, jika Anda tidak mencadangkan data sebelum atur ulang pabrik, maka melakukan pemulihan data melalui Recoverit Data Recovery adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

You Might Also Like

Recoverit author

Amy Dennis

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Foto/Video/Audio > Dua Cara Terbaik Untuk Memulihkan Data setelah Melakukan Atur Ulang Pabrik di Android