Bagaimana Cara Memulihkan SD Card yang Terformat pada Ponsel Android?

Cara Memulihkan SD Card yang Terformat pada Ponsel Android

Wondershare Recoverit Authors

Aug 17, 2023 • Filed to: Solusi Kartu SD • Proven solutions

0

Memformat SD card merupakan salah satu cara terbaik untuk memperbaiki beberapa masalah yang berkaitan dengan perangkat penyimpanan atau untuk menggunakannya seperti baru. Namun, memformat SD card sering kali berarti Anda akan kehilangan seluruh data Anda di perangkat tersebut. Walaupun terdengar tidak mungkin, bukan hal yang aneh untuk memformat SD card tanpa sengaja. Mungkin Anda bermaksud untuk memformat SD card yang lainnya, namun Anda lupa mengganti SD card di perangkat Anda dan berakhir dengan memformat SD card yang salah.

Jika ini benar terjadi, dan Anda memformat SD card yang salah, Anda pasti memerlukan solusi untuk memulihkan semua data Anda yang telah hilang. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan pada Anda cara memulihkan SD card yang terformat pada ponsel Android.

Bagian 1: Skenario Memformat SD Card pada Ponsel Android

Memformat SD card pada perangkat Android bisa diakibatkan oleh berbagai skenario. Namun demikian, di bawah ini adalah skenario yang paling umum terjadi;

1. Memformat Tanpa Sengaja

Ini merupakan skenario yang paling umum terjadi. Anda memformat SD card yang salah, atau meminjamkan perangkat Anda pada orang lain dan mereka tanpa sengaja memformat SD card Anda tanpa Anda ketahui.

2. Kerusakan pada SD card

Beberapa jenis kerusakan dari SD card sering kali mengharuskan Anda untuk memformat kartu yang terkait untuk memperbaikinya. Jika ini yang terjadi, Anda disarankan untuk mencadangkan data di dalamnya ke perangkat penyimpanan lain. Namun, Anda mungkin tidak bisa melakukannya, yang berarti bahwa Anda akan kehilangan data yang tersimpan di SD card tersebut.

3. Virus dan Perangkat Lunak Berbahaya (Malware)

Saat SD card Anda terinfeksi perangkat lunak berbahaya dan virus, satu-satunya cara untuk menghapusnya adalah dengan memformat SD card tersebut. Namun, Anda mungkin tidak bisa mencadangkan data yang tersimpan di SD card tersebut sebelum memformatnya.


Bagian 2: Apakah Kita Bisa Memulihkan File dari SD Card yang Terformat pada Android?

Seperti yang telah Anda ketahui, memformat SD card sering kali berarti bahwa Anda akan kehilangan seluruh data yang tersimpan di perangkat penyimpanan tersebut. Tetapi, apakah kita bisa memulihkan file yang dari SD card yang terformat itu? Jawabannya adalah bisa, tetapi dengan sebuah peringatan. Selama file di SD card tersebut belum ditimpa, perangkat pemulihan data yang bagus akan bisa membantu Anda untuk memulihkan data tersebut.


Bagian 3: Cara Memulihkan SD Card yang Terformat pada Ponsel Android

Apakah Anda telah menghapus data di SD card Anda secara tidak disengaja? Tidak perlu panik. Alih-alih pasrah, Anda bisa mempelajari cara memulihkan data yang terhapus di SD card Anda. Sekarang, mari kita bahas cara memulihkan data yang terhapus dari SD card.

Langkah 1. Hubungkan kartu mikro SD card Anda melalui perangkat Android Anda atau mesin pembaca kartu (card reader)

Setelah itu, buka Dr.Fone di komputer Anda dan pilih "Data Recovery".

pemulihan sd card android

Selanjutnya, hubungkan SD card Anda ke komputer. Anda bisa melakukan ini dengan dua cara: menggunakan mesin pembaca kartu atau menggunakan perangkat Android Anda dengan SD card tersebut di dalamnya. Pilih cara yang lebih mudah untuk Anda dan klik "Next" untuk melanjutkan.

menghubungkan sd card

Setelah SD card Anda terbaca oleh programnya, Anda akan melihat tampilan jendela seperti di bawah. Silakan klik "Next" untuk melanjutkan.

pilih sd card

Langkah 2. Pilih mode pemindaian yang ingin digunakan untuk memindai SD card Anda

Anda bisa memilih dua mode pemindaian untuk pemulihan SD card Android. Namun, kami menyarankan untuk mencoba Mode Standard terlebih dahulu. Jika Anda tidak bisa menemukan file yang Anda inginkan, Anda bisa mencoba Mode Advance. Dengan menggunakan Mode Standard, Anda bisa memilih untuk hanya memindai file-file yang telah terhapus saja, atau memindai seluruh file di SD card Anda. Kami menyarankan agar Anda memilih opsi yang kedua, karena ini bisa membantu Anda menemukan file yang lebih lengkap.

memindai sd card

Pilih mode pemulihan yang ingin Anda coba, lalu klik tombol "Next" untuk mulai memindai SD card Anda.

memindai dan meninjau

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dari SD card Anda secara selektif

Setelah proses pemindaiannya selesai, semua file yang ditemukan akan ditampilkan dalam kategori. Dari bilah samping sebelah kiri, Anda bisa mengklik berbagai jenis data untuk menampilkan hasil yang terkait. Anda bisa mencentang atau menghapus centang pada file-file tersebut secara selektif. Setelah itu, silakan klik "Data Recovery" untuk memulai proses pemulihan datanya.

pemulihan sd card

Anda Mungkin Berminat

Recoverit author

Larry Jordan

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Kartu SD > Cara Memulihkan SD Card yang Terformat pada Ponsel Android