Memperbaiki Masalah Drive Jaringan yang Dipetakan Tidak Muncul

Bagaimana cara Memperbaiki Masalah Drive Jaringan yang Dipetakan Tidak Muncul

Wondershare Recoverit Authors

May 05, 2023 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

T: Bagaimana cara memperbaiki masalah drive jaringan dipetakan yang tidak muncul?

"Hei, saya tidak bisa melihat drive saya di bawah lokasi jaringan di file explorer. Saya mencoba menggunakan metode command prompt, tetapi tidak membantu. Bagaimana saya bisa membuat drive jaringan saya yang dipetakan terlihat? Apa yang harus saya lakukan jika drive jaringan tidak menampilkan semua folder/file?"

Anda bisa memetakan bagian jaringan ke surat drive jika Anda memiliki jaringan yang diatur untuk komputer Windows Anda. Drive yang dipetakan memberikan akses mudah ke folder dan file jaringan, hal yang sama seperti yang dilakukan disk lokal tradisional. Ini nyaman bagi sebagian besar pengguna, meskipun dalam beberapa kasus, mereka menghadapi kesalahan. Misalnya, drive yang dipetakan di Windows harus tersambung kembali secara terpercaya dan otomatis setelah login. Hal ini tidak selalu terjadi.

Selain drive, pengguna Windows juga memetakan server dan folder mereka. Bahkan ketika berhasil dilakukan, drive jaringan yang dipetakan tidak muncul kesalahan dapat ditemui. Di sini kita akan melihat kesalahan-kesalahan ini dan cara memperbaikinya.

Bagian 1: Ikhtisar Kesalahan - Jaringan yang Dipetakan Tidak Muncul di Windows 10/8/7

Bahkan ketika pemetaan drive berhasil, drive jaringan yang dipetakan bisa gagal ditampilkan. Hal ini bisa sangat membuat frustrasi, khususnya apabila Anda perlu berbagi file. Berbagi file tidak akan dapat dilakukan bila Anda tidak dapat melihat drive yang dipetakan pada File Explorer. Ini tidak akan mungkin terjadi, bahkan apabila PC berada pada jaringan yang sama.

Dengan memetakan drive jaringan, Anda dapat menyimpan file dan folder di komputer lain. Dengan menggunakan jaringan area lokal, Anda juga dapat melihat data Anda secara virtual dari komputer lain ke komputer Anda.

Namun demikian, tidak selalu drive yang dipetakan akan berfungsi. Sebuah Drive jaringan yang dipetakan tidak menampilkan semua folder adalah kesalahan yang bisa muncul. Berikut adalah gejala kesalahan ini.

Di File Explorer, bisa jadi drive tidak terlihat di bawah Lokasi Jaringan. Tergantung pada bagaimana pemetaan drive dilakukan, Anda bisa mengaksesnya atau tidak, melalui Command Prompt.

Dalam beberapa skenario, Anda bisa mengakses drive yang dipetakan di File Explorer. Meskipun demikian, Anda mungkin tidak melihat drive yang dipetakan yang sama apabila Anda menelusuri melalui aplikasi apa pun.

Ketika masalah ini terjadi, ada berbagai cara yang dapat diselesaikan di Windows 7, 8, dan 10. Meskipun pemetaan ulang drive dapat membantu mengatasi masalah, namun tidak selalu hal itu akan berhasil. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Bagian 2: Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Drive Jaringan yang Tidak Muncul?

Level di mana drive yang dipetakan diakses adalah alasan utama kesalahan ini terjadi. Misalnya, Anda akan memiliki akses terbatas apabila Anda mencoba mengaksesnya dari level akun pengguna. Ini ditunjukkan dalam File Explorer. Namun demikian, ini tidak akan muncul di File Explorer jika Anda mengaksesnya dari level administrator. Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk menghindari masalah ini.

Metode 1. Memperbaiki Drive Jaringan yang Tidak Muncul di File Explorer

Microsoft membantu pengguna dalam memberi tahu mereka apakah akan menggunakan otorisasi file sistem atau hard drive untuk aplikasi. Ini untuk mencegah kerusakan sistem dari program jahat. Untuk melakukannya, sistem menggunakan User Account Control atau UAC di Windows Vista dan OS yang lebih baru.

Karena UAC oleh Microsoft, jika Anda menggunakan izin pengguna standar untuk menjalankan Shell, Anda tidak akan melihat drive yang dipetakan. Ini apabila akses administrator digunakan selama konfigurasi. Anda akan mendapatkan kesalahan bahwa drive jaringan yang dipetakan tidak muncul dalam aplikasi. Dengan masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Lanjutkan dengan mengklik "Mulai," dan di kotak pencarian, ketik "Regedit." Untuk membuka "Editor Registry" tekan tombol "Enter".

membuka-registri-editor

Langkah 2: Pergilah ke alamat berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Kebijakan\Sistem

Setelah Anda sampai di sana, Anda perlu membuat "Nilai DWORD" baru di sini. Untuk melakukannya, klik kanan dan pilih kunci.

membuat-nilai-baru

Langkah 3: Anda harus memberi nama nilai baru "EnableLinkedConnections." Anda juga harus memodifikasi data nilai menjadi 1 pada titik ini; dan untuk melakukannya, klik kanan pada nilai tersebut. Ini pada gilirannya akan mengaktifkan tipe pengguna "administrator dalam Mode Persetujuan Admin" dan kebijakan UAC lainnya.

nama-nilai-dan-modifikasi-nilai-nilai-data

Langkah 4:Untuk menyimpan nilai baru yang Anda buat, klik "OKE." Keluar dari "Editor Registry" dan nyalakan ulang komputer.

drive-dipetakan-terlihat

Langkah-langkah ini akan membantu mengatasi drive jaringan dipetakan yang tidak muncul. Jika langkah-langkah tersebut tidak efektif, yang lain akan membantu. Dua langkah di bawah ini akan membuat komputer windows Anda mengidentifikasi drive jaringan dengan lebih baik.

1. Mengkonfigurasi Pengaturan Proxy Jaringan

Langkah 1: Untuk membuka jendela "Pengaturan", tekan "Windows + I" pada keyboard Anda. Setelah Anda berada di jendela pengaturan, pilih opsi "Jaringan & Internet".

Langkah 2: Pada langkah ini, pilih "Mengubah opsi adaptor" dalam status.

Langkah 3: Lanjutkan dengan klik kanan pada Ethernet, kemudian pilih "Properti."

Langkah 4: Sekarang, di sini Anda harus memilih opsi "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" yang bisa Anda temukan di tab "Jaringan". Lanjutkan dan klik pada "Properti." Selanjutnya, Anda akan melihat jendela popup. Di sini, Anda harus memastikan bahwa Anda mengaktifkan "Dapatkan alamat IP secara otomatis" dan "Dapatkan alamat server DNS secara otomatis."

mengelola-koneksi-jaringan

Langkah 5: Pada langkah ini, pastikan Anda kembali ke tab "Status". Anda bisa melihat "Mengubah opsi adaptor" di sini. Anda harus memilih "Opsi Berbagi."

Langkah 6: Jendela baru akan muncul. Di sini, Anda harus memastikan bahwa bagian "Penemuan Jaringan" aktif. Perluas bagian "Pribadi" untuk mengonfirmasi hal ini. Setelah Anda mengonfirmasikannya dihidupkan, lanjutkan dengan memilih "Simpan Perubahan."

2. Aktifkan Fitur SMB

Langkah 1: Dalam kotak pencarian, mulai proses dengan mengetik "Program dan fitur." Pastikan Anda membukanya.

Langkah 2: Anda akan melihat "Nyalakan fitur windows on or off" pada panel kiri. Silakan dan pilih itu. Sebuah jendela mini akan ditampilkan, dan Anda dapat melihat semua fitur Windows yang dirinci di sana.

Langkah 3: Di sini Anda akan melihat fitur-fitur yang dimulai dengan SMB. Gulir ke bawah jendela untuk menemukannya dan periksa semua folder SMB dan kemudian klik "OKE" di sini.

turn-smb-features-on

Langkah 4: Untuk memastikan bahwa perubahan yang dilakukan terpengaruh, reboot komputer Anda.

Metode 2. Drive Jaringan Tidak Menampilkan Semua Folder/File

Jika file dan folder Anda tersembunyi pada drive NAS, drive jaringan Anda mungkin gagal menampilkan semuanya. Untuk menghapus drive NAS yang tidak ditampilkan di jaringan windows 10, termasuk drive jaringan dan drive jaringan yang dipetakan, ada langkah sederhana. Pertama, Anda harus membuka "File Explorer" pada komputer Anda dan kemudian pergi ke bagian "Tampilan". Di depan "Item Tersembunyi," ada kotak yang harus Anda centang untuk menyelesaikan langkah tersebut. Setelah ini selesai, Anda akan menyadari bahwa semua folder dan file tersembunyi akan ditampilkan pada drive jaringan yang dipetakan.

view-hidden-folders


Bagian 3: Bagaimana Memulihkan File Tersembunyi Ketika Drive Jaringan yang Dipetakan Tidak Muncul?

Mungkin, metode di atas telah memecahkan masalah drive jaringan Anda yang dipetakan tidak muncul windows 10/8/7. Tetapi, bagaimana jika Anda entah bagaimana kehilangan data sewaktu mengeksekusi salah satu operasi di atas? Bagaimana lagi Anda bisa memperbaiki masalah yang membuat frustrasi ini? Jangan khawatir karena ada solusi terbaik untuk ini. Solusi ini dikenal sangat efektif dalam memperbaiki masalah pemulihan data dan dikenal sebagai software yang efektif. Recoverit akan membantu dalam pemulihan data bahkan ketika dihapus.

Langkah 1: Dapatkan Recoverit!

Jika Anda tidak memiliki software ini, pertama-tama Anda harus menginstal dan meluncurkannya. Setelah Anda meluncurkan software Recoverit Pemulihan Data di komputer Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 2: Pilih Drive

Lanjutkan untuk memilih lokasi drive. Di sinilah file dan folder tersembunyi disimpan. Berikutnya, klik "Mulai."

recoverit-interface

Langkah 3: Proses Pemindaian

Pada langkah ini, pemindaian disk dimulai. Alat Recoverit Pemulihan Data akan mencari folder dan file tersembunyi. Jika Anda perlu mencari lebih banyak file, Anda harus mengambil opsi "Pemulihan Menyeluruh". Tunggu saat pemindaian yang bisa memakan waktu beberapa menit.

operasi-pemindaian

Langkah 4: Tinjau dan Pulihkan File

Anda dapat melihat beberapa file foto yang dipulihkan dengan software ini. Anda harus memilih folder dan file tersembunyi. Jadi, pergilah ke opsi "Pulihkan" dan klik untuk memulihkan data.

memulihkan-file

Ketika Anda melihat drive yang dipetakan tidak menunjukkan kesalahan, Anda tidak perlu khawatir karena dapat diperbaiki. Ini bukan karena komputer atau sistem Anda tidak berfungsi. Ini bukan kesalahan baru. Dengan menggunakan metode-metode di atas dan mengatur beberapa perubahan, hanya dengan beberapa klik, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut.


Kesimpulan

Jika Anda adalah pengguna yang mengalami masalah dalam mengakses drive jaringan yang dipetakan, Anda perlu mencari tahu cara memperbaikinya. Dengan metode di atas, Anda dapat memperbaiki drive jaringan yang dipetakan tidak menampilkan Windows 10/8/7. Dua metode pertama seharusnya berhasil, tetapi jika Anda entah bagaimana mengalami masalah kehilangan data, maka cobalah metode ketiga.

Menggunakan Recoverit adalah metode terbaik yang dikenal cukup efektif. Ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi terutama ketika memulihkan data yang juga terhapus. Karena keefektifannya, ini akan membantu dalam membersihkan drive yang dipetakan Windows 10 yang tidak muncul dalam kesalahan program.

Pertanyaan Sering Ditanya (FAQ)

Tidak dapat menyambungkan kembali semua driver jaringan?

Jika Anda tidak dapat menyambungkan kembali driver jaringan, Anda harus menutup aplikasi dan program yang sedang berjalan. Kedua, Anda dapat mendownload aplikasi pihak ketiga untuk memindai pembaruan driver dan mendownload pembaruan driver untuk merampingkan koneksi.

Bagaimana cara memulihkan koneksi jaringan?

Ada berbagai cara untuk memulihkan koneksi jaringan. Misalnya, Anda perlu membersihkan penghalang fisik dan menyalakan ulang router internet. Selain itu, jika Anda kesulitan dengan konektivitas jaringan, Anda harus memperbarui Windows dan mengoptimalkan pengaturan DHCP.

Mengapa drive jaringan menghilang?

Jika drive jaringan menghilang, ada kemungkinan drive tidak dipetakan dan komputer tidak akan dapat memproses skrip. Ini umumnya terjadi ketika komputer sedang mengonfigurasi dirinya sendiri.

Bagaimana cara menyalakan ulang drive jaringan?

Untuk menyalakan ulang jaringan, Anda perlu menjalankan administrator dengan menekan tombol Windows dan R. Kemudian, ketik msc. dan klik kanan opsi server. Kemudian, klik pada tombol nyalakan ulang dan drive jaringan akan dinyalakan ulang.

Bagaimana cara memperbaiki drive jaringan yang dipetakan?

Drive jaringan yang dipetakan dapat diperbaiki dengan mengembangkan dan menjalankan dua skrip melalui folder StartUp. Jika Anda memiliki akses ke domain direktori aktif, kami sarankan Anda mengkonfigurasi ulang pengaturan Kebijakan Grup.

You Might Also Like

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana cara Memperbaiki Masalah Drive Jaringan yang Dipetakan Tidak Muncul