[Software Terbaik] Bagaimana Cara Melakukan Format Low-Level pada Hard Drive Anda?

Bagaimana Cara Melakukan Format Low-Level pada Hard Drive Anda?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Atasi Masalah Hard Drive • Proven solutions

0

Pernahkah Anda memformat hard drive Anda, tetapi sepertinya ini tidak menyelesaikan masalah? Nah, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan format low-level di hard drive. Tidak seperti format high-level, pemformatan low-level pada drive akan membagi disk menjadi beberapa sektor dan akan menghapus semua data yang telah disimpan. Dalam postingan ini, kami akan membuat Anda terbiasa dengan perbedaan antara format high-level vs. format low-level, serta akan membantu Anda menggunakan software untuk memformat hard drive low-level terbaik.

Apa itu Format Low-Level (LLF)?

LLF (Low-level Format) dari hard drive juga dikenal sebagai "zero-filled" karena menghapus semua data dari tempat penyimpanannya dan akan menggantinya dengan bit zero-state.


Low-level Format vs. High-level Format

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa memformat disk dapat terdiri dari dua jenis - low-level dan high-level. Untuk memahami konsep ini lebih lanjut, mari kita pelajari perbedaan antara high-level format vs. low-level format.

Prinsip Keseluruhan

High-level format hanya membersihkan data kita, memulai tabel partisi, dan membuat detail booting baru (jika dibutuhkan). Dan akan secara otomatis menghilangkan kesalahan logis dan bad sector. Seperti yang tercantum di atas, low-level format dari hard drive akan memindahkan area partisi dan menetapkan zero-bit di setiap level untuk me-restore reset pabrik.

Kita dapat melakukan high-level format pada partisi yang telah ditentukan, sementara low-level format dilakukan pada seluruh hard drive secara sekaligus.

Apa saja yang terhapus?

Low-level format pada hard drive akan menghapus semua data, mempartisi tabel, sektor boot, format file, district DATA, identifikasi ID, dan semuanya yang terkait dengan drive. High-level format pada hard drive hanya akan menghapus data Anda dan membiarkan Anda mengubah format file.

Waktu yang Dikeluarkan

Tidak perlu dikatakan lagi, high-level format pada hard drive mungkin tidak membutuhkan banyak waktu, sementara low-level format merupakan proses yang lebih memakan waktu.

Penggunaan

Low-level format pada hard drive sering dilakukan oleh pabrik saat produk keluar dari pabrik, sedangkan high-level format pada hard drive sering dilakukan oleh para pengguna. Anda dapat melakukan high-level format pada hard drive cukup dengan memilih partisi mana pun dan pilih opsi format dari menu konteks.

Pemformatan High-Level Windows


Bagaimana Cara Melakukan Format Low-level di Hard Drive?

Walaupun high-level format pada hard disk dapat dengan mudah dilakukan tanpa menggunakan software apa pun, itu tidak berlaku untuk pemformatan low-level. Meskipun demikian, ada beberapa software pemformatan low-level untuk Windows, Linux, dan macOS yang dapat Anda coba. Berikut ini adalah software-software populer yang dapat Anda pertimbangkan untuk melakukan low-level format pada drive.

Sebagai contoh, mari kita lihat contoh Software Pemformatan HDD Low-level oleh HDDGuru. Salah satu alasan utama mengapa kami memilih Software Pemformatan HDD Low-level karena ini mudah digunakan dan tersedia secara gratis. Dan juga, dapat melakukan low-level format pada setiap jenis hard drive seperti SATA, MMC, IDE, SCSI, dan lainnya.

Untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan software pemformatan HDD low-level untuk hard disk oleh HDDGuru, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

Langkah ke-1 Instal software Pemformatan HDD Low-level ini

Untuk memulainya, Anda dapat mengunjungi situs web resmi dari HDDGuru atau sumber pihak ketiga seperti CNET untuk mendownloadnya. Setelah itu, Anda dapat membuka penginstalnya dan menyelesaikan wizard sederhana tersebut untuk menyelesaikan proses instalasinya.

Langkah ke-2 Pilih Hard Drive untuk Diformat

Sekarang, buka software Pemformatan HDD Low-level ini di komputer Anda dan biarkan software tersebut mendeteksi disk primer/sekunder sistem Anda. Pada bagian wizard, Anda dapat memilih disk yang ingin Anda format dan klik tombol "Continue".

Software Pemformatan HDD Low-Level

Langkah ke-3 Selesaikan proses pemformatan low-level

Sudah selesai! Sekarang Anda cukup menunggu sebentar dan biarkan aplikasi ini melakukan pemformatan low-level di disk. Setelah data pada disk terhapus dan pembuatan ulang partisi telah selesai, komputer akan dinyalakan ulang ke pengaturan aslinya. Cobalah untuk tidak menghentikan proses pemformatan low-level pada saat prosesnya, karena mungkin membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

Pengoperasian Software Pemformatan HDD Low-Level

Video berikut ini membicarakan tentang bagaimana cara memformat hard drive di sistem operasi Windows dan Mac. Anda dapat memutar video berikut untuk mencari panduan yang lebih jelas.

Video Terbaru dari Recoverit

Lihat Lebih Lanjut >

Memulihkan Data setelah LLF (Low-level Format) pada Hard Drive Anda

Walaupun format low-level pada hard drive akan menghapus data Anda, masih ada kesempatan untuk mendapatkan kembali file Anda. Untuk melakukan pemulihan dalam keadaan ini, Anda dapat menggunakan Wondershare Recoverit software pemulihan data. Ini merupakan aplikasi pemulihan yang mudah digunakan yang dapat mengembalikan file Anda dari semua sumber dan memiliki salah satu tingkat pemulihan tertinggi di bidangnya.

Berikut ini adalah bagaimana cara Anda mendapatkan kembali data yang telah terformat dengan bantuan dari software yang bisa diandalkan seperti Recoverit Data Recovery.

Langkah ke-1 Pilih sumber untuk dipindai

Untuk memulainya, Anda dapat menginstal dan membuka Recoverit Data Recovery pada sistem Anda dan pilih lokasi yang ingin dipindai. Anda dapat memilih seluruh drive, sebuah partisi, sebuah folder, atau bahkan sebuah media penyimpanan eksternal.

pilih hard drive LLF

Langkah ke-2Biarkan aplikasi mengambil data Anda

Setelah Anda mengklik tombol "Mulai", tunggu sebentar karena Recoverit akan memindai lokasi yang telah dipilih. Anda dapat melihat progres dari indikator pada layar di sini dan bahkan menunda/menghentikan prosesnya.

memindai hard drive yang telah diformat

Langkah ke-3 Restore file Anda ke lokasi mana pun

Setelah itu, Anda dapat menggunakan filter bawaan di samping untuk memilih sendiri data pilihan Anda. Pada tampilan antarmuka bawaan Recoverit, Anda juga dapat mempratinjau foto, video, atau bahkan dokumen, lalu memilih mana saja yang ingin Anda pulihkan.

memulihkan data dari hard drive yang telah diformat secara low level

Terakhir, Anda cukup memilih file apa yang ingin Anda pulihkan dan bahkan memilih lokasi target untuk menyimpan file Anda.

simpan file yang telah dipulihkan

Kesimpulan

Nah itulah dia! Setelah membaca postingan ini, Anda pun dapat mempelajari bagaimana cara melakukan low-level format pada hard drive di Windows atau Linux. Seperti yang dapat Anda lihat, dengan software pemformatan low-level hard drive yang khusus, keseluruhan proses pun dapat menjadi sangat mudah. Ada banyak sekali aplikasi di luar sana yang dapat Anda jelajahi lebih lanjut untuk melakukan pemformatan low-level di hard drive Mac/Windows. Selain itu, jika Anda kehilangan data hard drive Anda karena tidak sengaja, maka cukup gunakan software yang berguna seperti Recoverit Data Recovery untuk merestore file Anda.

Recoverit author

Theo Lucia

chief Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Atasi Masalah Hard Drive > Bagaimana Cara Melakukan Format Low-Level pada Hard Drive Anda?