Tutorial: Bagaimana cara Memasang Ext4 di Windows secara Gratis?

Bagaimana cara Memasang Ext4 di Windows secara Gratis?

Wondershare Recoverit Authors

Jan 09, 2024 • Filed to: Solusi Komputer Windows • Proven solutions

0

Kami menemukan pertanyaan ini pada salah satu forum Q&A online.

"Baru-baru ini, saya melakukan dual-boot Windows dan Linux di desktop saya, dan ketika saya hendak mengakses file Ext4 di partisi Linux, semua upaya saya gagal. Apakah ada cara untuk mengakses dan membuka file Ext4 pada PC Windows saya?"- Anonim

Mirip dengan mengakses sistem file Windows, partisi NTFS di Linux, membuka Ext4 di Windows, atau mengakses partisi Linux lain di disk lokal Windows ini tidaklah mudah. Meskipun Anda dapat menemukannya di disk, Anda perlu memasang Ext4 di Windows untuk membuka file ekstensi seperti itu. Jadi, mari kita dalami konsep ini dan mencari tahu permasalahan dan solusi untuk membuka file Ext4 di Windows pada artikel kami hari ini!


Bagian 1: Gambaran tentang Ext4

Apa itu Kesalahan Ext4?

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang masalah Ext4 di Windows, mari kita pahami dulu apa itu Ext4?

Nah, Ext4 adalah penerus Ext3, sistem file keempat yang diperluas, yang merupakan jenis sistem file terbaru yang digunakan oleh pengguna Linux. Selain itu, Ext4 adalah sistem file default yang tergabung dengan distributor Linux populer seperti Ubuntu dan Debian.

Meskipun ini adalah sistem file default Linux, masalahnya muncul ketika Anda dapat melihat file-file ini di pengelola disk Windows Anda, tetapi tidak dapat mengenali atau mengakses isinya melalui software atau aplikasi bawaan apa pun. Ya, secara default, file Ext4 tidak didukung di sistem operasi Windows sehingga membuat Anda bingung dengan cara penggunaannya.

Tapi jangan khawatir karena kami memiliki solusinya untuk Anda. Kami akan memberi Anda solusi andal untuk memasang file Ext4 di OS Windows. Saat Anda memasang Ext4 di Windows, Anda memberikan sistem operasi sebuah kemampuan untuk membaca atau memproses isi dari hard drive atau perangkat penyimpanan. Namun, Anda harus berhati-hati selama proses pemasangan ini, karena ada kemungkinan besar terjadi kerusakan atau kehilangan data penting.

Jika Anda ingin menghindari masalah seperti itu di masa mendatang, Anda dapat mempertimbangkan teknik menyimpan drive partisi Linux "Pooled" yang diformat sebagai NTFS. Teknik ini akan memungkinkan Anda untuk membagikan sistem file pada kedua sistem setelah dilakukan dual-boot. Anda juga dapat mencoba menyinkronkan file ke Google Drive - Ini sepertinya membuat Anda menjadi tenang, bukan?


Bagian 2: Solusi – Cara memasang Ext4 di Windows

Pada bagian ini, kami akan membagikan beberapa solusi yang dapat Anda gunakan untuk memasang Ext4 di Windows. Mari kita baca satu per satu.

  1. Penggunaan aplikasi Driver Sistem File Windows

Salah satu cara untuk memasang Ext4 di Windows adalah dengan menggunakan aplikasi Driver Sistem File Windows seperti Ext2Fsd, dan Ext2explore.

Anda bisa mendapatkan aplikasinya dari sini: http://www.ext2fsd.com/.

Untuk men-download Ext2explore di Windows Anda, coba link: https://sourceforge.net/projects/ext2read/

 
aplikasi drive sistem file windows

  1. Pasang disk di WSL 2

Jika Anda telah menginstal Preview Build 20211 di Windows 10, Anda dapat menggunakan {command – wsl –mount} untuk memasang Ext4 di Windows. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus menavigasikan ke command prompt PowerShell dengan hak akses Administratif dan menjalankan beberapa baris perintah yang diberikan sebagai berikut:

Baris perintah:

wmic diskdrive list brief

Untuk partisi tunggal jalankan:

wsl – mount [PathDisk]

wsl –mount \\. \PHYSICALDRIVE0

Untuk memasang partisi tertentu, jalankan:

Wsl –mount [PathDisk] –partition [NomorPartisi]

Wsl –mount \\. \PHYSICAL DRIVE0 –partisi 1

Setelah menjalankan baris perintah di atas, disk akan dapat diakses melalui distribusi Linux.

 
memasang disk di wsl2

Jika Anda tidak paham teknologi, solusi ini mungkin tampak sulit.

  1. Pembaca Linux pihak ketiga

Solusi lain untuk membaca konten yang tersimpan pada sistem file Ext4 Anda adalah dengan menggunakan software pihak ketiga seperti DiskInternals. Anda juga dapat menggunakan software pengelola partisi seperti EaseUS Partition Master untuk melihat dan membaca konten partisi Ext4 di Windows.

 
pembaca linux pihak ketiga

  1. Konversi Ext4 ke NTFS

Cara lain untuk menggunakan file Ext4 pada Windows Anda adalah dengan mengubah file Ext4 agar sesuai dengan drive di Windows. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengekspor dan memulihkan file Ext4 menggunakan alat pemulihan, yang dilanjutkan dengan mengonversinya ke format yang andal – NTFS atau FAT32. Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menggunakan file explorer untuk mengubah tipe format menjadi NTFS.

 
konversi ext4 ke ntfs


Tip bonus – Bagaimana Cara Membaca dan Menyimpan File Partisi Ext4 di Windows dengan Recoverit?

Saat Anda menulis ulang konten apa pun yang disimpan di sistem file Ext4 atau mencoba membacanya dengan aplikasi pihak ketiga seperti Ext2Fsd atau DiskInternals, ada kemungkinan besar terjadi kehilangan data berharga Anda dari drive Ext4. Lalu, bagaimana cara memulihkan file Ext4 dari drive jika hilang ataupun rusak?

Kami mempunyai solusi pemulihan data terbaik yang bernama Recoverit dari Wondershare Inc., pemimpin dalam teknologi software dengan jutaan pengguna tepercaya dari seluruh dunia.

Dengan menggunakan Wondershare Recoverit, Anda dapat menyelamatkan video, file, foto, email, dan lainnya yang telah dihapus dari Windows, Mac, atau perangkat eksternal Anda, seperti Kartu SD, USB, hard drive, dan lainnya. Dipercaya oleh pemimpin industri terkemuka seperti Dell, Sony, Microsoft, dan IBM, Recoverit 100% aman, andal, mendukung 1000+ format file, kecepatan pemulihan yang sangat cepat, dan aksi penyelamatan data berteknologi tinggi. Digunakan oleh 5. 000 000+ pengguna, Recoverit mudah digunakan, dengan antarmuka pengguna intuitif menjadikan aplikasi ini sebagai rekomendasi terbaik untuk pemula dan profesional.

Langkah-langkah Menggunakan Recoverit untuk Memulihkan File Ext4 di Windows?

Untuk memulihkan file Ext4 dengan Recoverit, ikuti panduan 3 langkah berikut ini:

Langkah ke-1: Download dan Instal Recoverit

Masukkan situs web resmi Recoverit (https://recoverit.wondershare.co.id/) dan download software-nya untuk Mac atau Windows Anda. Instal dan buka aplikasinya.

Langkah ke-2: Pilih dan Pindai File

Sekarang, pilih lokasi atau drive disk lokal di komputer tempat Anda ingin memulihkan sistem file Ext4 dan ketuk tombol "Start".

Folder atau disk akan dipindai, dan file Ext4 individu akan muncul di layar.

recoverit

Langkah ke-3: Pratinjau dan Pulihkan Data Anda

Untuk memulihkan file Ext4 secara selektif, tekan opsi "Preview" di panel sudut kanan, dan setelah dikonfirmasi, ketuk opsi "Recover" untuk mendapatkannya kembali.

recoverit

Catatan: Harap perhatikan bahwa sebelum mencoba solusi-solusi yang disebutkan di sini, pastikan Anda memiliki salinan dari file-file penting untuk berjaga-jaga.


Kesimpulan

Nah, kita telah berada di akhir pembahasan tentang cara memasang Ext4 di Windows. Dengan pembahasan singkat mengenai beberapa konsep tentang mengapa memasang Ext4 di Windowsitu penting, penyebabnya, dan solusi yang memungkinkan, kami telah menjabarkan berbagai cara untuk menyelamatkan sistem file Ext4 Anda yang hilang. Kami juga telah membagikan software pemulihan file yang canggih, Wondershare Recoverit, kepada Anda. Kami harap Anda telah mendapat jawaban yang sesuai untuk mengakses Ext4 di Windows. Jadi, praktikkan solusi-solusi ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan rekan kerja Anda juga!


Orang-orang Juga Menanyakan

  1. Akankah Windows mendeteksi file Ext4?

Tidak. Karena didukung oleh sistem operasi yang berbeda (Linux), file Ext4, juga termasuk ekstensi lainnya (Ext2, Ext3), tidak didukung di Windows dan tidak dapat dideteksi atau dibaca langsung di komputer Anda dengan baik. Dengan melakukan solusi-solusi yang dibahas di postingan ini, hal itu memungkinkan.

  1. Akankah Linux mendeteksi sistem file NTFS?

Ya. Sistem operasi Linux mendukung NTFS, sistem file default Windows, dengan baik. Selain itu, berbagai distributor Linux juga memungkinkan Anda memasang drive NTFS.

  1. Ext4 Vs NTFS: Apa dan mana yang lebih baik?

Ext4 adalah format file default yang digunakan oleh sistem operasi Linux, sedangkan NTFS adalah sistem file Windows. Dari faktor kinerja, Anda perlu mengujinya di OS asli mereka karena kinerjanya akan tinggi di sistem operasi masing-masing.

  1. Bisakah Windows membaca/menulis Ext4?

Tidak. Jika Anda menjalankan Linux dan Windows pada desktop yang sama, Anda tidak dapat mengakses atau melakukan tindakan apa pun seperti menulis ulang/menghapus/mengedit pada drive atau partisi Ext4. Untuk melakukannya, Anda memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Namun, hati-hati saat menggunakannya karena ada kemungkinan besar terjadi kerusakan data.

Recoverit author

David Darlington

staff Editor

(Click to rate this post)

Generally rated4.5(105participated)

Home > Resources > Solusi Komputer Windows > Bagaimana cara Memasang Ext4 di Windows secara Gratis?