Cara Terbaik untuk Memperbaiki QuickTime yang Tidak Dapat Memutar MOV (3 Metode)

Cara Terbaik untuk Memperbaiki QuickTime yang Tidak Dapat Memutar MOV

Bagaimana Cara Memperbaiki Quicktime yang Tidak Dapat Memutar File MOV?

Artikel ini akan menjelaskan akar penyebab masalah ini dan menyajikan tiga solusi efektif secara mendetail.

Apple merilis format file QuickTime untuk menyinkronkan file video, audio, dan grafik dalam kualitas tinggi. Dengan demikian, menyimpan dan mentransfer informasi digital premium pun menjadi mudah melalui format file QuickTime. Ia juga mendukung video full HD karena tidak mengurangi kualitasnya saat mengompresi data.

Terkadang, pengguna mengalami masalah dalam memutar file MOV karena berbagai alasan. Jika Anda menghadapi masalah serupa dengan pemutar file MOV Anda, artikel ini akan menjelaskan beberapa fakta tentang mengapa QuickTime MOV berhenti bekerja, serta apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan ini di rumah.

Bagian 1: Jenis File Apa Saja yang Dapat Diputar QuickTime?

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, format file QuickTime sangat bagus untuk menyimpan dan berbagi gambar, video, grafik, dan konten animasi berkualitas tinggi. Format file ini awalnya dikembangkan untuk pengguna Mac, tetapi sekarang juga tersedia di sistem operasi Windows. Di bagian ini, kami ini akan memberi Anda detail singkat tentang jenis file apa yang dapat didukung oleh QuickTime Player untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik.

antarmuka quicktime player

QuickTime Player mendukung berbagai format file, yang merupakan salah satu alasan mengapa QuickTime Player juga populer di antara pemutar media lainnya. Untuk format file audio, mendukung MP3 core, iTunes, AIFF, AU, WAV, SND, AMR, dan audio dalam M4A, M4B, dan M4P. Ia juga dapat mengenali format file video seperti DV, AVI, 3GPP, MPEG-4, dan file MOV paling umum, yang akan kita bahas di artikel ini nanti. Format file QuickTime Player yang paling didukung adalah MOV, M4V, dan MP4.

Tips: belajar cara memperbaiki Powerpoint QuickTime tidak tersedia.

Bagian 2: Mengapa QuickTime Anda Tidak Dapat Memutar File MOV?

Sekarang sampai pada masalah utama dan penyebab yang dapat mengganggu kinerja pemutar QuickTime Anda. Karena file MOV adalah format file optimal untuk QuickTime, selalu ada pengecualian di sini. Orang sering mendapati kesalahan pada pemutar file MOV karena beberapa penyebab utama. Karenanya, sangat penting untuk mengetahui asal mula masalah untuk mencegahnya di masa mendatang. Kemungkinan alasan kesalahan dalam pemutar file MOV dapat berupa:

mov tidak diputar di quicktime

1. Serangan Virus

Seperti yang kita semua tahu, virus atau serangan malware apa pun dapat merusak keseluruhan kinerja PC Anda, dan Anda tidak akan dapat memutar file MOV di pemutar media. Kehadiran virus tak dikenal dapat terjadi saat mengunduh file dari sumber yang tidak sah. Jadi, selalu pastikan komputer Anda diamankan melalui software anti-virus yang andal.

2. Software Sudah Usang

Pembaruan software yang tertunda dari pemutar media Anda seperti QuickTime juga dapat menjadi alasan potensial Anda tidak dapat memutar file MOV. Versi QuickTime Player yang kedaluwarsa mungkin tidak kompatibel dengan format file Anda, dan pada akhirnya, ia pun jadi tidak dapat berfungsi. Jadi selalu pastikan QuickTime Player diperbarui ke versi terbarunya.

3. Codec yang tidak sesuai

Codec digunakan untuk menyimpan trek audio atau video sambil mengompres data. Jika Anda mengunggah MOV di QuickTime, sistem Anda mungkin tidak dapat membaca codec-nya karena masalah internal.

4. Frame yang Freeze

Saat mendownload file dari internet, ada kemungkinan proses download terganggu karena koneksi internet yang lambat. Gangguan ini dapat menyebabkan frame yang freeze di file MOV Anda, oleh karena itu tidak dapat diputar di QuickTime.

Bagian 3: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah QuickTime yang Tidak Memutar MOV?

Jika MOV QuickTime Anda tidak dapat diputar, bagian artikel ini akan menjadi penyelamat Anda. Kami akan menawarkan kepada Anda tiga metode berbeda untuk memperbaiki masalah ini di rumah dengan mudah.

Metode 1: Ubah Ekstensi File

Ekstensi file digunakan untuk mengidentifikasi jenis data yang disimpan dalam file. Namun terkadang, karena ekstensi file yang tidak akurat, QuickTime Player tidak dapat memutar file tersebut. Untuk mengubah ekstensi file, kami menyajikan kepada Anda tiga cara:

Cara ke-1: Convert File Menggunakan UniConverter

Wondershare UniConverter adalah aplikasi praktis untuk mengubah format file secara instan dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini mengklaim dapat memberikan konversi 90 kali lebih cepat dan mendukung semua format file yang umum digunakan. Selain itu, Anda dapat mengonversi format file, dan ini merupakan sebuah toolbox lengkap untuk pengeditan audio dan video. Untuk mengonversi file MOV ke MP4 menggunakan UniConverter (Cek di sini perbedaan antara MOV dan MP4), langkah-langkah sederhananya adalah:

Langkah ke-1: Untuk memulai, buka Wondershare UniConverter di Mac Anda dengan mengunjungi situs web mereka. Setelah menginstalnya, buka antarmukanya dan pilih "Konverter" dari panel kiri.

buka program konverter

Langkah ke-2: Sekarang klik "Tambah File" dari sudut kiri atas untuk mengimpor file yang ingin Anda konversi. Sekarang pergi ke pojok bawah dan ketuk "Output Format." Sebuah jendela akan muncul, di mana Anda harus klik "Video" dan pilih MP4 dan resolusi yang diinginkan.

pilih format mp4

Langkah ke-3: Sekarang ketuk "Lokasi File" untuk menempatkan file setelah konversi. Setelah itu, klik "Konversi" untuk memulai proses konversi.

format audio amr

Alt gambar: memulai proses konversi

Langkah ke-4: Tunggu beberapa detik untuk mengakhiri konversi. Setelah proses selesai, Anda akan melihat pesan pop konversi yang berhasil. Anda juga dapat melihat pratinjau hasil akhir dengan mengklik tab "Selesai".

mengakses video yang telah dikonversi

Cara ke-2: Gunakan iMovie untuk Mengubah Format File

iMovie adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna Mac untuk menyempurnakan dan menyorot file video mereka menggunakan berbagai fitur utamanya. Anda dapat menambahkan transisi, mengubah penilaian warna, dan menghilangkan noise background dari file video Anda. Singkatnya, ini adalah software pengeditan video dan audio yang sempurna untuk menghasilkan hasil yang sempurna.

Jika Anda menghadapi masalah dengan pemutar file MOV, Anda dapat menggunakan iMovie untuk mengonversi file dengan nyaman. Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana:

Langkah ke-1: Luncurkan iMovie di Mac Anda dan buka alat ini untuk memulai prosedur. Kemudian ketuk tombol "Tambah" dari bilah toolbar dan buat proyek "Movie".

membuat proyek movie

Langkah ke-2: Pastikan untuk menambahkan hanya satu file MOV pada satu waktu karena dapat menggabungkan semua file saat Anda mengunggah banyak file. Dari bilah toolbar di atas, pilih tab "File" dan ketuk opsi "Bagikan". Anda harus memilih opsi "File" dari sub-menu "Bagikan".

opsi berbagi akses

Langkah ke-3: Sekarang, Anda dapat menyesuaikan Deskripsi, Tag, Format, Resolusi, Kualitas, dan kecepatan Kompres video Anda. Setelah itu, klik tombol "Berikutnya" dan pilih lokasi penyimpanan file MOV Anda.

ketuk tombol selanjutnya

Langkah ke-4: Sekarang, ketuk opsi "Simpan" dan tunggu beberapa saat. File Anda akan dikonversi ke MP4 dan disimpan ke folder pilihan Anda di Mac.

menyimpan file yang baru dikonversi

Cara ke-3: Gunakan VLC Media Player untuk Konversi

Anda pasti pernah mendengar nama pemutar media VLC karena daya komputasinya yang tinggi dengan semua format file. Pemutar media VLC adalah pemutar media gratis dan portabel yang dapat memutar berbagai file multimedia dengan kualitas premium. Anda juga dapat mengonversi file MOV ke format lain dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah ke-1: Di Mac Anda, buka VLC dan ketuk "File" dari bilah menu yang ditampilkan di sudut kanan atas. Sekarang pilih opsi "Convert/Stream" dengan menscroll ke bawah bilah menu. Dari kotak dialognya, Anda dapat menyeret file yang ingin dikonversi atau mengunggah file secara manual.

klik opsi convert stream

Langkah ke-2: Setelah membuka file, klik opsi "Pilih Profil" untuk memilih format file dan pilih MP4 dari opsi ini.

pilih profil mp4

Langkah ke-3: Sekarang saatnya menyimpan file Anda. Pilih folder tujuan tempat Anda ingin menyimpan file yang dikonversi dan ketuk tombol "Simpan". Setelah itu, file akan dikonversi dan disimpan ke Mac Anda.

ekspor video mp4 yang dikonversi

Metode 2: Pemutar Video Recoverit

Pada bagian ini, kami akan merekomendasikan software canggih yang dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan dalam file video, gambar, dan audio. Wondershare Recoverit semakin populer setiap harinya karena hasil yang sempurna melalui fitur-fiturnya yang khas. Software ini menarik perhatian karena fitur eksklusif pemulihan video MOV yang dihapus dan perbaikan video yang rusak/rusak.

Fitur eksklusif alat ini adalah Perbaikan Tingkat Lanjut dan Cepat. Perbaikan Tingkat Lanjut memungkinkan pengguna untuk memperbaiki file MOV yang rusak dengan memindai dan menggunakan file sampel untuk mengidentifikasi elemen serupa untuk file video yang rusak dengan mudah. Di sisi lain, Perbaikan Cepat memungkinkan Anda untuk memperbaiki data secara instan dengan menghadirkan kualitas aslinya. Anda juga dapat mempratinjau file video sebelum menyimpannya ke komputer Anda.

Anda dapat mengunduh versi Mac dan Windows dari tombol di bawah ini.

Langkah-langkah untuk memperbaiki video dengan cepat menggunakan Recoverit adalah:

Langkah ke-1: Tambahkan File MOV yang Rusak

Buka Recoverit di komputer Anda dan pilih fitur "Perbaikan Video Rusak" dari panel kiri untuk memulai. Sekarang ketuk "Tombol Tambah" untuk menambahkan file yang ingin Anda perbaiki. Cari file yang ingin Anda unggah dan klik "Buka" untuk mengunggahnya.

tambahkan file video yang rusak

Langkah ke-2: Klik untuk Memperbaiki Video

Setelah Anda selesai mengunggah file, klik "Perbaiki" untuk memulai proses. Tunggu beberapa saat, dan Anda juga dapat memeriksa perkembangan yang sedang berlangsung dari indikator yang ditampilkan di layar.

memperbaiki video yang rusak

Langkah ke-3: Pratinjau File Anda yang Telah Diperbaiki

Setelah proses perbaikan selesai, Anda dapat melihat pratinjau file MOV hanya dengan mengetuk "Pratinjau" untuk memeriksa file tersebut. Setelah itu, simpan file di komputer Anda dengan mengklik tombol "Pulihkan".

pratinjau video yang diperbaiki

Jika file MOV Anda rusak berat, Perbaikan Tingkat Lanjut dapat membantu Anda. Kami telah mendaftarkan langkah-langkah mudah untuk melakukan Perbaikan Tingkat Lanjut menggunakan Recoverit. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Langkah ke-1: Sediakan Video Sampel MOV

Untuk memulai, ketuk "Perbaikan Tingkat Lanjut", dan sebuah jendela akan muncul tempat Anda akan menambahkan video sampel. Untuk menggunakan Perbaikan Tingkat Lanjut, Anda harus menambahkan sampel video yang mirip dengan file Anda yang rusak. Keduanya harus dalam format yang sama, diambil pada perangkat yang serupa.

tambahkan video sampel

Langkah ke-2: Mulai Proses Perbaikan Tingkat Lanjut

Setelah mengunggah video sampel, ketuk "Perbaiki" untuk memulai proses perbaikan. Setelah Anda selesai dengan proses perbaikan, Anda dapat melihat dan menyimpan file di tempat yang Anda inginkan.

gunakan perbaikan video tingkat lanjut

Metode 3: Gunakan Aplikasi Alternatif

Jika Anda kesulitan memutar file MOV di QuickTime, gunakan pemutar media alternatif. Jika tidak ada metode di atas yang menyelesaikan masalah Anda, lebih baik gunakan pemutar lain seperti VLC. Kami merekomendasikan pemutar media VLC bukan karena popularitasnya, namun karena kinerja dan keandalannya yang canggih. Aplikasi ini tidak hanya gratis untuk digunakan tetapi membuat segalanya lebih mudah bagi pengguna dengan menawarkan berbagai opsi untuk menyelesaikan masalah.

gunakan pemutar media vlc

Misalnya, jika ada format file yang tidak berfungsi secara langsung, Anda dapat langsung mengonversi format file ke pemutar media ini. Anda tidak hanya dapat menikmati streaming file video dan audio, namun aplikasi ini juga mendukung streaming radio internet dan podcast. Anda bahkan dapat merekam file audio dan video tanpa kehilangan kualitasnya.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur eksklusif lain untuk menormalkan audio untuk melindungi dari gangguan pendengaran. Singkatnya, VLC adalah pemutar media yang luar biasa dan dapat menyelamatkan Anda saat Anda sedang bermasalah dengan pemutar lain.

Kesimpulan

Karena semuanya memiliki kekurangannya, QuickTime juga dapat berhenti memutar file MOV karena alasan seperti file rusak atau ekstensi file yang tidak akurat. Kami telah memberi Anda setiap metode yang memungkinkan untuk memperbaiki kesalahan ini dengan menggunakan program-program yang sesuai untuk meringankan masalah Anda.

You May Also Like

Other popular Articles From Wondershare